Thursday, June 30, 2016

Tips Agar Engagement Dengan ART Lama

Sebagai ibu bekerja tentu kehadiran seorang ART bagaikan sosok sang ibu peri yang mampu sekejap mata membereskan semua pekerjaan rumah tangga dengan baik. Di kantor saya berperan sebagai bawahan dan di rumah karena memiliki ART saya berperan layaknya atasan di kantor. Sebagai seorang yang bekerja di bagian HRD tentunya saya tahu bagaimana cara agar ART bisa engagement dengan saya untuk waktu yang lama.

Sebelumnya akan saya bahas terlebih dahulu mengenai Employee Engagement. Employee Engagement atau keterikatan karyawan merupakan antuasiasme karyawan dalam bekerja dengan mengarahkan seluruh energinya yang selaras dengan prioritas strategic perusahaan. Jadi antusiasme ini terbentuk karena karyawan merasa terikat sehingga tercapailah target perusahaan. 

Nah jika dikorelasikan dengan ART, tentunya menurut pribadi saya bahwa kita sebagai atasannya atau majikannya mampu menciptakan kondisi yang pada akhirnya tercipta Employee Engagement. Menurut riset sendiri ada 4 faktor utama yang menentukan Engagement dari kepedulian sebagai atasan, menciptakan peluang karir, kerjaan yang menarik dan reward yang memuaskan.


Setelah melihat dasar teori tersebut maka saya coba terapkan untuk menciptakan Engagement dengan ART saya. Berikut tips yang saya lakukan :

1. Delegasi tugas dengan santun
Kali pertama saya mendapatkan ART saya mencoba delegasikan tugasnya dengan mengawali ruang lingkup pekerjaan utamanya seperti mencuci piring, cuci baju, nyapu, ngepel, setrika, kadang saya tugaskan menjaga anak. Namun saya memberikan kebebasan untuk mengatur sendiri jadwal tugas yang memang tidak perlu dilakukan setiap harinya. Berhubung ART usianya sudah tua maka saya menggunakan bahasa yang santun tidak terkesan memerintah namun mampu mengarahkan ART tersebut sesuai dengan keinginan saya. 

2. Tidak Banyak Complain
Kadar kemampuan, kondisi fisik mempengaruhi seseorang dalam bekerja. Sebagai majikan yang memahami (prettt hahaha) saya tidak banyak complain dengan hasil kerjanya. Kadang cucian piring masih kurang bersih, kadang kamar ga di pel, kadang setrikaan kurang rapih dan lain sebagai yang mungkin selalu ada saja kekurangan jika saya cari. Tapi bagi saya pribadi memaklumi bahwa terkadang mungkin ART sedang berada dititik jenuh atau dalam kondisi sakit sehingga perfoma ART menjadi tidak biasa itu saya biarkan. Karena saya juga terkadang sebagai karyawan ada masanya saya giat ada masanya turun perfoma.

Kalaupun ada yang benar-benar tidak sesuai silahkan tegur dengan santun, ingatlah rumus memberikan luka di hati ART maka sama saja menyusahkan diri sendiri karena cari ART lebih susah daripada cari pacar hahaha.

3. Berusaha Peduli
Saya selalu memberikan waktu sedikit untuk sekedar mendengarkan apa yang sudah ART lakukan. Saya pun mencoba sedikit monitoring dengan menelepon jika anak saya bersama dengannya. Cara seperti ini membuat ART saya ga sungkan pinjem uang wkkwkwk (ini yang bahaya) tapi dalam batas wajar siy. Pasalnya saya tahu banget kondisinya seperti apa. Saya meluangkan waktu untuk mengunjungi kediamannya yang bikin saya cirambay pas liat kondisi kontrakan yang ga layak *sedih banget*.

4. Memberikan Reward
Saya tak segan memberikan HP maupun bonus kepada ART sebagai reward atas kejujuran dan pekerjaan rumah tangga yang beres sesuai dengan keinginan. Bahkan setiap hari (kalau ga bokek hahaha) saya bekali makanan, kebetulan ART saya pulang-pergi tidak menginap.

5. Demokratis Dalam Aturan
Saya membebaskan ART untuk tidak bekerja jika saya libur, membebaskan ia jika sudah selesai tugasnya bisa pulang sebelum waktu kerja, membebaskan untuk bekerja ditempat lain dengan syarat tidak akan sakit (selama kondisi fisiknya mampu). 

Dari ke-5 hal yang saya terapkan apa yang saya dapatkan?ART saya bekerja dengan hati, gembira, memiliki inisiatif tinggi sampe-sampe kalau kerjaan utama uda beres hal pritil ia kerjain kayak sendal di sikatin sampe rumput di cabutin. Dan yang terpenting adalah ia betah bekerja dengan saya, sampe teman kantor saya bilang wah lama y betah juga kok aku susah banget siy dapet yang begitu?.

Sebenarnya engegement dengan ART tercipta karena diri kita sendiri, bagaimana cara kita bersikap dan memperlakukannya sesuai dengan wajar. Maka akan tercipta hubungan yang baik serta ART menjadi betah bahkan bekerja diluar ekspektasi kita.
Ada tips lainkah dari rekan-rekan yang memiliki ART juga?mangga share disini y.


Sumber :google

56 comments:

  1. Pernah punya art, dan mengikuti kurang lebih tips2 diatas, tapi tetep harus udahan aja, karna banyak faktor...salah satunya faktor ga tahan di php in...hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. PHP sama perusahaan aza ga enak apalgi sama ART hehehe

      Delete
  2. Kalau ART minta brenti, itu nightmare banget yaa..
    ART yg ngga nginep itu kadang bikin deg2an kalau pagi2 kita mau brangkat kerja, dan dia blm kunjung dtg.. haduuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba bikin ga enak ngapa2in *halah..
      Alhamdulilah ART-ku komit sekali jadi nda perlu diteleponin atau di jemput kerumah uda standbye aza :)

      Delete
  3. Dilema ibu-ibu masa kini itu, kalau sampai ART yang udah bikin keluarga nyaman, kemudian berencana nikah dan gak balik lagi. Itu tuh yaa kaya denger kabar baik tapi gimana gitu, tetep aja kaya ga iklas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bikin ga enak tidur mba hahaha...untung ART-ku uda nikah dan punya cucu jadi aman terkendali :p

      Delete
  4. Art baru minta berhenti krn abis keguguran. Rasanya.... duhhh... krn udah lama ikut aku dan orangnya bisa dipercaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti menggalau tingkat propinsi y mba wid hehee :) semoga dpt penggantinya y mba

      Delete
  5. Dan satu lagi... Tipsnya minta sama Gusti biar diawetin hehehe. Aku pernah udah melakukan semua itu tapi ternyata art nya aja yg gak merasa sdh dibaikkin dan dia makin seenaknya. Akhirnya dia blg mau keluar udh gak aku tahan2 deh 😤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah2 gampang mengenali karakter orang y mba yg penting kita sdh usaha maksimal jd majikan idaman :)))

      Delete
  6. Haha point yang utama itu majikan nya jangan galak ya mba :) andai saja semua melaksanakan tips seperti ini mungkin ART akan betah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Y kang kita aza mana betah klo dikantor pny atasan galak :))

      Delete
  7. mau dong dikasih reward hape hehehe, senengnya yg jd ART mba Herva :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mba Desi uda nda perlu HP lagi hahaha wong jam terbangnya uda ke LN :p

      Delete
  8. Widiiih....bos yg baik. Itu mah pasti betah mbak... tfs ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mempertahankan emang paling susah mba makanya terciptalah itu hahaha...trimz sudah berkunjung mba :)

      Delete
  9. Harus menurunkan standard kita juga Mbak. Jd ngga terlalu muluk nuntut sempurna dari ART. Berlapang hati, menerima apa adanya. Aiiish, kayak mau dilamar pasangan hidup yak...xixi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba semakin mencari yang sempurna semakin kita dapet label MAJIKAN RESE wkwkwk

      Delete
  10. Emang bener. Susah cari ART daripada susah cari pacar. Hahhaa. Aku nih bertahan lama mohon doakan hubungan kami ya. Hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha Mbak Nah pasti betah mb Lid-nya baik hati dan ga sombong :D

      Delete
  11. setuju semuanya mbak....susah banget cari art sekarang.kalaumaupun mereka minta mahal ya mbak. dan lagi pilih2 kerjaan, kadang harus ngajarin dulu hadeh. delegasi tugas dengan santun yap ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba saat ini kek gitu siy minta mahal wajar jika skillnya sesuai hahha

      Delete
  12. Dulu sempat punya yg nginep d rmh, Tp skrng pake yg PP ...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga PP mba ga berani yang nginep :)

      Delete
  13. aku beruntung punya 1 ART dan 1 babysitter yg bisa aku percaya bangettt.. keduanya jujur, kerja rajin, walopun kalo disuruh milih sih mba ART yg lebih memuaskan kerjanya :D.. kalo di kantorku, istilahnya dia udh rating role model ;p.. dan bisa dpt bonus gede :D..

    beberapa cara yg aku pake utk mengikat mereka supaya betah sih, hampir sama kayak di atas mba.. palingan aku tambah, setahun sekali aku ajak mereka kluar kota... thn lalu solo, nah thn ini aku pgn ajak mereka ke medan, kampungku.. biar sekalian rasain naik pesawat :D.. trs, 2 bulan sekali kdg yg mba ART aku ajak nonton bioskop kalo ada film indo yg bgs.. juga keduanya aku ksh tambahan uang jajan kalo pgn kluar sesekali.. hubungan ama mereka aku usahain juga ga kayak majikan lah.. biar mereka mau terbuka juga... jd kalo ngomong ya aku usahain kayak ke saudara sendiri ;)

    1 lgi, aku slalu ngajarin anak2ku, utk menganggab keduanya kayak ortu mereka juga.. krn biar gimana, art dan babysitter ini yg paling bnyk megang anakku slama aku kerja dr pagi ampe malam.. sekali aja aku liat anakku nyuruh2 mereka dgn ga sopan, itu aku bisa marah besar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah keren banget mba Fanny :) kadang ada loh y mba diajak ke MAll tapi ART-nya suru liatin doank kagak diajakin makan buseng deh suka sedih saya mah liat digituin ART pan manusia jg :(

      Delete
  14. Iya, ART kan bukan slave ala-ala Little Missy dulu. Mereka kerja buat cari uang. Sama kayak karyawan di kantor membuat ART nyaman itu juga penting. Dulu pas masih kuliah di rumahku ada ART yang profesional.. Kerjanya tangkas dan orangnya asik. Eh dia cus juga akhirnya. Bukan karena ada masalah sih tapi dia hamil lagi dan balik deh ke kampung halaman. Sekarang di rumahku ada lagi ART tapi ga nginep. Datangnya tiga kali dalam seminggu dan ga nginep. Kerjanya bagus juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba palingan nikah dan keluarga yang bikin ART akhirnya cabut :)

      Delete
  15. Dengan menerapkan sistem kayak gini, Pada akhirnya seorang ART akan bekerja dengan hati nurani. Jadi dia tidak merasa ada bebdan dalam pekerjaan dan hasilnyapun bersih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kang kebayang aja klo kita cerewet dumel serba kritikin yang ada juga dy ga betah memposisikan diri kita sbg karywan akan jauh lebih baik memperlakukan orang lain :)

      Delete
  16. Ada lagi nih Teh kayaknya, jadi majikan jangan pelit-pelit amat, tapi sih ukuran pelit berbeda antara satu orang sama lainnya ya. Ada juga yang udah nggak begitu pelit tapi ART dapat hasutan dari tetangga sebelah hahaha jadinya tetep kabur deh. Padahal bener juga kata Teh Herva, cari ART itu lebih susah daripada cari pacar. Semoga ART nya Teh Herva sehat selalu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah alhamdulilah aku tinggal bukan di komplek perumahan nyang klo majikannya gawe ART pda rumpi di pos wkwkwk ntar majikannya pulang ditodong berbagai permintaan gegara hasutan hal ini real terjadi pada ART di rumah kakak :D
      aamiin makasi mba

      Delete
  17. makasih tipsnya Mbaa, nanti bisa saya aplikasikan bila suatu saat punya ART soalnya selama ini saya belum pernah punya ART :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba Ira semoga betah ART-nya yah

      Delete
  18. Saya dulu di Hong Kong punya majikan seperti ini malah sungkan sendiri. Dan bisa kuat 3,5 tahun, sayangnya harus pensiun jadi terpaksa pulang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ART juga jadi sungkan padahal aku mah sok-sok aja jadinya dy ga enak sendiri :D

      Delete
  19. Saya sharing ART Mamanya murid aja ya. ART-nya dari usia tamat SMP dulu. Satu hal yang saya suka, sampai sholat-nya anak2 pun dia perhatikan. Mama murid saya memang merangkul banget. Waktu itu si mba belum hijaban (begitupun saya), Mamanya tetap nerima, tapi sholat harus ya. Abis lebaran kemarin si mba berhijab dan bulan lalu nikah. Mamanya memang asyik banget, makanya si mba betah sampe 10 tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow mantep sampe 10 tahun :D semoga kek ART di aku miss :)

      Delete
  20. dulu ibu saya juga pakai art, lama banget dari saya sd sampe saya kuliah. woww banget ya, mereka bisa saling setia haha. aku sendiri malah gak pernah pakai art.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hebat y mba saking uda teripta saling percaya xixixi

      Delete
  21. Belum pernah punya ART mba, tapi habis membaca 5 poin ini saya jadi yakin pasti betah deh bekerja di tempat mba Herva :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha semoga kelak punya y mba dan bisa dipraktekin

      Delete
  22. Santun perduli dan reword, ini yang kadang dilupakan. Kadang mentang-mentang sudah menggaji main tunjuk dan dengan nada yang tinggi, apalagi sama PRT yang lebih tua umurnya. Apa tidak kebayang, jika itu ibunya sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang suka miris ada yang semena2 padahal dy kerja juga klo bkn kerna keadaan ga akan mau

      Delete
  23. Art yg bisa lama banget..biasanya dah dianggap keluarga... sama2 merasa nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mba jadinya suka nyesek klo tiba2 mau pergi

      Delete
  24. Alhamdulillah si mbak bisa lama ikut saya. Mulai dari si bungsu bayi hingga kini masuk SD.

    ReplyDelete
  25. mantaf deh mba..mamang menjadi IRT sekaligus karyawan diperusahaan memang harus ekstra dan membuat kita tetep semangat dalam menjalaninya dan harus bisa menempatkan diri antara dirumah dan di tempat kerja.
    makasih infonya mba herva bermanfaat sekali nih

    ReplyDelete
  26. Waw, bagus Mbak manajemen ART nya. Eh engagement yah tepatnya :D
    Semoga ART nya tambah betah di rumah mb Herva :)

    ReplyDelete
  27. Ini bangeet, Mbak.
    Susah memang bikin ART betah kerja tahunan di rumah :')

    ReplyDelete
  28. setuju mba...lebih susah cari ART daripada pacar hehe...komunikasi dan reward memang penting ya mba...makasi tipsnya

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design