Wednesday, December 23, 2015

Assessment Center


Dalam lingkup perusahaan tentunya ada istilah promosi, mutasi, developing, demosi yang pada intinya adalah bagaimana HR mampu mendevelop karyawan sesuai dengan kinerja dan potensinya.

Lalu apa kaitannya dengan AC?AC salah satu metoda yang dilakukan para assesor untuk memotret gambaran kompetensi yang dimiliki oleh assesee (peserta AC) untuk posisi tertentu. AC sendiri meliputi multi assesor, multi method dan multi tools.

Mengapa harus multi assesor agar penilaian lebih bersifat obyektif sesuai dengan perilaku dan evidence yang muncul dari assesee. Sayasebagai assesor 1 akan memberikan penilaian pada assesee untuk 1 simulasi lalu rekan assesor lain akan memberikan penilaian yang didapatkan dari simulasi 2 alurnya seperti itu hingga nanti setelah intake data akan ada sesi

Assesor Meeting dimana semua assesor berkumpul untuk memberikan penilaian disertai bukti pendukung lalu memberikan nilai bisa level atau rating tergantung kamus kompetensi yang digunakan di perusahaan. Setelah didapatkan hasil assesor meeting lalu dituangkan kedalam report dan diberikasn hasil feedback kepada assessee yang telah megikuti AC sehingga mereka tahu mengenai GAP kompetensi maupun kompetensi yang sudah fit dengan Job requirementnya.

Langkah awal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan AC adalah :
1. Kita mengetahui dahulu Jobdesc dari posisi yang akan kita asses
2. mempelajari kamus kompetensi dan menetapkan standar level kompetensinya sesuai dengan jobdesc tersebut
3. Tools AC, yang bunda kuasai dan sudah bunda buat adalah In Basket (IB), Problem Analysis (PA), IS (interview Simulation), Leadership Group Discusion (LGD), Scheduling dan Fact Finding (FF). tools tersebut dipilih sesuai dengan level jabatan yang hendak diasses. biasanya dalam 1 kali intake data bunda hanya menggunakan 3 atau 4 simulasi.
4. Assesor, memilih assesor dan menetapkan assesor sesuai dengan jumlah assesee. min jumlah assesee adalah 6 sehingga assesor minimal memegang 2 assesee
5. Menyiapkan ruangan

Jika sudah maka dilakukan intake data, biasanya intake data bisa seharian atau hanya beberapa jam tergantung jumlah simulasi yang digunakan. Hasil AC lebih akurat dibandingkan dengan hasil interview ataupun psikotes. Kebutuhan Ac untuk mengukur next job atau job fit. 

Proses assesor meeting sangat menyita waktu karena perbedaan pendapat dan pemahaman bagi maisng-masing kompetensi yang dimiliki assesee hingga bisa terjadi perdebatan yang sengit namun disini assesor harus memiliki analisa yang mendalam sehingga bisa mendinamikakan potret kompetensi asseseenya. 


0 comments:

Post a Comment

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design