Search

Agar ASIP Tidak Terbuang Percuma

Jauh hari sebelum saya melahirkan, saya dan suami sudah sepakat untuk memberikan ASI. Karenanya saya searching bagaimana menaruh ASIP, memerah ASIP hingga cara untuk memanaskan ASIP sehingga tidak mubazir dibuang.

Sebagai Ibu bekerja, hal ini tentu jadi PR untuk saya agar saat anak saya lahir dan sudah saya tinggal kerja tidak kekurangan ASIP sekalipun. Dari berbagai info yang saya ketahui tentang ASIP, yang menarik adalah perbedaan daya tahan ASIP ketika di simpan di Freezer kulkas satu pintu dengan kulkas dua pintu.

Menurut info yang saya dapatkan, jika ASIP bisa tahan lebih lama berada di freezer kulkas 2 pintu. Rentang waktunya bisa sampe 6 bulan, hal ini tentu memberikan daya tarik bagi saya sebagai ibu muda yang hendak berjuang ASIP. Selain itu katanya kulkas dengan satu pintu seringkali tidak terlalu dingin duh ini bikin saya khawatir apabila nanti ASIP masuk ke freezer yang kurang dingin.

Agar ASIP tahan lama, Agar ASIP tidak terbuang, ASIP disimpan di kulkas 2 pintu, alasan kulkas satu pintu kurang dingin

Usut punya usut saya dapatkan info tentang Kenapa Kulkas Satu Pintu Tidak Dingin ?

Bagi yang mempunyai kulkas satu pintu di rumah seringkali mengeluh kenapa fungsinya menjadi tidak maksimal. Sering mendapati banyak air tiba - tiba merembes ke bawah kulkas karena atau es batu di freezer gagal dibuat dan bahkan daging di freezer berbau tidak sedap. Beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi karena :


1.  Kebocoran Refrigran

Refrigran berfungsi memindahkan panas dari dalam kulkas keluar kulkas dengan sistem sirkulasi. Jika refrigran bocor otomatis proses pemindahan panas dari dalam keluar almari es tidak dapat berjalan maksimal bahkan gagal. Sehingga kita harus memastikan bahwa refrigran kulkas kita berfungsi dengan baik dengan mengeceknya di bagian belakang kulkas Kita. Untuk kulkas satu pintu refrigran yang sama rusak sehingga semua bagian kulkas akan rusak. Cara termudah untuk mengetahui ini dengan merasakan suhu di belakang kulkas, jika terasa hangat berarti refrigran masih berfungsi dengan baik.


2. Kerusakan Kompresor

Kompresor adalah media pendinginan yang masuk dalam sistem sirkulasi refrigran kulkas. Fungsi kompresor memastikan kulkas berfungsi dengan mengeluarkan suhu panas keluar kulkas dan membuat suhu di dalam almari menjadi dingin. Kerusakan kompresor biasanya terjadi secara bertahap, jika kerusakan sudah cukup baru akan terasa suhu di dalam kulkas menjadi sama dengan suhu ruangan atau bahkan lebih panas.



3. Terjadi Kebuntuan Sistem Refrigran

Sistem refrigran menggunakan sistem selang untuk menyalurkan panas keluar dan mengubah suhu dalam kulkas menjadi lebih dingin. Jika sistem sirkulasi ini buntu secara otomatis sistem sirkulasi menjadi berhenti sehingga proses pendinginan kulkas menjadi tersendat. Suhu panas yang seharusnya dikeluarkan melalui sistem refrigran tetap terperangkap di dalam sehingga suhu kulkas menjadi panas meskipun Kita menyalakan kulkas tersebut.


4. Karet Pintu Pengunci Rusak

Karet yang ada di dalam pintu kulkas berfungsi untuk mengunci suhu dingin di dalam kulkas agar terjaga. Jika karet pengunci suhu pada pintu kulkas rusak akan membuat suhu di dalam kulkas sama dengan suhu ruangan sehingga membuat kulkas tidak lagi dingin. Karet di pintu kulkas berfungsi untuk mengunci suhu dingin di dalam kulkas, sehingga Kita harus mengeceknya secara berkala agar suhu di dalam kulkas selalu terjaga.


5. Frekuensi Membuka Kulkas yang terlalu sering

Membuka kulkas terlalu sering membuat kinerja refrigran menjadi lebih besar karena saat kulkas terbuka suhu dingin keluar kulkas. Terlalu sering membuka kulkas membuat suhu kulkas menjadi bias dengan suhu ruangan, apalagi jika kulkas yang Kita miliki adalah kulkas satu pintu. Kulkas satu pintu membuat freezer bekerja lebih keras untuk mendinginkan bagian freezer ketika kulkas sering dibuka. Ada baiknya Kita mengganti kulkas satu pintu dengan kulkas dua pintu agar bagian fresher dan bagian freezer terpisah. Secara umumkulkas dua pintu lebih menghemat daya listrik terutama jika Kita sering buka tutup kulkas.
            Sebaiknya Kita mengganti kulkas satu pintu dengan kulkas dua pintu agar fungsi dan daya listriknya lebih maksimal. Kebetulan Electronic Solution melalui ES.id menawarkan berbagai pilihan kulkas dua pintu dengan harga terjangkau.

Katalog kulkas dua pintu bisa Kita cek secara online melalui dekstop atau gadget kita. Selain itu ES.id juga menawarkan berbagai peralatan elektronik rumah tangga lainnya yang dapat KitaBuruan segera perbarui kulkas dua pintu dan dapatkan berbagai pilihan elektronik lainnya dengan harga terjangkau hanya di ES.id.
****
Setelah panjang lebar menganalisa tentang Kulkas satu pintu yang memiliki penyakit kurang dingin. Hasilnya saya dan suami sepakat langsung membeli kulkas dua pintu, karena juga pengalaman sebelumnya kulkas dengan satu pintu bagi saya agak kurang dingin dan saya khawatir bersatu dengan makanan yang lain.

Hal ini akan menyebabkan aroma makanan lain akan bercampur dengan ASIP. Udah Capek memerah ASI taunya ga bisa keminum sakitnya tuh disini >> tunjuk dada. 

Alhamdulilah kulkas 2 pintu kami masih terjaga hingga sekarang dan anak saya lulus ASI hingga 2 tahun. Gimana infonya? semoga berguna ya gaes. Bagi saya Kulkas 2 pintu solusi aman menyimpan ASIP 💋.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun