Search

Dalam setiap pertemuan, jika saya membawa Neyna dan Rayi maka yang tertuju pada kedua anak saya yang menggemaskan ini adalah perbandingan tubuhnya. Tak jarang pula menanyakan seputar perkembangan keterampilan keduanya.

"Wah Rayi bongsor yah badannya beda nih sama Tetehnya"
"Wah Rayi udah bisa ini itu nih usia 2 tahun"?

Rasanya komen dan pertanyaan ini sering banget loh saya dapatkan dari orang lain. Membandingkan bentuk tubuh dilanjutkan dengan keingintahuan seputar keterampilan hingga kemampuan bicara.

Membicarakan seputar tumbuh kembang anak-anak sebetulnya tidak bisa saya bandingkan satu sama lain karena menurut saya begitupun teori yang pernah saya dapatkan saat kuliah dulu menyatakan jika tumbuh kembang anak itu berbeda satu sama lain.

Meskipun kakak-adik belum tentu juga memiliki proses tumbuh kembang yang sama. Saya meyakini tumbuh kembang anak memiliki proses dengan kecepatan berbeda-beda. 

Yang justru saya bandingkan adalah setiap tahapan perkembangan satu sama lain apakah Rayi seperti tetehnya Neyna atau alami keterlambatan ini nih yang menjadi catatan pribadi saya untuk tumbuh kembang anak-anak.

Flashback dengan tumbuh kembang Neyna, sejujurnya saya sangat menyesali karena hingga kini pertumbuhan badannya alami stuck yang berimbas pada kemampuan belajarnya. Apa sebab?

Saat Neyna bayi, saya dan akang suami memutuskan tidak memberikan vaksin bahkan saya abaikan kebutuhan nutrisinya hingga akhirnya buah hati pertama saya ini harus alami sakit pneumonia yang memberikan dampak hingga kini berat badannya menjadi susah naik dan memiliki gangguan konsentrasi 😭. 

Bagaimana bisa mengetahui tentang gangguan ini? saya combine hasil diagnosa dari dokter dan hasil psikotes Neyna. Dan saat ini, Neyna masih menjalani terapi bersama terapis di salah satu biro psikologi.

See? betapa tumbuh kembang anak tidak bisa dianggap sepele.


kiat memilih susu anak yang baik


Halo semua... Masih setiakah dengan ritme baru selama proses belajar di rumah? untuk mamak-mamaknya gimana nih tensi masih stabil atau nai...
Halo semuanya, cung yang anaknya masih di rumah aja sekolahnya? *angkat tangan sendiri*. Pastinya jenuh yah kalau kerjaannya belajar mulu ad...
Hai semuanya...udah lama banget ga nulis tentang film yang sudah saya tonton. Kali ini saya mau ulas sebuah film dari India *YEAY*.. Ngomong...
 Apa kabar temans... Punya rumah yang nyaman dan cantik tentunya menjadi idaman setiap orang. Saat ini banyak sekali rumah-rumah cantik dan ...
Apa kabar semua? semoga sehat-sehat semuanya yah aamiin..Kali ini saya mau cerita nih tentang "paranormal experience part 2" asee...
A pa kabar temans? semoga kita semua diberikan kesehatan selalu meski pandemi covid-19 ini belum ada ujungnya namun tetap ya jaga daya tahan...
"Anaknya kok kurus banget sih?" "Anaknya masih TK yah? badannya kecil" Begitulah beberapa komentar dari detergen netize...