Search

Temans suka mendengar pernyataan kalau orang yang doyan makan tapi badannya kurus dilabelkan sebagai pengidap Cacingan? ya saya sering banget dibilangin kalau saya kayaknya cacingan makannya banyak, perutnya buncit tapi ga gendat-gendat. Teganya 😢..

Dan labeling itu ternyata terpatahkan juga dengan penyuluhan yang saya ikuti lewat gerakan ABC (aku Bebas Cacingan) dari Konvermex yang diadakan di sekolah Neyna. Penyuluhan dengan waktu 1,5 jam mampu memberikan informasi penting buat saya.

Cacingan biasanya diderita oleh anak-anak namun siapa sangka orang dewasa pun bisa terpapar penyakit ini. Tak hanya orang kampung tapi yang di kota juga bisa terkena. Bahkan penyuluhnya bilang jika ada orang dewasa yang meninggal karena cacingan. Cacingnya menutupi usus sehingga makanan tidak mampu diserap. Naudzubillah serem banget yah gaes..

Sebagai pembukaan dalam penyuluhannya, diawali dengan Siklus Cacingan. Sebenarnya bagaimana sih Cacing bisa masuk ke dalam tubuh?ternyata penularannya bisa melalui :

🙈 Makanan kotor yang tercemar oleh larva cacing yang dibawa terbang oleh angin
🙈 Cacing yang masuk melalui pori-pori kulit lewat kaki yang tidak menggunakan alas kaku dan menginjak larva atau telur cacing 

Untuk itu temans disarankan jangan makanan sembarangan serta tak lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum mengambil makanan. Dan selalu menggunakan alas kaki dimana kamar mandi juga disarankan untuk selalu menggunakan sendal karena bisa jadi telur dan larva cacingnya ada. 

Bak air mandi juga jangan lupa di bersihkan terbayangkan jika gosok gigi lalu kumur-kumurnya ambil air dari bak mandi yang kotor. Mual saya bayanginnya 😖.

H ai temans? apa kabar semuanya? semoga baik-baik saja meskipun cuacanya sedang ga enak. Bahasan saya kali ini tentang Psikotes, mungkin s...
Halo temans semua apa kabar?semoga sehat-sehat yah dan tetap semangat 45 setelah merayakan hari kemerdekaan kita yang ke 72. Gimana libu...
Halo semuanya, apa kabar?semoga senantiasa sehat selalu dan tetap semangat untuk menggapai segala tujuannya. Temans, menjadi orangtua itu ...
Hai temans, bahasannya kali ini saya terinspirasi dari film ‘Power Ranger’ loh?kok bisa?iyah bisa dong, jadi minggu kemarin saya bersama k...