Search

Pengalaman Tetap Bekerja Saat PSBB

Waktu pengumuman Jawa Barat akan dilakukan PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar ) saya sudah happy syalalala. Fikir saya maka saya akan diliburkan huahaha yass mamak yang satu ini tuh ngarep banget deh bisa libur.

Mengapa? ya karena rasa cemas dengan penyebaran corona yang tiap hari terus saja bertambah dengan angka kematian juga yang terus bikin perut mules kalau saya tahu update beritanya.

Sayangnya, setelah penetapan diberlakukannya PSBB di kota Bandung dan kota Cimahi terhitung tanggal 22 april 2020. Perusahaan tempat saya bekerja tetap beroperasi dan artinya saya harus tetap masuk kerja sodara setanah air.



Pemberlakuan WFH memang sudah ada namun mau tak mau jika harus ke kantor maka saya harus masuk kerja. Kerja dalam kondisi begini itu seperti uji nyali harus berani namun tetap waspada dengan memperhatikan kelengkapan sesuai aturan.


PSBB di kota cimahi, tetap bekerja saat PSBB


Tetap Masuk Bekerja Saat PSBB di Kota Cimahi


Awalnya saya kira PSBB hanya ada di Jakarta namun ternyata Cimahi dan Bandung juga melakukan PSBB.

Lalu apa saja yang perlu saya persiapkan menjelang PSBB di Kota Cimahi? beberapa hal yang saya persiapkan diantaranya :

😷 Menggunakan Masker

Aturannya memang diwajibkan keluar rumah menggunakan masker. Meskipun saya juga ke kantor pake mobil tapi tetap saya menggunakan masker.

👉 Membawa Surat Keterangan Perusahaan Beroperasi

Jaga-jaga takut ditanya ngapain saya keluar sesuai dengan anjuran dari atasan melalui email maka saya membawa surat keterangan jika perusahaan tempat saya bekerja masih beroperasi selama pandemi corona ini.

Untuk pengajuan dispensasi tetap beroperasi, hal ini didapatkan dengan mengajukan ke siinas.kemenprin.go.id. 

surat keterangan beroperasi saat PSBB


👌 Membawa Id Card Karyawan

Selain surat keterangan beroperasi, juga diwajibkan agar karyawan membawa id card. Maka dari itu saat saya baca email tersebut saya langsung masukkan ke dalam tas biar ga lupa hahaha.

Pengalaman Tetap Bekerja Saat PSBB 


Dengan mempersiapkan ketiga hal ini, saya masih cemas takut gimana-gimana hahaha. H-1 sebelum PSBB saya sudah melihat beberapa tugas sedang mendirikan tenda untuk check point.

Jeng...jeng...hari H PSBB dimulai, pagi itu saya rasa kendaraan udah mulai sepi. Bisa dihitung jari, mobil yang lalu lalang cuman berpa biji kalau sepeda motor cukup lumayan tapi saya sudah tidak melihat yang saling berboncengan.

Saya sempet mikir lah ini ga dicek nih saat melalui pos cek point, padahal saya sudah menjalankan pelan mobil. Yang diberhentikan adalah mobil yang terlihat drivernya tidak menggunakan masker. Maka PSBB hari pertama aman.

Bagaimana dengan PSBB selanjutnya yakni bertepatan malamnya itu akan munggahan. Nah ini dia seru ceritanya. Pagi hari masih tetap sama tidak ada pemeriksaan di cek point. Namun saat sore hari saya pulang kantor sekitar pukul 16.00 wib wuih macetos nommos.

Karena di cek point kab. Bandung Barat, banyak polisi serta petugas medis yang memberhentikan mereka yang berboncengan bahkan ga pake helm.

cek point PSBB Bandung barat


Ckckckck..marahin aja dah Pak udah tahu PSBB tapi ada saja warga yang bandel udah ga pake masker boncengan 3 dong. Saya ketawa cekikikan aja menyaksikan mereka ditunjuk, diberhentikan petugas.

Tak disangka saat PSBB hari ke-2 itu saya juga akhirnya kena juga diberhentikan. Petugas di cek point meminta saya buka kaca karena mengecek siapa saja yang ada di mobil setelah itu diukur suhunya barulah saya diperbolehkan jalan.

Dan hal ini berlaku hingga PSBB hari selanjutnya, setiap memasuki kota Cimahi maka saya diberhentikan cek suhu dan cek penumpang di mobil.

Berhubung rumah saya di Cimahi dan kantor di Kab. Bandung Barat maka ya kena juga deh.

FYI, untuk pengendara motor selain wajib pake masker juga diwajibkan menggunakan sarung tangan karena ada beberapa cerita yang kena teguran karena hal ini.

***

Semoga dengan cara ini bisa menghentikan penyebaran virus corona, buat yang bekerja seperti saya harus jaga kesehatan yah. Jangan lupa persiapkan sebelum berangkat kerja prosedur yang harus dijalani.

Demikian temans, cerita saya yang masih masuk kerja saat PSBB. Semoga bisa bermanfaat yah!



29 వ్యాఖ్యలు

  1. Sama nih mba, kami di Sumbar juga berlaku PSBB. Dampak paling terasa adalah aturan duduk di mobil saat ke kantor.

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  2. Semoga dengan diberlakukannya PSBB bisa menghentikan penyebaran virus ini dan kita bisa hidup normal kembali. Aamiin...

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  3. Semoga PSBB makin meningkatkan kita untuk disiplin, ga bedegong kek yang naik motor itu.
    Tetep semangat meski masih kerja ditengah suasana kurang bersahabat.
    Bersyukur aku masih bisa menikmati bekerja di rumah aja.

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  4. Tetehhhhh pelukkkkk. Semoha teteh disehatkan ya dan dijaga. Semangat terus Teteh kerjanya. Semoga virus coronanya cepet pergi ya. Aku juga kangen nih pulang ke Bandung

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  5. Semangat mba.. Ttp jaga jarak dan patuhi protokol yaa..
    Semoga sehat2 kita semua dan pandemo segera berlalu

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  6. Semangat mbak, sehat2 selalu ya. Suamiku di Surabaya juga masih kerja di kantor meskipun nantinya akan PSBB. Semoga kita semua diberi kesehatan ya dan semoga pandemi ini cepat berakhir.

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  7. Bundaa, aku juga bawa surat kerja bun. Tapi udah lecet nih di tas. hahaha/ Tapi ya semoga kita berdoa tetap sehat ya bun. Jangan nangis ya bun. Ada aku di Jakarta (nggak ada hubunganya ya)

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  8. Semoga selalu sehat ya mba meskipun harus terus bekerja di luar rumah saat PSBB gini. Jangan lupa selalu pakai masker dan jaga pola makan agar tidak mudah terserang sakit.

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  9. Waaaah, ternyata selain selalu memakai masker, Mbak Herva kudu wajib bawa surat keterangan perusahaan beroperasi ya :D Siapa tau diberhentikan polisi jadi bisa menunjukkannya. Tetap semangat dan berdoa yang kenceng semoga mbak sekeluarga senantiasa dilindungi Allah SWT aamiin :D

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  10. Jadi berasa ribet dan cemas kalau mau ke luar rumah apalagi masih harus ngantor, ya. Tetapi, ya demi kebaikan bersama. Sehat selalu ya, Mbak :)

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  11. PSBB malah bikin macet, ya. Semoga ini cuma sementara dan bikin orang2 cuma keluar untuk urusan yang sangat penting

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  12. Suami juga masih kerja Teh , meskipun sesekali aja. Itupun prosedurnya melelahkan sekali, tapi ya gimana lagi wong udah peraturan. Kalau kepaksa harus keluar kota, lebih rumit lagi. Baik prosedur perjalanan, di kota tujuan sampai pas pulang ke rumah. Kadang dia capek banget itu karena capek sm prosedurnya. tapi gak bisa nolak kan. Sehat-sehat ya, Teh.

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  13. Tetap semangat mbak. Semoga pandemi ini cepat berlalu dan bisa ke kantor dengan tenang tanpa rasa was-was lagi

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  14. Di Jakarta pun masih banyak sebenarnya yang bandel walau sudah ada imbauan PSBB ini deh, Tangsel pun sama ada beberapa yang masih cuek deh. Kadang galakan yang dikasih tau ya.

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  15. Sehat-sehat selalu ya Herva, bekerja dalam situasi seperti sekarang ini memang riskan, tapi mau gimana lagi ya. Nggak mungkin juga kita berhenti kerja.
    Di Yogya, terutama di tempatku masih banyak yang ngeyelan nggak pake masker dan sarung tangan.

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  16. Alhamdulillah mbak Masi kerja soalnya aku udah lama gak kerja dirumah aja..hehe bagaimanapun juga tetap jaga kesehatan ya

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  17. Lagi PSBB tetap aja ya ada yang ga pake masker. Disini juga mba. Semoga pademi ini cepat brlalu ya. Supaya bisa normal kembali

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  18. Semoga di Batam nggak kena PSBB kalau kena sepertinya akan susah move on nih Batam. Dulu sebelum Corona saja laju pertumbuhan ekonominya hanya 2% terendah se-Indonesia dari yang dulu tertinggi se-Indonesia 7%. Nggak tau deh sehabis corona ini bagaimana nasib perekonomian di sini. Semoag kami baik-baik saja. Btw pengen nulis tentang kondisi ekonomi di kota saya ini tapi belum juga sempat.

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  19. Sabar ya mbak, tetap semangat, tetap jaga kesehatan. Semoga wabah ini segera berlalu, kita semua bisa kembali menjalani kehidupan yang normal tanpa was was lagi.

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  20. Ternyata banyak juga aturannya ya, harus pakai sarung tangan juga. Noted deh, siapa tahu Semarang nantinya juga bakal menerapkan hal serupa. Harus siapin dulu nih properti buat suami yang masih kerja di luar rumah

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  21. Kantor suamiku awalnya tetap masuk, lalu ada selang-seling, aehari ngantor sehari WFH. Terus sejak ada PSBB semua WFH. Apalagi di kantornya ada yang positif, (di ruangannya satu orang). Jadi deh sampai sekarang WFH
    Sehat-sehat dan tetap semangat ya Mbak Herva

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  22. Aku sungguh gapaham dunia luar, teh.
    Sejak dihimbau untuk WFH dan LFH, aku uda gapernah kluar rumah sama sekali. Bahkan untuk belanja sekalipun...yang belanjain, suami.

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  23. Idem dengan mba Lendy.
    Aku jarang banget ke luar rumah.
    Kecuali mendesak banget
    Yang belanja juga suami, hihihi.

    Di Balikpapanm, belum ada PSBB, yang ada, beberapa rute di alihkan untuk jam-jam tertentu.
    Lumayan, bisa mengurangi minat warga agar tidak tepe-tepe di masa corona ini.

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  24. Para pejuang rejeki keluarha moga tetap selalu dilindungin Aamiin. PSBB moga bisa membantu pencegahan penyebaran covid 19 ya mb

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు
  25. Waktu Jakarta PSBB kami yang dari Tangerang juga harus diperiksa Mba. Lalu untuk pemesanan taksi online ada kebijakan hanya bisa menerima max 2 penumpang per mobil.

    ప్రత్యుత్తరంతొలగించు

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun