.......... --> 3 Menu Wajib Yang Harus Ada Saat Lebaran | Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger

3 Menu Wajib Yang Harus Ada Saat Lebaran

Menjelang lebaran biasanya suka masak besar dan menyiapkan menu favorit keluarga. Seperti ketupat atau lontong biasa dibuat menjelang lebaran

 3 Menu Wajib Yang Harus Ada Saat Lebaran, Tak terasa lagi menghitung hari menjelang lebaran.Hari yang dinantikan setelah satu bulan penuh berpuasa.

Menjelang lebaran pastinya sudah menjadi tradisi bukan menyiapkan segala rupanya, dari kue kering, pakaian baru, mukena baru, furnitur rumah baru, hingga ada juga yang mengecat rumah dengan cat baru agar nuansanya lebih baru.

Baca lagi : 3 kue kering wajib ada saat lebaran

Buat saya pribadi, kalau lebaran tiba lebih banyak persiapkan untuk makanan makanya sudah nyicil beli kue kering maupun pesan seperti tape ketan hitam.

Jujur pengennya sih bikin sendiri tapi apa daya saya kerjanya penuh waktu dan kalau liburan tiba pengennya rebahan santuy gitu hahaha.

Lalu bagaimana saat lebaran tiba? apa saja nih menu masakan yang biasanya dipersiapkan? ketupat lebaran menjadi menu wajibkah?

menu-wajib-saat-lebaran

Tradisi Lebaran Dan Ketupat

H-5 lebaran, biasanya di daerah tempat saya sudah banyak yang menjajakan kulit ketupat. Sepanjang jalanan menuju pasar Antri Cimahi mudah sekali menemukan penjual ketupat.

Saya pribadi sedari dulu sangat jarang membeli ketupat, tradisi di rumah dan keluarga saya itu justru bukan ketupat tapi membuat lontong berbalut daun pisang.

Saat kecil dulu saya pernah menanyakan kepada mendiang ibu, mengapa keluarga kami tidak membuat ketupat. Ibu menjelaskan jika rasa ketupat dan lontong itu jauh berbeda dan bapak saya juga lebih suka lontong dengan teksturnya yang lembut.

Pernah mendiang ibu membuat ketupat sayangnya ga tahan lama, entah mungkin cara masak ibu yang salah sehingga ketupatnya lebih mudah basi.

Saya sendiri suka keduanya apalagi kalau hasilnya itu kenyal jadi ga keras dan ga lembek. Untuk menemani makan lontong maka ada menu lain tambahan yang wajib ada saat lebaran.

3 Menu Wajib Yang Ada Saat Lebaran

Di rumah biasanya ada 3 menu wajib yang harus sedia jika lebaran tiba. Sebagai teman makan lontong. Berikut 3 menu yang wajib ada saat lebaran :

❤ Sambel Goreng Hati

Saya sendiri membuatnya tidak seenak bikinan ibu, namun setidaknya berusaha buat sendiri. Biasanya mendiang ibu bikin dengan memadukan kentang dan pete. Sayangnya di rumah saya buat sendiri tanpa menggunakan kedua bahan itu khususnya pete.

Menjelang lebaran begini, harga pete bisa melanbung tinggi juga makanya saya jadi malas juga memadukan di sambel goreng hati ini.

Cukup pake cabe merah besar saja sebagai pelengkapnya haha. Tak hanya itu saja di rumah yang doyan pete cuma saya doang makanya meniadakan deh tanpa pete padahal kalau pake pete rasanya bisa makin maknyos.

Minggu ke-2 puasa, saya sudah membuat menu ini saat sahur. Nikmat dinikmati dengan nasi panas jadi masak menu ini saat sahur berasa lebaran sebentar lagi wkwkk..

❤ Opor Ayam

opor-ayam-lebaran

Menu kedua yang harus ada di rumah adalah opor ayam. Yang menjadi khas saat lebaran adalah ayamnya bukan ayam negeri tapi saya biasa membeli ayam kampung meski saat menjelang lebaran harga ayam kampung melambung tinggu huhuhu.

Tapi sudah 2 lebaran sejak 2020, saya sudah tidak beli ayam kampung karena bapak mertua melihara sendiri dan menjelang lebaran ayamnya akan diberikan kepada saya.

Nikmatnya opor ayam dinikmati dengan lontong ditambah sambel goreng plus kerupuk bah mantap jiwa!

❤ Sayur Pepaya Muda

Dan menu ini adalah favoritnya Bapak, wajib banget ada dan ga bisa kalau lebaran tanpa sayur pepaya muda. 

Konon menu ini merupakan menu khas Betawi. Rasanya enak juga makanya saya suka. Sayangnya saya ga bisa masaknya. Hanya mendiang ibu yang bisa meracik sesuai lidah bapak sebagai orang Betawi.

***

Demikian temans, 3 menu wajib yang ada saat lebaran tiba. Kalau temans gimana? adakah salah satu menu ini biasa dimasak di rumah?

COMMENTS

BLOGGER: 6
  1. Duh sayur pepaya muda gak ada gambarnya. Pinisirin kayak mana.

    Btw, selamat menyambut lebaran idul fitri 2022 ya mb. Mohon maaf lahir dan batin

    جواب دیںحذف کریں
  2. Akupun lebih suka lontong yg dibalut daun pisang drpd ketupat mba. LBH wangi juga 😄.

    Mama dulu kalo lebaran selalu bikin menu2 nya komplit. Krn kami orang Batak, jadi seringnya lontong Medan yg dibuat. Lengkap Ama tauco , balado telur dan serundengnya. Jafi jujur aku sempet ga terbiasa Ama lontong Jawa yg sering dibuat mertua, apalagi ga pake sambel blaaass 🤣🤣🤣. Terpaksa bawa sambel buat dipakein ke lontong 😁.

    Tapi lebaran ini, Krn ga bareng ortu lagi jadinya ga pernah ngerasain aneka lontong Medan tiap lebaran. Ribet bikinnya, dan aku ga suka masak. Mau pesen, jrg ada yg bisa bikin. Ujung2nya beli menu lebaran yg lebih simple, THN ini pempek dan tekwan 😄.

    جواب دیںحذف کریں
  3. aku suka sambal goreng ati, cuman tahun ini menu lebarannya nggak seperti tahun sebelumnya. nggak masak yang terlalu banyak
    kalau untuk lontong, bisa dibilang nggak pernah bikin, karena jarang bikin menu yang disajikannya kudu sama lontong

    جواب دیںحذف کریں
  4. Hemm opor ayam adalah menu andalan di keluarga aku saat lebaran. apalagi makannya pakai ketupat

    جواب دیںحذف کریں
Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

نام

#Minion (Mommy Opinion),2,Advertorial,35,Assessment Center,3,Beauty,22,Blog Competition,70,Book Review,28,BPNChallenge,75,Breastfeeding,17,Featured,5,Food And Beverages,24,Giveaway,9,Healthy,46,Life Story,8,Lifestyle,89,Movie Review,16,My Experience,115,My Job,35,My Opini,47,Parenting,52,Pengetahuanku,10,PostTematik,41,Pribadiku,18,Product Review,91,Reportase,30,Seputar Psikologi,16,Travelling,34,Wifi Cepat & Internet Menyatukan Indonesia,1,
rtl
item
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger: 3 Menu Wajib Yang Harus Ada Saat Lebaran
3 Menu Wajib Yang Harus Ada Saat Lebaran
Menjelang lebaran biasanya suka masak besar dan menyiapkan menu favorit keluarga. Seperti ketupat atau lontong biasa dibuat menjelang lebaran
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgdbQ_d0EtKJFZv5UEoc3E8-DSSAW0qsaztZ_0CItoPXXXXpmgNh6Uz6G_qiG3hJR_Loyu_PhKRxin4bePLMuszxHmhdIcKWWkvu3V7jeRQ1P1QTJg5lqoqvy9onf1XI-w10Jcp8OCneqpb-I_mCgUC-qK1xMGhAgpcjXQ91mJlRHPt6V423IuoEki8/w640-h454/6453273F-0D87-4D94-BB78-0D8FEDC31FE1.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgdbQ_d0EtKJFZv5UEoc3E8-DSSAW0qsaztZ_0CItoPXXXXpmgNh6Uz6G_qiG3hJR_Loyu_PhKRxin4bePLMuszxHmhdIcKWWkvu3V7jeRQ1P1QTJg5lqoqvy9onf1XI-w10Jcp8OCneqpb-I_mCgUC-qK1xMGhAgpcjXQ91mJlRHPt6V423IuoEki8/s72-w640-c-h454/6453273F-0D87-4D94-BB78-0D8FEDC31FE1.png
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger
https://www.bundanameera.com/2022/04/3-menu-wajib-yang-harus-ada-saat-lebaran.html?hl=ur
https://www.bundanameera.com/?hl=ur
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/2022/04/3-menu-wajib-yang-harus-ada-saat-lebaran.html
true
8935268786364384205
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content