.......... --> Es Timun Suri : Menu Praktis Buat Takjil | Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger

Es Timun Suri : Menu Praktis Buat Takjil

Menu praktis buat takjil dari timun suri. Bisa dipadukan dengan buah-buahan maupun agar-agar. Rasanya sangat segar dan cocok banget dijadikan takjil

Menu praktis untuk takjil memang banyak buanget yang cari jika menjelang bulan Ramadan tiba. Kali ini saya mau berbagi menu praktis untuk takjil yang merupakan menu favorit dan andalan saya di rumah.

Menu praktis ini bisa dibilang merupakan menu yang ga hanya favorit tapi wajib ada dikala berbuka puasa dan juga warisan dari dulu.

Biasanya kan kalau bulan puasa menu takjil-nya itu kolak nah di rumah saya penggemar kolak bisa dikatakan ga banyak.

Entah yah mungkin yang rasanya manis perpaduan santan sehingga anak-anak juga cenderung lebih memilih yang berbau es saja.

Baca yang ini lagi : Menu Buka Puasa Mochi Ice Cream 

es-timun-suri-menu-praktis-takjil

Es Timun Suri Menu Takjil Praktis

Yass..di rumah paling suka dengan yang namanya es timun suri. Konon kalau bulan selain Ramadan saya sendiri jujur sulit menemukan buah yang satu ini.

Namun herannya ketika Ramadan tiba timun suri bisa didapatkan sampe bingung saya milih beli dimana karena saking buanyaknya pedagang menjajakan timun suri ini.

Harganya juga melambung tinggi kalau pas di bulan Ramadan ini, Subhanallah semoga kita selalu dimampukanNya yah untuk bisa membeli kebutuhan meski harganya pada naik.

Bila saya menemukan Timun Suri selain bulan Ramadan harganya dibawah Rp 10.000,- saja namun saat bulan Ramadan bisa melonjak lebih dari Rp 10.000,-.

Adakah yang juga sama dengan keluarga saya jika menu yang satu ini menjadi menu andalan? lalu gimana nih cara bikinnya?

Cara Membuat  Menu Takjil Praktis : Es Timun Suri 

Ini hal mudah dan praktis banget temans ga sampe berjam-jam bisa langsung menyajikan menu takjil yang satu ini.

menu-takjil-praktis

💜 Bahan-bahan :

  • Timun Suri yang sudah matang biasanya yang sudah meletek yang paling enak rasanya. Kalau yang masih keras dan langsung dijadikan es kurang enak rasanya.
  • Buah-buahan lain, biasanya saya padukan dengan Melon, Apel atau Semangka
  • Sirup coco pandan yang warna merah itu loh *sirupnya bangsawan hahaha..
  • SKM putih
  • Air secukupnya

menu-praktis-takjil-es-timun-suri

💜 Pelengkap :

  • Mutiara sagu, saya gunakan yang warna merah
  • Agar-agar atau jelly bisa diganti dengan cincau hitam yang langsung dibeli. Tapi biar hemat saya memilih membuat sendiri agar-agarnya. Ga pake mahal tapi bisa cukup digunakan untuk berapa kali bikin es.

menu takjil praktis
💜 Cara Membuat :

  • Potong sesuai selera timun suri maupun buah juga bahan pelengkapnya. Saya sendiri biasanya sekali waktu memotongnya lalu masukkan wadah kedap dan dimasukkan ke kulkas sehingga bisa awet dan praktis saat mau bikin.
  • Masukkan ke dalam wadah semua bahan yang sudah dipotong-potong
  • Selanjutnya masukkan sirup, SKM dan air sesuai selera
  • Bisa ditambahkan es batu biar lebih segar namun saya sendiri jarang karena biasanya langsung saya masukkan ke kulkas biar dingin
  • Siap disajikan deh
Gimana temans mudah banget kan? menu takjil yang satu ini memang praktis buanget. Temans bisa kreasikan sesuai dengan favoritnya masing-masing. 

Tapi paling utamanya adalah Timun Surinya nih yang menjadikan es ini beda daripada yang lain.

Kalau di tempat atau daerah temans gimana? apakah mudah menemukan buah yang satu ini jika mudah berapa sih kisaran harganya?

Buat temans sendiri Timun Suri ini biasanya dijadikan apa? apakah sama dengan saya dijadikan menu praktis takjil?

***

Demikian temans yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bisa jadi inspirasi buat temans yang inginkan membuat takjil selama bulan Ramadan ini.

Temans sendiri menu praktis takjilnya apa nih? Yuk sharing yah..








COMMENTS

BLOGGER: 5
  1. Seger banget pastinya saat berbuka nikmati menu es ini ya,Mba. Biasanya saya cuma buat es timun biasa, boleh juga ah cari es timun suri nantinya nih.

    回覆刪除
  2. Pas masih di Aceh ini udah kayak menu berbuka wajib mba 🤣. Jujur aku ga terlalu suka tekstur dari timun suri ini. Kayak gabus soalnya. Tapi setidaknya kalo udh ditambah buah2 lain, okelah aku masih bisa minumnya 😂. Makanya selama Ramadan aku jarang beli buah ini. Dan suami juga ga doyan. Dulu mama sukaaaaa byanget. Jadi bisa dibilang selalu ada di meja makan kami selama puasa. Pas aku tanya kenapa timun suri Mulu,mama bilang itu BGS utk obat panas dalam. 😅

    回覆刪除
  3. baru tau nama es timun suri mbak, kirain tadi es timun dari timun yang diserut biasa gitu
    ternyata ini masih ada campuran bahan bahan tambahan lain juga ya

    回覆刪除
Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

姓名

#Minion (Mommy Opinion),2,Advertorial,35,Assessment Center,3,Beauty,22,Blog Competition,70,Book Review,28,BPNChallenge,75,Breastfeeding,17,Featured,5,Food And Beverages,24,Giveaway,9,Healthy,46,Life Story,8,Lifestyle,89,Movie Review,16,My Experience,115,My Job,35,My Opini,49,Parenting,52,Pengetahuanku,10,PostTematik,41,Pribadiku,18,Product Review,92,Reportase,33,Seputar Psikologi,16,Travelling,35,Wifi Cepat & Internet Menyatukan Indonesia,1,
ltr
item
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger: Es Timun Suri : Menu Praktis Buat Takjil
Es Timun Suri : Menu Praktis Buat Takjil
Menu praktis buat takjil dari timun suri. Bisa dipadukan dengan buah-buahan maupun agar-agar. Rasanya sangat segar dan cocok banget dijadikan takjil
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhtYX41v1xsUho-dSQv-W4HXue_n7ygwQ7sBMFLhLEteyxLXc-pDfjUDZGn9BRsdumY88yMILRLCeeREbXTHyGxwEVeZyxQAyZRYiXr46UUCsN6zyZriXzw6DxhNDffPCOzViPn6x4g3UueClmNmKtEQqWlLqyR7qICG4KTRmWg9LzDMItGm6Si4dXm/w640-h454/Es%20Timun%20Suri%20_%20Menu%20Praktis%20Buat%20Takjil.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhtYX41v1xsUho-dSQv-W4HXue_n7ygwQ7sBMFLhLEteyxLXc-pDfjUDZGn9BRsdumY88yMILRLCeeREbXTHyGxwEVeZyxQAyZRYiXr46UUCsN6zyZriXzw6DxhNDffPCOzViPn6x4g3UueClmNmKtEQqWlLqyR7qICG4KTRmWg9LzDMItGm6Si4dXm/s72-w640-c-h454/Es%20Timun%20Suri%20_%20Menu%20Praktis%20Buat%20Takjil.png
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger
https://www.bundanameera.com/2022/04/es-timun-suri-menu-praktis-buat-takjil.html?hl=zh_HK
https://www.bundanameera.com/?hl=zh_HK
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/2022/04/es-timun-suri-menu-praktis-buat-takjil.html
true
8935268786364384205
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content