Search

Bantu Penuhi Kebutuhan Serat Anak Melalui Jam Makan Serat

Sebagai ibu, rasanya sedih banget saat mengetahui anak-anak alami konstipasi atau lebih umunya disebut sembelit. Kecewa banget karena merasa tidak bisa menjaga saluran cerna anak-anak di rumah hingga mereka harus mengalami nyeri saat buang air besar...huhuhu
 
Salah satu penyebab terjadinya konstipasi ini karena kekurangan makan serat utamanya dari buah dan sayur. So, ini menjadi PR besar buat saya, anak-anak masih dalam ritme belum konsisten konsumsi buah sayurnya.

Terlebih lagi saat anak-anak mulai picky eater kebayang ga sih puyeng pala mamak boro-boro mau mikirin kecukupan serat yang masuk ke dalam tubuh anak, rasanya anak mau makan aja udah sujud syukur.

Temans adakah yang merasakan hal yang sama juga?
 
Padahal kebutuhan serat dalam tubuh anak itu sangatlah penting, hal ini dimaksudkan agar sistem pencernaan anak bisa bekerja secara optimal.

Nah, temans kira-kira apalagi ya pentingnya serat terus bagaimana caranya agar anak-anak bisa konsisten dalam ritme tertentu untuk makan serat? jawabannya saya dapatkan setelah mengikuti Kampanye Peluncuran Jam Makan Serat bersama Bebeclub.
 
 
jam-makan-serat

Kampanye Jam Makan Serat Bersama Bebeclub


Mengingat pentingnya asupan serat pada anak, yang juga merupakan salah satu faktor penting untuk tumbuh kembang anak serta fakta di lapangan yang menyebutkan jika 9 dari 10 anak itu kekurangan asupan serat padahal kebutuhan serat setiap harinya yaitu 19 gram setiap harinya namun hanya 1/4 yang dapat dipenuhi.
 
Hal ini menjadi perhatian maka dari itu pada tanggal 03 Juni 2021 diadakan "Kampanye Peluncuran Jam Makan Serat bersama Bebeclub".
 
Saya beruntung sekali bisa menghadiri undangan kampanye ini soalnya saya merasakan betul bagaimana effort buat penuhi asupan serat pada anak itu tidaklah mudah.

Acara ini berlangsung dari pukul 10.30 wib hingga 12.00 wib, narasumber yang hadir dalam memberikan materi diantaranya ada :

👉  Dokter Spesialis Anak Konsultan dan Ahli Gastrohepatologi, Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K)
👉 Ahli Nutrisi dari Fakultas Kedokteran UI Prof. Dr. dr Saptawati Bardosono, MSc.
👉 Shiera Syabila Maulidya, Brand Manager Danone Specialized Nutrition Indonesia
👉 Gya Sadiqah, Selebriti
 

 Tentang Serat


Lebih lanjut mengenai serat, Dr. Ariani Dewi memberikan penjelasan jika serat itu ada yang larut dalam air dan tidak larut dalam air. 

Serat larut dalam air, contohnya : sayuran, gula bit, tanaman berkayu dan gandum sereal. Sementara Serat tidak larut dalam air, contohnya : buah, kacang-kacangan, kentang, ektrak rumput laut dll.

Fungsi serat pada saluran cerna anak diantaranya adalah :
 
🌿 Mengurangi gejala saluran cerna
🌿 Merangsang dan melembutkan BAB
🌿 Menjaga populasi mikroba usus
 
Sementara itu efek serat pada anak itu tak hanya untuk kesehatan saluran cerna saja akan tetapi juga mengurangi risiko obesitas, risiko diabetes dan risiko penyakit jantung.
 

Konsumsi makanan berserat tidak bisa diremehkan. Kebutuhan serat yang tercukupi dapat membantu optimalisasi kesehatan saluran cerna yang krusial bagi tumbuh kembang dan kesehatannya. Pencernaan yang sehat akan membuat nutrisi makanan terserap dengan baik, yang juga akan berdampak pada sistem daya tahan tubuh anak menjadi lebih baik, dapat memberikan perkembangan yang optimal ke otak, bahkan dapat dapat mempengaruhi emosi anak"  Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K)

Bagaimana dengan bayi? pemberian ASI eksklusif nyatanya mengandung serat berupa FOS, GOS dan laktosa yang tidak dicerna sempurna.

Sudah tahu tentang serat tapi nyatanya ada saja bukan kasus anak yang susah makan buah dan sayur? cung ada yang kesulitan? tenang temans tidak sendiri karena banyak yang juga kesulitan cara memberikan serat kepada anak.

Prof. Saptawati menjelaskan bagaimana strategi yang bisa dilakukan agar memenuhi kebutuhan serat untuk anak. Salah satu strategi penting adalah menjadi ROLE MODEL alias memberi contoh buat anaknya.

Mau gimana anak mudah makan sayur jika ternyata orang tua di rumah tidak memberikan contoh. Tak hanya beri contoh tapi orang tua perlu memiliki pengetahuan yang cukup dalam memberikan makanan yang berserat tinggi kepada anak.


Peluncuran Jam Makan Serat Bersama Bebeclubs

ama Bebeclub

peluncuran-jam-makan-serat

 

Edukasi tentang makanan berserat itu sangat penting sekali, hal ini berdasarkan fakta lapangan dimana kebutuhan serat pada anak belum optimal. Oleh karenanya untuk mendukung para Ibu di Indonesia, Danone melalui Bebeclub meluncurkan kampanye Jam Makan Serat.

Hal ini ditujukan agar membangun kebiasaan makan serat pada anak, harapannya memudahkan orang tua dalam memastikan asupan serat harian anak terpenuhi.

Menurut Mba Shiera, jam makan serat ini dibagi menjadi 3 waktu yaitu jam 10 pagi, jam 2 siang dan jam 8 malam. Dan mengajak semuanya dalam tantangan 21 hari makan serat!

Untuk mendukung gerakan Jam Makan Serat ini, Bebeclub menyediakan e-booklet yang bisa diunduh secara gratis berisikan banyak informasi dan inspirasi yang membantu gerakan jam makan serat ini.

Tak hanya itu saja, tapi juga ada Tummypedia yang membantu memantau kesehatan pencernaan anak. Bisa dijadikan dasar awal report sebelum temans mau konsul ke Dokter ahli loh!

Selain gerakan "Jam Makan Serat", Bebeclub juga menghadirkan susu Bebelac Gold sebagai susu tinggi serat yang bantu lengkapi asupan serat harian anak.

tummypedia-bebeclub

 ***

Nah, temans demikian yang bisa saya bagikan kali ini. Senang sekali bisa dapat edukasi seputar serat dan juga tantangan jam makan serat yang bisa saya aplikasikan untuk anak-anak di rumah.

Yuk temans bisa coba ikutan tantangan 21 hari makan serat pada jam 10 pagi, 2 siang dan 8 malam sebagai upaya membiasakan makan yang baik setiap harinya.

Adakah yang sudah coba tantangan ini? kuy sharing!


 

16 komentar

  1. Bagus sekali informasi mengenai serat dan manfaatnya Bu. saya baru tau kalau ada serat yang larut dalam air dan serat yang tidak larut dalam air. Edukasi yang bagus perihal serat untuk tubuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak sama saya juga baru tahu pas ikutan acara ini hahaha

      Hapus
  2. Noted banget utk konten webinar-nya, super keren mba!
    Btw, aku bakal lebih disiplin dan semangat lagi utk berburu Sumber makanan untuk serat tidak larut, yaitu yg berasal dari sayuran, gandum sereal.

    Juga serat larut air meliputi buah, sayur, kentang, kacang-kacangan, ekstrak rumput laut hingga ekstrak tanaman. Mau nyiapin buat anakku aahhhh

    BalasHapus
  3. Kalau praktekin ke Keponakan, kayanya belum bisa nih pakai jam makan serat. Soalnya anaknya jam 8 udah bobok cantik. Mungkin nanti kalau agak besaran dan tidurnya gak awal banget deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa coba ganti jam lain mba asalkan konsisten yah

      Hapus
  4. Dengan panduan jam makan serat kayak gini asik juga nih.. Kita jadi bisa ngontrol ya berapa jumlah serat yang sudah dikonsusmsi..

    BalasHapus
  5. Menarik sekali mam. Btw, peelu ngga sih kita menghitung secara detail kebutuhan serat anak? Kadang ngga yakin udah terpenuhi seratnya atau belum

    BalasHapus
  6. Ternyata ada jam khususnya ya mbak untuk tambahan makanan berserat ini. Aku biasanya masukin di jadwal snack time juga sih.

    BalasHapus
  7. Baca dari postingan ini ternyata konstipasi itu terjadi disebabkan kurang makanan berserat yg dikonsumsi utk tubuh.

    BalasHapus
  8. Seru sekali ya bun pas ikut kegiatan ini. Banyak informasi yang diberikan dan ini memtovasi kita sebagai orangtua memberikan yag baik buat anak. Penuhi kebutuhan serat

    BalasHapus
  9. Paling sering tu anak anak tak kasih pisang sama jagung mbak,
    terus kalo kayak apel, pear kudu dikupas karena anak anak pada males "keras" katanya

    BalasHapus
  10. btw ini artinya ada list resep camilan sehat atau menu sehat kaya serat untuk jam makan serat anak juga ya?

    BalasHapus
  11. jadi pengen curhat deh, anak saya yang kedua susah banget makan sayur dan serat lainnya. huhuhu
    Padahal penting banget kan ya biar gak konstipasi dan sebagai sumber vitamin
    Kayaknya aku harus mulai belajar tentang jam makan serat ini deh ya, minimal rajin ngasih anak buah-buahan sebagai tambahan seratnya

    BalasHapus

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun