Monday, September 25, 2017

Antara Kado Nikah Dengan Peralatan Rumah Tangga...

Hai Temans, memasuki bulan September dengan tagline September Ceria ternyata memang membawa keceriaan tersendiri bagi sebagian orang terlebih yang merencanakan pernikahan pada bulan ini. Imbasnya adalah saya mendapatkan banyak sekali undangan pernikahan *yeay* yang datang dari rekan-rekan kerja saya baik di kantor saat ini maupun mantan rekan kerja di kantor sebelumnya. 

Kabar gembira ini tentunya saya sambut dengan gembira pula. Namun ternyata di balik kegembiraan saya mendapatkan undangan pernikahan terselip kebingungan teramat sangat dengan pertanyaan "Mau ngasih kado apaan yah?" begitulah pertanyaan yang terbesit dalam fikiran saya selepas menerima undangan pernikahan teman.

Adakah temans yang mengalami sama seperti saya?sindrome bingung kasih kado apaan sementara budget terbatas atau dinilai dari kedekatan hubungan. Kalau rekan kerja yang deket sih saya usahakan untuk memberikan something yang senantiasa bisa diingat selalu olehnya kelak. Namun kalau rekan kerja yang ga terlalu dekat bahkan cuman sebatas kenal dalam lingkup kantor biasanya saya ga terlalu memikirkan banget kasih kado apa. Bisa jadi cuman setor muka doank kalau datang 😂.


Justru yang sangat membuat bingung adalah rekan kerja yang mempunyai hubungan dekat. Ada saja pertanyaan dalam diri saya, masa cuman kasih amplop doank sih?ga berkesan nih?masa iya sih mesti nanya dulu apa kebutuhannya pasti ga surprise lagi. Akhirnya sampe menjelang hari H pernikahan saya masih dirundung dilema berujung TELAT memberikan kadonya *LOL.

Akhirnya saya coba merenungkan sendiri, berbekal pengalaman saat nikah 5 tahun lalu saya coba meruntut kado-kado apa saja yang saya terima selain amplop berisikan uang. Ternyata sekian banyak kado yang saya terima, rata-rata kado barang yang saya terima merupakan Peralatan Rumah Tangga.  




Beberapa peralatan rumah tangga yang saya dapatkan sebagai hadiah pernikahan, diantaranya :
  • 2 buah kompor gas
  • 2 buah pemanggang roti

Toster (sumber : Matahari Mall)
  • Kipas Angin
  • Rice cooker
  • Blender
  • 1 set wajan beserta spatula
  • Oven Listrik
  • Dispenser
  • Teko Air
  • Gelas Juice
  • 1 set cangkir 
  • 1 set taplak meja makan
  • 10 buah Seprei
  • 1 buah jam dinding
Sampai dengan saat ini semua barang tersebut terpakai dan berguna sekali untuk saya dalam membina rumah tangga dari nol. Makanya saya berfikir jika mendapat undangan dari teman biasanya saya lebih prefer memberikan BARANG karena bagi saya sendiri semua barang yang saya terima sungguh dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari saya dalam berumah tangga.

Kasih kado apa yah?
Gimana temans?setuju ga?tapi ya tentunya semua balik lagi ke kondisi masing-masing jika mau memberikan uang boleh saja karena yang lebih praktis ya temans. Nah kalau yang ingin memberikan kado berupa barang baik itu peralatan rumah tangga hingga elektronik, saya punya sedikit tipsnya nih :

1. Sesuaikan Budget

Namanya memberikan hadiah tentunya disertai dengan keikhlasan dari kitanya supaya mengalir gitu manfaat dari barangnya jadi jangan sampe temans maksain kasih barang yang mahal sementara temans sendiri mesti menyicil 😭. Beban hidup kita sudah gede jangan suka nambah-nambahin lagi ya temans.
Oleh sebab itu sesuaikan saja dengan budget yang di miliki yang penting bisa bermanfaat untuk rekan kita kedepannya. Intinya jangan sampe memaksakan ya temans!

2. Ajak Teman Untuk Iuran

Jika budget kita benar-benar terbatas kenapa enggak untuk ajakin teman-teman yang lain ikutan iuran istilah kerennya PATUNGAN. Jadi kalau mau beli barang impian buat kadonya kita ga usah keluar uang banyak-banyak cukup ajakin teman-teman lain. Gimana bisa kan?karena kalau budget terbatas memberikan kado yang murahan takutnya ga tahan lama.

3. Bermanfaat

Masalah budget sudah ada saatnya menentukan barang yang akan diberikan. Mencari kado untuk pernikahan memang gampang-gampang susah apalagi jika untuk sahabat terdekat. Sebaiknya memang memberikan hadiah yang bermanfaat, harapannya bisa terpakai lama dan terus meninggalkan kesan bagi si pemberinya. 

***

Gimana temans, sudah terbayangkan jika dapet undangan pernikahan?mau memberikan apa?semoga sekelumit pengalaman yang pernah saya rasakan bisa bermanfaat yah temans 💋.



47 comments:

  1. Sudah 6 tahun, kadoku banyak yg blm dipakai, karena msh tinggal bareng ortu, dan sebagian besar pula kujadikan kado lagi hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya Pamali mba kalau kado dikadoin lagi wkwkwk alhamdulilah sejak mandiri semua kadonya kepake jadi ga perlu beli lagi deh :p

      Delete
  2. Kalau saya biasanya tanya dg yg nikah apa yg kurang, krn mau nya ngak mubazir dan kepake kado yg kita kasih. Biasanya sih perlengkapan bkn kue atau blender yg jarang diksh orang, jd kebanyakan saya ksh blender hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ditanya begitu jawabannya TERSERAH mba kan jadi bingung pala berbie hahaha..makanya aku juga prefer peralatan rumah tangga ;P

      Delete
  3. Saya juga lebih senang ngado daripada ngamplop nih kalo ke nikahan, tfa Teh;)

    ReplyDelete
  4. kayaknya kado buat nikahan sama kado buat yang lahiran setema ya wkwkwkw, kado nikahanku dulu masih ada loh yang belum dipakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk ember teh belum dipake sini teh lemparin ke cimahi :D

      Delete
  5. Sama Teh Herva, kalau masih keluarga atau masih kerabat dekat biasanya malah saya suka tanya pengen kado barang apa. Kalau budgetnya masuk ya saya kasih sendiri, kalau agak mahal saya ajak saudara atau teman dalam circle yang sama untuk urunan belinya.

    ReplyDelete
  6. Saya biasanya iuran uang aja karena praktis hehe

    ReplyDelete
  7. Kalau saya orangnya praktis suka uang aja, kalau terpaksa harus ngado ya biasanya seprei atau Badcover hehe... Itu mah pasti kepake :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ngado itu ribet tapi aku sukanya biar penerima tergiang hahhaha *lebay y teh :p

      Delete
  8. waktu saya menikah dengan suami, teman2 SMP nya udunan mak buat belikan kami kado. saya gak nyangka, kadonya mengisi 90% dasar kebutuhan rumah kami. kayaknya itu lebih bermanfaat daripada ngasih uang yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba aku juga merasakan sekali bener2 terbantu dengan kado peralatan rumah tangga yang dikasih teman2 hehehe :p

      Delete
  9. Sy udah gk pernah kasih Karo nikah dh lama bngt, amplop praktis, kecuali sahabat dekat y kdang d Tanya mau kado apa? Baru deh hunting teh,,,😂 tp sy mau klo di ksh pangggangam roti #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk aku punya 2 mba tapi yang satu aku lupa dikemanain :D

      Delete
  10. Tergantung juga sih mbak. Kalau misal dia selepas nikah merantau bersama suami, mungkin lebih pas mentahan alias amplopnya aja. Soalna ga keangkut barang2 itu (pengalaman). Hihihi... e tapi saya setuju dengan patungan. Beberapa kali sama teman2 suka patungan gitu jadi bisa beli yang agak mahalan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya yah kalau merantau enakan dapet amplop tapi tetep klo amplop suka menguap mba hahahhaa

      Delete
  11. Naah ini, dilema banget hahaha.... kl patungan pun suka bingung, banyak ide hahaha.. yg jelas emang harus berguna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sekarang aja kami lagi dilema mau ngasih apaaa hahhaa

      Delete
  12. Kalo sy liat dari kedekatan dengan si mempelai pengantin. Kalo dia sahabat karib, kasihnya kado yg dia butuh yg bs jadi kenang-kenangan juga. Tetapi kalo sekedar teman biasa atau kenalan, amplop paling simpel seh heheheheh

    ReplyDelete
  13. Saya biasanya uang. Abis di undangannya juga tertulis begitu 'tanpa mengurangi rasa hormat bla ... bla ... bla ...' :D

    ReplyDelete
  14. Rice cooker hadiah nikah, 6 thn lalu, alhmdulillah masih berguna bgd mbk. Hadiah nikah peralatan rumah tangga alhmdulillah membantu bgd dah pokoknya 😀

    ReplyDelete
  15. kalau saya lebih sering ngasih uang aja sih kalau ke kondangan. heu

    ReplyDelete
  16. kalau aku lebih suka kasih duit aja sih ketimbang kasih barang, pertama gak ribetin kita. kedua ya kadang barang yang kita beli kurang disuka sama orangnya akhirnya gak dipakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe aku klo disuruh milih malah barang koh karena berguna :p

      Delete
  17. Wah kebetulan sepupuku mau nikah, lg bingung mau ngasih kado apa, mmg lbh enak patungan ya jd lumayan irit hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain irit bisa ngasih barang yang mayan harganya mantap manfaatnya y mba

      Delete
  18. aq sekarang lebih sering kasih uang mbak daripada barang, karena kalau barang jadinya seperti itu, nggak kepakai. kecuali dia request sendiri minta di kadoin barang, baru deh aq cariin yang dia minta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo uang biasanya buat orang yang ga aku kenal mba wkwkkwk

      Delete
  19. sekarang sih lebih praktis aksih uang ya mbak, hampir semua sukanya begitu, krn barang banyak gak kepakainya, dulu jaman aku nikah, belum ada yang kasih uang spt sekarang tp barang, jd banyak yg dobel dan skrg banyak barang yg aku akhirnya kasihkan ke saudara

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih klo praktis uang tapi suka bingung besaran uang yang harus aku kasih mba :D

      Delete
  20. Aku sering gak sempet kalo mau beli barang, temen" juga pada sibuk semua. Jadi lebih sering ngamplop aja kalo ada yg nikahan, hanya beberrapa atau temen deket aja yg pake kado hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo temen deket emang mending barang y mba :)

      Delete
  21. biasanya kalo temen deket, ku suka nanya aja maunya apa hahahah. Kalo ngga terlalu deket kasih amplop aja lah biar ringkes dan lebih bisa dimanfaatin beli macem2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya klo ga tll deket kupun gitu mih :)

      Delete
  22. Aku ngasih kado cuma sahabat saja biasanya. Kalau lainnya biasanya amplop, demi kepraktisan.
    Sebenarnya enak kaya di luar negeri, mereka membuat list daftar hadiah yang mereka inginkan dan di toko mananya. Jadi enggak akan ada hadiah yang double

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah mba mestina kayak di LN hehehe

      Delete
  23. Kalo sekarang lebih sering uang, mb. Soalnya yang deket udah pada married semua. Baru terakhir kemarin anak tetangga sebelah nikah, dikasih Tuppy aja. Soalnya anaknya abis nikah balik ke Jawa. Kerja

    Nah kalo buat pengantin emang paling enak nerima barang. Berguna sampai kapanpun selama belum rusak

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design