Perjalanan Jilbab Dari Masa Ke Masa

Selasa, 05 Juni 2018
Apakabar temans?gimana puasanya?detik-detik THR turun semoga ibadahnya makin kenceng yes. Ngomongin THR mau dipake buat apa?beli emas?ditabung? beli baju?beli peralatan masak?beli sepatu?atau beli jilbab biar koleksinya tambah berwarna.

Ngomongin jilbab saya jadi teringat nih masa-masa mengenakan jilbab. Hampir 16 tahun sudah saya berjilbab, sejak duduk di bangku SMA saya memutuskan untuk berjilbab. Padahal dulu banget kalau ditanya kapan mau pake jilbab?dengan yakin saya jawab "kalau udah tua". *cemana uda tua baru pake* πŸ˜‚

Perjalanan pertama mengenakan jilbab bagi saya cukup sulit, sesulit kamu lupain duit gocap yang jatoh dijalan. Awal mula berjilbab tentu saja bikin alm. mamak kaget udah beli baju seragam pendek pake uwel-uwelan sama ibu-ibu laen eh anaknya kekeuh pengen berjilbab.

Tentu saja ini tantangan buat saya bahwa keputusan saya berjilbab fix 1000% tiada yang bisa menggoyahkan lagi karena dulu mamah ketakutan saya yang masih labil takut buka copot jilbab itu yang paling beliau khawatirkan. Alhamdulilah atas support dari teman-teman seperguruan saya pun istiqamah hingga kini.

Perjalanan jilbab dari masa ke masa sangat saya rasakan betul perubahannya bahkan yang dulu mungkin bisa dikatakan jarang ada yang berjilbab kini sudah menjamur sekali dengan didukungnya industri fashion dalam berjilbab.

Dari model hingga bahan jilbab kini meluas hingga di kalangan artis melirik membuka bisnis fashion muslimah. Nah saya jadi pengen berbagi nih perkembangan yang saya rasakan selama berjilbab.





Masa SMA 

Dulu bahan jilbab yang saya tahu hanya berbahan katun dengan ciput renda-renda. Lalu muncul katun rubiah yang sekarang juga sedang hits sayangnya saya tidak memilikinya. Jilbab yang pertama mamah belikan untuk saya itu warna hitam dengan motif timbul. Hingga kini jilbab itu masih ada saya simpan sesekali pernah saya pakai ke kantor.

Untuk model jilbabnya kala itu saya lebih suka menutupi dada khas banget anak rohis-lah namun sejak mengenal jilbab bahan ceruti gitu lebih suka diikat didepan. Dan memasuki kelas 3 SMA, barulah saya mengenal ciput topi.

Dulu selain ciput renda, ciput topi juga musim ciput mika yang disematkan dalam kerudung lalu nanti akan berbentuk oval. Saya ga suka pake ciput mika ini terlihat bundar banget. Sempat juga hits jilbab bahan donatello hayoh siapa yang masih ingat dan masih punya?selamat kita seumuran πŸ˜‚.

kerudung donatello cr :google

Masa Kuliah

Menginjak kuliah jilbab yang saya punya masih warisan dari masa-masa sekolah namun ternyata gegara menjalani OSPEK akhirnya mulailah saya mengenakan jilbab dengan model cekek leher iyes yang digulung-gulung ke leher. Dulu sih terinpirasi sama kakak saya teh Inneke Koesherawati *eaaaa

Terlebih kuliah di fakultas psikologi mengharuskan saya mengenakan kemeja berkerah so biar keliatan kerahnya maka model jilbabnya saya lilit-lilit.

Masa-masa kuliah mulaihlah bertaburan banyak model jilbab, variasi jilbab hingga bahannya. Sejak kuliah mulailah saya berburu model jilbab dengan bahan-bahan yang berbeda-beda. Beberapa model jilbab yang pernah saya miliki semasa kuliah :

✔ Jilbab Segiempat Sutera sudah tidak polos lagi namun bercorak warna warni
✔ Jilbab Langsungan Zaskia yang sering dipake kalau di sinetron Para Pencari Tuhan
✔Jilbab Segiempat berbahan Satin 
✔ Jilbab Segiempat berbahan Zara yang kayak kulit jeruk gitu kayak gini bentuknya :

nah ini bahan Zara tebal
✔ Jilbab langsungan tapi bentuknya pashmina dan ada ciput topinya ga tau ini model ala siapa dulu
✔ Jilbab segiempat berbahan katun Paris, ini booming banget waktu kuliah pokoknya dulu harganya masih lumayan kalau sekarang palingan 10rb kali yah hahaha. Tapi khusus katun paris saya biasa beli di Alisha toko kerudung yang dekat BIP itu.

Itu yang saya ingat semasa kuliah dari semua jenis jilbab yang masih eksis hingga kini hanya jilbab katun paris. 

Masa Kerja

Saya masih mengandalkan jilbab-jilbab berbahan katun paris dari warna hitam sampe orange pokoknya semua warna ada. Ciputnya masih mengandalkan ciput topi. Namun seiring waktu saya mulai berkenalan dengan Pashmina dan ciput ninja kalau tidak salah sekitar tahun 2011an saya pertama kali tertarik ingin punya pashmina dan ciput ninja.

Masa-masa saya mengenal komunitas hijaber itu tahun 2010an ya ga sih?pokoknya jadi banyak yang jualan pashima dengan ciput ninja gitu. Selama kerja juga saya menjajal beberapa bahan jilbab dari bahan satin hingga maxmara.

Masa Kini

Jangan ditanya yah temans untuk saat ini buanyak banget jualan jilbab dari bahan A-Z dari model simple sampe ribet, dari kalangan artis pun berlomba-lomba buka toko hijab dan fashion muslimah. Sampe bingung dah mau beli yang mana. Beli di toko artis wuih harganya bikin saya sebagai emak-emak hemat pengen nangis πŸ˜‚.

Untuk saat ini lagi trend jilbab berbahan VOAL Printing, artis yang jualan jilbab juga membuat jilbab berbahan voal printing. Hayo siapa yang kepengen tapi ga punya budget banyak?saya punya solusinya nih.

Setelah pencarian kesana kemari jilbab voal printing dengan harga yang pas, akhirnya saya nemuin Quenni Scarves. 

Trend JIlbab Masa Kini
Exclusive Packaging Quenni Scarves

Yang Saya Suka dari Quenni Scarves ini :

πŸ’ž Berbahan Voal yang mudah dibentuk, tidak mudah kusut jadi kalau tidak disetrika tidak masalah solusi banget buat emak-emak kayak saya yang udah males setrika jilbab.
πŸ’žVariasi desain motif jilbabnya yang oke dan tidak pasaran namanya juga limited edition nih temans jadi tidak khawatir kalau lagi pergi bawa piring/gelas takutnya pas lagi jalan ada 4-5 orang pake dengan motif yang sama. 

salah satu motif yang saya punya
πŸ’žHarganya murah dibandingkan dengan hijab online yang lain cukup Rp 150.000,- saja
πŸ’ž Ukurannya 115x115 lebar loh
πŸ’ž Exclusive Packaging 

Didalam kemasannya ada tulisan bertinta emas
πŸ’ž Ready but limited edition jadi ga perlu dah lama-lama PO 
πŸ’ž Bagian ujung jilbab ada brand label printingnya kece banget ini yang bikin saya suka
πŸ’ž Cocok buat moment apapun bisa buat ke kantor, jalan-jalan atau kondangan. Beberapa gaya model yang bisa saya kenakan dengan Quenni Scarves ini :

1. Gaya Jilbab yang suka saya pake sehari-hari 

model jilbab masa kini

2. Gaya Syar'i tinggal pake bros juntai jadi deh


3. Gaya Selebgram Kekinian


Temans suka model gaya yang bagaimana?sesuaikan saja dengan kebiasannya yah. Btw mohon maaf pake kacamata item karena saya abis begadang jadi matanya agak lelah πŸ˜‚. Gimana penasaran sama Quenni Scarves?teman bisa kunjungi IG-nya yah disini

Repurchase for Quenni Scarves? Tentu saja karena saya banget nih jilbab *halah* πŸ˜‚. Buat temans yang mau lebaran, atau mau kasih hadiah buat orang terkasih tercinta cuss saya rekomendasiin ni jilbab!
***

Demikian cerita saya tentang perjalanan jilbab saya dari masa ke masa, temans mau sharing bahan apalagi yang hits di masanya?yuk ah sharing dikolom komen.

Semoga bermanfaat yah πŸ’‹...

62 komentar on "Perjalanan Jilbab Dari Masa Ke Masa"
  1. Gaya Selebgramnya Mantap Juga Tuh Mba, sudah bisa bersaing dengan Artis papan Tulis, eh salah papan Atas Maksudnya...hehehe

    BalasHapus
  2. Salfok nama brandnya kaya nama anakku. Hihi.
    Hijab baru cocok dipake di hari raya. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama mba?hehehe iya yuk beli mb :p

      Hapus
  3. saya suka gaya syari mbak , eh maksudnya melihat yang gaya syari bukan pakai gaya yang syari XD

    BalasHapus
  4. Syantiek neng bella euy.
    Btw aku jg punya mbk herva kerudung yg donatello itu. Masih sisa satu. Yg lainnya pada kemana dah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya mb sejak ga musim ku hibahkan semua jilbabnya yang old hahahs

      Hapus
  5. Hahahah.. Mba Herva bisa ajah nih.. itu yang gaya Selebgram kekinian, aduhaii gak kuat, wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. gakuat pengen lemparin receh nyak teh wkwkwk

      Hapus
  6. Kudu ngakak yang bagian hijab selebgram.. ish pengamatannya bisa segitunya ih, kkkk btw hijab Quenni ini emang cuma ada modelnya segiempat aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wwwk geli aku juga pas difotonya mb :P iya cuman segi4 sajo mb

      Hapus
  7. Makin gaya teh pake kacamata item, hihi. Coba bikin gaya hijab lain teh, kali aja ntar jadi seleb hijab juga, hihi.

    BalasHapus
  8. saya suka sih bahan voal, plus corak - coraknya yang ciamik dan kece yah, hmmm jadi penge nbeli

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh bagus2 cus teh beli buat lebaran

      Hapus
  9. Bener banget mbak, sekarang jilbab udah berasa jadi pakaian wajib sehari-hari. Anak-anak sekolah pun yang dulu masih jarang banget pakai seragam panjang-berjilbab, sekarang sepertinya udah hampir semua siswi perempuan pakai. Dan yang jadi pertanyaan saya adalah, kenapa dengan bahan dan model yang biasanya sama ((eh, bahannya sama nggak sih. sok tau ini XD)), jilbab yang di jual sama artis itu bisa jauh lebih mahal? KENAPA? *tanya aja sama google sana* Hahaha...

    Wah pas beli jilbab di Quenni dapet ucapan terimakasih segala. Keren-keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk krn nama artis lbh mahal kang

      Hapus
  10. Ahahaha sama saya juga berjilban dr SMA, kelas 1. Emang perkembangan model jilbab dr dulu ke skrng jauh ya, skrng mah bagus-bagus banget. Bahannya juga adem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya teh dulu mah kitu2 wae skrg mah wow pisan

      Hapus
  11. Saya biasa pakai yang instan mbak untuk sehari-hari, untuk acara tertentu ya menyesuaikan saja
    pakai kaca mata hitam tambah cantik kok mbak

    BalasHapus
  12. Kl kacamata item beli dimana sis ? Hihihi

    Aq br ngeh lo kl hijab voal printing emg lg kekinian bgt dan jd png punya juga, slm ini awet bgt pake plain hijab

    Tfs rekomendasinya teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kacamata dibeliin suami dr cina mba wkwk

      iya bahan voal lg keknian bgts

      Hapus
  13. Gaya selebgramnya keren dan dari penampakan memang lembut bahannya. Pasti adem dipakainya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha makasi mba 😁 iya ini enak gampang diatur

      Hapus
  14. Wah, beneran kece Teh udah cucok bener jadi selebgram terima endorse-an ini mah hehehe.

    Bagus Teh coraknya, pengen kepo-in model lain buat lebaran lah :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. sok atuh teh cuss kepoin Ignya hahaha

      Hapus
  15. Iya ya, dulu zamannya PPT 1 kebawa2 banget nontonnya, suka sama Zaskia gegara itu. Duh, ada hawa apa ya klo bayangin sinetron itu, kaya kangen (sinetron) religi ada juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sekarang uda ga ada padahal sinet bagus y mba

      Hapus
  16. Wuih cakep ya jilbab Queni ini. Aku sukaaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cus beli teh biar tmbh cucok meong

      Hapus
  17. kalau saya jilbabnya masih setia sama kain paris nih, mbak. murah meriah soalnya. gayanya juga yang standar banget. hehe

    BalasHapus
  18. Makin ke sini motif dan bahan jilbab makin bervariasi ya. Kekinian gituh hehehe ya seperti teh Herva ini lah. Semakin mempesona, apalagi pakai jilbab kayak ada di foto..duuh ayu deh :D Bahan2 jilbabnya mesti adem tentunya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba adem n yg aku suka gampang diatur

      Hapus
  19. Makin kesini makin banyak fashion tunik, gamis, dan juga hijab yang cakep2. Kalau ada yg bilang, sekarang banyak orang yang berhijab karena fashion, hemmm... kalaupun memang iya karena fashion, mereka udah memilih fashion yang tertutup. Begitupun dg industri pakaian menutup aurat dan juga hijab, moga menjadi keberkahan buat mereka. Pas awal berhijab, sempat beli pashmina dan ternyata rempong bin ga pantes, hahah... Sampe sekarang cuma beli hijab persegi aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banyaknya juga aku persegu miss hehee

      Hapus
  20. Gaya selegram mantab bgt mba....

    Skrg nyobain Jilbab voal yang lagi kekinian itu, tapi tetap setia ma katun parisnya Tamita Ambass sie..soale biasanya pake jilbab segi empat yg polos..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya paris ga ada matinya y mba heeeee

      Hapus
  21. wuihhh teteh bella udah lama juga ya pake jilbabnya dan hafal juga segala tren jilbab dari taun ketaun termasuk yg donatello itu wkwkwkwk aku inget nih, sepupuku yg lebih duluan jilbaban sempat nyebut2 donatello, dulu aku mikirnya naon eta jilbab donatello, mau nanya ke gugel belum bisa ;p

    aku pakai kerudung itu 2011, setahun sebelum menikah, waktu itu sukanya kerudung paris yg warna warni, sekarang favoritku model apa aja yg penting aku jadi ketje *eaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwwk iya donatello dulu jd primadona banget bu aya

      Hapus
  22. I like this post, enjoyed this one thank you for putting up.

    BalasHapus
  23. BUndaaa maah cocok jadi selegraaam. Aduh itu bodynya langsing banget nggak kayak lahiran. Kan aku ngiriii :p

    BalasHapus
  24. Karena pakai jilbabnya barusan..gaya saya nggak jauh-jauh dari jilbab paris segi 4 dan pasmina bahan diamond..eh, tapi sekarang lagi suka jilbab voal dan suadia

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Voal lagi hits banget skrg

      Hapus
  25. perjalanan hijabku...

    aku berhijab sejak SMP. Dari awalnya membutuhkan waktu 30 menit buat pakai hijab sampai sekarang 5 menitan aja hehehe dulu mah sulit banget pakai hijab, noob banget plus kerudungnya licin susah dibentuk. Sekarang udah gede bisa pilih bahan sendiri yg pas dengan di hati hihihihi jibab segi empat, pasmina, instan, apapun itu yang penting gampang dipakai dan pas dengan acara. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba makin sini makin bnyk model n aneka bahan

      Hapus
  26. pas gaya selebgram lgsg ngakak :D
    dalam hati, "emg gitu ya gaya selebgram" wkwkwkwk

    BalasHapus
  27. Masa kuliahnya sama mba, cekek leher haha

    BalasHapus
  28. Aku juga koleksi voal bermotif gitu sekarang soalnya enak dibentuk dan kadang ga perlu disetrika udah rapih, haha :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes betul banget mba Nia apalagi nanti mb Nia ada baby fokeusnya bukan buat nyetrika jilbab tapi nyusuin hahaha

      Hapus
  29. jilbab masa kuliah kok hampir di semua tempat sama ya teh hehehe
    apa penerawanganku aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin penerawangannya aja hahaha

      Hapus
  30. Saya awal pakai jilbab waktu musim jilbab segiempat bordir, trus ada jilbab pagi-sore. Sepertinya lebih jadul mbak, hehehe.
    Iya tuh, jilbab voal sekarang lagi booming, saya juga suka karena bahannya nyaman untuk dipakai formal maupun santai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yang bordir dulu sempat booming sempat punya juga wkwkwk

      Hapus
  31. bunda Rara mah pake apa aja tetep cantik :)

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

Auto Post Signature

Auto Post  Signature