POSTS SLIDER

I'm writing about...

Jangan Anggap Remeh Cacingan

Temans suka mendengar pernyataan kalau orang yang doyan makan tapi badannya kurus dilabelkan sebagai pengidap Cacingan? ya saya sering banget dibilangin kalau saya kayaknya cacingan makannya banyak, perutnya buncit tapi ga gendat-gendat. Teganya 😢..

Dan labeling itu ternyata terpatahkan juga dengan penyuluhan yang saya ikuti lewat gerakan ABC (aku Bebas Cacingan) dari Konvermex yang diadakan di sekolah Neyna. Penyuluhan dengan waktu 1,5 jam mampu memberikan informasi penting buat saya.

Cacingan biasanya diderita oleh anak-anak namun siapa sangka orang dewasa pun bisa terpapar penyakit ini. Tak hanya orang kampung tapi yang di kota juga bisa terkena. Bahkan penyuluhnya bilang jika ada orang dewasa yang meninggal karena cacingan. Cacingnya menutupi usus sehingga makanan tidak mampu diserap. Naudzubillah serem banget yah gaes..

Sebagai pembukaan dalam penyuluhannya, diawali dengan Siklus Cacingan. Sebenarnya bagaimana sih Cacing bisa masuk ke dalam tubuh?ternyata penularannya bisa melalui :

🙈 Makanan kotor yang tercemar oleh larva cacing yang dibawa terbang oleh angin
🙈 Cacing yang masuk melalui pori-pori kulit lewat kaki yang tidak menggunakan alas kaku dan menginjak larva atau telur cacing 

Untuk itu temans disarankan jangan makanan sembarangan serta tak lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum mengambil makanan. Dan selalu menggunakan alas kaki dimana kamar mandi juga disarankan untuk selalu menggunakan sendal karena bisa jadi telur dan larva cacingnya ada. 

Bak air mandi juga jangan lupa di bersihkan terbayangkan jika gosok gigi lalu kumur-kumurnya ambil air dari bak mandi yang kotor. Mual saya bayanginnya 😖.

Bagaimana nasib si Cacing dalam tubuh?


Cacing masuk ke pembuluh darah vena menuju paru-paru. Cacing menggigit dinding usus, bertelur dan hidup di usus serta ikut makan makanan yang sudah di cerna di dalam usus. Akibatnya nutrisi yang mesti dibutuhkan tubuh dihabiskan oleh cacing *ngeri banget*, makanya anak-anak biasanya menjadi :

⇒ Kekurangan gizi
⇒ Kekurangan Protein
⇒ Kehilangan berat badan
⇒ Kekurangan daya tahan tubuh sehingga mudah terkena penyakit


Cacingan itu bisa berbahaya, jenis-jenis cacing, jangan anggap remeh cacingan, obat cacing konvermex

Ya ampun hal yang tidak disadari imbasnya tapi gede banget. Mayan bergidik dengerinnya. Tambah bergidik ketika di paparkan macam-macam cacingnya. 

Jenis-jenis Cacing Pada Anak


Sejauh ini yang saya tahu cacing kremi yang merupakan cacing yang biasa pada anak-anak. Nyatanya jenisnya ada beberapa, berikut jenis cacingnya :


  • Cacing Gelang, menyebabkan gizi buruk dan membuat anak tidak nafsu makan karena nutrisinya direbut cacing.
  • Cacing Cambuk, juga mneghisap sari makanan yang kita makan. Dia menghisap darah dan hidup di dalam usus besar.
  • Cacing Tambang, merupakan yang paling ganas karena menghisap darah. Bahkan ia bisa menembus kulit kaki dan mampu bertahan hidup di usus selama 2-10 tahun 
  • Cacing Kremi, sebagaimana yang kita tahu cacing kremi ini yang bikin pantat gatal karena bersarang di usus besar lalu ketika dewasa pindah ke anus untuk bertelur. Telurnya ini yang menimbulkan rasa gatal bila menggaruk anus yang gatal telurnya pecah dan larva masuk ke dalam dubur. Telur-telurnya bersembuyni di jari dan kuku bisa nempel dipakaian, seprei maupun bantal dan telur cacing menular ke orang.

Bagaimana Gejala Cacingan?

Untuk Gejala Cacingan biasanya ditandai dengan :


Cacingan itu bisa berbahaya, jenis-jenis cacing, jangan anggap remeh cacingan, obat cacing konvermex


  • Gatal pada dubur
  • Lesu
  • Mual
  • Diare
  • Berat badan turun dan anak sering rewel
  • Nafsu makan berkurang
  • Mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh berkurang
Adakah dampak dari cacingan yang lebih berbahaya?ADA, dan tidak sepele dampaknya. Penyuluh menjelaskan diantaranya :

😢 Pertumbuhan Fisik Terhambat

😢 IQ loss/kurang

😢 Anemia/kadar hemoglobin (HB) rendah. Anemia pada anak bisa menyebabkan anak mudah sakit karena daya tahan tubuh menurun, kehilangan berat badan maupun prestasi belajar turun.

Gimana temans?sudah mulai aware kan bahwa ternyata Cacingan itu tidak boleh dianggap sepele. Yuk kita biasakan hidup bersih selalu CUCI TANGAN menggunakan sabun sebelum makan maupun setelah dari toilet, Menjaga kebersihan kuku, menghindari kebiasaan menggigit kuku, selalu menggunakan alas kaki dan juga biasakan mengkonsumsi daging yang telah dimasak dengan sempurna. Karena daging juga bisa menjadi media untuk cacing berkembang biak. Juga disarankan konsumsi obat cacing dianjurkan 1 tahun 2x atau setiap 6 bulan sekali. 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat yah 💋. Ada yang mau sharing tentang cacingan ini?mangga feel free bebas comment.