POSTS SLIDER

I'm writing about...

Planet Ban : Rekomendasi Servis Motor Matic Terbaik

Membicarakan seputar sepeda motor, menurut saya sepeda motor matic lebih banyak mendapatkan popularitas sebagai pilihan yang disukai. Alasannya karena Motor matic nyatanya memberikan kenyamanan dan kegunaan yang tak tertandingi. 

Pengalaman buruk menggunakan motor gigi membuat saya memilih motor matic selama 12 tahun terakhir ini. Gimana ga beralih ke matic wong cuma gas dan rem saja makanya cocok banget buat saya yang kesulitan menggunakan motor gigi.

Meskipun mudah dalam pemakaiannya, jangan lupa untuk mempertahankan performa-nya agar tetap optimal, sepeda motor matic tetap membutuhkan pengecekan dan perawatan rutin loh! sama seperti kendaraan lainnya. 

Saya sendiri pernah alami kesulitan menyalakan mesin hingga pernah kelupaan ganti oli saking lupanya untuk servis :p.

Katanya kalau perempuan itu cuma tahu penggunaannya saja tanpa tahu perawatan rutinnya. Dan pernyataan ini VALID bagi saya hahaha. Terus gimana dong biar rutin perawatannya? 

planet-ban-rekomendasi-servis-motor-matic-terbaik

 Bagian Yang Wajib Diperiksa Saat Servis Motor Matic 

Memang yah dalam menjaga fungsionalitas dan umur panjang motor matic perlu banget servis motor secara rutin dan berkala. Hal ini dikarenakan perawatan sepeda motor matic sedikit lebih sulit dibandingkan dengan sepeda motor tradisional. 

Dalam melakukan pemeriksaan umum untuk menemukan potensi masalah pada motor. Maka Mekanik akan menggunakan alat khusus pada saat ini untuk memeriksa keausan atau kerusakan pada bagian-bagian motor.

Ada bagian yang wajib dicek nih saat servis motor matic, diantaranya :

1. Oli Mesin 

Salah satu elemen yang sangat penting dalam menjaga kesehatan mesin sepeda motor adalah oli mesin. Selama pengoperasian, oli melumasi dan mendinginkan bagian-bagian mesin. 

Penting banget nih temans untuk selalu memeriksa jumlah oli mesin dan isi ulang jika perlu. Selain itu, perhatikan jenis minyak yang digunakan. Selain mengikuti rekomendasi pabrikan, gambar statistik base oil harus memperhitungkan lingkungan di mana motor tersebut digunakan.

Rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km loh. Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa.

Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli ( image statistic base oil ).

2. Rem

Sistem pengereman merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk keselamatan berkendara. Berhati-hatilah untuk memeriksa kondisi rem serta ketebalan bantalan rem. Jika rem sudah terlalu aus, harus segera menggantinya agar tidak memengaruhi fungsi rem, yang bisa berisiko.

3. Tune Up

Prosedur perawatan standar yang dikenal sebagai "servis penyetelan motor" melibatkan pemeriksaan setiap komponen, khususnya komponen yang terlibat dalam performa motor secara keseluruhan. Tekanan ban, penerangan, pembersihan karburator (saringan udara), pemeriksaan tegangan rantai, pengujian rem dan klakson, dan faktor lainnya sering dimasukkan selama pemeriksaan.

Penggantian oli untuk mesin, penggantian oli gardan, atau penggantian suku cadang dapat dilakukan bersamaan dengan penyetelan. Namun, mekanik akan memperingatkan sebelumnya, jadi kita santai saja. Jangan khawatir karena mekanik akan melakukan perbaikan yang diperlukan jika kita setuju. Ga langsung main bongkar.

Planet Ban Rekomendasi Servis Motor Terbaik

Zaman sekarang, ga susah kok buat servis motor matic. Di kota saya tinggal yakni Cimahi saja ada tempat namanya Planet Ban yang merupakan salah satu tempat rekomendasi untuk melakukan servis sepeda motor matic.

Di kota-kota lain selain Cimahi, Planet Ban juga buanyak tersebar dari Jakarta, Bekasi, Serang, Jawa timur, jawa tengah, Bali, bahkan ada log di Nusa Tenggara juga. 

Dengan tersebarnya Planet Ban di seluruh kota besar Indonesia meyakinkan saya sih jika Planet Ban memang tempat rekomendasi servis motor terbaik.

Hal yang membuat saya percayakan servis di Planet Ban, dikarenakan jika diservis di tempat lain, biasanya masih banyak sisa pembakaran, debu, dan kotoran di berbagai bagian mesin motor. Bahkan, blok CVT sering dipenuhi kotoran dan debu yang menambah rasa berat pada sepeda motor.

Berbeda bila dilakukan perawatan motor standar di Planet Ban dimana semua part atau bagian mesin akan dibersihkan secara menyeluruh. Bahkan kepala silinder, blok CVT, katup mesin, piston, dan throttle body bebas dari sisa pembakaran, debu, dan kotoran, membuat mesin tampak seperti baru.

Sepeda motornya nampak seperti memiliki mesin baru berkat layanan yang diberikan oleh Planet Ban. Hasilnya, traksi menjadi lebih ringan, polutan berkurang lebih dari 70%, efisiensi bahan bakar ditingkatkan, dan mesin benar-benar bersih.

Untuk harga perawatan sepeda motor yang komprehensif di Planet Ban ini juga sangat terjangkau. Hanya Rp. 20.000 diperlukan untuk servis sepeda motor injeksi, Rp. 19.500 diperlukan untuk servis rantai dan CVT, dan Rp. 20.000 diperlukan untuk servis throttle body.

Uwuw banget kan? sangat ramah kantong sekali cocok bagi siapapun yang mau servis motor matic.

***
Demikian yang bisa saya bagikan temans! ada yang punya pengalaman sama servis di Planet Ban? kuy bisa sharing yah!

Komentar

  1. Sama sih kita mba, biasanya tahu pakai aja, tapi boro2 inget servis 😂.

    Aku beruntung Krn suami ku yg telaten bangettt Ama mobil2 dan motor dia. Jadi selalu rutin di servis. Makanya semua mobil dan motornya selalu awet, dan tiap dijual pasti laku tinggi. Soalnya memang mesinnya masih oke.

    Cuma aku lebih suka motor manual drpd matic 😄. Masalah biasa dan ga biasa aja kali yaa. Tapi jgn harap di JKT aku mau bawa motor, sereeem Ama kondisi macetnya Jakarta hahahaha.

    Planet ban sayangnya ga ada di Deket rumahku. Makanya selama ini suami kalo servis selalu di bengkel resmi. Jadi kalo mobilnya selalu di auto2000 dan motornya di bengkel nya Yamaha. Enak kalo ada bengkel langganan. Dulu sempet ada, tapi sejak ganti owner, jadi ga jujur pelayanannya . Sejak itu suami milih di bengkel resminya aja. Biar tenang

    BalasHapus
  2. planet ban ini makin banyak produk yang ditawarkan. mantap

    BalasHapus
  3. Servis motor biasanya diurusin sama suamiku, aku duduk manis aja di rumah. Tapi aku bisa pastikan kalau urusan ganti ban pasti suamiku pergi ke Planet Ban karena dekat dari rumah. Eh ternyata sekarang bisa juga servis di Planet Ban ya.

    BalasHapus
  4. Senang sekali karena mudah ditemui Planet Ban di Jakarta, bahkan di seluruh kota besar Indonesia Planet Ban telah menjadi tempat rekomendasi servis motor terbaik ya...

    BalasHapus
  5. Kalau aku taunya pake motor sebagai penumpang aja hahaha tapi kerasa sih nih motor yang saya tumpangi misalnya belum diservis. Misal bunyi knalpotnya rebek atau tarikannya bikin haru hihihi

    BalasHapus
  6. Kalau aku sebagai anak motor garis sedikit keras, karena seringnya di rumah aja daripada ke luar rumah, kunci dari ban yang awet tuh pompa setidaknya sekali dalam 2 minggu. Itu pun kalau intensif dipake ya Mak. Kalau enggak mah biasanya nunggu kempes2 dikit, pasti ada kerasa deh. Kalo udah kerasa gitu, harus segera dipompa. Kapok Mak, aku sering telat mompa dan berujung tambal atau ganti ban beberapa bulan sekali. Sejak saat itu gak lagi2 telat isi angin.

    BalasHapus
  7. Bener banget, Planet Ban ini memang bengkel yang berkualitas. Bisa diandalkan untuk servis apa pun deh. Dari ganti ban, ganti oli, atau yang lainnya. Bikin motor awet bagus dan kerja bagus juga.

    BalasHapus
  8. Rekomendasi nian planet ban ini buat servis motor mana biaya jasanya juga sangat terjangkau, butuh banget nih kalo motor metik untuk dirawat secara rutin

    BalasHapus
  9. Dulu aku pakai motor gigi, Bun. E pas ada matic jadi termanjakan dengan motor matic ini. Tapi emang jadi mudah dan praktis anti ribet kalau kemana mana. Kalau aku dlu abai soal servis, skarang rajin servis sebulan sekali. Hehehe

    BalasHapus
  10. Aku termasuk jarang bawa motor ke servis, semuanya ditanganin suamiku yang super rajin dan teliti kalau urusan kendaraan, menurut suamiku semakin sering di rawat maka usia kendaraan akan bertahan lama. Kebetulan suamiku kalau urusan servis dan ganti ban juga di Planet Ban.

    BalasHapus
  11. Saya paling males nih kalau harus ganti ban atau tune up gitu ahha, biasanya suami yang lebih paham, nuhun teh Herva informasinya

    BalasHapus
  12. Aku tuh kalau lihat si Planet Band yang dekat rumah tuh selalu ramai dia, apalagi memang pengendara sepeda motor juga banyak disini. Dengan melakukan service berkala juga menjadikan mesin sepeda motornya lebih terawat ya.

    BalasHapus
  13. Bengkel yang bisa diandalkan karena kini Planet Ban ada di mana-mana.
    Seneng juga sama pelayanannya dan peralatannya yang canggih. Jadi waktu service bisa dipersingkat dan ketelitiannya gak perlu diragukan lagi.

    BalasHapus
  14. Wah, aku baru tahu
    Ternyata di Planet Ban nggak hanya untuk beli ban saja ya
    Tapi jadi tempat servis motor matic terbaik ya mbak

    BalasHapus
  15. Perempuan kebanyakan gak terlalu paham soal perservisan. Kalau ada Planet Ban, jadi bantu banget. Aku sih paham kalau oli habis, tapi tetep minta bantuan pas ganti

    BalasHapus
  16. Berseliweran nih review dan rekomendasi tentang Planet Ban ini di timelineku, itu artinya bengkel servis motor ini emang rekomended. Semoga sudah ada di kotaku juga biar mendapatkan pelayanan prima dari Planet Ban.

    BalasHapus
  17. Harga service yang terjangkau tapi hasilnya begitu tapi dan detail ini yang saya suka dari planet ban. Mekaniknya semua amanah. Salut ...

    BalasHapus
  18. setauku memang Planet Ban memang bagus secara kualitas pelayanan, servis motor khususnya ya

    BalasHapus
  19. Memang sepeda motor matic sangat membantu sekali, seperti naik mainan anak atau bom bom car gas rem doang.
    Tapi di balik kemudahan naik matic harus diimbangi dengan perawatan rutin.
    Bengkel.langgananku juga planet ban maak deket rumah pula...

    BalasHapus
  20. Dari kemaren seliweran Planet Ban - tempat servis yang komplit, dan lucu juga karena orang kan mikirnya "Oh, kalo mau ganti ban ke sini yaaa!" gitu

    Apa gak kepikiran si Planet Ban ganti nama jadi Planet of Services aja ya

    BalasHapus
  21. Iyaa saking abai sama servis katanya motor bekas dipakai perempuan harganya jadi jatuh hihi padahal sekarang ada planet ban buat servis rutin yang jujur dan terpercaya ya

    BalasHapus
  22. Saya lebih parah, engga berani ngendarain motor, cuma berani jadi penumpang aja, hihihi... Recomended ya service motor di planet ban...

    BalasHapus
  23. Iya kadang banyak yang suka abai sama perawatan motor matic ya. Saking enaknya make cuma gas rem doang. Padahal kalau rutin dan ga telat cek oli motornya tiap bulan, motor jadi awet mesinnya.

    BalasHapus
  24. Pengalaman suami aq dlu pernah salah memilih service motor akibatnya baru sehari harus service lagi, smga yang ini ada di sini juga

    BalasHapus
  25. Waah saya belum pernah service di planet ban. Tapi kemarin anak saya beli ban motornya disana. Kapan-kapan bisa dicoba nih service di sana..kayaknya ada baru dekat rumah

    BalasHapus
  26. Meski cuma punya motor, harus disyukuri
    Jalannya dengan merawat baik
    Salah satunya mengganti ban secara berkala

    BalasHapus

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun