Monday, April 3, 2017

Dibalik Bekal Makan Siang

Sebagai istri tentunya sudah menjadi bagian utama memasak makanan kesukaan suami. Bagaimanapun rasa masakannya istri, suami tentu menghargai hal tersebut sebagai bentuk ungkapan sayang. Memasak memang tak hanya untuk memenuhi kebutuhan akan rasa lapar akan tetapi menurut saya pribadi menyajikan masakan untuk orang yang kita cintai merupakan salah satu bentuk mengungkapkan rasa sayang maupun peduli.

Namun tak jarang juga karena berbagai hal ada istri yang memutuskan untuk menggunakan jasa catering atau lebih menyukai beli dari luar. Saya rasa itu sah-sah saja meski tak langsung menyediakan namun setidaknya terlihat usaha sang istri dalam mencukupi asupan gizi suami dan anaknya.

Bagi saya yang juga bekerja hal ini tentu membutuhkan perencanaan yang cukup baik dalam rangka memasak hidangan bagi keluarga. Saya terbiasa masak di pagi hari sebelum berangkat kerja. Selain karena menyediakan makanan untuk balita saya di rumah, memasak di pagi hari saya lakukan juga untuk membekali suami yang bekerja.

Fenomena yang saya lihat dikantor tempat saya bekerja, kebetulan semua bapak-bapak di divisi saya selalu bekal makan siang. Setiap jam istirahat tiba mereka tetap stay di mejanya, atau kadang ke pantry ambil nasi lalu tenggelam dengan aktifitas leptop masing-masing.

Terkadang jika ada event meeting yang mana pesertanya mendapatkan jatah makan siang, mereka rela tidak makan jatah makan siang yang menunya enak bahkan kerap kali saya terbuka menerima jatah makan siangnya karena mereka lebih memilih menghabiska makanan bekal dari sang istri. Pokoknya pas event kek gini rezeki nomplok buat teteh Bella *LOL*.

Atau jika jatah makan siangnya berupa perasmanan, maka mereka gelisah mengasong-asongkan bekal makanan yang dibawa untuk dihabiskan. Lagi-lagi saya yang ketiban rezekinya alhamdulilah perut ini selalu menerimanya. Hal ini pun berlaku bagi suami saya, sepulang kerja yang saya tanyakan adalah "Bekalnya habis ga?" bahkan saya bisa gerutu sendiri jika bekalnya tidak dihabiskan suami.

So, saya melihat dari sisi sebagai seorang yang bekerja, membekali makan siang bagi suami itu :

1. Melindungi Dari Sephia

Iya sephia kalau kata lagu S07 adalah kekasih gelap. Dunia kerja yang mana heterogen untuk gendernya terkadang benih-benih cinta tumbuh karena kebersamaan. Dan yes fenominil kek gini udah terjadi di kantor. Kebersamaan dengan lawan jenis berawal dari maksi bersama lalu berujung tukar kabar dan berujung menjalin hubungan.

Melalui bekal makan siang, saya melihat arti kesetiaan dari bapak-bapak yang ada di kantor. Seperti yang saya jabarkan sebelumnya. Bahkan mereka rela memberikan jatah makannya demi menghargai bekal dari istri.

Nah maka dari itu saya pun menerapkan bagi diri sendiri untuk memasak buat akan suami. Ingatlah kata Bang Napi "Kejahatan terjadi karena ada Kesempatan" pun sama kek benih-benih selengki :D

2. Melindungi Dompet Jebol

Berbicara bekal tentu mengarah kepada hitung-hitungan ranah ekonomi keluarga *tsaah beratnya. Menurut saya selaku kepala perekonomian keluarga, dengan membekali suami bekal maksi itu terhindar dari kejebolan dana. 

Dana untuk maksi bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain loh ibu-ibu. Contohnya untuk dana tabungan pendidikan, kesehatan apabila ternyata tidak di cover kantor kan mayan klo berobat tea. Kalau saya pribadi, dananya biasanya digunakan untuk makan-makan lagi di weekend secara saya dan suami bekerja jadi tiap libur kami pasti usahakan keluar rumah.

Sebenarnya keiritan ini tergantung sama daerah tempat tinggal, berhubung akang suami kerja di Bandung kota makanan yang ditawarkan mahillll. Pernah pas saya DLK akang suami ga bekel, dia maksi diluar lalu shock karena makan pake sayur asem plus cumi Rp 60.000. Saya yang liat struknya aja sampe kaget cuman makan gitu doank mahil amir.  

Kalau dilingkungan kerja saya yang bisa dibilang Bandung coret emang masih murce. Lauknya aja masih dapet loh cuman 4000 doank. Murah kan?banget. Karena dikantor dimasakin nasi yo wis tinggal beli lauk aja. Berhubung saya bosan dengan masakan sendiri nah sayanya males banget bekal dari rumah >> curang :p

3. Melindungi Dari Penyakit
  
Selain antisipasi dana jebol tiap bulannya, bekelin makan siang bagi suami juga berguna agar melindunginya dari penyakit. Akang suami sendiri suka langganan skait Types, kalau makan salah bisa jadi langusng kumat sakitnya. Alhamdulilah semenjak selalu bekal akang suami jadi jarang sakit.

Terlebih asupan masakan yang kita masak dijaga kualitas hygienenya meski kualitas rasa sih boleh jauhlah dibandingkan dengan Mba This It ituh. Yang penting rasa cinta dan sayang saya terbawa dalam segenggam kotak bekal makan siang suami *suit suit.
 
***

Demikian ulasan saya mengenai bekal makan siang, sederhana bukan?namun ternyata mengundang sejuta pesan yang tak tersurat. Yuk sediakan waktu sebentar untuk siapin bekal bagi orang tersayang. 

Jika ada yang LDM-an jangan bersedih hati, bisa juga loh kirimin masakan kering ke tempat suaminya. Semua pasti ada caranya yang terpenting usahanya kita. Cuman kirim kering kentang sama telor asin juga pasti akang suami meleleh apalagi dikirimin dengan cinta dan kasih sayang uhuy tambah klepek-klepek.

Semoga bermanfaat yah 💋



78 comments:

  1. Kalo aku sih usahain nyiapin sarapan buat suami. Karena kami berdua kerja, jadi masak yang praktis aja. Untuk maksi yang masak si 'mbak'. Suamiku tidak pernah bawa bekal karena pulang lebih awal drpd aku secara dia kan ngajar.

    Soal irit, hemat, aku setuju. Kadang kalo wiken juga makan di luar. Sesekali saja sih 😊

    ReplyDelete
  2. Yups, makan siang memiliki banyak cerita, banyak pesan, pesan cinta ya kakak, siip

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba jadi jangan males y masak hahahhaha *dikeplak

      Delete
  3. wkwkwkw... sephia oooh sephiaa.. setuju tapi, apalagi soal hemat n kesehatan

    ReplyDelete
  4. hehehe iya bawain bekal suami bikin hemat bensin katanya
    tapi baru tau kalo tujuannya melindungi dari sephia

    ReplyDelete
  5. Sephia itu siapaaaa??? kok suami harus dilindungi dari dia hahahhaha XD
    Aku dulu sering bawain abah bekel, tapi kok ya malah tekor, karena semua tempat bekel ngga kembali huhuhu.. akhirnya suruh beli diwarung nasi kampus aja lah, daripada dompel jebol musti beli tempat bekel mulu XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. perempuan yang btuh tatihtayang aka pelakor wkwkwk
      duh abah pasti pulang2 kena kultum sama mamih :p

      Delete
  6. Parah amat yak mamam sampe 60 ribu, haha... Bawa bekal juga jadi lebih sehat sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak cuman sayur asem sama cumi ckckck padahal mentahannya juga bisa 10rb dapet buat seabgrg2 hahaha

      Delete
  7. menjaga diri dari shepia, hohoho :D. Saya sekantor sama suami, gak ada bekal-bekalan, yang ada kitanya malah ngewarung berdua, hohoho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini yang enak sekantor maksi bareng ntar mlm dinner bareng semuanya serab bareng enaknyaaaa

      Delete
  8. Wkwkw the power of buk ibuk inii. . Suamiii pada nurutt semua harus habisin bekal makan siang 😁 Semoga nanti punya suami kaya gtu juga 😂 #nurutmaksdunya hehehe. .

    Sekarang banyak pelakor alias sephia ya mbak. Hikss masih heran kenapa sesama wanita tp tega.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes mba singsingkan lengan baju poko'e demi menjaga keutuhan RT :D
      Nah itu dy mba kadang cinta membutakan segalanya tsaahh

      Delete
  9. Setuju makan bekal istri itu jauh lebih sehat & saving budget. Drpd jajan di pinggiran jalan yg penuh debu jalanan. Wuah senangnya para istri. Bila budaya kantor sdh dmn2 bawa bekal dr rumah. Krn umumnya, msh bnyk karyawan pria yg gengsi/malu bawa bekal dari rumah. Sebagian krn tdk mau ribet (pelupa).

    ReplyDelete
    Replies
    1. HI mba Bel bahagianya dirimu mampir kesini :)

      Delete
  10. Aku sering membuat bekal makan siang buat si akang. Tapi kalau keberedek ya enggak sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk mun kaberedek mah moal tiasa nyak mba :p

      Delete
  11. bekelnya bikin ngiler... xixixi.. salah fokus. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp mba daripada salah 10 dapet 0 hahaha

      Delete
  12. Bekelnya bikin ngileeer... xixixi.. salah fokus ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp mba daripada salah 10 dapet 0 hahaha

      Delete
  13. Save, bisa nih kalau sudah keluarga masak buat bekerja ya, Mba. Saat ini kalau aku sepedahan jauh juga biasanya bawa bekal, jadi sampe sana tinggal buka bekalnya..hehe

    Secara tidak langsung, perempuan itu harus bisa masak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ember kang yg ptg masak nasi lulus itu cocok jadi istri hahahaha >> nasehat ngawur :p

      Delete
  14. Itu kenapa bekelnya kece banget.. Kudu lindungi suami dari postingan bekel kece begini. bisa berabe XD

    ReplyDelete
  15. Wkwwkwwk jadi gitu ya, mbak Herva. Bekal makanan ada perlindungannya rupanya. Boleh dipraktekkan nanti kalau saya udah nikah.


    Dan alasan biar gak ada sephia, itu anu banget, Mbak.. Xixixxii

    ReplyDelete
  16. Hahaha... Iya ya, bisa melindungi dari sephia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang makanya mesti waspadah hahaha

      Delete
  17. Paksu kalau keluar kota pasti minta dibekalin. Dia bukan tipe suka cobain kuliner diluar.
    Dan kalaupun ada 'sephia2' yang jago masak pastilah itu mbah2 yang sudah sepuh benar dalam dunia kuliner. Memang seleranya Paksu warteg2 jadul

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha mbah2 emang suka enyak makanannya bikin lupa dah :p

      Delete
  18. Referensi banget nih mbak nanti kalau aku dah nikah XD ternyata ada maksud dibalik bekal

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha makasi mba Vita uda mampir :p

      Delete
  19. so sweet...mbak herva bener2 romantis ya..istri idaman...pasti suami seneng ya dibekalin gitu.apalagi makanannya lebih sehat dibanding makanan luar

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh langsung kembang kempis hidung ni mba hahaha..makasi mba

      Delete
  20. Aku ketawa ngikik loh Bun hahahhha
    iya juga ya, entar kalau dah nikah gitu ah :-D
    hahahah tipsnya ciamik. Apalagi kalo bisa bikin klepek-klepek

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha makasi mba based on true story :p

      Delete
  21. Awalnya suamiku makan bekal nasi mba. Tapi lama-lama dia nggak mau soalnya jadi nggak bisa keluar kantor. Bosan kalau terus-terusan di dalam kantor. Hhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe gpp mba nyang penting keluarnya ga sama sephia :D

      Delete
  22. Mbakkk sephianya itu lho. Mendadak muncul urusan bekal. Hehehe. Yes, bener bingit, memang bekal buat anak, mas suami tetap lwa biyasah. Walau kadang masakan kita itu2 aja, kalo penampakannya beda, tetap sesuatu Mbak.

    ReplyDelete
  23. Hai teh herva.. Sudah lama aku gak bw nih.. Bener teh yang terpenting bekal itu untuk mempush budget ya teh.. Lagian enak kl suasana kantor mendukung jadi gausah malu bekel juga ia teh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Vika selamat datang kembali disini :)
      Iya mba Vika ga usah malu dibanding malu2in ngutang hahaha

      Delete
  24. Menghemat, iya banget. Saya juga ngitung2 kalo gak bawa bekal seringnya malah lebih banyak pengeluaran huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan ayo ayo jangan malas memasak demi masa depan yang cerah hahaha :p

      Delete
  25. Sejak saya SD hingga SMP sering dibawakan bekal untuk pengganti sarapan yang gak sempat saat pagi dirumah, heeee
    maklum jarak rumah ke sekolah jauh.
    kalau sekarang udah kerja gini bawa bekal di siapin sendiri sekalian hemat jajan, heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mau sekolah atau kerja klo dh punya istri minta masakin ya kang hahaha

      Delete
  26. Kalau aku yang bawa bekal aku sendiri, Mba. Soalnya suami kerja dari rumah, hehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh kebalikan y mba hehehe gpp yg penting hidup sehat, hemat n bahagia :P

      Delete
  27. (((melindungi dari sephiaaaa))) ahahha Herva bisa aja nih :)))
    suami aku juga mulai bawa bekal makan siang beberapa bulan terakhir ini, dan ngiritnya jadi berasa banget hehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tapi kejadian loh mba :p
      iya kan makanya ayo putar ide mba demi pengiritan xixixi

      Delete
  28. Salam kenal mak
    Suamiku minta bawa bekal kl pas madu kerja hari minggu,kantin tutup hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mba slaam kenal juga :) makasi sudah mampir kesini..
      gpp mba yg penting sehat dan bahagia :D

      Delete
  29. Saya pun beberapa waktu yang lalu rajin bikinin suami bekal, Mbak. Tapi kemudian rada malas karena dia dapat jatah makan siang sih di kantor. Trus katanya kalau bawa bekal jadinya jatah makan siangnya itu kebuang. Hehehe.. Paling dia minta tambahan lauk aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo dapet maksi gpp mba yg penting sehat dan bahagia hahahaha

      Delete
  30. kalau suamiku gak mau dibekali, krn mungkin gak biasa bekal, mungkin tahu masakan aku gak enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep semangat ibu hehehe belum terbiasa aja sama rasa masakan ibu semakin rajin masak jam terbang bertambah kita bisa kalahin miss this it loh bu :D

      Delete
  31. Betul mbak, lebih enak dan praktis masak sendiri akupun juga gitu tapi sejak hamil mulai stop masakan nggak tahan bau dapur. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah mba dibalik itu semua ada rasa sayang yang kita tuangkan hahhaa >>lebay
      gpp mba bawaan debay yg ptg suami mengerti dan bahagia :D

      Delete
  32. Aku ga tiap hari sih bawain suami bekal. Kadang2 aja, soalnya srg ga sempet paginya mbak.. Kecuali kalo makanan yg malam ada sisa, baru paginya dibawa. Apalagi udah 2 mingguan ini, aku sekantor ama suami krn ada project.. Kitakan emg kerja di perusahaan yg sama. Makanya suami males bawa bekal dgn alasan, ntr kan bisa makan siang bareng di kantor ama aku :D. Wkwkwkwkw pinter banget deh, mentang2 yg megang Uang aku :p

    ReplyDelete
  33. saya paling malas masak Mba, tapi pas masak dan masakan sy disukai suami itu bahagianya tak terkira deh, apalagi bila dia nambah sampe berkali-kali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mba klo suami sampe nambah wuih berasa banget kita ni chef number one hahaha

      Delete
  34. melindungi dari sephia.... hahahahahaha.... Tp itu bagus kok, memberi perhatian sm suami & mengasah (pisau kaleee) keahlian masak kamu jg kan... dia seneng makan enak tiap hari kamu seneng kamu nanti bs buka catering ke temen2 kantornya... iya gaaaaak :) *kompor gas mleduk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah iya bener banget mba ini melihat peluang bisnis juga y mba :D

      Delete
  35. Hahahah Sephia... bner banget Mba, saya tiap hari bikin bekal buat suami supaya hemat dan makin cinta sama saya wkwkkwwk aamiin semoga dijauhkan dr para sephia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin emang skrg mesti cerdas mba hahaha jgn sampe terkalahkan oleh sephia aka pelakor wkwkwk

      Delete
  36. Terakhir saya suka bawa bekal makan siang itu pas kelas 3 SMA. Hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. weleh ntar klo dh punya istri bekel lg y hahaha

      Delete
  37. jadi inget lagu Sephia, itu jaman tahun berapa ya? Membuat bekal untuk orang yang terkasih memang menyenangkan ya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah jaman aku masih seragam SMP mba :p

      Delete
  38. aku suka bawa bekal makan siang ke kantor, kecuali kalo emang lagi males bawa masakan baru deh jajan di luar

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku males malah bawa masakah sendiri mba ev hahaha sdh bosan 🤣😂

      Delete
  39. aduhhhh sephia, itu mah semoga hanya di lagu saja, pak suami jarang aku bikinin bekal, hawong LDRan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa gpp mba yg penting hatinya mendekat :p

      Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design