Wednesday, November 22, 2017

Yuk Ketahui Tentang Pameran Pendidikan Islam Internasional

Temans sudah pernah dengar tentang "Pameran Pendidikan Islam Internasional?">> apa belum?baiklah kali ini saya akan coba membahas seputar Pameran Pendidikan Islam Internasional. 

Pameran Pendidikan Islam Internasional ( International Islamic Education Exhibition) merupakan even pendidikan terbesar yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI. Tahun 2017 ini dengan bangga mengusung tema "Pendidikan Islam Indonesia Untuk Perdamaian Dunia". Menarik ya temanya 👌.

Buat temans ketahui nih tujuan daripada penyelenggaraan pameran pendidikan islam ini adalah Untuk menampilkan pendidikan Islam Indonesia agar lebih dikenal dengan baik oleh masyarakat luas secara nasional maupun internasional. 

So harapannya sih para pengunjung yang hadir dalam even ini bisa memperoleh berbagai macam informasi mengenai khazanah pendidikan Islam di Indonesia baik di masa lampau maupun perkembangannya saat ini.

Sudah mulai kebayang sedikitnya bukan tentang even ini?lalu apa saja sih yang jadi rangkaian acara dalam Pameran Pendidikan Islam ini?diantaranya :
  • Seminar Internasional Tahunan tentang Studi Islam (Annual International Conference On Islamic Studies, AICIS)
  • Deklarasi Jakarta 
  • Apresiasi Pendidikan Islam (API)
  • Seminar International tentang Studi Pesantren
  • Kompetisi Robotik Madrasah
  • Pentas Seni Pelajar Dan Mahasiswa

Tentunya dalam even ini dimeriahkan dengan adanya 200 stand peserta yang tidak hanya dari lembaga pendidikan dalam negeri namun juga dari luar negeri. KECE Kan?😍.

Bagi Pemerintah sendiri khususnya Kementrian Agama RI, acara pameran ini dianggap penting dan strategis untuk mempromosikan potensi-potensi yang Indonesia miliki.

Sebagaimana yang kita tahu Indonesia masuk kedalam negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar di Dunia. Hal ini juga dibarengi dengan beragamnya budaya Indonesia. Dibandingkan dengan negara lain Indonesia unggul dalam hal jumlah lembaga pendidikan islam dibawah kementrian agama mulai dari Madrasah (sekitar 75.000 lembaga), pesantren (28.000) hingga lembaga pendidikan tinggi keagamaan Islam (600).

Kekayaan khazanah nusantara juga dijadikan sebagai labaratorium pengetahuan bagi sejumlah peneliti manca negara. Sehingga nih dengan melihat potensi-potensi tersebut Indonesia layak mendapat pengakuan sebagai salah satu pusat peradaban dunia.

Kapan Pameran Pendidikan Islam Internasional diselenggarakan? Pameran ini terselenggara sejak kemarin temans!terhitung dari tanggal 21 November hingga 24 November 2017.  So yang baru tahu infonya masih ada waktu buat kunjungi pameran ini. Buruan kasih tahu semuanya yah!


Disana juga teman-teman bisa tahu tentang pendidikan islam atau buat yang pengen cari sekolah-sekolah bermutu bisa temans juga dapatkan infonya disini semua tersedia.

Dimana acaranya? untuk acaranya sendiri di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan. Kalau temans memang berniat hadir jangan bingung dong!karena Pendiskemenag menyediakan Free Shuttle Bus menuju ICE BSD. 


Berapa Tiket Masuknya? tenang temans tidak dipungut biaya alias FREE. Ya ampun seneng banget bukan sudah acaranya keren, free tiket masuk juga gratis buat transportasinya 😍.

Gimana temans masih belum tergugah untuk hadir?sayang banget loh. Oiyah sebagai info juga nih buat temans. Pada tanggal 20 November 2017 telah terselenggara AICIS 2017. Indonesia kembali menjadi tuan rumah Konferensi Internasional Studi Islam. Sebagai salah satu rangkaian acara dalam pameran ini.

AICIS sendiri dihadiri lebih dari 400 intelektual baik dari dalam maupun luar negeri terdiri dari rektor dan guru besar se-Indonesia serta peserta dari 20 negara. 

Siapa saja yang hadir dari luar negeri? Ada Prof. Farid Alatas, Ph.D (National University of Singapore), Prof. Nico J Kaptein (Leiden University), Prof. Livia Holden (Oxford University), Prof. Saif Rashid al-Jabiri (University Canada Dubai), Dr. Nargiza F Amiroza (Nagoya University Japan) dan Dr. Ahmed al-Senouni (Emirati Development Program dan Muwatta Center Abu Dhabi).


Dari dalam negeri sendiri juga hadir antara lain : Prof Azyumardi Azra, Prof.Dr.KH. Nasaruddin Umar, KH. Husein Muhammad dan lain-lain. Sebagai pemimpin diskusi dipandu oleh artis kawakan Marissa Haque. 

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin dalam konferensi tersebut mereka membedah bagaimana agama sebagai sebuah identitas, berinteraksi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Diskusi ini sudah dimulai sejak tahun 2000 dan tahun ini masuk tahun ke-17.

Mantap bukan temans?acaranya menarik, menyuguhkan berbagai info sekaligus yang kasih manfaat buat kita.

Sebagai gambarannya ini dia beberapa booth yang ada dalam pameran pendidikan Islam :

Standbooth Insan Cendekia
 
Stand Direktorat Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren

Stand UIN Walisongo
***
Demikian yang dapat saya share kali ini tentang Pameran Pendidikan Islam Internasional, buat temans yang penasaran dan pengen tahu banget bahkan sedang berburu beasiswa untuk pendidikannya langsung aja cuss kesini. Ayo masih ada waktu hingga 24 November 2017. 

Jangan lupa share info tentang ini ya temans, semoga bermanfaat terimakasih 💋.

adik-adik kecil saja sudah datang nih meramaikan, Kalian kapan?


60 comments:

  1. Wah ini dekat dengan rumah, acaranya seru banget ya supaya melek pendidikan dan bagaimana prosedurnya supaya bisa dapat beasiswanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mb ajakin sodaranya, tetangganya mb kasi info ini 😂 ayo hadiri acara keren ini

      Delete
  2. Mau ah datang ke acaranya dan bisa langsung menyaksikan pameran pendidikan yang bergengsi ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayu mba ajakin sodara, tetangganya, temannya :)

      Delete
  3. Pengin datang, tapi ga bisa dan sudah mepet banget acaranya.

    ReplyDelete
  4. waduh 2 hari lagi ya mba... smeoga bisa sampe kesasna ya

    ReplyDelete
  5. Pamerannya keceee. Syg jauuuhhh. 😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kece banget Mak Ken klo mau dtg bisa nek pesawat :D

      Delete
  6. Keren ya ternyata sekolah-sekolah Islam di Indonesia ini

    ReplyDelete
  7. Wah baru tau nih ada pameran pendidikan Islam, biasanya luar negeri

    ReplyDelete
  8. Wah semoga di Bandung nanti ada ya :)

    ReplyDelete
  9. Asik ya, jadi bisa pilih2 pendidikan anak, pameran pendidikan gini harusnya ada disetiap kota ya menjelang penerimaan siswa baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya teh jadi infonya lebih tersebar :)

      Delete
  10. walah acaranya nun jauh di sana...padahal acara baguss

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo teh datang disediakan juga free transportasi :)

      Delete
  11. Seru banget ya buda namira pastinya ini acara

    ReplyDelete
  12. Bukan hanya pameran saja lho tapi waktu kesana banyak booth yang mengadakan kontes foto dan Alhamdulilah saya dapet payung pas ngambil undian ya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah rezeki mamak solehah alhamdulilah ya mba acaranya berarti fun dan ga monoton :)

      Delete
  13. yukk pingin cepet2 kesana nih mbak.....free lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ayo bisa milih2 sekolah juga :)

      Delete
  14. acaranya keren Teh, tapi sayang banget acaranya pas hari kerja jd ga bisa ikutan huhu

    ReplyDelete
  15. pas hari kerja nih acaranya, dan besok terakhir pula
    sayang banget nggak bisa lihat

    ReplyDelete
  16. Insyaallah hari terakhir nanti mau mampir

    ReplyDelete
  17. Acara yg begini nih yang harus digalakkan terus. Biar kita semua tahu tentang Pendidikan Islam di Indonesia, dan yang pastinya belajar sambil menebarkan kebaikan Islam, tentu berfaedah banget.

    ReplyDelete
  18. Wow yg datang profesor semua uhukuhuk langsung deh mengernyitkan dahi karena merasa apalah haha. Stand ada 200an yuk dipilih dipilih. Tinggal menyesuiakan dengan budget pastinya ya. Semoga setiap tahun ada lagi ya

    ReplyDelete
  19. Semoga setiah tahun diadakan ya pameran pendidikan islam ini soalnya di Indonesia masih jarang bgt

    ReplyDelete
  20. Jangan lupa hari ini terakhir yaaa, coba sampai sabming ya

    ReplyDelete
  21. Keren sih acara kayak gini, karena ketika dibutuhkan, nyari sekolah yang berkualitas itu nggak mudah juga. Apalagi untuk info di luar negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya miss jadi yang berburu beasiswa segera datang kesini :)

      Delete
  22. Kalau mau ketemu ilmuwan dan cendekiawan muslim zaman now di sana ya mbak tempatnya :D

    ReplyDelete
  23. Bagus banget ini event nya, masyarakat jadi tau banyak sekolah dan universitas khususnya pendidikan Islam baik di Indonesia maupun Internasional

    ReplyDelete
  24. Ada sekolah anaku disini \m/ alhamdulillah

    ReplyDelete
  25. bener mba event terkece yang pernah ada. aku pun kalau di Jakarta ta' jabanin, ini karena di luar jawa aja jadi sedih ga bisa menyaksikan. semoga tahun depan bisa menghadiri

    ReplyDelete
  26. huhuhuhu kirain terakhirnya hari minggu, ternyata oh ternyataaaa ;( semoga ada lagi tahun depan yah bumil

    ReplyDelete
  27. lagi nyari info sekolah islam di sekitar bogor, tahun depan anak sudah masuk SD soalnya, jauh euy di tangerang pamerannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah mudah2an tahun depan ada lagi mb Ev :) jgn lupa dtg ehhehe

      Delete
  28. pentig bnagte ini info buat saya yang punya anak yang mau masuk sekolah lanjutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba semoga next bisa hadir y mba :)

      Delete
  29. Sayangnya ya pamerannya cuma 4 Hari coba diperpanjang sampe sabtu minggunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga next bisa sampe sabtu minggu y mba :)

      Delete
  30. Semoga tahun dpn ada lagi ya

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design