Search

Begini Perasaanku Menonton "Rumput Tetangga"

Sebagai mamak yang senang dengan RANS, selain mantengin yucubnya saya ini juga suka mantengin isi IG-nya RaffiNagita1717. Bahkan sempat saya tulis tahun lalu jika saya suka banget sama Rafathar dan pas hamil anak kedua tuh demen banget nonton Rafathar.


Terlepas dari image ganjen, petakilan dan playboy cap kampak tapi bagi saya Raffi Ahmad itu sosok yang santun sama orang tua, sayang sama keluarga dan utamanya pekerja keras. Ga heran dengan apa yang ia dapatkan sekarang.

Bisnisnya banyak, multitalent juga dari nyanyi, ngelawak, mc, main alat musik sampe akting dilahap sama sosok Raffi ini. 

Nah ngomongin akting Raffi nih, saya sempet liat trailernya salah satu film dimana Raffi Achmad selain adu akting di film tersebut juga menjadi Execuive Producer film tersebut tahun lalu.

Judul filmnya Rumput Tetangga, sekilas liat trailernya menarik karena ada perubahan nasib gitu. Pemainnya sendiri selain Raffi ada Titi Kamal, Donita juga Gading Marten. 

Terus gimana isi filmnya?


review film rumput tetangga
credit from tribunnews



Review Film Rumput Tetangga


Pernah ga sih temans? pada satu kondisi merasakan iri hati melihat teman-teman yang dulunya biasa aja tapi keadaannya kini sukses. Misalnya ada yang udah sukses jadi pengusaha, jadi PNS pokoknya dari sisi materi yang terlihat tuh mantab sekali.



Sementara melihat keadaan diri kok begini sih? kok dulu saya kan lebih keren, lebih pandai tapi mengapa nasibnya cuman gini aja?

Nah....kalau ada yang merasa gitu mirip nih sama kisahnya Kirana dalam film Rumput Tetangga. Diceritakan Kirana ( Titi Kamal ) sebagai ibu rumah tangga dengan 2 anak bersuamikan Benjamin ( Raffi Ahmad) merasa minder dengan statusnya dan keadaan dirinya dibandingkan dengan teman-teman SMA-nya yang sukses seperti Diana ( Donita ).

Film ini tuh menurut saya memiliki banyak scene yang related banget sama kehidupan sehari-hari. Seperti judgement dari orang-orang yang kagak tahu apa-apa tapi langsung bikin kesimpulan sendiri.

Seperti saat Kirana dipanggil kepala sekolah kalau anak lelakinya prestasinya menurun drastis. Kepseknya yang diperankan oleh Nunung seolah meremehkan Kirana dengan mengatakan CUMA Ibu Rumah Tangga kan? 

Saya juga kalau diposisi Kirana dipojokkan gitu pasti akan merasakan ambyar hati hahaha ya ampun padahal di rumah juga ngerjain semuanya. Sedih, marah dengan penilaian orang lain yang memandang kalau ibu rumah tangga ga becus urusin anak.


Konflik dimulai itu waktu Kirana akhirnya memutuskan untuk datang ke acara reuni SMA-nya. dan bertemu dengan Madam Sri Menyan yang diperankan oleh Asri Welas. Disinilah akhirnya Kirana bertukar peran dengan Diana.

Awal pertukaran nasib itu, Kirana melonjak girang karena berlimpah materi. Tapi pada akhirnya dia ga nyaman dengan limpahan materi itu.

Adegan Kirana menangis ingat dengan keluarganya ditambah backsound Yang Kumau Gisel bikin saya juga sedih asli sedih banget. 

Saya merasakan banget apa yang Kirana rasakan pasalnya kalau saya keluar kota aja saya udah mikirin pagi ini anak-anak gimana? drama sekolahnya? makanya pas part Kirana nangis dan pengen balik ke kehidupan realnya saya ikutan nangis!

Sumpahhhh sedih banget...

"Disaat kita ga bisa ngedapetin apa yang kita inginkan dan kita ga pernah puas sama apa yang kita dapatein, kita cenderung akan nyakitin orang lain disekitar kita" Kirana - Rumput Tetangga

Diana diam-diam juga menginginkan kehidupan Kirana makanya Diana ga mau tukeran lagi sama Kirana.

Dan pas detik-detik terakhir yang menentukan apakah Kirana bisa balik apa ga ke kehidupan sebelumnya. Saya nangis lagi waktu Kirana bilang "Saya titip anak-anak, Diana" asli saya sampe nyesek.

Ibu yang udah mengandung melahirkan anak-anak yang lucu tiba-tiba harus diambil oleh orang lain karena keegoisan diri sendiri untuk bisa mendapatkan apa yang dulunya diinginkan.

Aktingnya Titi Kamal emang bagus banget jadi benar-benar yang ah pokoknya saya acungin jempol sama aktingnya :D

Jadi gimana endingnya? nonton sendiri aja deh. Saya kasih rating 10 deh, nih film bagus bener menurut saya yah! ga tahu juga kalau Mas Anang 😂😂.

Dari film ini saya belajar hal berikut :

Menjadi orang yang terus menerima keadaan diri. Bersyukurlah dengan kondisi yang dimiliki, mau susah atau senang jangan pernah menyesal apalagi sampai iri melihat kondisi orang lain yang lebih dari diri sendiri. Karena belum tentu diri ini bisa sanggup jalanin pada kehidupan orang lain.

Rumput tetangga memang selalu kelihatan lebih hijau, tapi saya ga pernah tahu bagaimana orang lain bisa sampai merawat rumputnya jadi terlihat hijau terus pasti ada usaha dan proses di dalamnya yang ga pernah saya tahu.

***

Well, temans baru kali ini saya nonton film Indonesia yang ceritanya simpel tapi ngena banget! Saya sangat merekomendasikan film ini buat temans nonton! Dari ketawa, sedih dan akhirnya ya begitulah pokoknya nonton deh!

Semoga bisa bermanfaat yah, udah lama banget saya ga nulis review film akhirnya nulis kembali dt awal tahun 2020 ini yeay!!

58 nhận xét

  1. Saya dong liat trailer film ini sejak kapan hari gitu, terus saya googling cari filmnya, etdah ternyata belum tayang, baru tayang sekarang-sekarang ini hahaha.

    Saya suka liat trailernya, related banget bagi banyak wanita zaman now, kayaknya wajib ditonton banget ya, biar kita tahu kalau rumput tetangga yang terlihat hijau itu, kadang karena pakai rumput sintetis yang tajam hahahaa

    Trả lờiXóa
    Trả lời
    1. emang mba Rey related banget sama kehidupan ini halah hahaha

      Xóa
  2. Aku suka gaya reviewnya mba,mengalir dan enak sekali dibaca,mengena juga. jadi ingin nonton dan penasaran

    Trả lờiXóa
  3. Aku belom pernah nonton ini, jadi kepengen nonton pas liat artikel kakak.. sama genre nya sih aku kurang gimana gitu tapi gaada salahnya ya dicoba nonton dulu hihi

    Trả lờiXóa
  4. Bagus ya filmnya. Jadi pengen nonton sendirian aja film ini hahaha. Egois deh. Tapi bener, rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau dan nyaman padahal belum tentu. Dan aku juga percaya setiap org punya masalah masing-masing kok. Makasih kak info filmnya, asli pengen nonton juga

    Trả lờiXóa
  5. Sempet nonton juga kemarin dan memang kisahnya aada lucu dan sedih juga. Bisa jadi pelajaran diri sendiri.

    Trả lờiXóa
  6. aku belum lihat film nya, karena bioskop bukan tempat yang wajar bagiku saat ini :'( susah soalnya gak bisa bawa anak, kudu nunggu anak gede dulu.

    tapi thanks review filmnya sister. Bisa membayangkan, kayaknya bakalan ikutan nangis juga kalau lihat film ini. karena dari beberapa scenenya kok kayaknya sama dengan kehidupan nyata para ibu rumah tangga.

    Trả lờiXóa
    Trả lời
    1. iya mba film yang related sama kehidupan nyata buat IRT banyakin bersyukur pokoknya hehhe

      Xóa
  7. Rasanya udah lama gak nonton film Indonesia di bioskop. Yang terakhir adalah Perempuan Tanah Jahanam. Terima kasih buat rekomendasinya ya.

    Trả lờiXóa
    Trả lời
    1. sama-sama mba, yang perempuan tanah jahanam aku belum nonton

      Xóa
  8. Cerita filmnya menarik banget. Sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Pasti banyak ngangguk-ngangguk nih kalau onton ini, hihi

    Trả lờiXóa
  9. Pas nonton trailernya sempet tertarik karena kok kayanya bakalan kece nih. Pas teteh Bela bilang abis nonton ini jadi banyak bersyukur, berarti ini filmnya sukses nyampein pesannya ya. Mariii kita tunggu tayang di Iflix :D

    Trả lờiXóa
  10. Wah, di era sosial media memang makin heboh dah merasa rumput tetangga lebih hijau. Lihat kiri kanan kok enak benar. Padahal kehidupan diri sendiri didambakan teman. Review yang menarik Mbak Herva bikin saya jadi penasaran dengan filmya:)

    Trả lờiXóa
  11. Wiih saya banget ini.
    Kayak Kirana, pernah mikir eh koq yang dulu waktu sekolah ranking-nya di bawah saya pada.sukses,.yah. Kalau berkarir kayak mereka harusnya saya bisa deh.


    Lalu habis itu istighfar dan sadar kalo totally kehidupan mereka sebenarnya tidak jauh lebih baik daripada saya, mereka juga punya aneka masalah. Ada yang single parent, ada yg belum kunjung ketemu jodoh, dll.

    Saya hanya terpukau sama hijaunya rumputnya. Padahal.rumput saya kalo dilihat dari tempat mereka juga sama hijaunya. 😂

    Trả lờiXóa
  12. Lihat judulnya tadi mikir, ini Rumput Tetangga tuh judul film..apa emang kehidupan orang lain? Wkwkwk. Ternyata beneran film, dan sedikit banyak emang sesuai dengan apa yang terjadi di kehidupan sehari-hari ya mbak.

    Trả lờiXóa
  13. Pas ditulis ada Donita di sana aku langsung nyari dimana dia, koq ga kelihatan. Hmm, ternyata paling depan. Pangling.

    Jadi bener yaa Teh pas hamil kesindiran Rafathar? pantesaan. Mirip si dedek sama abangnya kan, wkwkwkwk.

    *contoh komen gagal fokus *maapkeun

    Trả lờiXóa
  14. Waah jd pingin ngereview bbrp film indonesia yg udah ditonton yg meski temanya simple beberapa py makna yg dalem jg dah bahkan tonton-able buat anak2.

    Trả lờiXóa
  15. Mas anang said: Aku sih yes.
    Yak kamu masuk ke tahap selanjutnya
    Hahaha.. (apasih)
    Banyak pesan moral yang bisa di ambil ya mbak, gak sekedar film ecek2

    Trả lờiXóa
  16. Kisahnya simple tapi mengena banget karena itu seperti kisah nyata yang terjadi di kehidupan sehari-hari kita.

    Kadang suka ada rasa gimana gitu kalau lihat teman kita semakin wow dan sementara kita masih dibilang biasa saja, padahal pas di sekolah sering juara kelas.

    Penilaian tetangga juga macam-macam. Kalau kita gak bersyukur atas apa yang kita miliki, ya begitu, kita akan melihat rumput tetangga itu hijau dan milik kita gersang. Padahal, rumput tetangga yg hijau, kita gak tahu bagaimana perjuangannya.

    Trả lờiXóa
  17. Aku belum sempet nonton film yang satu ini mba.. jalan ceritanya oke jugaa yaa

    Trả lờiXóa
  18. Iya, kita sering membandingkan diri dengan orang lain dan mendadak merasa ngenes, hihi, Sawang sinawang ya kalau orang Jawa bilang

    Trả lờiXóa
    Trả lời
    1. betul mba padahal belum tentu yah posisi orang lain itu baik buat kita

      Xóa
  19. Titi Kamal dan Suami nya idolaque banget. Waktu itu ga sempet ke Bioskop jadinya ntar bakalan nonton film ini deh. Bener ya harus banyak bersyukur dan ga boleh iri dengan kehidupan orang lain karena kita ga pernah tau apa yang terjadi sesungguhnya heheheh

    Trả lờiXóa
  20. Saya nonton film ini waktu di dalam pesawat.
    Ngena banget temanya, problema yang sering juga menghinggapi diri saya. "Kayaknya, hidup dia enak betul ya? beda dengan saya"

    Nonton film ini, seolah diingatkan kembali, apa yang menurut kita enak dan nyaman itu belum tentu begitu pula yang dirasakan oleh yang menjalani. Jadi syukurilah hidup dan kondisi kita masing-masing

    Trả lờiXóa
  21. Wuih artisnya hebring semua yang main. Jalan ceritanya pun bagus nih, memberikan banyak insight tentang nilai kehidupan. Tak selamanya rumput tetangga yang terlihat ijo royo-royo itu bagus juga buat kita. Ternyata si pemilik rumput lebih seneng saat berada di rumah kita yang ga ada rumputnya tapi penuh dengan kasih sayang.

    Trả lờiXóa
  22. Aku belum nonton filmnya tapi baca reviewnya bagus juga ini ya. Tapi sebagai manusia biasa rasanya aku pun kalau lihat teman atau saudara yang sukses misalnya awalnya pasti terbersit "alhamdulillah dia sukses, insya Allah kita bisa lebih baik" kadang kalau sama teman juga kepo sik, hahahahhaaa...

    Trả lờiXóa
  23. Baca kalimat-kalimat awal di review ini, aku langsung ngerasa, ih kok aku banget sih ini! Hahaha. Kurang bersyukur emang ya *jitak
    Kebayang deh sedihnya pas scene inget anak-anak di rumah gitu. Huhu. Baca reviewnya kayaknya beneran bagus ya film ini :)

    Trả lờiXóa
    Trả lời
    1. iya ini versi review aku mba hahaha jadi kata aku bagus kalau kata orang B ya ga masalah

      Xóa
  24. duu udah lama gak nonton film dewasa di bioskop, anak ngintil melulu hihi
    hidup emang sawang sinawang ya, liat rumput tetangga suka terlihat lebih hijau, saya masih belajar terus bersyukur atas segala hal

    Trả lờiXóa
  25. Setiap ada rekomendasi film, aku langsung excited.
    Soalnya...hobi nonton, hehehe...
    Apalagi film yang dekat sama keseharian kita yaa..

    Trả lờiXóa
  26. jadi tukar nasib gitu ya. yak rumput tetangga memang menggoda. sebab orang kan hanya tau dan lihat enaknya aja makanya ingin rasakan hidup yg katanya 'enak' tersebut. film yg layak ditonton sekeluarga

    Trả lờiXóa
  27. Wah kelupaan mau Nonton film ini. Aku tungguin ada di netflix deh kalo gitu. Jadi penasaran nih abis dapat nilaj 10 sih. So relate ya Mba :)

    Trả lờiXóa
  28. Wahh judul filmnya keren banget rumput tetangga nanti coba ahh liat filmnya di youtube ada kan yah?

    Trả lờiXóa

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun