Jangan Anggap Remeh Cacingan

Cacingan itu bisa berbahaya, jenis-jenis cacing, jangan anggap remeh cacingan, obat cacing konvermex

Jangan Anggap Remeh Cacingan


Temans suka mendengar pernyataan kalau orang yang doyan makan tapi badannya kurus dilabelkan sebagai pengidap Cacingan?ya saya sering banget dibilangin kalau saya kayaknya cacingan makannya banyak, perutnya buncit tapi ga gendat-gendat. Teganya 😢..

Dan labeling itu ternyata terpatahkan juga dengan penyuluhan yang saya ikuti lewat gerakan ABC (aku Bebas Cacingan) dari Konvermex yang diadakan di sekolah Neyna. Penyuluhan dengan waktu 1,5 jam mampu memberikan informasi penting buat saya.

Cacingan biasanya diderita oleh anak-anak namun siapa sangka orang dewasa pun bisa terpapar penyakit ini. Tak hanya orang kampung tapi yang di kota juga bisa terkena. Bahkan penyuluhnya bilang jika ada orang dewasa yang meninggal karena cacingan. Cacingnya menutupi usus sehingga makanan tidak mampu diserap. Naudzubillah serem banget yah gaes..

Sebagai pembukaan dalam penyuluhannya, diawali dengan Siklus Cacingan. Sebenarnya bagaimana sih Cacing bisa masuk ke dalam tubuh?ternyata penularannya bisa melalui :

🙈 Makanan kotor yang tercemar oleh larva cacing yang dibawa terbang oleh angin
🙈 Cacing yang masuk melalui pori-pori kulit lewat kaki yang tidak menggunakan alas kaku dan menginjak larva atau telur cacing 

Untuk itu temans disarankan jangan makanan sembarangan serta tak lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum mengambil makanan. Dan selalu menggunakan alas kaki dimana kamar mandi juga disarankan untuk selalu menggunakan sendal karena bisa jadi telur dan larva cacingnya ada. Bak air mandi juga jangan lupa di bersihkan terbayangkan jika gosok gigi lalu kumur-kumurnya ambil air dari bak mandi yang kotor. Mual saya bayanginnya 😖.

Bagaimana nasib si Cacing dalam tubuh?


Cacing masuk ke pembuluh darah vena menuju paru-paru. Cacing menggigit dinding usus, bertelur dan hidup di usus serta ikut makan makanan yang sudah di cerna di dalam usus. Akibatnya nutrisi yang mesti dibutuhkan tubuh dihabiskan oleh cacing *ngeri banget*, makanya anak-anak biasanya menjadi :

⇒ Kekurangan gizi
⇒ Kekurangan Protein
⇒ Kehilangan berat badan
⇒ Kekurangan daya tahan tubuh sehingga mudah terkena penyakit


Cacingan itu bisa berbahaya, jenis-jenis cacing, jangan anggap remeh cacingan, obat cacing konvermex

Ya ampun hal yang tidak disadari imbasnya tapi gede banget. Mayan bergidik dengerinnya. Tambah bergidik ketika di paparkan macam-macam cacingnya. 

Sejauh ini yang saya tahu cacing kremi yang merupakan cacing yang biasa pada anak-anak. Nyatanya jenisnya ada beberapa, berikut jenis cacingnya :


  • Cacing Gelang, menyebabkan gizi buruk dan membuat anak tidak nafsu makan karena nutrisinya direbut cacing.
  • Cacing Cambuk, juga mneghisap sari makanan yang kita makan. Dia menghisap darah dan hidup di dalam usus besar.
  • Cacing Tambang, merupakan yang paling ganas karena menghisap darah. Bahkan ia bisa menembus kulit kaki dan mampu bertahan hidup di usus selama 2-10 tahun 
  • Cacing Kremi, sebagaimana yang kita tahu cacing kremi ini yang bikin pantat gatal karena bersarang di usus besar lalu ketika dewasa pindah ke anus untuk bertelur. Telurnya ini yang menimbulkan rasa gatal bila menggaruk anus yang gatal telurnya pecah dan larva masuk ke dalam dubur. Telur-telurnya bersembuyni di jari dan kuku bisa nempel dipakaian, seprei maupun bantal dan telur cacing menular ke orang.

Untuk Gejala Cacingan biasanya ditandai dengan :



Cacingan itu bisa berbahaya, jenis-jenis cacing, jangan anggap remeh cacingan, obat cacing konvermex


  • Gatal pada dubur
  • Lesu
  • Mual
  • Diare
  • Berat badan turun dan anak sering rewel
  • Nafsu makan berkurang
  • Mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh berkurang
Adakah dampak dari cacingan yang lebih berbahaya?ADA, dan tidak sepele dampaknya. Penyuluh menjelaskan diantaranya :

😢 Pertumbuhan Fisik Terhambat

😢 IQ loss/kurang

😢 Anemia/kadar hemoglobin (HB) rendah. Anemia pada anak bisa menyebabkan anak mudah sakit karena daya tahan tubuh menurun, kehilangan berat badan maupun prestasi belajar turun.

Gimana temans?sudah mulai aware kan bahwa ternyata Cacingan itu tidak boleh dianggap sepele. Yuk kita biasakan hidup bersih selalu CUCI TANGAN menggunakan sabun sebelum makan maupun setelah dari toilet, Menjaga kebersihan kuku, menghindari kebiasaan menggigit kuku, selalu menggunakan alas kaki dan juga biasakan mengkonsumsi daging yang telah dimasak dengan sempurna. Karena daging juga bisa menjadi media untuk cacing berkembang biak. Juga disarankan konsumsi obat cacing dianjurkan 1 tahun 2x atau setiap 6 bulan sekali. 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat yah 💋. Ada yang mau sharing tentang cacingan ini?mangga feel free bebas comment.

78 komentar

Avatar
Tian Lustiana Kamis, 31 Agustus, 2017

iya cacingan jangan dianggap remeh ya, terlihat kecil padahal dampaknya besar.

Reply Delete
Avatar
Sandra Hamidah Kamis, 31 Agustus, 2017

Serem ya buuun, semoga anak kita dan keluarga kita terhindar dari cacingan aamiin

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 01 September, 2017

aamiin yuk kita jaga kebersihan y mba san 😁

Reply Delete
Avatar
Ipeh Alena Kamis, 31 Agustus, 2017

Ngomongin cacingan, emang jangan sampe dianggap remeh. Bahkan di natgeo pernah diungkap, cacing yg hidup subur di perut seorang perempuan. Pas dioperasi itu cacing panjang bener :( dari situ suka berasa horor sama cacing. Sayangnya saya lupa di acara apa waktu nonton itu.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 01 September, 2017

nah kan ngeri bgt y mb Ipeh 🤦🏼‍♀️

Reply Delete
Avatar
Bimo Aji Widyantoro Kamis, 31 Agustus, 2017

saya baca postingan mbak berasa mual juga nih, soalnya kalau ngomongin cacig saya rada geli. Tapi bicara soal penyakit cacingan memang perlu jadi perhatian khusus nih apalagi buat anak-anak soalnya kebanyakan menyerang mereka.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 01 September, 2017

iya makanya jaga anak2 dan kasih tau u/ sll jaga kebersihan

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati Kamis, 31 Agustus, 2017

Haaa, sama denganku, aku juga sering dikatakan cacingan gara-gara kurus.

Dan berbicara masalah cacingan, ngeri juga ya. Apalagi teringat pada diri sendiri yg kadang jajan sesuka hati :(

Musti hati-hati dan waspada nih.

Kita juga harus bersih ya, dari pakaian, tempat, makanan dan lain-lain.

Thanks for sharing, Mbak. Ini seperti mengingatkan padaku yg suka makannya ngasal :(

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 01 September, 2017

sama2 mb Er yuk jaga kebersihan 😁

Reply Delete
Avatar
Gustyanita Pratiwi Kamis, 31 Agustus, 2017

Klo coro jawane, bis makan klapa, duburnya gatel itu ntar kluar cacing kreminya mb herv hshaaaa
Itu knp aku kepancing gambar kukangnya yaaak wkkk
Eh nhomongin cacingan aku lg apsl iklannya #comba#ntrn yg ada anak sd nari2 tauk wkkk

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 01 September, 2017

wkwwkk pas bgt lg gatel2 itu mba Nit

Reply Delete
Avatar
Ratna Dewi Kamis, 31 Agustus, 2017

Aku dulu pas kecil cacingan, tapi cacing kremi. Itu juga nggak enak banget, beneran deh. Adiknya temenku ada juga yang cacingan sampai perutnya busung, akhirnya harus dioperasi pas masih kelas 3 SD.

Reply Delete
Avatar
Yasinta Astuti Jumat, 01 September, 2017

Emang harus jaga kebersihan ya mbak utamanya, ini anak temen kemarin anemia berat karena cacingan katanya. Emang jangan anggap remeh ya

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 01 September, 2017

ya ampun sedih bgt sampe anemia 😢

Reply Delete
Avatar
deddyhuang.com Jumat, 01 September, 2017

cara efektif ya emang rutin konsumsi obat cacing ya biar tergerus di perut dan keluar lewat feses.

Reply Delete
Avatar
Ulu Bandungdiary Jumat, 01 September, 2017

wkwkwkwkw gif yang pertama lucu buanget hahahaha. Saya gak rutin makan obat cacingan. anak saya juga. waduh terakhir kapan ya waduhhhh brb ah beli obat cacing dulu

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 01 September, 2017

iya sama aku juga ga rutin teh 😁

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri Jumat, 01 September, 2017

Hai mbak Herva, ga kebanyang ya seandainya kita bisa lihat si cacing masuk ke dalam pori2 kulit kita apalagi di kaki iiihh geli. Makanya kita mesti pakai alas kaki ya terutama kalau lagi main di luar rumah.

Reply Delete
Avatar
Damar Aisyah Jumat, 01 September, 2017

Emang seringnya kita nyepelein cacingan, ternyata ngeri juga ya Mbak.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 01 September, 2017

iya emang ngeri mba 🤦🏼‍♀️

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jumat, 01 September, 2017

Siapa yang berani bilang bunda cacingan? Siapaaa? Siapaaa??? Berani-beraninya bilang jujur #Eh. Hahhahahaa ...
Perut langsing gitu kok dibilang buncit. Apalagi perutku *kemudian liat perut*. Hahhaha. Jangan sampe deh kena cacingan.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 01 September, 2017

wkwkwk ummi selepet ni 🤣😂

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina Jumat, 01 September, 2017

Cacingan? Oh, No!..Hari gini masih cacingan.!..Tapi gimana juga ya, Mbak..Bisa jadi kebersihan makanan di rumah sudah dijaga, eh di sekolah atau di luar rumah jajan sembarang. Padahal kalau baca bahaya cacingan seereem juga.
Semoga anak-anak kita terhindar dari cacingan...:)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 01 September, 2017

aamiin smg kita jg sll jaga kebersihan y mba

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera Jumat, 01 September, 2017

Jadi ingat dulu pernah ada seseorang yang anaknya cacingan tahap parah dan mesti dioperasi. Diriku baru ingat lah mesti minum obat cacing juga kan per 6 bulan sekali.

Reply Delete
Avatar
Andi Nugraha Jumat, 01 September, 2017

Dulu suka minum obat cacing waktu kecil. Sekarang alhamdulilah udah gak, dan alhamdulilah sehat. Semoga sehat selalu juga Teh, Herva dan teman-teman pembaca lainnya..aamiin..

Memang sebaiknya apapun sakitnya, sekalipun itu termasuk ringat janga diremehkan, karena dari hal kecil itulah bisa berdampak besar.

Jadi lebih baik menjaga daripada mengobati ya, Teh.. :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 01 September, 2017

aamiin makasi kang andin👍

Reply Delete
Avatar
Bunda Erysha Jumat, 01 September, 2017

Aduh aq merinding geli bun bacanya. Ternyata mudah banget ya kita kena cacingan, apalagi anak2. Bahkan angin aja bisa menerbangkan larva caving. Hadeuhhh harus hati2 nih dlm mnjga kesehatan anak kita

Reply Delete
Avatar
Amelia Fafu Jumat, 01 September, 2017

Weeww... Aku nih mba, makan banyak tp gak gendut2. Tapi perut mah ga buncit sih. Btw, makasi infonya ya mba. Aku izin share :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 06 September, 2017

monggo mba makasi uda mampir :)

Reply Delete
Avatar
Ahmad Santoso Sabtu, 02 September, 2017

serem juga ya mbk kalau kena cacingan, dan proses penularannya juga mudah kayaknya, hmmmb harus sering pakai alas kaki nih, dan menjaga kebersihan badan dan lingkungan juga.

orang dewasa juga bisa kena cacingan, dan istilah kreminen ini sering aku dengar di lingkungan sekitarku mbk, ternyata penyebabnya cacing kremi ya hehehe.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 06 September, 2017

iya serem makanya berhati-hatilah hehhe

Reply Delete
Avatar
emanuella aka nyonyamalas Sabtu, 02 September, 2017

Walaaaaa baru tahu kalau cacingan ngefek ke IQ mba....
Kok aku jadi serem ya....

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 06 September, 2017

iya mba Ella aku aja jadi serem pad dikasi tahu ini hehehe

Reply Delete
Avatar
Fanny f nila Minggu, 03 September, 2017

Untung kamu ga memajang foto2 cacingnya mba wkwkwkwkw.. Aku bisa histeris liatnya huahahah.. Serem memang cacingan ini. Aku prnh baca sampe ada yg udah kemana2 cacingnya. Duuh jgn sampe ya kita begitu.. Makanya obat cacing aku rutin mba minumnya. 6 bulan sekali pokoknya..

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 06 September, 2017

tadinya mau cuman juga aku jijik mba Fan hahaha

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti Senin, 04 September, 2017

Aku kadang suka lupa nih minumin obat cacing ke anak. Lupa enggak nyatet tanggalnya sih. Yang dewasa pun kudu rutin juga ya tiap 6 bulan sekali minum obat cacing karena kita nggak tau bakal terpapar larva cacing dari makanan atau pas nyentuh2 apa gitu.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 06 September, 2017

nah iya mba yuk mulai aware :)

Reply Delete
Avatar
Lidha Maul Senin, 04 September, 2017

Baru beberapa hari lalu saya bahas cacingan ama ibu. Zaman dulu obat cacingan itu gak bikin cacingnya hancur, cuma mati aja. Jadi ya, pas si anak pup.. bisa keluar cacingnha sebentuk ituh -_- (gak tega nulisnya)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 06 September, 2017

iya bener mba yg sekarang dihancurkan makanya ga akan geli lagi kek zaman dahulu

Reply Delete
Avatar
Uwien Budi Senin, 04 September, 2017

waaa, ngeri ya.. kalo anak-anak cacingan.
hmm aku yang gendats ini cacingan gak ya?

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 06 September, 2017

wkwkwk teh uwien mah sehat :p

Reply Delete
Avatar
Wahyu Widyaningrum Selasa, 05 September, 2017

Hi... aku waktu kecil cacingan juga. huhuhu. Sekarang jangan deh kejadian ma anak2. BAca postinganmu jadi makin melek tentang cacing nih Mbak, emang gaboleh diremehin nih si cacing

Reply Delete
Avatar
Farida Rabu, 06 September, 2017

Hiii.. Bayanginnya aja ngeri.
Terimakasih ya sudah berbagi info :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 13 September, 2017

sama2 mb makasi jg sdh mampir

Reply Delete
Avatar
Nur Rochma Rabu, 06 September, 2017

Yang sering dengar cacing kremi, ternyata banyak macamnya ya. Ngeri juga sih. Apalagi anakku bungsu suka main kotor.

Reply Delete
Avatar
Ria Tumimomor Rabu, 06 September, 2017

yg cacing kremi jijay banget... yuck... dan bisa kena ke org dewasa ya

Reply Delete
Avatar
Ucig Rabu, 06 September, 2017

Aku taunya cuma Cacing kremi nih teh Bella haha
Mama aku suka ngomong, kremian nih yaaa 😂😂 obat Cacing noted^^
Warna warni💜

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 13 September, 2017

jadi tahu ada banyak cacing kan mba hahaha

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia Kamis, 07 September, 2017

Bahaya banget sih emang makanya anak-anak 1th 2x tak minum obat cacing hehe.

Reply Delete
Avatar
Septia Kamis, 07 September, 2017

Merinding Mba bayangin cacing menutupi usus,hiii...
Selalu rutin dulu pas kecil minum obat cacing, sekarang udh gede kadang inget kadang engga. Iya, caving tambang yg paling ganas, inget banget pelajaran biologi dulu 😁

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Selasa, 24 April, 2018

iya mba semoga sehat2 selalu aamiin

Reply Delete
Avatar
Keke Naima Kamis, 07 September, 2017

Anak-anaks aya belum pernah cacingan. Semoga jangan sampai mengalami. Tapi saya pernah beberapa kali cacingan waktu masih kecil. Sampai sekarang masih teringat. Hiii ...

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 13 September, 2017

xixixi smg anak2 kita sehat y mba

Reply Delete
Avatar
Ikrom Zayn Jumat, 08 September, 2017

kecilku dulun suka kremian
hiiii
kuruuus banget
sekarang udah gak kremian jadi chubby -_-

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 13 September, 2017

alhamdulilah pengen banget deh chubby :p

Reply Delete
Avatar
Ria Nugroho Jumat, 08 September, 2017

Ya ampun mba serem bgt yaa, anakku jg aku kira kena cacingan makan byk tp gak gendut2. Tp gejala2 yg mba sebut gak ada, mudah2an mah enggak deh

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 13 September, 2017

aamiin mudah2an terhindar y mba :)

Reply Delete
Avatar
Kuma Seo Selasa, 12 September, 2017

Duh, jadi ingat waktu kecil dulu pernah ngalamin cacingan.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 13 September, 2017

jangan sampe kena lagi yah :p

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto Rabu, 13 September, 2017

Waduh asa kaingetan. Udah mau 6 bulan night anak-anak belom dikasih obat cacing. Cacingan? Iyuuuuh... Serem!

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 13 September, 2017

sok atuh teh cuss beli hehehe

Reply Delete
Avatar
prana ningrum Kamis, 14 September, 2017

wah iya bener jangan anggap enteng cacingan...alhamdulilah aku selalu pantau anak2 termasuk kebersihannya makanan dan lingkungan sehari 2 tfs ya mbak muach

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Kamis, 14 September, 2017

sama2 mba smeoga bisa jaga kesehatan y mba :)

Reply Delete
Avatar
Bunda Saladin Kamis, 14 September, 2017

Mkasih dah ngingetin ;)
Brb beli obat cacing untuk saladin

Yang bikin sedih tuh, ada yang sukarela nelan kapsul isi cacing (hidup) biar kurus terus

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 15 September, 2017

duh ngeri y mba padahal si cacing makan nutrisi yang kita makan :/

Reply Delete
Avatar
utie adnu Sabtu, 16 September, 2017

Dulu lg kecil pernah sring kremian,,, suka gatel d bagian belakang I itu ganggu sekali haha,. Pokokna ktahun deh senang inget banget klo makanan jatuh trus lsg d ambil d makan PST lsg kremian,,.akhirnya bilang k kidos lah klo makanan udah jatuh jgn suka d ambil aplg d Mkan...

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Sabtu, 16 September, 2017

wah makasi sharingnya aku pun kebiasaan klo jatoh suka dipungut wkwkwk 🙏🏻

Reply Delete