.......... --> Pentingnya Belajar Public Speaking Untuk Anak | Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger

Pentingnya Belajar Public Speaking Untuk Anak

Kemampuan public speaking pada anak perlu diasah sejak dini karena memiliki banyak manfaat dari mulai meningkatkan kepercayaan diri hingga masa depan

Cung siapa yang punya kendala saat berbicara di depan banyak orang? nah zaman sekarang nyatanya butuh banget loh kemampuan untuk bicara di depan untuk mengemukakan opini, membacakan informasi, mempresentasikan tugas hingga bisa memandu sebuah acara.

Saya masih inget sekali, kemampuan bicara saya saat kecil sangat minim karena tidak pernah dilatih dan tidak tahu bagaimana berbicara di depan dengan baik kecuali saat menjadi petugas upacara saja itupun hanya membacakan Undang-undang dimana hanya membaca saja teksnya.

Kini, zaman sudah berubah banget anak-anak kini sudah harus dilatih bisa presentasi ke depan dan ini membutuhkan skill serta latihan agar anak bisa mengemas informasi dengan baik serta berbicara dengan lancar dan percaya diri.

Saya ingat sekali, belajar presentasi saat masuk bangku kuliah. Itupun harus ada drama kumbara dulu hahaha. Miklim ga fasih dan ga percaya diri jika bicara di depan khalayak.

Baca yang ini juga : Perubahanku dari si pemalu menjadi trainer

Berbekal pengalaman saya yang ga enak, maka saya memutuskan agar Neyna si sulung mulai belajar public speaking dari sekarang.

Pentingnya-belajar-public-speaking-untuk-anak

 Manfaat Belajar Public Speaking Untuk Anak

Sejak Neyna pindah sekolah, ia dikenalkan dengan cara belajar, kegiatan sekolah yang menuntunya harus percaya diri.

Neyna bisa dikatakan percaya dirinya agak kurang dibandingkan mamaknya ini yang kadang over percaya diri wkwkwk..

Saya ga ingin apa yang terjadi pada saya dulu kembali menjadi kejadian berulang yang dialami oleh Neyna. Karenanya ketika di sekolah baru banyak kegiatan tampil di depan audience dan Neyna berhasil saya merasa sangat senang sekali.

Namun sayangnya ia masih belum percaya diri jika harus presentasi sendirian. Padahal kemampuan public speaking zaman now itu sangatlah penting.

Adapun manfaat public speaking bagi anak diantaranya adalah :

❤ Meningkatkan kepercayaan diri

Saya ingat sekali, teman kuliah saya yang tidak percaya diri untuk berbicara di depan kelas dan akhirnya di semakin mundur lalu berlindung di belakang papan tulis. Kejadian tersebut jangan sampai terjadi pada Neyna.

Maka saya ingin Neyna bisa belajar public speaking yang baik untuk menambah rasa percaya dirinya dan tidak takut ditertawakan orang lain.

Berbicara di depan bagi yang tidak biasa memang membuat tidak nyaman apalagi saat pandangan mata orang lain tertuju pada kita.

❤ Sebagai bekal untuk masa depan nanti

Kemampuan public speaking sangat berguna loh ga hanya masa kini tapi juga masa depan. Saya seringkali menemukan pelamar yang untuk interview saja sampe tercekat suaranya. Gemetar hingga sulit ungkapkan pendapat.

Padahal kemampuan public speaking ga hanya saat bicara di depan saja tetapi juga saat mengemukakan opini depan khalayak.

Cara Melatih Public Speaking Pada Anak

Dengan manfaat yang cukup besar, sebagai orang tua saya ingin sekali Neyna bisa menguasai kemampuan yang satu ini.

Kelak di masa depan, bisa jadi Neyna tertarik ingin menjadi MC atau Penyiar Berita atau pengusaha mereka semua punya kemampuan public speaking yang sangat baik.

Lalu bagaimana cara melatih public speaking pada anak? begini cara yang saya lakukan :

☺Berlatih

Neyna seringkali saya minta untuk coba presentasikan hasil belajar dia. Jadi misalnya dia lagi belajar IPA tentang hujan maka saya minta Neyna untuk presentasikan bagaimana terjadinya hujan.

Saya meminta Neyna bicara di depan saya dan Rayi, lalu Neyna akan menjelaskan bahwa hujan itu apa, bagaimana terjadi.

Latihan ini ga hanya melatih kemampuan public speaking-nya namun juga sebagai upaya mengulang pelajaran yang telah ia pelajari.

Saya juga inginnya ketika Neyna punya sesuatu yang ingin dimiliki ia bisa mempresentasikan dulu mengapa ia harus punya barang tersebut.

Hal ini terinspirasi saat saya melihat Mona Ratuliu menceritakan anak sulungnya untuk presentasikan positif dan negatif ketika ia membeli sebuah gadget.

Cara ini cukup ampuh buat melatih anak-anak terbiasa berbicara secara sistematis.

☺Mengikutsertakan Pada Les

Agar Neyna bisa tahu materi dan lebih tahu tentang public speaking, akhirnya saya ikut sertakan Neyna mengikuti pelatihan Public Speaking bersama Kreasa.

Baca yang ini Juga : Belajar Online Bahasa Inggris Bersama Kreasa

Memilih Kreasa karena memang sebelumnya sudah pernah mengikuti privat Bahasa inggris hingga belajar membuat komik. Saat Kreasa muncul untuk pelatihan public speaking saya langsung mendaftarkan.

Senangnya belajar di sini, Neyna bisa present dari mulai membacakan berita, pengenalan diri dan langsung mendapat feedback dari fasilitatornya.

Neyna sendiri bilang jika feedback-nya adalah mimiknya yang masih belum sehingga perlu banyak latihan lagi.

***

Bagaimana hasilnya? saat ini masih progress, namun jika terus berlatih saya yakin Neyna pasti bisa menguasai kemampuan ini.

Jadi gimana temans? apakah anaknya sudah dibekali kemampuan public speaking? karena kemampuan yang satu ini sangat penting loh! yuk mulai asah kemampuan public speaking-nya sedari kecil.

Adakah yang punya cara lain? kuy bisa sharing.



COMMENTS

BLOGGER: 28
  1. sangat perlu mbak, anak anak usia dini belajar publik speaking, agar nggak demam panggung.

    BalasHapus
  2. Di komunitas anakku juga aku ajarkan secara bertahap dan hasilnya mantap

    BalasHapus
  3. Penting banget belajar public speaking bagi anak karena di Kurikulum Merdeka, akan ada sesi2 presentasi yang sebaiknya semua anak bisa melakukannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba kurikulum merdeka buat anak2 harus tergali kemampuan presentasinya

      Hapus
  4. Wah ada ya pelatihan public speaking utk anak..bagus banget nih mbaaak. Melatih tutur kata yang baik dan tentunya juga mental ketika berada di depan banyak orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba apalagi kurikulum sekarang tuh anak jd lebih aktif, dikit2 maju ke depan presntasikan yang sudah dibuat

      Hapus
  5. saya pas masih kecil lancar ngomong, plus kebanyakan. Terusss karena ada sesuatu kondisi, saya lebih banyak diam, nggak pede-an, sampai tumbuh besarnya. Akhirnya ikut banyak kegiatan biar bisa melatih kemampuan ngoceh lagi, hehehe. Semangat tuk Neyna, insya Allah bisa.

    BalasHapus
  6. iya nih, anak-anak saya juga susah banget kalau saya suruh menceritakan buku yang barusan di bacanya, game yang dimainkannya. Dan saya juga nggak sabaran untuk kembali mengulang bertanya.
    Wah bagus juga ya kalau ada kursus public speaking untuk anak, paling tidak melatih membiasakan anak untuk berani cerita apa saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bercerita kembali anak2 juga sering saya minta tp presentasi dg bahasa baku dengan suara lantang dan berdiri tegak ini anak2 di rumah perlu latihan

      Hapus
  7. Ngomongin public speaking, kayanya aku kalah sama keponakan. Asli susah ngomong di depan banyak orang. Makanya kalau ada acara di sekolah dan keponakan dapat tugas, ku motivasi biar dia PD, biar gak kaya tantenya. Boleh juga tuh diikutkan kelas kaya Neyna

    BalasHapus
  8. teh Belaaa, aku termasuk yg nggak terlalu bisa ngomong di depan orang banyak. Tapi pas udah makin ke sini (baca: tuir) aku cobain bismillah walau memang grogi syekaliiii haha
    aku pernah jg melatih anak pertama yg memang pas kecil itu dia berani, namun entah kenapa sekarang agak malu2. Makanya aku baca tulisan ini jadi meremind kembaliiii niat aku untuk memupuk si #1 tentang public speaking, wah di Kreasa lengkaaaap^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mba Uci skrg mah anak2 harus tampil berani bicara di depan :)

      Hapus
  9. Anak anak sekarang sangat penting untuk memiliki kemampuan public speaking ya mbak
    Apalagi sekarang tugas sekolah anak banyak yang presentasi proyek mandirinya

    BalasHapus
  10. Anak anakku juga sering dapat project dari sekolah untuk presentasi. Awalnya masih malu malu dan kurang percaya diri. Tapi memang setelah melakukan berulang kali, alhamdulillah semakin percaya diri dan ada progress. Memang setiap hal selalu ada yang pertama ya, makin sering diasah makin memberikan kemajuan pastinya.

    BalasHapus
  11. Auto browsing deh, "gimana cara kiat belajar public speaking buat anak"

    Ternyata,
    Sering atau perbanyak ngobrol dengan anak termasuk lho.
    Misalnya memancing anak menceritakan pengalamanya saat sekolah dan lain sebagainya.

    Setuju banget.
    Penting banget belajar public speaking buat anak!

    BalasHapus
  12. Penting banget sih menurutku apalagi di era digital ini public speaking itu sangat membantu membuat konten dan mendapatkan Cuan dari konten itu lumayan banget

    BalasHapus
  13. Benerrr bgt mbaa anak better dibiasakan utk punya skill public speaking

    Sangat berguna banget bangetttt

    BalasHapus
  14. Aku aja gak pede bicara di depan publik, padahal jaman kuliah udah beberapa kali ngomong di depan publik. Entah lah makin kesini, banyak orang yang lebih pintar jadi bikin aku insyekur kalo ngomong di depan publik.

    Anakku yang sulung pede kalo ngomong di depan publik, kayak udah terbiasa. Apa karena anak sekarang ya jadi gampang ngelatihnya

    BalasHapus
  15. Bener banget public speaking sangat sangat penting. Sejak kecil bagus sudah mulai belajar kebetulan sekolah anakku ada ekskul public speaking mulai SD.

    BalasHapus
  16. satu lagii mbak, memasukkan anak ke sekolah yang rutin membuat proyek dan dipresentasikan juga bisa. dengan begitu mereka akan "dipaksa" untuk rutin berlatih yaa.

    BalasHapus
  17. Kak Neyna hebat banget..
    Anak-anak yang suka dengan tampil begini, biasanya luwes dalam bergaul ya..
    Sehingga mendukung bakat public speakingnya.

    BalasHapus
  18. Betul mbak, harus dilatih sejak dini. Kejadian nih pada anakku yang nomer dua. Dia pemalu sekali, bahkan sekadar untuk menceritakan kembali pelajaran sekolahnya dia tidak mau lho.

    BalasHapus
  19. Memang penting banget belajar public speaking dan aku menyesali karena gak menguasainya. Rencananya pengen anak-anakku kursus public speaking juga deh, karena bermanfaat untuk masuk dunia kerja.

    BalasHapus
  20. Aku jadi inget pernah strugling pas harus tampil kartinian gantiin temenku..auto blank karena ga bisa jawab pertanyaan karena gugup. Tenryata public speaking sengaruh itu

    BalasHapus
Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

Nama

#Minion (Mommy Opinion),2,Advertorial,35,Assessment Center,3,Beauty,24,Blog Competition,71,Book Review,29,BPNChallenge,75,Breastfeeding,17,Featured,10,Food And Beverages,27,Giveaway,9,Healthy,47,Life Story,9,Lifestyle,91,Movie Review,17,My Experience,114,My Job,35,My Opini,50,Parenting,63,Pengetahuanku,10,PostTematik,41,Pribadiku,18,Product Review,92,Reportase,34,Seputar Psikologi,16,Travelling,38,Wifi Cepat & Internet Menyatukan Indonesia,1,
ltr
item
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger: Pentingnya Belajar Public Speaking Untuk Anak
Pentingnya Belajar Public Speaking Untuk Anak
Kemampuan public speaking pada anak perlu diasah sejak dini karena memiliki banyak manfaat dari mulai meningkatkan kepercayaan diri hingga masa depan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5Ly8jIAD5ornD2xZiNPL3TqJ70X9qg0uiC7mkzFLF-C2oPSOivEYVcoFrSWb_9v67iPIvjVgEqFBtYjQpXU8Rb5OGAfEBXl2rcSkJ3tue3gXRLIxpkH1FMxXTcDVv5hKb0XgLUJ2SoRg9cPLlN-0UvoxAfj_F8LmeALfT0mKIYQQ-GAy7rZ3cxxOE/w640-h454/3AA777BE-EB10-4502-AF03-CD801C5B83BF.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5Ly8jIAD5ornD2xZiNPL3TqJ70X9qg0uiC7mkzFLF-C2oPSOivEYVcoFrSWb_9v67iPIvjVgEqFBtYjQpXU8Rb5OGAfEBXl2rcSkJ3tue3gXRLIxpkH1FMxXTcDVv5hKb0XgLUJ2SoRg9cPLlN-0UvoxAfj_F8LmeALfT0mKIYQQ-GAy7rZ3cxxOE/s72-w640-c-h454/3AA777BE-EB10-4502-AF03-CD801C5B83BF.png
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger
https://www.bundanameera.com/2022/11/pentingnya-belajar-public-speaking.html
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/2022/11/pentingnya-belajar-public-speaking.html
true
8935268786364384205
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content