Search

Tips Cerdas Mengelola Gaji Pertama Untuk Karyawan Baru!

👹 : "Gajimu piro sih?" 
👸 : "xxxxxxxxx"
👹 : "Wah mosok sih? kamu kan kerja di perusahaan gede? halah paling kamu nipu biar ga traktir aku yah? Pokoknya gaji pertama kamu mesti traktir aku yang jadi koncomu ini!"

Siapa yang pernah mengalami palak berkedok teman seperti percakapan di atas? Entah siapa sih yang memulai habit ini?


Pengen banget deh uwel-uwel terus tak kuncir mulutnya yang memaksakan orang lain memiliki gaji pertama itu kudu ada TRAKTIRAN!
Lalu nanti ada kelanjutannya :

"Ya salam..cuman traktiran gorengan doang sih pelit banget?"
Lah iya kalau yang ditraktirnya cuman sebiji sih ora jadi maslaah lah ini se-divisi? bisa hempas sudah gaji pertama kita.

Temans, ada yang pernah mengalami hal ini? gaji pertama yang diidam-idamkan sejak dulu harus ternoda dengan kebiasaan palak memalak.
Sejujurnya memang ada rasa tidak enak kalau ada yang minta-minta gitu, jiwa kedermawanan saya bergejolak hingga rasanya tak tega.
Namun rasa ini justru membuat saya harus kehilangan juga jerih payah yang harusnya saya bisa alokasikan untuk kebutuhan prioritas lainnya.


Tips mengatur gaji pertama untuk karyawan baru, mengelola gaji pertama, cara menghindari boros menerima gaji pertama

 Tips Cerdas Mengelola Gaji Pertama Untuk Karyawan Baru

So, gimana cara yang baik untuk bisa mengelola gaji pertama bagi temans yang baru saja memulai karirnya dalam dunia kerja?

👌 Buat List Kebutuhan


Agar terhindar dari kebocoran dana, ada baiknya temans bisa membuat list kebutuhan. Kalau saya sendiri waktu itu sebagai karyawan baru membuat list yang terdiri atas :
✔ Biaya transportasi naik angkot 4x, bus 2x dan ojek 1x karena waktu awal kerja saya belum punya kendaraan. Bayangkan saja biaya transportasi sehari kerja wow kan?
✔ Biaya makan siang karena dulu saya hidup sendiri tanpa keluarga hahaha
✔ Biaya make up & skin care (tetap yah prioritas)
✔ Biaya main karena dulu saya suka pergi bareng saat libur kerja
✔ Biaya pulsa, dulu ga bisa sms mate gayalah :D
✔ Biaya beli baju

Sudah buat list masih bocorkah? masih? karena dulu saya masih ga punya arahan pokoknya gaji pertama buat senang-senang beli yang saya suka.

Nah ini jangan dicontoh silahkan temans buat list yang benar-benar sesuai kebutuhan bukan KEINGINAN.

👌 Hempaskan Tren Ikut-ikutan

Fenomena yang bikin saya boros waktu itu adalah pengen selalu ikutan yang lagi kekinian. Padahal anggarannya ga ada MINIM cuy!

Mendingan jadi sederhana deh ga usah ikut-ikutan apalagi setelah bekerja dan dapat upah pertama bagi saya sih pembuktian loh kalau saya sudah bisa lepas dari bayangan keluarga yang biayai.

Malu rasanya udah kerja masih minta duit ke ortu atau kakak kecuali emang darurat wkwkwk. Ga tau deh temans gimana?

Apalagi fenomena kekinian yang nongkrong di cafe, minum kopi dan sebagainya mendingan saran saya sih irit-irit aja buat biaya yang lebih manfaat.

👌 Usahakan Menabung

Saya sarankan bagi temans yang baru saja menerima gaji pertamanya usahakan sekecil apapun untuk ditabung yah! karena terasa oleh saya ga punya apa-apa wkwkwk *sedih bangets.

Kalau punya tabungan bisa kelola juga nanti buat investasi, modal pokoknya yang bisa berguna untuk kehidupan selanjutnya.


Beneran loh saya adalah individu yang gagal kelola keuangan waktu masih single dulu. Saya ga punya kendaraan, ga ada tabungan, ga ada apa-apa pokoknya bocor terus.

3 langkah tersebut bisa temans terapkan agar gaji pertama bisa dikelola dengan baik! Saya sendiri untuk beberapa permasalahan yang mengakibatkan kebocoran dana itu punya beberapa solusi. Jadi tips lain untuk mengelola gaji pertama diantaranya :

👉 Ikut Nebeng Teman


Biaya transportasi saya itu luar biasa menghabiskan gaji loh maka dari itu untuk menghemat saya milih ikut nebeng teman naik motor pas berangkat ke kantor, lumayan menghemat 1x naik bus, 1x naik angkot dan 1x naik ojek.

Dan pulangnya saya ikut naik bis jemputan untuk hemat 1x naik angkot plus saya jalan biar hemat juga 1x naik angkot.

Pokoknya saya berusaha minimalisir dengan cara tersebut saya bisa saving deh gajinya.

👉 Bawa Bekal 

Salah satu cara menghemat adalah bawa bekal sendiri dari rumah atau biasanya saya beli lauk di luar area kantor biar lebih murah.


Di area kantor sendiri biaya makan siang itu muahal banget ini juga yang menjadi penyebab kebocoran gaji.

👉 Puasa Senin-Kamis

Ternyata selain menjalankan sunah, puasa senin - kamis juga membantu saya untuk berhemat dan mengerem pengeluaran.

Tak hanya bikin wajah bersinar tapi juga dompet berbinar hahaha..

 ***
Nah temans demikian cara cerdas biar mengelola gaji pertama penuh berkah! Jangan lupa juga untuk sedekah dan menyisihkan buat orang tua. Bahagiakan mereka selagi ada meski hanya sedikit atau menolak tapi tetap usahakan ada anggaran buat orang tua.

Boleh traktir teman? ya boleh asal ingat anggaran sebulan kedepannya yas!

Temans, punya cara hemat apa nih biar kelola gaji pertamanya baik? yuk kita sharing!

45 件のコメント

  1. Tabs mbaakk bellla tipsnyaa, kalau uda lancar senin kamis bisa dicoba puasa daud jugaa mbak. Khasiatnyaa beneran mantap 😁😁 monitoring pengeluaran bisa membantu banget mengelola gaji mbaak, biar gak cuman lewat aja gtu hehehe

    返信削除
    返信
    1. iya betul mb Lucy :) alhamdulilah yah khasiatnya

      削除
  2. Bener banget nih biasanya orang baru pertamakali punya uang sendiri langsung kalap pengen ini itu. Kalau dulu uang saya banyak larinya ke skincare hehehe. Tapi sekarang sudah tobat dan bisa mengontrol pengeluaran.

    返信削除
  3. Hahahaha, gaji pertama saya habis buat bayar kos, sisanya makan bun, nasib anak kos-kosan.
    Untungnya transport kadang nebeng pacar :D

    Baru bisa nabung tuh setelah 6 bulan kerja kalau nggak salah.
    Itupun kebanyakan nabungnya di tempat makan di mall, karaoke, outlet baju hahahaha

    Dasar anak kos gatau diri emang saya :D

    返信削除
  4. Hehehe.. netizen mah maha benar ya mbak. Apa aja dikomentarin. Minta traktir tapi yang mehong2. Itu mah pemerasan namanya ��

    返信削除
  5. Tips paling akhir sholehah sekaliiii :D Baikkkk emang kayak kata ortu zaman dulu ya mbak, tirakat tu membantu mempercepat doa.
    Duh aku jd nyesel pas jd karyawan dulu gajiku gak kekumpul huhuhu. Btw tengkyu sharingnyaaa :D

    返信削除
  6. Hahaha, keren tipsnya. Tapi beneran deh, pas emang tips begitu. Aku dulu kurang lebih begitu juga. Minus puasa Senin-Kamis aja. Belom punya modal buat ongkos, dan malah ngutang ke ortu, bikin gaji pertama kudu cukup bayar utang dan ongkos sebulan ke depannya. Duh kangen masa-masa itu deh. :))))

    返信削除
  7. Hahaha, keren tipsnya. Tapi beneran deh, pas emang tips begitu. Aku dulu kurang lebih begitu juga. Minus puasa Senin-Kamis aja. Belom punya modal buat ongkos, dan malah ngutang ke ortu, bikin gaji pertama kudu cukup bayar utang dan ongkos sebulan ke depannya. Duh kangen masa-masa itu deh. :))))

    返信削除
  8. Gaji pertama saya Rp88.700 perak.

    Transport ke kantor pp Rp1.600 x 22 hari = 35.200 udh hampir 1/2 gaji ^_^

    Waktu itu kepikiran gmn mau nikah. Wkwkw

    返信削除
  9. keren super duper jadi edukasi banget buat aku yang sebentar lagi lulus kuliah dan mulai kerja. dan mudah-mudahan aku cepet dapet kerja, dan dikasih kerjaan yg enak gaji lumayan dan nyaman bbuat aku. udah pernah freelance beberapa kali diperusahaan yang sama, cuma ya gitu seberapa sih gaji anak freelance jadi abisnya juga buat kebutuhan sehari-hari hufff

    返信削除
    返信
    1. alhamdulilah bisa sedikit kasih gambaran hehehe

      削除
  10. Kalau daku waktu gaji pertama gak menyisihkan untuk naik ojek, karena memang nggak menggunakan ojek, lebih banyak berjalan kaki biar lebih irit.

    返信削除
  11. Hahaha, keren tipsnya. Dulu aku mah teh ditambah puasa Daud, terus berangkat dan pulang kerja jalan kaki. wkwkwk. Sungguh sederhana sekali dulu kehidupanku.

    返信削除
  12. Gaji pertama itu memang berharga banget ya Mbak, sayang banget doong klo bocor hanya gegara traktir teman, mending juga traktir orang serumah deh.
    Bawa bekal ke kantor itu memang bisa jadi solusi banget buat menghemat, saya juga gitu hihih

    返信削除
  13. Ini banget teh.. aku jg agak nyesel yaa kenapa dulu waktu muda nabungnya gak banyak2 gitu. Sekarang udah punya anak semakin susah nabung. Tetep nabung sih cuma gak bisa sebanyak pas sendiri dulu. Dan duku gak nabung sebanyak2nya malah banyaknya happy2 gak jelas atulah pliss tapi aku bahagia hahaha

    返信削除
    返信
    1. nah iya semoga ga terjadi nih sama yang baru kerja hehehe

      削除
  14. TOP bener tipsnya... beneran deh ituuu memang kudu dikelola kalo mau keliatan ada bekasnya hasil kerja kita.

    Kalo aku kosan deket kantor jd jalan kaki, makan di warteg...mmg godaan buat makan2 di luar itu besar banget (berasa udah punya duit getoo) tapi yaah, bisa kejebak di gaya hidup nih klo kek gitu terus.

    返信削除
  15. Aku seumur2 belum pernah ngerasain jadi karyawan tetap hehe tapi tipsnya bisa banget diimply ke suami hehe. Yap bener hempaskan tren2, ga uzah Jain yaah

    返信削除
  16. Alhamdulillah jaman nerima gaji pertama ga ada yg malak xixi. Krn masih tinggal bareng ortu dulu gajiku paling buat nraktir adek, belanjain ortu sesuatu, nongkrong brg temen sesekali, sisa ditabung.

    返信削除
  17. ini bener banget mbak, harus irit-irit dari kegiatan nongki ngopi cantik, ini yang susah si soalnya aku suka nongki di kedai kopi :D

    返信削除
  18. Wahhh iya nih bener banget, kadang uang yang kita hasilkan sering kali kita habiskan sendiri. Jarang banget dipergunakan untuk orang lain.. Semoga ak juga bisa berpenghasilan ataupun bisa memberikan manfaat yag banyak untuk orang lain... Makasih kak tip nya

    返信削除
  19. gaji pertamaku habis diminggu pertama :O

    返信削除
  20. Wah... trueee ini... thnks infonya mbak

    返信削除
  21. Gw gaji pertama ditabung

    Besoknya gw makan batu, wkwkwkwk

    Salam kenal mbakkk

    返信削除
  22. Alhamdulillah gaji pertamaku dulu itu untuk kasih ke bapak ibu langsung. Dan ada kelebihan juga. Di kantorku dulu makan di kantin gratis sama ada jemputan. Jadi, santai ngga mikirin banyak. Cuma emang nerimanya ga gede jadinya karena potong langsung uang makan dan transport tapi jadi lumayan banget

    返信削除
  23. Awal sempat miki, gaji suami 2 juta mana cukup, mana pas aku ngelist tuh banyak banget yang harus diblanjain, , tapi pas diitung -itung, di pertimbangin, di unlist,. . alhamdulillah lah cukup dan bisa saving. . walau dikit dikit aja sih wkwkkww

    返信削除

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun