Thursday, March 17, 2016

Pelamar Yang Dicari dan Dinanti


Dear Anakku, flasback dengan rutinitas kerjaan bunda dahulu yakni merekrut, kegiatannya sendiri dari mulai mengetes hingga interview kali ini bunda akan ceritakan mengenai satu alur kegiatan yang mesti dilakukan sebelum pengetesan dimulai namanya sourcing pelamar.
Berbicara pelamar tentunya berkaitan dengan proses rekrut yang akan bunda lakukan. Tidak ada pelamar yah pasti joblesslah bunda hehehe. Jadi alur prosesnya hingga di hire seorang karyawan itu membutuhkan proses yang begitu panjang dan memakan waktu yang lama namun tak selama penantian Cinta ke Rangga, 14 tahun lamanya apa yang dilakukan Rangga itu jahat nak reminder aza AADC 2 juga baru tayang nanti (halah jadi kesini..)

Kembali ke pelamar, dalam menjaring pelamar itu ada berbagai cara supaya pelamar tertarik untuk datang tes (minimal) syukur-syukur bisa sampe tanda tangan kontrak pastinya bikin sorak sorai tim rekrutment karena KPI  fulfillment kebutuhan tercapai oleh sebab itu kami tim pencari pelamar akan berusaha untuk mencari.

Pencarian pelamar ya mesti lewat postingan iklan sebagai berikut ;

1. Posting iklan di situs kayak Jobstreet, JobsDb, Karir.com dll  kalau perusahaannya uda famous dijamin para jobseeker yang lamar bakalan bejibun sampe jereng liatin satu-satu lamaran yang masuk

2. Posting iklan di surat kabar, pernah loh dulu posting di media penentu arah itu ciyeh sekali-kalinya doank abiz itu udahan karena budgetnya muahal banget karena kita milih letaknya dan ukurannya yang besar ga yang iklan cuman sebaris bikin sakit mata carinya juga

3. Lewat media elektronik baik radio maupun televisi

4. Sebarin iklan sobek di spot-spot yang dikunjungi banyak orang dan sesuai dengan kualifikasi yang kita cari.

5. Share lewat media sosial, biasanya bunda suka posting lowongan di Facebook, path, twitter, line, wa maupun instagram semuanya dioptimalin karena hari gini uda banyak yang punya medsos jadi tinggal cantumin email kita maka data pelamar akan masuk

6. ikutan Jobfair, nah untuk jobfair akan ada sesi khusus bahasannya

7. kalau lagi kumpul sama teman, sama ibu-ibu pengajian bisa juga kita sambil iklan ada lowongan kerja di perusahaan. Sapa tahu ada anaknya atau tetangganya, anak saudaranya, cucu nenekya yang lagi butuh kerjaan bisa kita bantu masukin ya kan, namanya juga usaha.

Biar iklannya menarik khalayak ramai maka perlu ada model yang nyempil di iklannya hahaha nah ini kesempatan buat bunda saat masih gadis belia terpilih buat modelnya yah walau jadi model loker yang penting judulnya model hahaha. Foto bunda dan model lainya akhirnya banyak dimuat di leaflet dan background yang suka dipajang dibooth kalau lagi ikutan jobfair xixi.

Bersama model lain, bunda yang pake jilbab bisi lupa km nak hahaha

Contoh Iklan yang ada bundanya asik hahaha

Apabila sudah posting iklan lowongan kerjanya, maka tugas selanjutnya menyortir cv dan lamaran ( Baca juga : membuat cv dan lamaran ) 
Apabila sortir telah dilakukan tugas bunda selanjutnya menghubungi pelamar melalui telepon, sms maupun email. Kadang ada pelamar yang lupa mencantumkan nomor Hp atau alamat emailnya mungkin dia lelah sampe hilapnya atau mungkin dia bisa terpanggil oleh ikatan batin seorang rekruiternya hahaha kalau nemuin yang begini suka sedih karena sudah tidak zamannya panggil kerja pake surat yang dianter pak Pos akhirnya mesti masuk tumpukan pelamar gagal administrasi.
 Kesian..kesian (nada ipin upin) ( Baca Juga : ketika ada panggilan telepon dari perusahaan )

Ketika menghubungi para pencari kerja, bunda sudah membuat jadwal tes sehingga ada persiapan dari mulai ruangan tes, alat tes yang akan digunakan, membuat absensi pelamar (menghindari pelamar penyusup hehe) hingga koordinasi dengan security maupun receptionist jika ada jadwal tes.

Hari H tiba sebagai rekruiter bunda suka deg-degan niy kalau sedikit yang datang syuka sedih karena dah manggilin banyak eh yang dinanti ga datang uda gitu ada sesi gugur tes mmm tambah dikit aza calon pekerja yang bakalan masuk sesi interview. Kpi fullfilment pasti jeblok hahaha dadah dadah dapat bonusnya.

Nah kalau banyak yang datang suka senang tapi pernah loh datang banyak yang gugur tes juga banyak sepertinya para pelamar ga konsen dites bunda atau kurang tidur semalam eheheehe.
Ga bisa nentuin juga kehadiran pelamar paling bisa estimasi jika panggil 50 maka yang hadir diharapkan setengahnya. pokoknya kehadiran pelamar seperti rahasia jodoh hanya Alloh yang tahu, bunda sebagai recruiter hanya bisa pasrah.
Sekian cerita bunda mengenai sourcing pelamar...selamat malam


2 comments:

  1. Aku tuh suka penasaran AMA psikotes yg srg dilakuin sebelum2nya interview mbak. Cara menghitung hasilnya sampe bisa Lulus ITU gimana :D. Perasaan dulu aku GA yakin bisa jawab semua ,tp Lulus :D. Temenku yg jauh lbh Pinter malah gak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Fanny, nah itu dia mba menurut mba temen mba pinter tapi blm tentu cocok dengan standar di suatu perusahaan. hasil psikotes biasanya combine dari beberapa alat tes kemudian ada standar kelulusanya untuk masing-masing alat tes misal hasil tes kecerdasannya oke tapi tes kepribadiannya ga oke mohon maaf mesti gugur deh ga bisa lanjut ketahapan berikutnya. gitu kira-kira mba Fanny ^^ salam kenal y

      Delete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design