Friday, March 25, 2016

Tipe Kepribadian Menurut Tanda Baca

Tulisan kali ini mengenai tipe kepribadian menurut tanda baca, saya ambil berdasarkan buku dengan judul "Personality Reality". Buku aslinya ditulis dalam bahasa Inggris namun buku yang saya baca adalah hasil terjemahan. Isi bukunya menyajikan tentang tipe kepribadian yang dianalogikan ke tanda baca.

Macam kepribadian banyak sekali tergantung dari teori yang diambil. Kepribadian menurut Carl Jung membagi menjadi tipe Introvert, Ekstrovert dan Ambievert. Kepribadian menurut Socrates yang sering kita dengar dengan Plegmatis, Sanguin, Koleris & Melankolis. Dan masih banyak lagi teori yang bermunculan mengenai kepribadian manusia.

Kembali ke topik, dalam buku "Personality Reality", si penulis membagi tipe kepribadian menjadi 5 tanda baca. Apa saja si?penasaran?oke ini dia :


1. Tanda !
Dalam penulisan biasanya digunakan untuk mengakhiri sebuah kalimat dengan tekanan atau keterdesakan. Tipe kepribadian tanda seru cenderung ingin melakukan tindakan secara cepat. Mereka ini tipe orang yang tegas dan mendesak (ga sabaran kayaknya). Orang dengan kepribadian tanda seru sangat ahli dalam mengerjakan, menyelesaikan dan memutuskan seseuatu. Mereka dapat mempengaruhi tindakan atau membuat keputusan. Cocok jadi Pemimpin biasanya. Moto mereka adalah : Kamu harus bertindak cepat, segera.

 2. Tanda ?
Dalam penulisan biasanya digunakan pada akhir sebuah kalimat ketika orang lain ingin mengajukan sebuah pertanyaan. Tipe kepribadian tanda tanya cenderung suka merenungkan dan menanyakan segala hal (Kepo-an sepertinya). Mereka lebih banyak mengamati dan mempertimbangkan karena itu cocoknya jadi Analis. Moto mereka adalah Kamu harus berfikir, pertimbangkan, berfikir mengenai hal itu dan tunggu.

3. Tanda -
Dalam penulisan biasanya digunakan di antara kata untuk menghubungkan sebuah pernyataan. Tipe kepribadian tanda hubung cenderung ingin menjaga perdamaian ketika berhubungan dengan orang lain. Mereka adalah orang terbaik dalam memelihara hubungan yang penuh perhatian dan kedamaian. Mereka akan senantiasa mempengaruhi orang lain untuk menolong (Peacemaker kayaknya). Cocoknya jadi Sahabat. Moto mereka adalah Kamu harus memikirkan orang lain, jangan merusak perdamaian.

4. Tanda .
Dalam penulisan biasanya digunakan untuk mengakhiri sebagian besar kalimat. Tipe kepribadian ini cenderung memerhatikan setiap detail, mereka memperhitungkan segala hal. Mereka mengumpulkan dan menyimpan semua fakta. Mereka mempengaruhi orang untuk menjadi rinci dan sempurna (perfecto banget kayaknya). cocoknya jadi QC (quality control). Moto mereka adalah Kamu harus merinci ini dan itu.

5. Tanda *
Dalam penulisan biasanya digunakan untuk menjelaskan suatu referensi atau gagasan dalam tulisan maka dari itu merupakan karakter istimewa. Tipe kepribadian ini senantiasa memancarkan emosi dan mengungkapkan berbagai perasaan. Mereka dapat menjadi dramatis. Mereka adalah orang terbaik dalam memotivasi orang lain untuk mengikuti dorongan hati. Cocok sebagai Motivator. Moto mereka adalah Kamu harus mengikuti kata hati, bermimpilah, dramatislah. 

Itulah 5 tipe kepribadiannya, yang diulas dalam buku ini. Setiap situasi akan memunculkan reaksi yang berbeda-beda namun tentunya akan ada 1 reaksi yang sering kita munculkan itulah nanti jadi ciri khas pribadi kita. mungkin sekian cerita saya tentang ini. Jika ada yang mau lebih jelas bisa baca bukunya sendiri wilujeng maca semoga bermanfaat.




30 comments:

  1. Kalo aku tanda bintang sepertinya Mak.. Kadang dramatis yaaa. hihihi

    ReplyDelete
  2. wah, aku baru tahu bahkan kepribadian bisa dilihat dari tanda baca, sepertinya kecuali yang tanda seru, aku ada kecenderungan ke 4 tanda baca yang dimuat di sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Ria, biar lebih detail lagi bisa baca bukunya loh hehhe...salam kenal mba ^^

      Delete
  3. Semangat belajar Mba Herva menginspirasi say,, terima Kasih 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba Nisa makasih sudah berkunjung :)

      Delete
  4. Terimakasih ya, Mbak Herva, seneeeeng ketemu sahabat yang punya ketertarikan yang sama. Ditunggu review buku yang lainnya. Saya tanda bintang nih. maka, kukasih lima bintang untukmu, Mbak.:-D

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. apa ya mba tak tanya ke mbah google sajah :D

      Delete
  6. ih bukunya menarik banget, mba jadi tertarik...
    wah, harus sering-sering menambahkan tanda seru sepertinya nih haha..

    ReplyDelete
  7. Dari awal sebelum baca saya sudah mengira bahwa tanda (?) pasti kepo. Eh pas di baca ternyata benar ya mba bisa di katakan tanda baca (?) merupakan kepribadian yang selalu ingin tahu dan bertanya :D

    ReplyDelete
  8. kalo tanda pagar # gimana bunda?

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga dijelasin juga dalam buku jadi saya wanda...tau :D

      Delete
  9. yang tanda seru,, seru tuh hhahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi iya mba seru banget, makasi uda mampir mba

      Delete
  10. Hmmm... Baru tahu, aku tanda apa ya, Mak... Kayaknya aku tipe yang titik banyak hehe

    ReplyDelete
  11. Wah makasih mak sharenya.. aku tanda apa ya? :]

    ReplyDelete
  12. aku sering pake no 3 sama 5 :))) Jrg pake yg tanda seru... makanya suka heran kl ada yg pake berkali2 di email... Ini org gak sabaran banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya mba cenderung begitu y diartikannya

      Delete
  13. Lah, kalau nulis emang ada tanda bacanya kan, Mbak. Piye dong. Tergantung dari konteks kalimatnya kan? Atau mungkin yang sebetulnya ga perlu tanda seru, ditambahin tanda seru kah? Saya kebanyakan suka tanda seru, tanya sama titik titik ... xixixi. Kayak gitu tuh Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sangat berwarna sekali y mba kepribadiannya klo rame begitu pas nulis wkwkwkk...berarti benar2 unikkk

      Delete
  14. Aku paling suka pake titik2 sebanyak2nya.... kumahaa.. kumaaahaaa... artina naooon.. hihihihi XD.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mami Raya emang perfecto jadi sukanya pake titik yang banyak hahaha

      Delete
  15. Saya yang mana ya? TAnda titik kayaknyaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. termasuk detail y mba :) makasi uda mampir mba ^^

      Delete
  16. Sama kayak Mba Sandra.
    Semua tanda baca aku pakai. Hahaha...
    Jangan-jangan kepribadian ganda, endebray, endebray.

    This is truly interesting!
    Tuh, kan. Berapa tanda baca, coba.

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design