Search

Liburan Seru Mengunjungi Wajah Baru Kebun Binatang Bandung

Bandung Zoo alias Kebun Binatang Bandung atau yang ikrib dengan sebutan Bonbin kini berwajah baru temans!

Ya ampun kamana wae atuh baru tahu yah? sebenarnya sih udah lama tahu seputar wajah barunya Bandung Zoo ini cuman saya dan keluarga akhirnya membuktikan wajah baru Kebun Binatang Bandung saat liburan akhir tahun 2019 silam.

Sejujurnya ke Bonbin itu udah lumayan sering berhubung Rayi belum pernah maka akhirnya saya dan akang suami putuskan ke Bonbin maning.


liburan ke kebun binatang Bandung, Bandung Zoo, wajah baru bonbin Bandung, manfaat berkunjung ke kebun binatang untuk anak

Wajah Baru Kebun Binatang Bandung ( Bandung Zoo )


Hari libur itu, saya dan suami memutuskan ke kebun binatangnya pagi-pagi sekali. Karena khawatir dengan kemacetan Bandung yang bikin tensi naik.

Maka pukul 08.00 wib, kami sudah sampai di halaman parkir kebun binatang Bandung. Meskipun masih pagi ternyata sudah ramai juga di sana.

Pedagang mainan, pedagang wortel hingga tukang foto jepret tanpa memperhatikan gaya model sudah menyambut kedatangan kami.

Hal yang tidak berubah adalah pedagang yang langsung memberikan dagangannya kepada anak-anak jadi saja akhirnya saya membeli wortel yang sudah diikat dengan harga Rp 5000,- sebenarnya tanpa cara tersebut juga saya akan membeli namun sungguh sangat disayangkan caranya yang ga enak hahaha.

Nah, beda dulu yang dijajakan itu kacang kulit entah sekarang yang berlaku justru wortel.

Setelah adegan paksa membeli wortel, kami bergegas membeli tiket masuk. Untuk HTM-nya Rp 40.000,- / orang. Saya hanya membeli 3 tiket saja karena Rayi masih dibawah tinggi yang harus dikenakan tiket.

Di loket masuk ini ada pengukur tinggi badan dan petugas yang memeriksa jadi tidak seperti dulu sekali beli tiket ya sudah.

Setelah membeli tiket, wajib mengenakan gelang yang nanti discan saat memasuki area kebun binatang Bandung ini. Wow jauh berbeda dengan dulu.

Saya masih merasakan beli tiket yang tidak antri bahkan akhirnya beli pake calo wkwkwk. Beruntung sekarang jauh lebih tertib.

Memasuki kebun binatangnya, terlebih dahulu melewati pintu masuk maupuan keluar toko yang menjual pernak pernik binatang.

Marketingnya oke juga biar menarik pembeli maka pengunjung wajib melewati tokonya. Barang-barangnya lucu-lucu sih menurut saya. Untunglah Neyna dan Rayi ga tertarik karena memang tujuan mereka adalah melihat binatang asli *syukurlah dompet mamak aman.



Kebun Binatang Bandung Kini Lebih Bersih Dan Rapi


2 tahun ga ke kebun binatang ternyata kini beneran wajahnya baru, lebih bersih dan tertata rapi. Meskipun masih ada yang sedang direnovasi karena konon tahun 2020 ada Zona Afrika yang akan hadir di Kebun Binatang Bandung.

Namun itu semua tidak mengubah antusiasme saya dan anak-anak mengelilingi kebun binatang. Binatang yang pertama kami temui adalah monyet. Rayi sampe bengong melihatnya apalagi salah satu monyetnya ada yang sedang memeras handuk hahaha. Lucu banget tingkahnya.


liburan ke kebun binatang Bandung, Bandung Zoo, wajah baru bonbin Bandung, manfaat berkunjung ke kebun binatang untuk anak


Lanjut ke kandang berikutnya ada kuda dan Neyna berhenti sebentar untuk memberi makan wortel. Lalu kami singgah di kandang zebra, beruang, ular, buaya, kura-kura bahkan sekarang ada singa loh uh cantiknya mengingatkan saya pada Alex di film Madagascar.

Untuk spot foto dan mengisi IG Feed sekarang tampilan Bandung Zoo beneran tertata sekali, bahkan ada taman terapi juganya loh jadi sembari keliling bisa terapi dibebatuan ini.


liburan ke kebun binatang Bandung, Bandung Zoo, wajah baru bonbin Bandung, manfaat berkunjung ke kebun binatang untuk anak


Hal baru lagi yang saya temui di tengah-tengah kebun binatang Bandung kini ada panggung yang diisi dengan Animal Edutainment berhubung kami pagi-pagi jadi ga sempat menyaksikan panggung Animal Edutainmentnya.

liburan ke kebun binatang Bandung, Bandung Zoo, wajah baru bonbin Bandung, manfaat berkunjung ke kebun binatang untuk anak


Kami meneruskan perjalanan menyusuri setiap kandang hingga akhirnya Neyna merengek ingin naik perahu. Dulu sekali naik perahu itu berbayar, tapi kemarin gratis duh senangnya.


liburan ke kebun binatang Bandung, Bandung Zoo, wajah baru bonbin Bandung, manfaat berkunjung ke kebun binatang untuk anak


Selesai berperahu ria, kami lanjutkan kembali perjalanan untuk melihat binatang utama yang ingin Rayi lihat yakni Gajah. Cukup lama di kandang gajah karena Rayi suka banget liat gajah dengan badan buesar.

Perjalanan ke kebun binatang akhirnya berakhir di Playground, karena Neyna ingin main di istana balon. Nah ini juga salah satu wajah baru dari kebun binatang Bandung ada taman bermain untuk anak-anak.



Dari kereta listrik, istana balon yang tentu saja dikelilingi tukang mainan. Jangan lupa untuk main terlebih dahulu membeli tiket kisaran Rp 15.000 - Rp 20.000,- saja.

Sepulangnya dari taman bermain, saya baru ngeh ada patung pendiri kebun binatang Bandung. Perasaan dulu sih ga ada hehehe.

liburan ke kebun binatang Bandung, Bandung Zoo, wajah baru bonbin Bandung, manfaat berkunjung ke kebun binatang untuk anak

Manfaat Mengajak Anak ke Kebun Binatang


Memang ada manfaatnya ke Kebun Binatang? selain jumpa sama saudara kembar binatang? ada dong temans. Bagi saya mengajak anak-anak ke kebun binatang memberikan manfaat diantaranya :

🐅 Mengenalkan Aneka Satwa 

Biasanya anak-anak hanya mengenal binatang dari buku maupun video youtube, dengan membawa mereka ke kebun binatang Bandung setidaknya mereka bisa melihat asli bentuk, ukuran serta warna dari binatang yang sering mereka lihat.

Seperti buaya di buku mah gambarnya lucu kenyataannya serem yes *mamaknya yang takut sih 😂. Bahkan gajah, Rayi sampe ga mau beranjak karena akhirnya bisa melihat gajah yang badanya gede banget.

🐅  Melatih Keberanian 

Di kebon binatang, anak-anak belajar untuk bisa berdekatan dengan binatang-binatang salah satunya dengan memberikan makanan kepada binatang yang ada.

liburan ke kebun binatang Bandung, Bandung Zoo, wajah baru bonbin Bandung, manfaat berkunjung ke kebun binatang untuk anak


Neyna dan Rayi belajar memberikan wortel kepada kuda dan Rusa. Awalnya pada takut setelah dibantu malah ga mau pulang terutama anak cimit Rayi tuh betah banget dah kasih makan binatang.

🐅  Memberikan Pengalaman Baru

Saat berjalan-jalan di kebun binatang, memberikan pengalaman baru buat anak-anak. Neyna yang kini sudah besar jadi banyak bertanya mengapa begini dan begitu. Berbeda saat Neyna kecil yang hanya mengagumi banyaknya binatang yang ada.

Rayi sendiri awalnya takut tapi udahannya wow..wow lari ke sana kemari saking senangnya bisa menjelajahi lingkungan baru. Bahkan pas kami mau pulang dia diem aja dong di kandang kuda LOL anak cimit ini emang yah mmmm gemass.

Dari ketiga manfaat ini utamanya adalah bonding antara saya dan anak-anak serta ayahnya ini yang paling utama. Ah meski hanya 2 jam di Kebun Binatang Bandung tapi pulangnya Neyna bisa cerita banyak hal dan semuanya happy.


***

Meski kebun binatang Bandung sudah jauh lebih baik, alangkah baiknya lagi kedepannya di Kebun Binatang Bandung ada larangan untuk TIDAK MEROKOK. Sumpah yah saya kesel banget dengan suasana asri dan adem apalagi banyak anak-anak juga eh ada aja yang merokok sembarangan dengan asap rokok mengepul kesana kemari bikin saya ga betah.


Nah, temans demikian cerita seru ala saya dan keluarga mengunjungi Kebun Binatang Bandung liburan akhir tahun lalu.

Gimana temans? punya pengalaman seru apa nih jika berkunjung ke kebun binatang? yuk kita sharing

36 則留言

  1. Pekan lalu aku ke BDG, nginep di Gerlong ngga terlalu jauh dari BonBin ini ya Mba
    Duh, kapan2 aku mauuu lah cuss ke sini ngajak bocilsss

    回覆刪除
  2. What a nice trip 😊 thanks for your sharing 😊

    回覆刪除
  3. Saya sejujurnya kurang suka main ke kebun binatang, soalnya bau hahaha.
    Tapi sejak punya anak mau nggak mau harus mau, dan happy banget sekarang tuh di mana-mana udah pada berbenah ya, kebun binatang lebih bersih, di Surabaya juga :)

    回覆刪除
    回覆
    1. wkwkwk iya mba Rey cuman biar anak2 lebih tahu dunia satwa

      刪除
  4. Wah alhamdulilah ya makin tertata. Saya terakhir ke bonbin Bdg mungkin tahun 1998 ato 1999. Ya, dulu mmg kurang terawat. Makanya berharap bs kayak Ragunan yang terawat. Syukurlah klo mmg sudah lebih baik.

    回覆刪除
  5. SETUJU BANGET KAK SAMA LARANGAN JANGAN MEROKOK! Kesel banget yah apalagi itu area yang banyak anak kecilnya huhh. Betewe bagus amat kak kebun binatangnya, sangat terawat.

    回覆刪除
    回覆
    1. iya sayang yah tempat wisata tapi masih aja ada asap rokok

      刪除
  6. Inget banget dulu diajak Bapak ke kebun binatang tahun 90-an akhir atau awal 2000 kalo ga salah inget. Kebun binatang masih sepiiiiiii banget. Dulu ke Ragunan dan TMII (ada sedikit display kebun binatangnya). Kangen deh suasana sepi gitu. Sekarang sumpek :(

    回覆刪除
  7. Lumayan sih ya kalau diliat foto yah udah dilakukan peremajaan dibanding dulu

    回覆刪除
  8. Saya belum pernah ke kebon binatang Bandung. Jadi, gak tau keadaan sebelumnya gimana. Cuma suka lewat aja saat lagi di Bandung. Bagus juga kalau sekarang punya wajah baru dan semakin bagus. Suka kasihan kalau lihat kebon binatang yang kumuh. Apalagi binatangnya gak pada terawat

    回覆刪除
  9. Seminggu ini sering banget kepikiran mau liburan di Bandung, tapi mau pergi ada aja hal yang harus diselesaikan dulu. Habis baca tulisan ini, lah kok makin menggebu-gebu ya pengen main ke Bandung. Semoga deh dalam waktu dekat bisa liburan. Cuma sayangnya, aku kurang suka ke kebun binatang. Aku alergi bulu gitu dan entah kenapa kalau ke kebun binatang suka bersin-bersin gak berhenti-berhenti gitu

    回覆刪除
  10. Ih kok seru sih mbak, aku ke Bandung kok ngga masukin kebun binatang jadi tempat destinasi wisata ya huhu.. biasanya tempat wisata lain yang sedang happening dan itu banyak banget, jadinya ngga cukup hanya sekali dua kali ke bandung.. InshaAllah nanti kalo ka Bandung lagi mau juga ah ajak anak anak ke kebun binatang bandung..

    回覆刪除
  11. Iya..sekarang kebun binatang Bandung sudah banyak perbaikan. Berbanding dengan harga tiketnya yang gak seperti dulu hihihi...
    Jadi banyak tempat yang mengedukasi ya, gak hanya sekedar kandang binatang saja.

    回覆刪除
  12. aku jadi penasaran dengan kebun binatang Bandung..banyak ya koleksi binatangnya mba. Biasanya yang paling bahagia di bonbin tuh anak - anak yaaa

    回覆刪除
  13. Jadi ingat pas anak-anak TK, kalau terima raport selalu di Bonbin Bandung.
    HUhuu...antara terharu sama merana.
    Karena kalau musim hujan, bonbin ini jadi jauh lebih licin. Buat yang anaknya baru satu dan uda TK, pasti oke-oke aja... Pan aku jagain anak bayik yang waktu itu hobi-hobinya jalan.
    Jadi mestiii dateng pas terima raport nya aja. Gak sempet explore banyak.
    Capee jugaa...

    Jadi tau kalau Bonbin sekarang syantiik~

    回覆刪除
    回覆
    1. wkwkwk iya aku rasain pas bonbin zaman dulu pas musim ujan duh becek teh

      刪除
  14. Kalau dilihat dri foto2 yang mbak share kayaknya bersih dan terawat ya mbak.. Moga satwa2 yang disana juga terawat ya mbak...

    回覆刪除
  15. Bagus dan bersih ya kondisi kebun binatangnya. Bagus nih ajak anak-anak ke sana, kadang kalau enggak dikenalkan ke fauna sama sekali, jadinya sama binatang apa aja takut.

    回覆刪除
  16. Wah Kebun Binatang nya Bandung makin kece aja nih mbak sekarang. Tambah cantik dan terawat. Ngajak anak-anak ke sini pasti heboh banget bahagia

    回覆刪除
  17. Jalan-jalan ke bonbin ajak anak itu adalah jalan-jalan murmer yang bikin kita happy dan anak juga happy. Wah, belum pernah aku coba ke bonbin di Bandung, tar kalo ke bandung mau coba ah.

    回覆刪除
  18. Wah jadi punya ide pas di Surabaya nanti ngajakin anak2 ke kebun binatang hehe :D
    Dema nih yang belum pernah ke bonbin, Maxy juga udah lama sekali gak ke sana, malah aku yang bbrp kali ke bonbin sini krn ada event wkwkk :D
    Emang manfaatnya banyak yaa, supaya anak kenal dan sayang binatang

    回覆刪除
    回覆
    1. betul mba kuy ajakin Maxi n Dema ke Bonbin Bandung tapi hahhaa

      刪除

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun