Agar ASIP Tidak Terbuang Percuma

Agar ASIP tahan lama, Agar ASIP tidak terbuang, ASIP disimpan di kulkas 2 pintu, alasan kulkas satu pintu kurang dingin

Agar ASIP Tidak Terbuang Percuma

Jauh hari sebelum saya melahirkan, saya dan suami sudah sepakat untuk memberikan ASI. Karenanya saya searching bagaimana menaruh ASIP, memerah ASIP hingga cara untuk memanaskan ASIP sehingga tidak mubazir dibuang.

Sebagai Ibu bekerja, hal ini tentu jadi PR untuk saya agar saat anak saya lahir dan sudah saya tinggal kerja tidak kekurangan ASIP sekalipun. Dari berbagai info yang saya ketahui tentang ASIP, yang menarik adalah perbedaan daya tahan ASIP ketika di simpan di Freezer kulkas satu pintu dengan kulkas dua pintu.

Menurut info yang saya dapatkan, jika ASIP bisa tahan lebih lama berada di freezer kulkas 2 pintu. Rentang waktunya bisa sampe 6 bulan, hal ini tentu memberikan daya tarik bagi saya sebagai ibu muda yang hendak berjuang ASIP. Selain itu katanya kulkas dengan satu pintu seringkali tidak terlalu dingin duh ini bikin saya khawatir apabila nanti ASIP masuk ke freezer yang kurang dingin.

Agar ASIP tahan lama, Agar ASIP tidak terbuang, ASIP disimpan di kulkas 2 pintu, alasan kulkas satu pintu kurang dingin

Usut punya usut saya dapatkan info tentang Kenapa Kulkas Satu Pintu Tidak Dingin ?

Bagi yang mempunyai kulkas satu pintu di rumah seringkali mengeluh kenapa fungsinya menjadi tidak maksimal. Sering mendapati banyak air tiba - tiba merembes ke bawah kulkas karena atau es batu di freezer gagal dibuat dan bahkan daging di freezer berbau tidak sedap. Beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi karena :


1.  Kebocoran Refrigran

Refrigran berfungsi memindahkan panas dari dalam kulkas keluar kulkas dengan sistem sirkulasi. Jika refrigran bocor otomatis proses pemindahan panas dari dalam keluar almari es tidak dapat berjalan maksimal bahkan gagal. Sehingga kita harus memastikan bahwa refrigran kulkas kita berfungsi dengan baik dengan mengeceknya di bagian belakang kulkas Kita. Untuk kulkas satu pintu refrigran yang sama rusak sehingga semua bagian kulkas akan rusak. Cara termudah untuk mengetahui ini dengan merasakan suhu di belakang kulkas, jika terasa hangat berarti refrigran masih berfungsi dengan baik.


2. Kerusakan Kompresor

Kompresor adalah media pendinginan yang masuk dalam sistem sirkulasi refrigran kulkas. Fungsi kompresor memastikan kulkas berfungsi dengan mengeluarkan suhu panas keluar kulkas dan membuat suhu di dalam almari menjadi dingin. Kerusakan kompresor biasanya terjadi secara bertahap, jika kerusakan sudah cukup baru akan terasa suhu di dalam kulkas menjadi sama dengan suhu ruangan atau bahkan lebih panas.



3. Terjadi Kebuntuan Sistem Refrigran

Sistem refrigran menggunakan sistem selang untuk menyalurkan panas keluar dan mengubah suhu dalam kulkas menjadi lebih dingin. Jika sistem sirkulasi ini buntu secara otomatis sistem sirkulasi menjadi berhenti sehingga proses pendinginan kulkas menjadi tersendat. Suhu panas yang seharusnya dikeluarkan melalui sistem refrigran tetap terperangkap di dalam sehingga suhu kulkas menjadi panas meskipun Kita menyalakan kulkas tersebut.


4. Karet Pintu Pengunci Rusak

Karet yang ada di dalam pintu kulkas berfungsi untuk mengunci suhu dingin di dalam kulkas agar terjaga. Jika karet pengunci suhu pada pintu kulkas rusak akan membuat suhu di dalam kulkas sama dengan suhu ruangan sehingga membuat kulkas tidak lagi dingin. Karet di pintu kulkas berfungsi untuk mengunci suhu dingin di dalam kulkas, sehingga Kita harus mengeceknya secara berkala agar suhu di dalam kulkas selalu terjaga.


5. Frekuensi Membuka Kulkas yang terlalu sering

Membuka kulkas terlalu sering membuat kinerja refrigran menjadi lebih besar karena saat kulkas terbuka suhu dingin keluar kulkas. Terlalu sering membuka kulkas membuat suhu kulkas menjadi bias dengan suhu ruangan, apalagi jika kulkas yang Kita miliki adalah kulkas satu pintu. Kulkas satu pintu membuat freezer bekerja lebih keras untuk mendinginkan bagian freezer ketika kulkas sering dibuka. Ada baiknya Kita mengganti kulkas satu pintu dengan kulkas dua pintu agar bagian fresher dan bagian freezer terpisah. Secara umumkulkas dua pintu lebih menghemat daya listrik terutama jika Kita sering buka tutup kulkas.
            Sebaiknya Kita mengganti kulkas satu pintu dengan kulkas dua pintu agar fungsi dan daya listriknya lebih maksimal. Kebetulan Electronic Solution melalui ES.id menawarkan berbagai pilihan kulkas dua pintu dengan harga terjangkau.

Katalog kulkas dua pintu bisa Kita cek secara online melalui dekstop atau gadget kita. Selain itu ES.id juga menawarkan berbagai peralatan elektronik rumah tangga lainnya yang dapat KitaBuruan segera perbarui kulkas dua pintu dan dapatkan berbagai pilihan elektronik lainnya dengan harga terjangkau hanya di ES.id.
****
Setelah panjang lebar menganalisa tentang Kulkas satu pintu yang memiliki penyakit kurang dingin. Hasilnya saya dan suami sepakat langsung membeli kulkas dua pintu, karena juga pengalaman sebelumnya kulkas dengan satu pintu bagi saya agak kurang dingin dan saya khawatir bersatu dengan makanan yang lain.

Hal ini akan menyebabkan aroma makanan lain akan bercampur dengan ASIP. Udah Capek memerah ASI taunya ga bisa keminum sakitnya tuh disini >> tunjuk dada. 

Alhamdulilah kulkas 2 pintu kami masih terjaga hingga sekarang dan anak saya lulus ASI hingga 2 tahun. Gimana infonya? semoga berguna ya gaes. Bagi saya Kulkas 2 pintu solusi aman menyimpan ASIP 💋.

45 komentar

Avatar
Amanda Ratih Jumat, 17 Maret, 2017

Aku belum pernah nyimpen ASIP loh mba, trus nggak ngerti juga caranya. Jd kudu bener2 dingin ya biar beku banget?

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 17 Maret, 2017

iya mba kudu beku banget klo mb manda langsung y ga perlu diperah hehehe

Reply Delete
Avatar
Shine Jumat, 17 Maret, 2017

Ya ampun, ini kok kayak semacam solusi bgt sih buat masalahku soal kulkas 😅
makasih banyak sharingnya ya mba 😄

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Sabtu, 18 Maret, 2017

sama2 mb alhamdulilah bisa bermanfaat 😍

Reply Delete
Avatar
Wahyu Widyaningrum Sabtu, 18 Maret, 2017

Karet pintuuuu. ya ampun Mbak, tahu banget ya. Beneran ini postingan aku butuh banget. Tengkyuuu :) denya ada aja Mbak Herva nih, kecehhh

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera Sabtu, 18 Maret, 2017

Kulkas awak juga dua pintu, tapi buat nyimpan susu sekali minum atau literan, bukan ASI :D :P

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Sabtu, 18 Maret, 2017

latian y miss ntar nyimpennya jd dah tau hahaha

Reply Delete
Avatar
(sulis) bunda raka-alya Sabtu, 18 Maret, 2017

Kulkasku satu pintu...dah error pula..smoga bisa ganti ke 2 pintu..
Dulu aku nyimpen Asi di rak bwh freezer mb.. Itu juga krn nggak bisa nyetok. Mlm hari perah..diminumkan siang pas aku kerja.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Minggu, 19 Maret, 2017

kejar tayang pisan y mb klo aku krn suka keluar kota jd mesti nyimpen :)

Reply Delete
Avatar
Gustyanita Pratiwi Sabtu, 18 Maret, 2017

Artinya kulkas konven, msksudnya yg buat nyimpen sayur dll itu beda amayg kulkas asi ya mb #seriusakunanyasoalnya masih awam dunia perparentingan hihi

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Minggu, 19 Maret, 2017

disarankan yg kulkas 2 pintu mba biar tahan lama ASI-nya 😀

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Sabtu, 18 Maret, 2017

Oooo jadi ini rupanya yg bikin kulkas satu pintu kurang dingin freezernya. Mana si kecil hobi banget buka tutup kulkas pulak :) Kayaknya sudah harus ganti jadi yg dua pintu nih.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Minggu, 19 Maret, 2017

iya mba kulkas satu pintu rentan dlu jg pny bude rusak gegara karetnya uda ga nempel gtu :)

Reply Delete
Avatar
Maria Soraya Minggu, 19 Maret, 2017

kulkasku satu pintu, waktu baru 3 bulan abis lahiran rajin nyimpen ASIP, abis itu si mada yaudah langsung aja minum dari pabriknya :D

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Minggu, 19 Maret, 2017

iya emang enaknya lgsg dr pabrik mba cuman krn aku kerja jd weh perah dulu hahaha 🤣

Reply Delete
Avatar
Levina Senin, 20 Maret, 2017

Sama Mbak, aku pas anak kedua begitu. Dua pintu lebih enak. Karena ASI perah lebih tahan lama.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Senin, 20 Maret, 2017

betul mb ga kan kena aroma apapun 👍makasi dh mampir mba

Reply Delete
Avatar
non inge Selasa, 21 Maret, 2017

Dulu waktu nyusui dua bocahku sempet merah tapi cuman ketika butuh untuk tambahan MPASI jadi gak sampe nyimpen di kulkas hehe...

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 21 Maret, 2017

kebetulan krn aku kerja mba jd mesti merah klo libur jg aku lgsg aja heheh

Reply Delete
Avatar
Nusantara Adhiyaksa Selasa, 21 Maret, 2017

baru sadar dan mengetahui kalau salah satu alasan ASIP gak tahan lama kalau di kulkas ternyata faktor 1 Pintu juga.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 21 Maret, 2017

iya katanya begitu :) makasi uda mampir

Reply Delete
Avatar
prana ningrum Selasa, 21 Maret, 2017

kulkas dua pintu lebih aman ya ...aku juga baru tahu nih mbak tfs y

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 21 Maret, 2017

sama2 mba ayo punya anak lagi jd menyusui lagi 😁

Reply Delete
Avatar
Ida Tahmidah Rabu, 22 Maret, 2017

Wah baru tau juga..jadi inget kulkasku yg pintu bawah ga dingin karena pintunya ga rapat, rusak karetnya hehe...

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 22 Maret, 2017

hehehe emamg sll gtu mba penyakitnya

Reply Delete
Avatar
Andi Nugraha Rabu, 22 Maret, 2017

Wah perempuan semua yang komen nih, gak apa2 lah komen juga. Bacanya juga gk sia-sia, jadi pelajaran. Siapa tahu teman atau saudara dekat bingung dengan asipnya, dr pada dibuang, kasih aja tips ini :)

Satu hal yang pernah aku alamai, dan di point terakhir sepertinya pernah terjadi. Karena seringnya membuka kulkas jadi tidak dingin ya. Wah baru tahu aku, Mba.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 22 Maret, 2017

akhirnya bisa tau y kang hehe makasi dh mampir 🙏🏻

Reply Delete
Avatar
suria riza Sabtu, 25 Maret, 2017

kalau aku anak yang buka tutup pintu -____-

Reply Delete
Avatar
antung apriana Kamis, 23 Maret, 2017

Alhamdulilah kulkas di rumah ibu sudah 3 pintu jadi lumayan aman buat nyimpan asip

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Sabtu, 25 Maret, 2017

wah senangnya jadi aman y mba

Reply Delete
Avatar
suria riza Sabtu, 25 Maret, 2017

aku punyanya 1 pintu tapi mayan buat masuk keluar asip tiap hari \m/

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Sabtu, 25 Maret, 2017

alhamdulilah y mba masih berfungsi dengan baik

Reply Delete
Avatar
evrinasp Minggu, 26 Maret, 2017

asip ku pernah kadaluarsa dan gara2 itu anak jadi muntah-muntah, duh nyesel banget, gara2 tempat penyimpanan di kulkasnya gak bener

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 29 Maret, 2017

wah mesti hati2 y mba Ev makasi sharingnya mba Ev :) smoga ga ada yg kejadian kek mb Ev y

Reply Delete
Avatar
Muthi Haura Rabu, 29 Maret, 2017

ooh gitu ya mbak, ternyata kulkas dua pintu lebih tahan lama nyimpan ASIP. Makasih sharingnya mbak, sangat bermanfaat :D

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 29 Maret, 2017

iya mba lebih tahan lama :) sama2 mba

Reply Delete
Avatar
Inda Chakim Senin, 03 April, 2017

Tengkiu mama neyna info kecenya, aku catet nih, kali aja ada yg nanya2 soal ini,cara agar asip terhindar dari kadaluarsa,

Reply Delete
Avatar
Sandra Nova Selasa, 04 April, 2017

Intinya agar asip tidak terbuang, belilah kulkas 2 pintu hahahah :P

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 04 April, 2017

hahaha begitulah intinya yang tersirat :p

Reply Delete
Avatar
Sandra Hamidah Jumat, 07 April, 2017

Asik banget Mba tulisannya jadi pengen beli kulkas buat ASIP nanti, tfs ya^^

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 07 April, 2017

sama2 mba San makasi juga uda mampir ^^

Reply Delete
Avatar
Zainal Ahmad Kamis, 15 Juni, 2017

Artikel sangat bermanfaat sekali ni mba, untuk menambahkan pengetahuan saya dalam menaruh asip di kulkas, yaah walaupun saya cowo tapi, engga apa-apa kan mba, buat pengetahuan aja. heehehehe :) Terima kasih mba.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Kamis, 14 September, 2017

sama2 terimakasih sudah mampir

Reply Delete