Thursday, February 2, 2017

Resensi Buku : Laris Manis Bisnis Wisata Halal


Judul Buku  : Laris Manis Bisnis Wisata Halal
Penulis         : Cheriatna (Owner Cheria Wisata)
Halaman      : 80 
Format        : E-Book
 ***
Buku ini saya dapatkan gratis, ketika saya baca banner adanya lomba menulis resensi buku maka segera saya cari dan ternyata bukunya bisa saya dapatkan secara gratis hanya mengandalkan wifi klik download taram munculah e-book Buku Bisnis yang dari judulnya saja membuat saya tertarik untuk segera melahap setiap halaman bukunya. Bahkan saya mampu menyelesaikannya dengan cepat tidak lebih dari 1 jam.
Meskipun tanpa harus saya melihat blurb dan memang tidak ditampilkan dalam e-booknya akan tetapi saya sudah yakin jika isi bukunya menceritakan kesuksesan dalam membangun bisnis wisata halal. Ketertarikan saya semakin membesar takkala saya membaca kata pengantar yang penulis sampaikan.

Baca Lagi : Review Buku Kebahagiaan yang Kutahu 

Dalam kata pengantarnya tersebut menyatakan jika buku ini disodorkan khusus bagi siapa saja yang ingin terjun ke dunia bisnis travel. Menyimak satu kalimat awal pada kata pengantar tersebut membuat saya berfikir jika "penulis yang juga sekaligus pemilik Wisata Halal "tentunya adalah pribadi yang selalu ingin berbagi. Mungkin bagi sebagian orang ada yang berusaha menutupi rahasia kesuksesannya namun melalui buku ini penulis justru menginginkan agar semua orang bisa seperti dirinya.

Adalah Bapak Cheriatna nama asli penulis sekaligus sebagai nama usaha bisnis wisata halalnya "Cheria Wisata" yang ia geluti sejak tahun 2010 (Profil Penulis-hal. 62). Buku ini diawali dengan kisah masa lalunya Bapak Cheriatna didalamnya juga dikenalkan keluarga besarnya "Geng Cheria" siapa disangka ternyata Bapak Cheriatna memiliki 13 anak sudah mirip syekali dengan Genk Gledek yang femes ituh. Kemudian mengalirlah pengalaman dan tips yang ingin ia bagi mengenai usahanya dalam merintis bisnis wisata halal.

Saya sangat terkesan dengan kisah masa kecilnya yang hanya sebagai anak petani lalu mampu merealisasikan impiannya untuk bisa menjadi pebisnis travel yang mengantarkannya berjalan-jalan melihat bumi Alloh lainnya. Membaca part ini sungguh membuat saya terbakar semangat untuk bisa mengikuti jejaknya. Banyak orang bermimpi untuk bisa travelling tapi tidak semuanya bisa merealisasikan mimpi manisnya tersebut.

Pembahasan selanjutnya mulai memasuki tentang wisata umroh vs wisata halal. Disini mulai memaparkan bahwa selain umroh ternyata ada wisata halal yang mulai banyak diminati oleh para traveller baik muslim mapun non muslim. Hal ini menjadikan trend wisata halal berkembang secara global.

Wisata halal sendiri tak hanya tertuju pada negara muslim namun juga negara non muslim karenanya negara-negara non muslim mulai untuk berbenah diri menyiapkan negaranya menjadi destinasi wisata halal. Menariknya adalah dibahasnya masing-masing gambaran negara di Eropa dan Asia seperti Korea, Jepang dan China. Dan Indonesia sendiri pun sedang melakukan pembenahan pariwisata dengan destinasi wisata yang potential salah satunya Raja Ampat.





Tren wisata halal menjadikan salah satu bisnis yang menjanjikan bagi siapa saja yang punya niat untuk membangun bisnis sekaligus travelling keliling dunia secara gratis. So menurut buku ini, bisnis wisata akan menjadi peluang tumbuhnya bisnis yang berkelanjutan.

Bagian yang paling saya tunggu dari buku ini adalah langkah-langkah yang dibagikan untuk kita yang hendak memulai bisnis wisata halal ini, diantaranya adalah :

1. Kuatkan Azzam
2. Pengalaman vs Product Knowledge  
3. Penghitungan Biaya Operasional
4. Pendapatan yang diinginkan

Dan langkah tambahan lainnya yang tak kalah penting adalah Men-Digitalkan Bisnis sebagai jawaban atas berkembangnya revolusi media melalui internet. Diantaranya cara yang dibahas dalam men-digital-kan bisnis wisata versi penulis yakni :
a. Lewat Facebook Ads
b. Lewat Menjual Aplikasi di Google Play Store
c. Lewat Tulisan di Blog
d. Dengan Menggunakan Google Adword
Masing-masing cara tersebut disesuaikan dengan tujuan yang ingin kita capai. Menurut saya sebagai yang awam langkah-langkah yang disebutkan terdengar sederhana namun dalam prakteknya di lapangan mampu menuaikan keberhasilan bagi pak Cheriatna selaku pelaku bisnis dalam membangun Cheria Wisata Halalnya.
Selain itu dibahas pula mengenai komponen pendukung bisnis wisata halal. Penulis menjabarkan mengenai Halal Travel Konsorsium (HTK), Asosiasi Travel Halal Indonesia serta Lomba Blog Wisata halal. Menurut saya langkah mengadakan lomba blog tentunya membuat Cheria Wisata semakin dikenal oleh khalayak ramai. Karenanya tak heran dalam buku ini Pak Cheriatna menuliskan quote yang indah "Investasi Tulisan Sangat Menguntungkan Lebih Dari Investasi Emas" (Hal.30).

“Jangan Lakukan Hal Yang sama Untuk dapatkan Hasil Yang Berbeda” – “Investasi Tulisan Sangat Menguntungkan Lebih dari Investasi Emas”

Sebagai penghunjung informasi, didalamnya membahas mengenai program magang sebagai salah satu cara cepat dalam menguasai bidang bisnis dimana pengalaman magang tersebut dapat diaplikasikan dalam real bisnis. Selain itu mengenalkan istilah Konsorsium Market yakni joinan tamu dnegan travel lain agar program tour bisa berjalan. Sebagai upaya dalam melaksanakan bisnis travel ini juga dibahas mengenai Dana Talangan Syariah yang mampu menawarkan program bagi bisnnis travelnya yakni berangkat dulu bayar belakangan. 

Ada juga upaya mempromosikan travelnya ini, salah satu yang pernah ditempuh oleh Pak Cheriatna yakni dengan mendatangkan Duta besar Bosnia serta menggandeng Artis seperti Pevita (kembaran sayah) *uhuk. Dan yang paling penting untuk diperhatikan membangun bisnis travel adalah dengan Meng-handling Complain Pelanggan.

Bagi saya buku ini mampu menambah wawasan saya sebagai seorang awam untuk bisa melihat dunia bisnis travel. Pak Cheriatna mengemas pengalamannya sedemikian rupa sehingga patut untuk dipertimbangkan apabila kedepannya saya mau mencoba usaha baru di dunia bisnis wisata halal ini.

Dalam buku ini pula disisipkan tak hanya testimoni pengguna Cheria Wisata akan tetapi juga pebisnisnya sehingga meyakinkan pembaca mengenai kesuksesan Cheria Wisata milik penulis. Dan pada bagian akhir buku disisipkan rute perjalanan sebagai program wisata yang ditawarkan dalam bisnis Cheria Wisata Halal.

Gaya bahasa yang santai dan mudah dipahami saya rasa menjadikan buku ini mudah untuk dicerna siapapun. Ulasannya disertai dengan chart data pendukung maupun foto-foto menarik menambah daya pikat bukunya. Namun sayangnya layaknya sebuah buku, e-book ini belum tersusun secara sistematis dari daftar isi hingga bab per bab. Serta tata bahasanya yang beberapa kalimat belum sepenuhnya mengikuti ejaan yang baku.

Meskipun demikian isi buku ini patut diperhitungkan sebagai salah satu buku bisnis yang mencoba untuk menguraikan mengenai bisnis wisata halal. Semoga dengan terbitnya buku ini bahkan dibagikan secara gratis melalui e-book mampu memberikan manfaat bagi siapa saja yang ingin terjun ke dunia bisnis wisata halal di Indonesia.





52 comments:

  1. belumbaca dan belum punay bukunya, makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal download mba :)
      sama-sama mba ^^

      Delete
  2. Pake agen dengan nama wisata halal bikin konsumen tidak kawatir ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekalih mba Dew ntar klo ke Denmark si sama mb Dewi aja yah wkwkwk

      Delete
    2. Bisa..disini banyak resto halal sama penjual makanan halal..lebih jelas lagi ketimbang di Indonesia loh..luar biasa kan..padahal ini negara bule :)

      Delete
  3. Penting banget emang wisata halal apalagi kalau menjelajah negeri yg mayoritas bukan muslim ya, Mbak. Supaya tidak terperosok makan2 makanan yang ga halal. Bisnis travel itu harus kuat mental emang. Terutama kalau udah banyak komplain dari pelanggan :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mba :) mental emang mesti kuat bangun usaha sendiri mah

      Delete
  4. langsung ceki buku ini di pagenya. Terimakasih Mbak Herva untuk sharingnya :)

    ReplyDelete
  5. Bisnis wisata halal memang lagi menggeliat skrg ya mba herva. Makin banyak agennya juga. Tapi kalau udah punya nama dan reputasi jadi enggak khawatir ya kalau pakai jasanya.. :D Sukseeesss mba lombanya.. :D

    ReplyDelete
  6. Baca buku-buku bisnis ini walau mungkin belum terpikir untuk berbisnis, tapi bisa belajar dari kegigihan hidup orang lain. Wow banyak anak, banyak omset ya, hehe... Moga barokah untuk si Bapak. Eh iya saya baru tau kalau owner-nya Ceria Wisata itu laki-laki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul miss mesti belajar dari orang yang uda jatuh bangun makanya on fire semangatnya :)

      Delete
  7. jadi penasaran pengen baca, kisahnya inspiratif :)
    semoga sukses buat lombanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasi mba. Mangga download mba gratis tis tis

      Delete
  8. Keren banget ya Mbak, kreatif dan ide2na luar biasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba :) hayu atuh pengen coba mba?hahaha

      Delete
  9. Iya yak..bacanya ringan..ga bikin berkerut..hehe. Sukses juga Mbak..

    ReplyDelete
  10. Waw, makin keren nih. Resensi bukunya keren bangeet :)
    Good luck lombanyaa mba Hervaa *ketjup basah
    Hahhaa

    ReplyDelete
  11. Tfs Mba, gudlak ya! Emang sbg warga Muslim kehalalan pentinhg bangettt

    ReplyDelete
  12. Wisata halal selayaknya dan sudah waktunya dikedepankan.
    Bukan hanya sekedar kulinernya tetapi juga tersedianya fasilitas yang mendukung.
    Terima kasih revienya yang jujur dan ciamik.
    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur.

    ReplyDelete
  13. Wah keren. Saya jadi tertarik buat download ebook nya. Teman2 saya di Lombok banyak yang lakuin bisnis ini mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangga kang didonlod yah dan dibaca sgt bermanfaat :)

      Delete
  14. download gratis ya, mb? baik banget penulisnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gratis mba :) super baik mba uda ngasi ilmu gratis ilmu bisnisnya lagi semoga tambah berkah usahanya aamiin

      Delete
  15. Wah cocok nih buat saya yang mau jadi pengusaha muda...
    Mau coba aplikasikan deh apasja yang ada didalam buki ini...
    Terimakasih atas sharingnya ya...

    ReplyDelete
  16. Wow keren juga ya, berguna nih bukunya buat yang pengen bisnis wisata halal, gratis pula hihihi #pecintagratisan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat membaca mamih tinggal donlod langsung jreng bukunya

      Delete
  17. Wah idenya pak Cheriatna ini emang kece banget ya mbak. Kan kalo udah ada jaminana halalnya, mau makan di mana aja jadi tenang yaaaaa

    ReplyDelete
  18. Aku suka bahasa dalam buku ini. Sederhana dan to the point.

    ReplyDelete
  19. Langsung download deh. Penasaran gara-gara ini kali kedua saya baca reviunya. Dan kayaknya menarik.

    ReplyDelete
  20. rasanya perlu nih punya buku ini sbg referensi, salut kpd perjuangan pak Cheri utk bisa menggapai impiannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangga Mba didonlod langsung :) selamat membca

      Delete
  21. Woahhh pantasan nama travelnya cera, ternyata si penggagasnya bernama pak cheriatna, meuni sunda pisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba :) yg ikut travelnya bakalan Cheria

      Delete
  22. Belum unduh bukunya.. Penuh inspirasi ya isinya.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan unduh mba :) spaa tau jg mau bisnis travel

      Delete
  23. Aku udab punya bisnis travel khusus pesawat tok. Rencananya ntar ko pindah pengen sih dikembangin sampe ke wisatanya juga. Join ama cheria kali ya..

    ReplyDelete
  24. congrats sekali lagi mak herva :)
    lanjutkan !

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design