POSTS SLIDER

I'm writing about...

Survey Biaya Masuk SD/MI di Kota Cimahi Tahun Ajaran 2023/2024

Setelah 2 tahun lalu saya dihadapkan dengan kegundahan mengenai sekolah TK/RA kini saya diliputi kembali dengan rasa gundah gulana dengan pilihan sekolah lagi buat Rayi yang tahun depan akan menduduki bangku sekolah dasar.

Baca yang ini lagi : Survey Biaya Masuk TK/RA di Kota Cimahi Tahun Ajaran 2022/2023

Berhubung kemarin sempat galau dengan sekolah Neyna, saya tidak ingin lagi jika nanti terjadi adanya pindahan di pertengahan. Mahil biaya masuknya soalnya huahaaha. 

Pilihan kali ini antara SDIT atau MI untuk Rayi, setelah sebelumnya Neyna mengawali di MI sedari kelas 1 hingga kelas 3 lalu pindah ke Sekolah Swasta semi negeri gitu dan luntur saja semua hafalannya *_*. Meskipun di sekolah ini Neyna tetap saya ikutkan TPQ namun pembiasaan hafalan quran tidak menjadi basic dan buyarlah semua.

Melihat hal itu, saya bertekad untuk sedari awal memasukkan Rayi di MI atau SDIT sehingga InsyaAllah memiliki hafalan dengan pondasi tak hanya dari rumah namun lingkungan sekolah yang islami.

survey-biaya-masuk-SD-MI-di-Kota-Cimahi

Berapa Sih Biaya Masuk SD/MI di Kota Cimahi?

Di Cimahi yang dekat dengan lingkungan rumah saya, agak susah sekali dengan sekolah SDIT sementara jika dibandingkan dengan lingkungan di tempat tinggal kakak saya di Bekasi dimana untuk SDIT sendiri itu buanyak dan yang jadi pertimbangannya adalah biaya masuk serta SPP yang terjangkau.

Sementara di Cimahi, mantap sekali biayanya dong! beda jauh sama yang di Bekasi. Tapi kalau difikir-fikir zaman saya sekolah rasanya SDIT itu kurang familiar ya. Mungkin zamannya saya lebih ke Madrasah dan kalaupun sekolah islami saya mengenal hanya SD Al-Azhar xixixi.

Demi menyekolahkan dalam waktu yang lama karena sekolah dasar kan selama 6 tahun, maka kali ini saya harus memutuskan tak hanya dari jarak sekolah ke rumah namun juga mempertimbangkan hal lainnya seperti: visi misi, pembiasaan, goals dan khususnya adalah BIAYA.

Setelah meminta kepada Al-Hadi, alhamdulilah dimudahkan segala prosesnya. Berikut beberapa SD/MI yang menjadi pilihan saya untuk Rayi:

❤ SDIT Fitrah Insani

Letaknya lumayan jauh dari rumah sekitar 7 km dengan waktu sekitar 22 menit kalau lancar. Untuk SDIT Fitrah Insani ini beralamatkan di Jl. Simbiosis Hj Gofur Tani Mulya Kab. Bandung Barat. 

Awalnya saya sendiri bingung karena ada SDIT FI 1 & SDIT FI 5, ternyata setelah mengikuti pengenalan dari pihak sekolah SDIT FI 1 & 5 itu sama, himbauan dari DIKNAS 1 sekolah minimal 4 rombel sementara saat itu SDIT FI menerima hingga 8 rombel. Dengan himbauan tersebut terpisahlah menjadi FI 1 & 5.

Bagaimana dengan biayanya? berikut rinciannya:

1. Biaya psikotes                                            Rp 500.000,- 

Dibayarkan diawal pada saat pendaftaran. Pendaftarannya sendiri untuk ajaran tahun depan sudah buka sejak bulan Agustus 2023 loh. Mantap bukan?

2. Infaq Pengembangan Pendidikan (IPP)     Rp 12.000.000,- 

3. SPP (semester 1)                                        Rp 4.800.000,-

4. Seragam                                                     Rp 1.000.000,- 

Untuk biaya SPP ditahun ke-4 akan ada kenaikan 20%. Iuran SPP tersebut tidak termasuk catering dan jemputan. Dan setiap tahunnya tidak ada biaya daftar ulang lagi ya temans!

Biaya jemputan itu mitra sekolah, saya menanyakan ke pihak sekolah biaya dari sekolah - rumah untuk satu bulan Rp 450.000,- kalau ikut pulang/perginya saja dikenakan biaya 65%.

Jadi berapa total biayanya? untuk anak laki-laki Rp17.800.000,- sedangkan anak perempuan Rp 17.900.000,- karena ada biaya untuk jilbab.

Tenang saja temans, ada potongan untuk IPP setiap bulan daftarnya mulai dari 25% berlaku bulan agustus 2023 hingga 5% pada bulan april 2024.

SDIT FI menjadi pilihan pertama saya untuk Rayi, tanggal 26 agustus 2023 lalu, Rayi sudah mengikuti psikotes. Dan saya sedang menunggu hasil psikotesnya semoga hasilnya sesuai harapan hahaha. 

Demi mendapatkan diskon Rp 3.000.000,- finally saya titipkan uang masuk sehingga yang saya bayarkan menjadi Rp 14.800.000,-. Jika nanti hasil psikotesnya tidak lulus uang kembali 100%. Fair sih menurut saya wkwkwk.

❤ MI Asih Putera

Sekolah incaran yang kedua buat Rayi adalah MI Asih Putera, berhubung ada teman sekelasnya di TK yang sudah lulus duluan dan masuk SD. 

Akhirnya saya tertarik, MI Asih Putera sendiri letaknya lebih jauh lagi dibandingkan dengan SDIT Fitrah Insani sekitar 10 km dari rumah. Beralamatkan di Jl. Raya Cibabat Gg. Hj. Mustofa. 

Bagaimana dengan biaya masuknya?

1. Uang bangunan     Rp 20.000.000,- 

2. Spp                         Rp 1.000.000,-/bulan

Tidak ada daftar ulang lagi jika kenaikan kelas, dan ditahun ke-4 ada biaya kenaikan sebesar 15% untuk SPP. 

Tidak termasuk biaya catering dan tidak ada jemputan juga ya temans. Kemarin pas acara Kirab-nya ada ketentuan dimana:

1) Dp Ubang sebesar     Rp 3.000.000,- 

2) Sisa Ubang dicicil maksimal 6 bulan bertutut-turut.

Untuk umum ada potongan sebesar Rp 1.000.000,- 

❤ MI Cerdas Nurani

Ini adalah pilihan sekolah terakhir, karena memang satu yayasan sama RA tempat Rayi sekolah sekarang. Beralamatkan di jl. lapang tembak selatan no. 20 Mekarsari Cimahi.

Plus-nya itu Rayi sudah mengenal lingkungan sekolahnya dan letaknya juga dekat ke rumah. Sepulang sekolah Rayi biasanya jalan bersama Bibi.

Bagaimana dengan biayanya? untuk biayanya Rp 12.500.000,- yang meliputi:

1) Tes kematangan

2) Pendidikan dan kegiatan selama 1 tahun

3) Program sekolah

4) Seragam 4 set (tidak termasuk merah putih, pramuka dan atribut.

Untuk Spp/infaq bulanannya Rp 750.000,- include makan siang dan snack pagi. Kenaikan Spp saat kelas 4-6 menjadi Rp 850.000,-.  Khusus hari jumat membawa bekal sendiri.

Ada potongan khusus untuk alumni RA At-Taqwa sebanyak 30% dalam bulan Oktober - November bisa sampe Rp 9.500.000,- sementara diskon umum hanya 20% sehingga total Rp 10.750.000,-.

Baca lagi : Tips Mengatasi Kegalauan Dalam Memilih Sekolah Anak

Beberapa SD Favorit di Kota Cimahi

Selain 3 incaran sekolah tersebut, ada beberapa pilihan sekolah lain yang menjadi incaran saya yang ada di kota Cimahi, diantaranya:

✔ SD Kartika 4 Siliwangi

Letaknya ada di depan Taman Kartini, biaya masuknya tahun ini Rp 7.000.000,- dengan uang Spp/bulan Rp 350.000,-. 

Setiap tahunnya ada daftar ulang dan pembelian buku. SD ini semi negeri gitu tapi swasta kata orang-orang demikian. Didalamnya ada kegiatan TPQ juga selepas pulang sekolah, dengan biaya masuknya sekitar Rp 350.000,- dengan iuran/bulan Rp 75.000,- saja.

✔ MI Assakinah

Biaya pendaftarannya Rp 300.000,- dengan total biaya masuknya Rp 18.555.500,- dengan rincian sebagai berikut:

1. DPMP                         Rp. 14.000.000,-

2. Biaya pendidikan        Rp. 2.225.000,-

3. Dana Rutin/Spp          Rp. 725.000,-

4. Komite                        Rp. 75.000,-

5. Seragam                      Rp 1.579.000,-

Letaknya dari SDIT Fitrah Insani ke atas lagi masih lumayan jauh.

✔ SDN Mandiri 1

Letaknya di depan Mesjid Alun-alun Cimahi. Berhubung negeri jadi gratis namun menurut beberapa rekan yang menyekolahkan di sini, katanya bagus sekolahnya. SPP juga tidak ada semua FREE.

Ada SDIT Nurrochman yang ada di Cihanjuang, SD Plus Nurul Aulia di Ciawi Tali, SD Tridaya di Pasar Atas, SDIT Uswatun Hasanah deket Ramayana Cimahi, SD Hikmah Teladan di Cibereum.

Kalau Al-azhar dan Al Irsyad yang di Kota Baru sepertinya saya tidak sanggup huahaha. 

***

Nah temans demikian yang bisa saya bagikan kali ini. Adakah SD incaran di Kota Cimahi yang sedang dilirik?

InsyaAllah semuanya tergantung dari masing-masing prioritas yah. Namun saya pernah membaca begini pesannya:

Diantara infaq terbaik adalah infaq untuk biaya pendidikan anak, karena didalamnya terkandung ikhtiar dalam menggapai 3 jenis amal yang tidak terputus, yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak soleh yang mendoakan kedua orangtuanya"

Bismillah, semoga Allah ya Razzaq senantiasa memberikan limpahan rezeki halal dan berkah untuk kita semua, dimampukan mendidik anak-anak berahlak baik serta sholih Aamiin. 

Komentar

  1. Biaya sekolah zaman skr luar biasaaaa ya Mbaaa ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜…. Aku bacanya takjub, apalagi di JKT dan Tangerang INIIII ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„. Tangerang tempat elit tersebar, alam sutera, BSD, Karawaci๐Ÿ˜.

    Jujurnya aku nyekolahin anak2 di negeri bukan Krn ga mau pondasi agamanya ga kuat. Ada alasan khusus kita, salah satunya pasti biaya. Harga swasta di sini lebih gila soalnya ๐Ÿคฃ. Makanya kami putusin negeri. Semoga nanti SMP dan SMU juga bisa negeri.

    Kalo utk agama, mereka aku les-in 3x seminggu sih. Mungkin ga bakal seketat hapalan di sdit, tapi ya sudahlah, aku punya prioritas sendiri memang ☺️

    Semoga aja rezeki makin mudah mengalir untuk membiayai anak2 ini yaa ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba di kota sepertinya SD Negeri masih bagus2 mba, di deket rumahku ga ada soalnya makanya mau tak mau sekolah jauh jg hehehe..aamiin insyaAllah dimudahkan ya mba :)

      Hapus
  2. Wow, sudah segitu ya biaya masuk sd. Soalnya sudah gak pernah ngamatin lagi karena sudah gak ada anak kecil lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ibu nanti next kuliah semoga anak-anak bisa dapat kampus negeri aamiin ya Mujib dimampukanNya dimudahkanNya

      Hapus

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun