.......... --> Nasi Goreng Mawut : Menu Andalan Penyemangat Puasa Anak | Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger

Nasi Goreng Mawut : Menu Andalan Penyemangat Puasa Anak

Salah satu bentuk dukungan agar anak lebih semangat berpuasa yakni dengan memasak menu favoritnya. Nasi goreng mawut menjadi menu andalan puasa

Menu andalan penyemangat puasa untuk anak di rumah itu adalah Nasi Goreng Mawut Teri Medan. Rasanya seneng banget waktu Neyna memutuskan buat ikut puasa dan alhamdulilah sejak kelas TK B usia 5 tahun sudah full hingga magrib dan 30 hari.

Baca yang ini lagi : cara agar anak mudah berpuasa

Selama sahur dan berbuka, Neyna paling suka dan bersemangat jika saya masak menu nasi goreng mawut teri Medan. 

Menu ini juga merupakan favorit saya sejak dulu. Mengenal nasi goreng mawut dari langganan tukang nasgor di Cileungsi.

Tahun 2011, sewaktu saya masih bekerja di Cileungsi sepulang kerja saya akan mampir ke tukang nasgor bersama teman-teman kerja.

Dikenalkan oleh teman yang kost di sana, awalnya saya ga tertarik namun setelah sekali mencoba akhirnya berhasil bikin saya ketagihan. Selanjutnya saya selalu pesan menu yang satu ini.

nasi-goreng-mawut

Asal Usul Nasi Goreng Mawut 

Tukang nasgor langganan saya itu memang berasal dari Jawa, sehingga menu nasi goreng mawut ini jadi menu andalan untuk jualannya.

Nasi goreng mawut  isinya ga hanya nasi goreng tapi ada campuran mie-nya, arti mawut sendiri acak-acakan gitu sih katanya. Karena nasi campur mie dan topping lainnya.

Jika mendengar mie pastinya anak-anak bakalan senang nah inilah yang menjadi pemikat anak-anak.

Siapa sih anak-anak yang menolak makan mie makanya di rumah juga saat saya masak nasi goreng mawut ini beuh ga cuma Neyna tapi bocah cilik Rayi juga doyan bener.

Back to asal usul nasi goreng mawut, nah konon katanya nasi goreng mawut ini ada yang mengatakan khas Magelangan ada juga yang mengatakan dari Malang. Yang pasti dari Jawa ya temans.

Cara Membuat Nasi Goreng Mawut Menu Andalan Penyemangat Puasa

Ga ada rasa bosan dulu saya membeli nasi goreng mawut sehingga saya hafal dengan rasanya. Maka dari itu saya mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Tenang saja temans, karena menu nasi goreng mawut ini sangatlah mudah dibuatnya. Saya sendiri mencoba membuat ala saya yah.

bahan-nasi-goreng-mawut

😋 Bahan-bahan :

  • Nasi putih
  • Mie kuning atau Mie telor sesuaikan dengan selera
  • 1 butir telor
  • Bakso
  • Sosis
  • Wortel diparut biar anak-anak bisa makan tanpa berasa itu wortel hahaha
  • Daun bawang
  • Minyak goreng
  • Teri Medan

😋 Bumbu Halus :

  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Garam
  • Kaldu bubuk
  • Kecap bagi yang suka tapi di rumah saya ga pernah pake kecap

😋 Cara Membuat :

  • Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum
  • Masukkan teri medan yang sudah direndam sebelumnya
  • Masukkan telor, bakso, sosis dan nasi putih sesuai kebutuhan
  • Tuangkan garam dan kaldu bubuk
  • Masukkan mie dengan perbandingan yang sedikit dari nasi putihnya yah. Saya biasa buat untuk 4 porsi dan mienya hanya 1 porsi saja.
  • Aduk-aduk hingga mawut koreksi rasa
  • Siap disajikan

bahan-nasi-goreng-mawut

Bisa disajikan dengan kerupuk udang lebih nikmat temans, kalau yang suka pedas bisa juga ditambahkan cabai pada bumbu halusnya sayangnya karena saya masak untuk Neyna jadi tidak pake cabe-cabean.

Alhamdulilah nih kalau menu sahur atau berbuka dengan nasi goreng mawut teri medan ini beuh bawaannya nambah dan bikin semangat buat puasanya.

Sederhana juga buat saya sebagai chef yang masaknya, ga perlu effort gede buat bikin menu andalan penyemangat puasa anak.

***

Demikian temans yang bisa saya bagikan seputar nasi goreng mawut teri medan sebagai andalan menu penyemangat puasa anak di rumah.

Adakah temans punya selera yang sama? boleh banget nih sharing menu andalannya apa sebagai penyemangat puasa anak?


COMMENTS

BLOGGER: 2
  1. waktu lihat judulnya penasaran , mawut ternyata yang pakai mie. Kalau di cirebon dikenal dengan nama otokowog

    جواب دیںحذف کریں
  2. Menu2 gampang gini pasti aku save buat masak pas asisten udah mudik ntr mba 🤣. Kalo yg ribet2 drpd gagal jadi mubazir, jadi mendingan yg gampang2 aja. Aku suka juga nasi mawut... Apalagi kalo pake cabe rawit yg dipotong2, beuugh nampol pedesnya 😁😄.

    Kalo anak2 mah, yg namanya nasi goreng mau dibikin model gimanapun, pasti doyan. Bedanya si adek suka yg pedes, kakaknya ga mau pedes. Makanya cabe rawit jadi andalan 😄

    جواب دیںحذف کریں
Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

نام

#Minion (Mommy Opinion),2,Advertorial,35,Assessment Center,3,Beauty,22,Blog Competition,70,Book Review,28,BPNChallenge,75,Breastfeeding,17,Featured,5,Food And Beverages,24,Giveaway,9,Healthy,46,Life Story,8,Lifestyle,89,Movie Review,16,My Experience,115,My Job,35,My Opini,47,Parenting,52,Pengetahuanku,10,PostTematik,41,Pribadiku,18,Product Review,91,Reportase,30,Seputar Psikologi,16,Travelling,34,Wifi Cepat & Internet Menyatukan Indonesia,1,
rtl
item
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger: Nasi Goreng Mawut : Menu Andalan Penyemangat Puasa Anak
Nasi Goreng Mawut : Menu Andalan Penyemangat Puasa Anak
Salah satu bentuk dukungan agar anak lebih semangat berpuasa yakni dengan memasak menu favoritnya. Nasi goreng mawut menjadi menu andalan puasa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiv4LAWJCYwlcCCVMf6_L6ZhdmH2HEy48c_KlONkvk6D8133NWtNoJKT0Ssb3kkZG3SxJhg9SezitayUb-NzPAdE3PpFPiuoH2rRTQ5cK7dB2HxyWUCLBvpOfvXjS7FKVKmQX5NVXNcKT2KRt2GhmG2DO1tp9cc4TixbnxdO7xfAuJHudXL0m70-vLc/w640-h454/nasi%20goreng%20mawut%20andalan%20puasa.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiv4LAWJCYwlcCCVMf6_L6ZhdmH2HEy48c_KlONkvk6D8133NWtNoJKT0Ssb3kkZG3SxJhg9SezitayUb-NzPAdE3PpFPiuoH2rRTQ5cK7dB2HxyWUCLBvpOfvXjS7FKVKmQX5NVXNcKT2KRt2GhmG2DO1tp9cc4TixbnxdO7xfAuJHudXL0m70-vLc/s72-w640-c-h454/nasi%20goreng%20mawut%20andalan%20puasa.png
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger
https://www.bundanameera.com/2022/04/nasgor-mawut-menu-penyemangat-puasa-anak.html?hl=ur
https://www.bundanameera.com/?hl=ur
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/2022/04/nasgor-mawut-menu-penyemangat-puasa-anak.html
true
8935268786364384205
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content