Search

Cara Optimalkan Tumbuh Kembang Dengan Susu Anak

Dalam setiap pertemuan, jika saya membawa Neyna dan Rayi maka yang tertuju pada kedua anak saya yang menggemaskan ini adalah perbandingan tubuhnya. Tak jarang pula menanyakan seputar perkembangan keterampilan keduanya.

"Wah Rayi bongsor yah badannya beda nih sama Tetehnya"
"Wah Rayi udah bisa ini itu nih usia 2 tahun"?

Rasanya komen dan pertanyaan ini sering banget loh saya dapatkan dari orang lain. Membandingkan bentuk tubuh dilanjutkan dengan keingintahuan seputar keterampilan hingga kemampuan bicara.

Membicarakan seputar tumbuh kembang anak-anak sebetulnya tidak bisa saya bandingkan satu sama lain karena menurut saya begitupun teori yang pernah saya dapatkan saat kuliah dulu menyatakan jika tumbuh kembang anak itu berbeda satu sama lain.

Meskipun kakak-adik belum tentu juga memiliki proses tumbuh kembang yang sama. Saya meyakini tumbuh kembang anak memiliki proses dengan kecepatan berbeda-beda. 

Yang justru saya bandingkan adalah setiap tahapan perkembangan satu sama lain apakah Rayi seperti tetehnya Neyna atau alami keterlambatan ini nih yang menjadi catatan pribadi saya untuk tumbuh kembang anak-anak.

Flashback dengan tumbuh kembang Neyna, sejujurnya saya sangat menyesali karena hingga kini pertumbuhan badannya alami stuck yang berimbas pada kemampuan belajarnya. Apa sebab?

Saat Neyna bayi, saya dan akang suami memutuskan tidak memberikan vaksin bahkan saya abaikan kebutuhan nutrisinya hingga akhirnya buah hati pertama saya ini harus alami sakit pneumonia yang memberikan dampak hingga kini berat badannya menjadi susah naik dan memiliki gangguan konsentrasi 😭. 

Bagaimana bisa mengetahui tentang gangguan ini? saya combine hasil diagnosa dari dokter dan hasil psikotes Neyna. Dan saat ini, Neyna masih menjalani terapi bersama terapis di salah satu biro psikologi.

See? betapa tumbuh kembang anak tidak bisa dianggap sepele.


kiat memilih susu anak yang baik


Pemberian Nutrisi Untuk Tumbuh Kembang Anak

Waktu tak bisa kembali, saya ga bisa lagi mengubah itu semua meskipun sekarang banyak sekali PR yang harus saya kerjakan demi tumbuh kembang Neyna optimal. So, saat Rayi hadir ke dunia ini, pembelajaran dari Neyna membuat saya berhati-hati untuk mengambil keputusan terlebih lagi masalah tumbuh kembang anak itu sangatlah penting.

Pengalaman adalah guru paling baik dan saya meyakini itu. Melihat tumbuh kembang Neyna yang masih memiliki PR, maka sejak Rayi dalam masa kandungan, saya berusaha untuk mengoptimalkan tak hanya seputar vaksin tapi juga nutrisi yang tepat bagi Rayi.

Harapannya apa yang terjadi pada Neyna jangan sampai terjadi lagi pada anak kedua saya Rayi. Sebagai orang tua tentu saja harapan saya adalah anak-anak bisa bertumbuh dengan baik. 

Saya ga ingin melewatkan masa Golden Age Rayi begitu saja, untuk itu saya mulai belajar memberikan nutrisi yang baik. Hal ini saya lakukan dari hamil, saya sudah merubah pola makan serta menjaga asupan makanan utamanya yang bergizi. 

Hasilnya? Alhamdulilah Rayi lahir dengan berat yang jauh berbeda 1kg dibandingkan dengan Neyna. Dan juga kesehatan badan serta pertumbuhan berat badannya luar biasa baik sekali. 

Berikut yang saya lakukan dalam menjaga asupan nutrisi untuk Rayi :

✔ MengASIhi exclusive selama 6 bulan bayi 
✔ Memasuki usia 6 bulan, saya menyediakan MPASI menu 4 bintang yang terdiri atas karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayuran.
✔ Lepas ASI 2 tahun, saya melanjutkan dengan memberikan susu pertumbuhan untuk anak 

Selepas disapih, Rayi memang saya berikan susu pertumbuhan guna mencukupi kebutuhan kalsium di masa golden age ini. Mengingat pentinnya mencukupi nutrisi yang anak butuhkan.

Dalam memilih susu anak, saya sendiri tipe yang cukup rewel dalam menilai kandungan gizinya. Jangan sampai ada yang miss dalam kandungannya. Karena masa-masa tumbuh kembang anak tidak akan terjadi lagi. 

Untuk itu saya menjatuhkan pilihan kepada Susu Morinaga Chil*Kid Platinum.

campaign Morinaga Chil*kid platinum


Morinaga Chil*Kid Platinum Penuhi Nutrisi Anak


Morinaga Chil*Kid sudah sangat familiar bagi saya, sebelum saya mengenalkan dan memberikan kepada Rayi. Saya sudah ketahui susu pertumbuhan ini dari ponakan saya sendiri.

Melihat bagaimana tumbuh kembang ponakan saya begitu baik maka saya juga memilih untuk berikan kepada Neyna dan Rayi. Sayangnya Neyna itu anak yang susah makan dan susah minum susunya. Sementara Rayi sehari itu bisa menghabiskan sekitar 750 ml dong susu kalau ga dicegah huahaha.

Sekali minum dia bisa habiskan 500 ml sudah over sih karena harusnya seusia Rayi minumnya cukup 480 ml saja. Tapi karena memang beneran diminum ya wis saya biarkan.

Mengapa memilih Morinaga Chil*Kid Platinum? jadi sebagaimana yang saya sampaikan sebelumnya, bagi saya memilih susu itu wajib banget melihat isi kandungannya agar bisa mengakomodir kebutuhan nutrisi anak. 


moricare+ zigma kandungan susu morinaga penunjang pertumbuhan

Kandungan Dalam Susu Morinaga Chil*Kid Platinum


Penting bagi saya mengetahui kandungan dalam susu yang saya berikan pada Rayi, berikut kandungan yang ada pada susu Morinaga Chil*Kid Platinum ini :

👉 Susu ini memiliki kandungan utama MoriCare+ Zigma yang mendukung kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda dan tumbuh kembang yang optimal.

👉 Untuk mendukung kecerdasan multitalenta, ada AA & DHA guna mempercepat daya tangkap, Alfa Laktalbumin guna kemampuan berfikir, Kolin guna memperkuat memori, Zat Besi guna meningkatkan konsentrasi, Omega 6&3 guna pembentuk AA&DHA serta fosfolipid merupakan komponen penting untuk fungsi otak kecil.

👉 Untuk pertahanan tubuh ganda, ada Nukleotida guna peningkatan antibodi, Laktoferib guna daya tahan tubuh, Prebiotic GOS merupakan makanan baik pada saluran cerna dan Triple Bifdus merupakan gabungan 3 bakteri baik.

👉 Untuk tumbuh kembang optimal, ada Kalsium, Vitamin D dan Magnesium guna pertumbuhan tulang dan gigi, Alfa Laktalbumin sebagai sumber protein, Beta Palmitat guna penyerapan kalsium dan Vitamin serta mineral.

Gimana nih temans? lengkap banget bukan kandungannya? ini yang membuat saya seperti kecanduan untuk terus stock di rumah. Terlebih lagi demi menunjang tumbuh kembang Rayi. Apalagi Rayi juga suka sama susunya.

***
Nah temans, demikian yang bisa saya sharing kali ini semoga bisa bermanfaat yah. Yuk kita penuhi nutrisi anak dengan memberikan ga hanya makanan yang mengandung gizi akan tetapi juga penuhi dengan susu pertumbuhan anak. 

Ingat yah masa anak-anak ini hanya terjadi sekali dan tak akan bisa kembali lagi, jadi jangan sia-siakan masa ini demi masa depan anak-anak kita 😉.

Saran saya nih untuk pertumbuhan anak usia 1-3 tahun, temans bisa gunakan susu Morinaga Chil*Kid Platinum yah! Sudah terbukti nih sama Rayi.

Buat yang mau tahu lebih seputar susu Morinaga, temans bisa kunjungi ke :

Website : morinagaplatinum.com
Instagram : @morinagaplatinum

susu pertumbuhan anak yang baik








77 nhận xét

  1. Bener banget Mbaaa
    Masa tumbuh kembang anak tuh ngga bisa terulang lagi
    Jadi bener2 kudu dioptimalkan.
    Semogaaa tumbuh jadi anak sholeh, baik hati, sehat kuat mandiri yaaa

    Trả lờiXóa
    Trả lời
    1. yass mba oleh karena itu optimalkan masa golden agenya yah..aamiin doanya mba :)

      Xóa
  2. Aduh itu kenapa aku fokus ke Rayi yah. Apa karna Rayi anakku yang aku titipkan ke kamu bun ? :D
    Optimalisasi anak untuk tumbuh kembang emang jangan dianggap enteng ya bun. Susu penting sekali

    Trả lờiXóa
    Trả lời
    1. wkwkwk ummi jembel neh...iya ummi susu anak emang penting makanya kupilih Morinaga Chil*kid

      Xóa
  3. Penting di masa pertumbuhan 1-3 tahun ini, masih banyak yang belom faham akan nutrisi buat anak, kalo masih batita wajib ya mimi cucu, biar tumbuh kembangnyamaksimaldan sehat .

    Trả lờiXóa
  4. Wah, lengkap juga ya kandungan susunya mba. Bener banget mba, semenjak paham tumbuh kembang anak aku lebih sering cek dan kasih stimulasi anak daripada membandingkan dengan kakaknya atau temannya

    Trả lờiXóa
  5. Bener2 deg masa2 pertumbuhan rasanya jangan sampai terlewatkan. Golden age apalagi tuh, mama mesti tau yang terbaik bagi anaknya. Termasuk pemberian susu harian buat si kecil supaya badannya sehat, kuat, bugar dan bahagia. Anakku dulu mimi Chil Kid juga tuh pas masih kecil :)

    Trả lờiXóa
  6. makasih sharingnya, karen anak2ku sdh dewasa semua ini bagus nih kalau entar aku punya cucu

    Trả lờiXóa
  7. Bener banget, nutrisi buat anak tuh penting...Makanya aku juga ngasih anak susu di rumah, biar lengkap gitu nutrisi yang didapat, jadi tumbuh kembangnya juga baik

    Trả lờiXóa
  8. Rayi ganteng amat, bahagia banget kalau sudah menemukan susu yang cocok untuk anak ya Mak, apalagi nggak pakai drama diare dll..

    Trả lờiXóa
  9. Anak-anak kita adalah permata paling berharga. Ketika dia lepas ASI membutuhkan susu lanjutan. Dan tidak setiap susu cocok untuknya. Kecermatan orang tua lah yang menentukan pilihan demi tumbuh kembang anak maksimal ya Mbak

    Trả lờiXóa
  10. Hai Rayiii kamu minta akuuh culik yaaa..
    Bener,anak2 perkembangannya nggak bisa dibandingkan ya mba.. selalu support mereka pokoknya 😍 tidak membandingkan anak2..
    Neynaaa sehat2 juga ya si cantik anak sholehah

    Trả lờiXóa
  11. Duh iya banget deh ini, aku pun masih suka denger loh orang membedakan anak 1 dengan lainnya. Termasuk waktu ada yang membedakan anakku dengan anaknya, aku cuma senyum doang tapi dalam hati mau ngelempar. Aku juga selalu memberikan nutrisi tambahan untuk anakku lewat susu yang diminum setiap hari.

    Trả lờiXóa
  12. Morinaga bagus untuk perkembangan anak, Fahmi mulai dua tahun sampai balita mengonsumsi susu formula Morinaga juga. Terus susu UHT ChilGo nya juga. Suka banget rasa strawberry dan vanilla.

    Dan beneran waktu ga bisa kembali. Kini semua itu tinggal kenangan.

    Trả lờiXóa
    Trả lời
    1. betul teh waktu ga bisa kembali jadi optimalkan pertumbuhan anak yah

      Xóa
  13. Bukan bermaksud membeo.

    Kebetulan putriku Yasmin, pernah mengkonsumsi kedua varian susu perkembangan ini.
    Meski harganya sedikit di atas rata-rata, namun karena Yasmin sangat suka, tak apa lah.

    Untuk urusan susu, memang orang tua selayaknya harus banyak belajar literasi, agar tumbuh kembang buah hati bisa optimal!

    Insya Allah.


    Trả lờiXóa
    Trả lời
    1. yass mba Anna :) makasih sharingnya pantas kaka Yasmin cerdas nih minum susu Morinaga juga

      Xóa
  14. Dampingi anak2 emang yanperlu pilah pilih juga kalau nutrisi dari susu udah cocok bikin lega juga kan. Mamak hepi anak juga ikutan jd ceria liat aja senyumannya.

    Trả lờiXóa
  15. Memberikan yang terbaik untuk anak, termasuk memberikan asupan susunya ya. Yang komen macam-macam ... duh anggap angin puting beliung di kampung sebelah saja hehehe.

    Trả lờiXóa
  16. Wahm. Farisha jg minum ini nih.. Tp yg chilscholl soya. Enak dan gak bikin eneg susunya. Mmg waktu gak bs kembali ya mba. Jd sebisa mungkin hrs perhatiin asupan nutrisi anak

    Trả lờiXóa
  17. Wah anakku juga pake chilkid platinum pas masih usia itu. Keliatan banget sih pas gedenya kecerdasannya.kaya gini nih penting banget keputusan ibu ya

    Trả lờiXóa
  18. Untuk anak, pastinya orangtua akan memberikan yang terbaik. Salah satunya dengan memberikan susu yang kandungannya baik dan komplit. Seperti morinaga

    Trả lờiXóa
  19. Wah, ini susu yang diminum anakku yang nomor 1 waktu kecil. Dia gak mau susu lain selain susu ini. Bagus deh, anakku dulu bisa lincah dan pinter. Padahal, kalo dilihat, makannya susah. Aku dulu khawatir. Untung deh susu bisa memenuhi kebutuhan gizinya.

    Trả lờiXóa
    Trả lời
    1. Untuk anak-anak memang gak bisa sembarangan ya. Kudu bisa optimalkan tumbuh kembangnya di masa yang tepat. Masa keemasan. Kalo lewat, sayang banget. Dan salah satu biar tumbuh kembangnya optimal, ya minum susu yang bagus.

      Xóa
  20. Duuuh gemes sama Rayi ya lucu banget sih. Anak sebesar ini lagi aktif-aktifnya bergerak jadi butuh nutrisi yang tepat.

    Trả lờiXóa
  21. Karena masa-masa pertumbuhan dan perkembangan anak ini gak akan terulang lagi yaa..
    Jadi harus selalu memberikan nutrisi dan asupan makanan dan minuman terbaik.

    Trả lờiXóa
  22. Rayii lucu banget dan ganteng mbak. Fotogenic lagi. Gemeeeeeez deeeh.

    Eh aku baru tau kalau nggak divaksin bisa sakit pnemonia dan jadi nggak fokus juga. Semoga kakak Neyna sehat sehat terus yaa

    Trả lờiXóa
  23. Pemilihan susu untuk anak nih jg gak bisa sembarangan ya, karena termasuk pelengkap nutrisinya jg, bakal ngaruh bgt buat tumbangnya si kecil :)

    Trả lờiXóa
  24. Anakku pernah nih minum chilmil juga hehe. Ini dulu kata bumerku susunya suamiku jg zaman kecil haha :D
    Emang ya anak2 yang sedang dalam masa pertumbuhan butuh banget asupan tambahan dr susu kek gini supaya makin optimal tumbangnya :D

    Trả lờiXóa
  25. Eh kok chil mil haha, maksudku morinaga chilkids, eh tapi aku emang nyebutnya chilmil sih kalau di rumah ma anak2 hahahha

    Trả lờiXóa
  26. Alhamdulillah ya pertumbuhan Rayi bagus berkat dukungan susu yang tepat. Kita bakalan merasa bahagia ketika anak kita menampakkan grafik pertumbuhan sesuai idealnya.

    Trả lờiXóa
  27. Masa pertumbuhan anak-anak itu gak akan terulang, maka dari itu kita harus memperhatikan dengan baik, ya...
    Anak saya juga suka dengan rasa Chilkid platinum, padahal dia sekarang sudah besar hihihi

    Trả lờiXóa
  28. Milih susu untuk anak emg gabisa sembarangan ya mbak, apalagi ini kan demi kesehatan anak. Untung ada chil kid ini yg rasanya enak dan nutrisinya lengkap

    Trả lờiXóa
  29. sebagai seorang ibu tentunya menginginkan nutrisi terbaik untuk buah hati tersayang ya.. salah satunya membaca label dan memahami setiap kandungan gizi yang tertera didalam susu anak dan berharap dapat membantu kita mengotimalkan tumbuh kembang anak ya

    Trả lờiXóa
  30. Semenjak anakku lepas ASI, aku langsung kasih Morinaga ChilMil, lalu sekarang ChilKid. Rekomendasi dari teman-teman dan saudara, katanya susu ini yang paling enak dan jarang ditolak oleh anak kecil.. Mungkin nanti kalau anakku sudah besar dikit akan lanjut ke varian berikutnya :)

    Trả lờiXóa
  31. Wah ganteng bgt rayi.. seneng aku liatnya kalo teh herva posting foto2nya di IG hehe.. tnyata minumnya morinaga chilkid toh.. pantesan sehat dan gemesin..

    Trả lờiXóa
  32. Teh Herva dulu anti vaksin? Memang saat mau menjadi ibu, harus belajar banget kebutuhan kesehatan dan nutrisi anak karena waktu tak bisa kembali. Alhamdulillah anakku minum susu morinaga juga.

    Trả lờiXóa
  33. cakep banget Rayi, gemesiinn.
    perkembangan anak emang tidak ada yang sama ya meski bersaudara dan dibesarkan bersama, benar ini kita sebagai orangtua harus melihat apakah perkembangannya sudah sesuai atau tidak termasuk memberikan nutrisi tambahan ya berupa susu yang bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak :)
    jadi pengen cobain Si nomor Dua Chil*Kid Platinum ini deh :)

    Trả lờiXóa
  34. Lengkap ini mah kandungan susunya. Nggak salah pilih aku pas memutuskan Morinaga Chil-school untuk susu pendamping adik² ku mbak. Vitaminnya juga sesuai sama kebutuhan yang diperlukan 👍🏻

    Trả lờiXóa
  35. Jadi reminder banget ya mom bahwa tumbang anak itu ngga bisa dianggap sepele. :') Semoga Rayi dan Neyna sehat terus yah

    Trả lờiXóa
  36. Memilih susu formula dengan kandungan yang tepat untuk tumbuh kembang anak, memang perlu banget ya. Apalagi kalau gizinya seimbang sejak lahir sampai lepas ASI dan MPASI

    Trả lờiXóa
  37. campaign terbaru dari Morinaga ini, Waktu Tak Bisa Kembali, membuat bunda-bunda baper kayak aku ini berasa deh perjuangan memiliki Darell

    Trả lờiXóa
    Trả lời
    1. iya mba berasa yah beneran flashback uda bener ga yah kasih nutrisi buat anaknya

      Xóa
  38. Salfok ama gaya Rayi lucu banget MasyaaAllah. Rayi udah kayak model aja wkwk. Sehat selalu Rayi 🤗

    Trả lờiXóa
  39. Jadi reminder buat para mom yah untuk pertumbuhan anak itu penting banget apalagi memberi nutrisi yang baik

    Trả lờiXóa
  40. Senang dan bahagia pastinya punya anak sehat dan tumbuh kembangnya optumal.

    Trả lờiXóa
  41. Ada beberapa hal yg aku sesali juga si tumbuh kembang anak pertama dan jd catatan penting bgt buatku. Si kakak dlu ga mau minum susu sama sekali jd pertumbuhan agak lambat untungnya si ade doyan susu ga lucky water. Alhamdhulilah Morinaga Chil school membantu banget

    Trả lờiXóa

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun