Search

Cara Merawat Gigi Berlubang Agar Tidak Semakin Parah

"Bunda, gigi Teteh sakit banget jadi ga bisa makan"

Begitulah keluhan Neyna pada satu hari, berhubung masalah gigi itu sensitif terlebih lagi Neyna saat usia 4 tahun pernah mengalami ABSES pada gigi depan bagian atas. Maka hari itu saya langsung bawa ke dokter gigi.

Saya harus merelakan 1 jatah cuti melayang demi mengantarkan Neyna berobat pada hari itu. Memang saya akui cukup lama tidak rutin ke dokter gigi karena saya sudah menyerah takkala gigi depannya Neyna alami caries hehehe.

Dan ternyata tidak periksakan gigi ke dokter membuat saya kecolongan jika ternyata salah satu gigi bagian atasnya berlubang. Fiuhhh..langsung lemas seketika mendengar pernyataan dokter jika gigi sakitnya disebabkan karena berlubang.

Yah..mau tak mau tindakan yang dipilih adalah menambalnya. Sayangnya saya ga bisa mengabadikan momen saat Neyna ditambal giginya karena saya dimarahin sama dokternya 😂.

Baca yang ini juga :

Setelah selesai menambal betapa shocknya saya saat akan membayarkan biaya tagihan penambalan gigi Neyna yang saya lihat tambalannya itu sedikit doang alias kecil. Huah agak menyesal juga bawa ke dokter gigi bukan langganan sih belum lagi dokternya menurut saya kurang friendly buat anak. 

Tapi yang terpenting keluhan gigi senat senutnya beres seketika. Nah ngomongin gigi berlubang nih, tak hanya Neyna saja yang alami tapi saya juga dulu pernah hingga harus merelakan gigi geraham saya dicabut karena lubangnya sudah segede dosa 😂.

Jodoh itu pasti punya kemiripan eh ternyata gigi akang suami juga punya keluhan serupa yakni lubang sana sini.

review sasha pasta gigi pencegah gigi berlubang
Add caption


Cara Merawat Gigi Berlubang Agar Tidak Semakin Parah

Dengan riwayat gigi kami yang berlubang, maka tugas saya nih untuk bisa memonitor serta merawat gigi berlubang pada anggota keluarga agar tidak semakin parah.

Kok bisa sih pada berlubang, jadi penyebab gigi berlubang yang terjadi pada keluarga kami itu diantaranya :

😥 Sering mengkonsumsi makanan yang manis seperti coklat, permen bahkan akang suami juga dulunya suka banget makan es batu yang bikin giginya jadi ngilu
😥 Saya sendiri dulu pengguna rutin suplemen dan obat karena punya riwayat sakit kambuhan
😥 Kelupaan gosok gigi rutin sebelum tidur dan setelah makan
😥 Masih belum kenal dengan pasta gigi yang mengandung Fluoride
Mengerikan bukan dari hal kecil ternyata dampaknya luar biasa. Setelah terjadi gigi berlubang hingga menyebabkan bau mulut otomatis membuat saya dan keluarga di rumah harus merawat gigi dengan baik.

Berikut cara merawat gigi berlubang agar tidak semakin parah :

💗 Menghindari makanan yang bisa merusak gigi
Godaan sekali yah makanan yang enak namun sayangnya belum tentu ramah sama gigi. Jadi untuk menghindari gigi berlubang bertambah, saya selalu membatasi untuk konsumsi makanan manis yang kaya gula.

Konon katanya makanan yang kaya gula itu akan memancing produki bakteri dalam mulut dan bisa menggerogoti keutuhan gigi.

💗 Biasakan Rutin Menggosok Gigi

Godaan terberat untuk tidak gosok gigi itu sebelum mau tidur. Duh rasanya malas tapi kerasa banget sih sama saya kalau ga gosok gigi sebelum tidur itu rasanya ga enak dan mulut jadi bau banget.

Anak-anak juga baik Neyna maupun Rayi, saya biasakan agar cuci kaki dan gosok gigi sebelum tidur. Alhamdulilah sudah jadi habit juga sekarang.

💗 Menggunakan Pasta Gigi Berlubang
Berhubung kami punya gigi berlubang, maka saya sebagai duta belanja di rumah yang memilih pasta gigi yang akan digunakan keluarga.


Selama ini memang saya menggunakan Sasha pasta gigi varian Whitening. Nah kini Sasha hadir dengan varian pasta gigi pencegah gigi berlubang.

Sasha Pasta Gigi Keluarga Muslim


review sasha pencegah gigi berlubang, cara merawat gigi berlubang


Temans, sudah familiar bukan dengan produk pasta gigi HALAL yang satu ini? yak Sasha menjadi produk pilihan keluarga yang dapat digunakan sehari-hari.

Semenjak produk pasta gigi ini keluar saya sudah jatuh hati. Dari varian Herbal, Whitening dan kini muncul dengan varian Pencegah Gigi Berlubang pas sekali dengan kebutuhan keluarga saya.

Mengapa saya memilih Sasha Pencegah Gigi Berlubang?

Karena Sasha pencegah gigi berlubang ini terdiri atas Siwak asli, Fluoride dan Kalsium. Siwak sendiri merupakan salah satu bahan dari produk syariah.

Kandungan Siwak ini ada Resin, Fluoride alami, Klorida dan kalsium dimana ke-empat zat ini berfungsi menjaga kekuatan akar gigi, mencegah karies, mencegah gigi berlubang dan memperkuat permukaan gigi.

Selain kandungan Siwak asli yang bisa membantu merawat gigi berlubang tidak parah, Sasha menjadi pilihan karena mudah saya dapatkan. 

Biasanya saya dapat di minimarket terdekat dengan harga pasta gigi Sasha yang memang pas di kantong alias terjangkau banget.

Untuk harga pasta gigi Sasha tube 150 gr dibandrol dengan harga Rp 10.500,- sementara tube 65 gr dibandrol harga Rp 4.500,-. Dengan harga terjangkau namun kualitas oke saya yakin ga cuma menjadi pilihan keluarga saya saja tapi bisa jadi pilihan buat temans sekalian.

Dalam kondisi pandemi corona ini, jika temans tidak memungkinkan ke minimarket bisa loh beli online saja di kinostore harganya lagi diskon untuk tube 150 gr jadi Rp 9.500,- saja. 

***
Nah temans demikian cerita saya merawat gigi berlubang pada keluarga agar tidak semakin parah. Paling ga enak bukan sakit gigi? jangan lupa juga yah untuk rutin periksa ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Well, temans sudah ada yang pernah mencoba Sasha Pasta gigi belum? saya rekomendasikan sekali produk halal yang satu ini.

Untuk lebih lanjut seputar informasi Sasha, temans bisa kunjungi media sosial berikut :

Instagram : @sashaindonesia

76 則留言

  1. wuah sekarang sasha ada varian baru yah teh, tipsnya bener bgt deh teh biar gigi gak berlubang emg wajib rutin sikat gigi dan kurangi konsumai yg manis2

    回覆刪除
    回覆
    1. betul teh jangan lupa deh dirawat, sekarang aku pake sasha alhamdulilah cocok banget

      刪除
  2. Aku biasanya pake yg Sasha gold siwak, namun suamiku giginya berlubang dan ngeluh sakit terus kayaknya harus pilih varian yang warna merah khusus gigi berlubang ini ya..

    回覆刪除
    回覆
    1. sama aku juga kalau ga yang gold sashanya yang whitening sekarang pake ini mba

      刪除
  3. Nai saat ini lagi sakit gigi banget. Bingung mau ke dokter di saat pandemi. Memang giginya ada yang berlubang. Kayaknya saya harus coba ganti pasta gigi juga

    回覆刪除
    回覆
    1. iya ngeri ya mba cuman kemarin juga aku mau ga mau ke dokter gigi hehe

      刪除
  4. Suka model tutupnya. Packagingnya Sasha baru ya mba? Kayanya waktu aku beli dulu tutupnya ngga kaya gitu

    回覆刪除
  5. Pasta Gigi Sasha itu udah halal harganya terjangkau lagi. Saya belum pernah nyobain sih, Mbak. Kalau aman juga buat anak-anak, bisa dicoba nih.

    回覆刪除
  6. Bedanya sama pasta gigi yang biasanya apa ya ini? Penting bgt si merawat gigi memang

    回覆刪除
    回覆
    1. bedanya ini ada siwak, fluoride dan tentu saja halal mba

      刪除
  7. Iya nih gigi si kecil ada yang berlubang mbak dan sekarang mulai rajin merawatnya. Btw aku mau coba Sasha ini mbak untuk perawatan gigi keluarga.

    回覆刪除
  8. Toss kita mba.. aku pun memakai Sasha Pencegah Gigi Berlubang ini saat Ramadhan. Puasa aman dan lancar tanpa masalah gigi berlubang. Alhamdulillah

    回覆刪除
  9. Aku jg skrg uda mulai latih anak sikat gigi sejak dini. Untung anak aku ga susah disuru sikat gigi. Malah suka. Semoga giginya baik2 aja krn dia penggemar cokelat 😂

    回覆刪除
  10. Wah ini varian baru dari sahsa ya..
    Pas banget ya buat merawat gigi agar tdk berlubang

    回覆刪除
  11. Kalau di keluarga kami, habit anak-anak untuk sikat gigi dan berwudlu sebelum tidur sudah terbentuk, tapi...malah orangtuanya kalau tidur langsung blegseg.
    Huhuuu~
    Ini contoh yang gabaik.

    Sasha sekarang jadi pasta gigi andalan keluarga.
    Kandungan dan rasa mint nya bikin nyaman. Plus kalau lagi sakit gigi, gosok gigi pake Sasha trus sabar...sambil banyakin doa.
    Soalnya dokter langganan belum buka praktek euuii...kasus gigiku sama kaya teteh. Heuu~

    回覆刪除
    回覆
    1. Makin semangat berburu Sasha yang baru.
      Soalnya pas banget sama masalah aku (si gigi berlubang), hiiks~

      刪除
  12. Belom pernah nyobain , masih setia sama pasta gigi yang lama. Iya nih, setuju dengan tipsnya, jangan lupa 6 bulan sekali pemeriksaan rutin.

    Untungnya aku deket ke drg langgananl anggana, 5 langkah depan rumah

    回覆刪除
  13. Iya nih gigi harus dijaga ya jangan sampai bolong, kalau sampai bolong duh sakitnya penuh penderitaan hehe...

    回覆刪除
  14. gigi berlubang tuuuh bener - beneeer mengganggu yaa mba. Yang pasti haruus rajin dibersihkan selalu ya. Pakai pasta gigi yang oke ini

    回覆刪除
  15. Aku belum mengalami sih sakit gigi karena gigi berlubang (duh jangan sampai deh hiks) tapi anakku pernah, sampai nangis2 dan akhirnya pergi ke dokter gigi untuk ditambal. Sering kelupaan memang kalau malam tidak gosok gigi. Sejak ditambal, anakku jadi lebih rajin deh gosok giginya.

    回覆刪除
  16. Aku suka deh sama packaging Sasha yang satu ini, btw belakangan ini gigi biasanya ngilur krna ad yg ms berlubang huhu smga cocok pake Sasha

    回覆刪除
  17. waa terima kasih sharingnyaaa, aku juga gigi sebelah kiri ada yang berlubang tapi belum berani ke dokter gigi nih huhuhu

    回覆刪除
  18. Ah, Teteh, kujuga punya masalah dengan Gigi berlubang. Ini harus dicabut deh kayanya, mana ada Gigi geraham belakang yang tumbuhnya menembus gusi. Duh, harus operasi bedah mulut, tapi kungeri. Halah ...

    回覆刪除
  19. bekum pernah cobain sasha maupun pasta gigi lain yang bersiwak :) tapi aku kepikiran mau ke dokter gigi udah 3 bulan tutup gara2 pandemi huhuhuu padahal mau bersihin plak sama periksa gigi anakku

    回覆刪除
  20. Sudah, mba. Untuk anak jg, tapi yang pasta gigi Sasha siwak.
    Ternyata Sasha jg mengeluarkan pasta utk merawat gigi berlubang. Siap dicatat. Sakit gigi itu ga enak, sama ga enaknya dgn patah hati #eh.

    回覆刪除
  21. Masa kanak-kanak memang masa penuh drama gigi karena gigi mereka sedang tumbuh juga dan masa pergantian gigi. Kalau perawatannya yang bagus bakal nambahin sakit.Ibunya harus semangat terus memantau kebersihan gigi anak.

    回覆刪除
  22. Anakku juga giginya berlubang nih Teh sama kayak Neyna. Tapi sayang kami nggak bisa berangkat ke dokter gigi karena di Batam ada kasus dokter gigi kena covid 19 jadi sementara tidak buka praktek.

    回覆刪除
  23. Wah, varian Sasha ini buat mencegah dan merawat gigi berlubang biar gak tambah parah ya. Aku kayaknya kudu beli. Anakku pada berlubang giginya. Mana ada Siwaknya pula ya. Ikut menjaga gigi ala Rasulallah juga. Cari aaah....

    回覆刪除
    回覆
    1. Aduh, aku nih keasyikan fokus ke gigi anak-anakku saat puasa. Nyuruh mereka rajin gosok gigi biar selalu sehat. Dan abis lebaran gak bolong. Lha yang kelewat malah bapaknya. Sekarang lagi sakit gigi deh. :(

      刪除
    2. Kebetulan suamiku juga lagi mengalami gigi berlubang nih. Belum bisa ke dokter di musim pandemi gini. Sebaiknya kusarankan pake Sasha aja ya biar ga makin kesakitan.

      刪除
  24. Pas mau cabut gigi anak krena udah goyang tapi giginya udah mulai tumbuh aku cari-cari info dokter gigi yang ramah. Namanya juga anak pertama kali ke dokter gigi kalau dapet yang jutek takutnya trauma nanti gak mau perawatan atau kontrol lagi ke depannya. Siaaaap selalu stok Sasha Pasta Gigi Pencegah gigi berlubang biar nyaman ya gak sampai bolong

    回覆刪除
  25. Gigi berlubang ini sedapnya luar biasa kalo sakitnya kambuh. Apalagi di anak-anak. Mereka rewel jadinya. Jadinya kudu telaten merawatnya. Salah satunya dengan pake pasta gigi yang bagus ya. Kudu nyoba nih Sasha varian ini.

    回覆刪除
  26. Pilihan pasta gigi baru yang bisa kita andalkan ini ya. Halal dan mengandung siwak, zat yang bagus banget untuk menjaga kesehatan gigi.

    回覆刪除
  27. Aku dirumah juga pakai sasha pencegah gigi berlubang, memang bagus banget ada ekstrak siwaknya yang terkenal bagus untuk kekuatan gigi

    回覆刪除
  28. Perawatan gigi itu sebenarnya simple banget ya gosok gigi rajin pagi dan sebelum tidur dan jaga makanan jangan makan yang merusak gigi apalagi kalau misalnya gigi kita udah ada yang bolong ini harus ekstra hati-hati dan cari pasta gigi yang pas. Makasih banget sharingnya teh.

    回覆刪除
  29. Aku jadi ingat dua bulan sebelum pandemi anakku yang kecil mengeluh giginya sakit, ternyata giginya berlubang. Alhamdulillah setelah ditambal sudah nggak sakit lagi. Dia pun semakin sadar bahwa sikat gigi dengan teratur itu penting agar gigi tidak mudah berlubang karena sisa makanan

    回覆刪除
  30. Senang banget bisa merawat gigi ya mbak, si kecil juga susah banget nih disiplin untuk sikat gigi. Saya sering lihat brand ini mau coba juga mbak.

    回覆刪除
  31. Wah cocok nih buat aku yang kadang giginya mudah berlubang hehe. Produk baru Sasha yah Mbak? Btw bisa untuk remaja atau anak anakkah?

    回覆刪除
  32. Wah, pasta gigi Sasha ada varian baru nih.

    Benar sekali. Menjaga agar gigi tetap sehat itu nggak mudah. Duh, keluarga suami saya malah kesemuanya bermasalah dengan gigi. Semoga anak anak saya nggak seperti papa dan om tantenya.

    回覆刪除
  33. Aku kalo ngomongin perawatan gigi, udah kenyang sejak dari SD mba :p. Ngerasa banget itu sakiiiit dan ga nyaman kalo udh masalah. Makanya Krn dr SD gigiku banyak masalah, dan perawatannya hrs rutin dan selesai pas SMU kls 1, aku jd kayak trauma Ama gigi. Drpd hrs ngerasain treatment-nya yg sakit itu, mnding aku rawat dr awal. Makanya sama kayak kulit wajah, gigi termasuk yg paling aku rawat dan ga mau skip untuk urusan gosok gigi. Mau secapek apapun pas malam, gigi hrs digosok dulu .

    Keren nih Sasha makin banyaaaak variannya :). Aku lumayan suka beli pasta gigi untuk keluargaku, walopun aku sendiri ga pake, Krn pake pasta gigi khusus. Maklum gigi LBH sensitif :p. Tp anak2 , asisten dan suamiku pake Sasha ini :)

    回覆刪除
  34. Aku paling khawatir sama gigi anak bungsuku karena larangan ngga makan sweets itu selalu dia ingnore. Sasha ini boleh buat anak balita mbak?

    回覆刪除
  35. Aku pengguna setia Sasha nih, awalnya gara-gara pasta gigi yang lama bikin kulit sekitar bibirku jerawatan mulu, trus akhirnya ganti jadi Sasha varian Herbal dan ternyata cocok gak bikin kulit sekitar bibir jerawatan. Trus pas liat varian terbarunya Sasha yang untuk gigi berlubang ini udah ready di minimarket, makin happy karena gigiku mulai ada yang berlubang juga nih

    回覆刪除
  36. Wah teteh kita samaan ya pake pasta giginya. Soalnya keluarga aku juga pake pasta gigi sasha juga. Allhamdulillah cocok teh. Terus nggak terlalu pedes lagi rasanya. Dan allhamdulillah kanduhgannya juga halal ya. Jadi sebagai keluarga muslim kita jadi tenang deh pakenya

    回覆刪除
  37. sakit gigi itu bikiin kapoook.. sakit sama sakit hati sekaligus bercampur baur dan lama banget ya, kalo aku sakit gigi bisa sebadan ngilu semua loh Bunda Nameera. Untung sekarang ada Sasha ya, tapi jangan lupaaa tiap 6 bulan minimal ke dokter gigi yaaa

    回覆刪除
  38. Sasha udah ada varian gigi berlubang ya bun, asikknya aku malah baru tahu alhamdulillah
    mau ah coba besok berburu.

    回覆刪除
  39. Jadi mau coba si pasta gigi sasha ini deh. Ada siwaknya juga yah mba. ini bisa buat ank kecil juga ga sih mba

    回覆刪除
  40. Kalau jav, dulu karena parah banget akhirnya dirujuk ke rumah sakit, jadi bisa pakai bpjs... Entah deh kalau pakai biaya sendiri, habis berapa bolak-balik setiap seminggu 2x selama 3 bulan...

    回覆刪除
  41. parah banget nih gigi anak bungsuku. kudu dirawat dengan seksama pakai sasha biar ga mudah berlubang lagi :)

    回覆刪除
  42. Bingung mau ke dokter gigi saat pandemi ya jadi harus lebih telaten merawat gigi dengan sasha

    回覆刪除
  43. Seneng banget ini varian barunya dari Sasha bisa buat gigi berlubang, dan baca2 ulasannya yg halal, ada kandungan siwaknya jadi makin yakin sama produknya

    回覆刪除
  44. Sedih tentu ya kalo anak kecil sakit gigi karena berlubang. Anak-anakku sejak kecil udah ada yang merawat giginya karena tantenya dokter gigi. Pemilihan pasta gigi menjadi penting karena biasanya anak-anak sukanya yang enggak terasa banget mint-nya kan. Kalo Sasha pasta gigi ini rasa mint nya nggak terasa kuat seperti yang lainnya, tapi udah bisa mencegah gigi berlubang ya

    回覆刪除
  45. Gigiku udah berlubang, makanya gak mau nambah dan ngurangi yang manis-manis. PRnya butuh perawatan gigi agak lebih salah satunya soal pemilihan pasta gigi. Baru tahu deh soal Sasha yang ini

    回覆刪除
  46. Pasta gigi Sasha ini menganndung siwak ya, cocok deh untuk menjaga kesehatan gigi. Gigi anakku yang berlubang sudah ditambal tahun lalu, tapi sekarang lepas dikit tambalannya, tapi gak berani nih ke dokter gigi di saat2 pandemi sekarang ini hiks.

    回覆刪除
  47. Karena siwaknya itu jualan, akhirnya aku juga sekarang gunakan pasta gigi Sasha. Rasanya juga, seperti menemukan jodoh yang selama ini dicari, eh, hhahaah

    回覆刪除
  48. Wajib banget yang namanya sikat gigi yaaa. Soalnya jangan sampai deh gigi rusak nanti kalau sakit malah bingung ke dokter. APalagi di masa kyk skrng horor sekali deh periksa gigi. Eh aku jg pakai sasha mbak tapi msh pakai yg gold, ntr coba ah yg varian ini

    回覆刪除
  49. Banyak banget penggemar Sasha ya. Alhamdulillah yang penting selain bagus adalah tersertifikasi halal. Seneng banget!

    回覆刪除
  50. Gigiku berlubang, bikin nggak nyaman banget rasanya. Makannya cara yang paling mudah merawat gigi berlubang salah satunya dengan menjaga makanan. Kurangi makanan yang manis khususnya

    回覆刪除
  51. Wah ada varian baru.aku biasanya pake yg warna gold itu sasya nya. Jadi pengen nyoba yg merah ini juga nanti

    回覆刪除
  52. urusan gigi memang harus benar-benar rajin membersihkan sihbya, aku kalau ketiduran malam lupa sikat gigi bangun pagi gigi rasanya nggak enak banget langsung cenat-cenut.. anyway aku pun pakai sasha tapi yang kemasan coklat mbak

    回覆刪除
  53. Penting banget ini beli pasta gigi yang mengandung flouride dan siwak kaya sasha untuk cegah gigi berlubang

    回覆刪除
  54. Kucobakan ke anakku usia 9 tahun, bisa kan ya, Mbak? Soalnya gigi dia udah berlubang, meskipun gigi susu. Cuma ya kasian ajah kalau lubangnya makin lebar.

    回覆刪除
  55. Semenjak gigi berlubang dan sering saya ajak ke dokter gigi, anak saya mulai rajin sikat gigi sebelum tidur. Bahkan tanpa disuruh. Semoga saja dia tetap disiplin.

    回覆刪除
  56. beneran ada siwaknya.udah coba pakai dan emang ada bedanya dg pasta gigi lainnya ya. makin suka deh, kan sunnah rasul. manfaatnya juga bejibun

    回覆刪除
  57. Harganya ga bikin kantong mamak "berlubang" ini Mbak
    Makanya senang Sasha ada varian ini. Jadi ga was was karena sudah halal
    Pilihan keluarga muslim banget

    回覆刪除
  58. Aku giginya udah hampir habis mak karena berlubang dan dicabut semua akhirnya sekarang omping. Cona dari dulu kenal sasha ya

    回覆刪除
  59. Aku juga nih mbak ada beberapa gigi yang mulai berlubang lagi bahkan ada yang keropos di geraham belakang. Bikin nggak enak makan. Mau ke dokter gigi tapi takut karena virus corona

    回覆刪除
  60. masalah saya emang sering lupa di sikat gigi malam. kadang kalo abis makan malam, langsung sikat gigi. eh suami beliin makanan lagi, kenyang dah lalu tidur karena saking ngantuknya. hihi. agak bandel emang saya ni

    回覆刪除
  61. Gigi aku udah berlubang mba,, duh rasanya saat makan kurang nyaman banget.

    Padahal aku termasuk orang yang rutin membersihkan gigi dipagi hari dan malam sebelum tidur, ternyata itu belum bisa mencegah gigi aku berlubang hingga sekarang ini.
    baca artikel mba tentang produk Sasha bikin aku penasaran untuk order tuk dipakai selurug anggota keluarga

    回覆刪除
  62. Awal 2000an tuh rame produk pasta gigi halal dan bersiwak. Sayangnya hanya sebentar trs hilang dari pasaran. Smg produk ini bisa terus eksis memenuhi kebutuhan kita yang ingin produk dgn kandungan siwak

    回覆刪除
  63. enaknya jadi anak sekarang. mulai hal2 kecil seperti gigi berlubang diperhatiin. jaman sayah dulu ya ampun gigi gigis kebanyakan makan gula gulaan, dan kayaknya pasta gigi cnggih seperti ini juga belum ada, hehe

    回覆刪除
  64. hadu sakit banget itu pasti giginya si teteh
    iya rajin sikat gigi emang penting ya teh
    apalagi kalau ada siwaknya karena ini sunnah kanjeng nabi
    jadi lebih praktis dan mudah digunakan

    semoga enggak sakit lagi giginya

    回覆刪除
  65. pengalaman sejak kecil langganana dokter gigi krn banyak lubangnya, saking suak sama permen dan coklat. sakitnya

    回覆刪除

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun