Search

Penting Banget, Persiapan Orang Tua Saat Anak Mulai Sekolah!

Temans sudah memasuki bulan desember nih, siapa yang sedang mencari sekolah untuk anaknya?

Jangan galau yah sesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya dengan budget. Padahal saya sendiri galau kronis dalam milih sekolah. Sampe googling, survey, tanya sana sini akhirnya nemu juga yang dekat rumah. 

Namun dibalik kegalaun itu saya yakin semua sekolah yang ada pasti terbaik dalam menyusun kegiatan yang pas untuk anak-anak kita.

Sebagai orang tua yang inginkan hal terbaik untuk anak pastinya kita memilih sekolah dengan kualitas yang terbaik dari segi lingkungan sekolah, infrastruktur dan utamanya adalah kurikulum yang pas dengan karakter dan visi misi kita sebagai ortu.

Memilih sekolah terbaik jelas menjadi langkah utama kita saat anak memasuki usia sekolah. Nah tapi sadarkah temans jauh sebelum memasukkan anak ke sekolah itu ada hal lebih penting loh yakni persiapan masuk sekolah!

Pengalaman waktu masukin Neyna di TK kecil sukses bikin drama heboh banget. Berkaca dari pengalaman saya itu, saya pengen juga temans yang punya keinginan untuk memasukkan sekolah ada baiknya bisa cermati beberapa pengalaman saya.

persiapan orang tua saat anak masuk sekolah, drama hari pertama sekolah, persiapan masuk sekolah, hari pertama masuk sekolah, persiapan masuk sekolah setelah libur



Drama Hari Pertama Masuk Sekolah                                  


Saya masih ingat banget, waktu hari pertama masuk sekolah itu dimana Neyna masuk TK A diusia dini, tak banyak yang saya persiapkan karena saya fikir Neyna sudah MAU. Itulah modal buat saya makanya berani sekolahin dia. 

Padahal dibalik itu semua ada drama yang akhirnya harus saya hadapi bertubi-tubi huhuhu..

Memang benar adanya, perjuangan berat bukan hanya yakinin emak-emak lain kalau harga sembako turun tapi juga hadepin drama hari pertama anak sekolah itu berats loh!

Berikut adalah drama yang saya hadapi :

1. Drama Tak Mau Ditinggal


Adalah drama yang umumnya juga dirasakan bagi yang lain bukan?adakah yang senasip?pasti banyak yang merasakan. 

Akan tetapi bagi saya ini adalah drama yang penuh menguras air mata Neyna. 

Pasalnya ia meminta saya untuk menemaninya sepanjang kegiatan sekolah, Padahal waktu itu saya hanya izin sampe pukul 09.00 wib dari kantor demi gerakan antar anak hari pertama sekolah.

Bahkan ketika saya harus pergi, Neyna berteriak histeris menarik-narik baju seolah saya adalah ((artis)) yang punya fans radikal LOL. 

2. Drama Tak Mau Bersosialisasi


Fikir saya itu, Neyna bisa dengan mudah bersosialisasi dengan teman-temannya. 

Kenyataannya adalah SUSAH bo!

So, dengan kesulitan bersosialisasi membuat Neyna merasa benar-benar terasing di lingkungan sekolahnya. Ia merasa tak ada teman kecuali saya makanya ada drama tak mau ditinggal. 

3. Drama Tak Enak Badan


Ini adalah drama yang klimaks bikin saya berubah dari perangai ibu peri jadi Tyrex. Saya ga menyangka luapan tangisan yang membahana, serta drama remehan yang Neyna buat bikin ia jadi drop fisiknya. 

Ulala..ini beneran luput dari perhatian saya. Ga sangka ternyata ini bisa bikin anak jadi sakit mungkin inilah psikosomatis yang Neyna rasakan. 

Persiapan Orang Tua Saat Anak Mulai Sekolah


Wajar banget sih yah ada drama kumbara saat masuk sekolah, karena mereka belum secerdas kita orang dewasa dalam kelola kecemasan yang mereka alami ketika hadepin lingkungan baru, aktifitas baru yang sebelumnya ditemani oleh oarng tua maka sekolah adalah tempat pertama kita berpisah dengan anak.

So, penting bagiorang tua untuk bisa mempersiapkan sebaik mungkin agar drama-drama yang dulu pernah terjadi tidak hadir lagi saat hari pertama sekolah


☑ Melatih Kemandirian

Apa yang saya lakukan? untuk menghindari drama-drama yang akan terjadi adalah dengan melatih kemandiriannya. 

Saya berharap latihan kemandirian ini bisa mengantisipasi drama tak mau ditinggal oleh saya. Jadi Neyna mampu untuk mengikuti kegiatan sekolah sendiri.

Latihan kemandirian yang saya berikan diantaranya : 
  • Melatih Neyna untuk bisa memakai baju dan kaos kaki sendiri
  • Melatih Neyna memakai baju sendiri
  • Melatih Neyna BAK dan PUP sendiri
  • Melatih Neyna untuk merapikan bekas mainan
  • Melatih Neyna makan sendiri
Dengan terbiasa sendiri saya percaya jika nanti ia mampu untuk sekolah tanpa ada drama tangis perpisahan antara saya dan Neyna.

☑ Mengajak Berkenalan Dengan Lingkungan Sekitar

Salah saya tidak menceritakan tentang lingkungan sekolah, tentang siapa saja yang ada di sekolah. Oleh karena itu untuk bisa antisipasi kesulitan bersosialisasi, saya coba untuk ajak kenalan dengan tetangga.

Berhubung rumah saya bukan perumahan jadi jarak antara rumah satu dan lainnya lumayan makanya saya nilai memang kemampuan sosialiasi Neyna kurang.

Tak hanya itu saja, saya juga sering ajak main di lingkungan bermain agar Neyna bisa membaur dengan anak seusianya. 

Hal ini dimaksudkan agar kepercayaan diri Neyna muncul dan mengajarkan ke Neyna betapa indahnya punya banyak teman apalagi di Sekolah

Dengan cara ini saya meyakini Neyna bisa dengan mudah sosialiasi dan adaptasi di lingkungan baru.

☑ Menjaga Kesehatan

Sedih banget bukan kalau ternyata masalah kemandirian, masalah sosialisasi semuanya terhalangi hanya karena masalah kesehatan.

Ini PR banget yah temans, saya fikir masuk sekolah hanya mempersiapkan sekolah dan peralatan perintilan sekolah jauh dari itu kesehatan sering terabaikan.

Saya yakin pastinya setiap ibu punya resep rahasia menjaga kesehatan anaknya. Itu semua jalanin yah temans, Jangan sampai pas hari H masuk sekolah malah sakit.

Bagaimana dengan saya?tips khusus tidak ada yang jelas saya selalu jaga asupan makanan Neyna. Jujur saya ga membiasakan Neyna jajan. Bikin cemilan aja kalau lagi ga malas saya bikin sendiri. 

Pokoknya di rumah itu saya harus stock makanan dan minuman bergizi. Apalagi si sulung ini doyan banget minum susu. 

Sebagai ibu yang mengerti kebutuhannya saya selalu stock susu loh. Terlebih untuk menunjang tumbuh kembang Neyna saya sangat memperhatikan asupan apa yang masuk ke dalam perut Neyna.

Tahukah temans Perut ternyata memiliki peranan yang sangat penting loh! jadi ada 7 kehebatan yang bisa didapat dari perut sehat.


Berikut 7 kehebatan dari perut yang sehat :

❤ Pencernaan Nyaman

Jadi kenyaman pencernaan pada anak itu dapat dilihat dari kenyaman anak tidak rewel, tidak nangis apalagi muntah. Hal ini dikarenakan saluran cerna yang baik. Sehingga dapat mencerna makanan yang masuk dengan baik.

So, tidak mengganggu aktifitas anak deh!

❤ Penyerapan Nutrisi

Perut yang sehat itu ditandai dengan penyerapan nutrisi yang dapat membantu sebagai pembentukan sel dan sumber energi.

Untuk itu penting banget untuk kita sebagai ortu memilih makanan yang padat nutrisi dan mudah diserap untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

❤ Pencernaan Lancar

Perut yang sehat itu membuat saluran cerna berfungsi dengan baik sehingga pola BAB anak lebih baik dan teratur.

❤ Perlindungan Alami

70% sel perlindungan tubuh alami hidup di dalam perut yang sehat. Sebagai perlindungan alami, saluran cerna melindungi anak dari kerusakan yang mungkin terjadi akibat faktor dari luar tubuh seperti bakteri, virus dan parasit.

❤ Tumbuh Kembang Optimal

Saluran cerna yang sehat merupakan landasan pertumbuhan, perkembangan, kemampuan interaksi, sosial, emosi serta prestasi akademik 

❤ Cepat Tanggap

Dalam saluran cerna itu ternyata banyak banget saraf sehingga para ahli menyebutnya sebagai Otak Kedua. Terutaman dikaitkan dengan peran mikroflora dalam saluran cerna.

FYI loh ada 100 juta sel syaraf yang ada di perut sehat membawa informasi ke otak.

❤ Suasana Hati

Dalam perut sehat juga menghasilkan hormon seretonin yang mengatur suasana hati. 


Ternyata ga bisa diremehin ya temans masalah perut sehat. 



Mengingat dahsyatnya perut untuk tumbuh kembang Neyna maka sebagai ibu yang baik tentu saja memilih asupan terbaik.



Salah satunya saya memilih susu BEBELAC GOLD loh sebagai salah satu asupan bergizi bagi Neyna. Mengingat keunggulan Bebelac Gold itu mampu memenuhi kebutuhan gizi anak.




bebelac gold tinggi serat, keunggulan bebelac gold, review bebelac gold
source : https://bebeclub.co.id/bebelac/product/bebelac-gold/



Yang saya tahu keunggulan Bebelac Gold itu diperkaya dengan tinggi serat dan dapat memenuhi kebutuhan serat harian yang mampu mendukung perut Neyna sesuai dengan 7 kehebatan dari perut sehat yang udah saya ulas diatas.



Saya bersyukur pilihan saya menjadi pilihan Neyna juga pasalnya Neyna doyan banget sama susu Bebelac Gold ini.

Saya biasa berikan satu gelas di pagi dan malam hari untuk Neyna. Alhamdulilah rutin kasih asupan bergizi membuat drama ketika masuk TK B bulan Agustus silam tak se-epic drama tahun lalu. Banyak hal yang bisa kita lakukan ternyata untuk minimalisir drama hari pertama masuk sekolah bukan?

Utamanya tetap menjaga kesehatan anak, menjadi PR yang harus selalu kita kerjakan agar tumbuh kembang anak sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Rasa khawatir yang berlebihan memang buat saya menjadi ortu yang serba ketakutan. Sekarang sudah tidak lagi deh. 

Demikian yang bisa saya share, apa saja persiapan orang tua saat anak masuk sekolah dan mengatasi drama hari pertama masuk sekolah yang bikin anak ga mood.

Btw, temans sudah coba juga belum susu Bebelac Gold?saya sarankan untuk mencobanya dan mulai perhatikan tanda perut sehatnya.

Semoga bermanfaat yah!


bebelac-gold-tinggi-serat,persiapan orang tua saat anak masuk sekolah, drama hari pertama sekolah, hari pertama sekolah, persiapan sekolah setelah liburan,drama anak masuk sekolah












1 則留言

  1. Biasanya kalau saya melihat anak yang cemas sekali menghadapi hari pertama sekolahnya, saya cek dulu apakah usia psikologisnya (bukan usia biologisnya) memang sudah matang untuk bersekolah. :)
    Memang bagian sulit sebagai orang tua itu untuk memastikan usia psikologisnya.

    回覆刪除

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun