Search

Yuk Lebih Aware Dengan Mekanisme Kebersihan Menstruasi!

Membicarakan Menstruasi saya masih ingat betul waktu pertama kali mendapat mens pertama di bangku SMP kelas 3, rasanya bikin ga percaya diri. 

Pasalnya orang-orang di sekitar saya malah pada bully yang bikin saya ga suka. Apa coba yah pada aneh-aneh tahu ada yang dapat menstruasi pertama malah pada bully hahaha. Berbeda dengan mendiang Ibu yang mengetahui saya mendapat menstruasi pertama kali, beliau sampai melemparkan belanjaannya sambil berkata "Alhamdulilah anakku dapat haid".

Lantas hal berikut yang mendiang ibu lakukan adalah membantu saya terkait pemakaian pembalut serta cara membersihkan pembalut. Meskipun mendiang ibu memberikan informasi seputar menstruasi dan tata cara membersihkan pembalut sayangnya mendiang ibu tidak memberitahu perihal berapa kali seharusnya pembalut itu diganti saat menstruasi.

Lalu bagaimana? karena ketidaktahuan dan minimnya info yang saya dapat, dulu saya berfikir ganti pembalut ya saat mandi saja berarti pagi dan sore di rumah. Dengan mekanisme seperti ini tentu saja cara yang salah dan berakibat tembus ke rok sekolah alias bocor. 

Pengalaman ga enak ini pernah saya alami, memalukan sekali darah menstruasi bisa tembus sebelum jam pulang sekolah. Tidak mengenakan lagi dengan cibiran teman laki-laki mengetahui teman perempuannya tembus malah diledekin *hadeuh*.

Sejujurnya jika dulu saat datang menstruasi dan berada di sekolah, bikin mood saya jelek apalagi ga bisa banget ke toilet sekolah karena kondisinya yang miris banget. Jadi ganti pembalut juga saya hanya bisa di rumah.

Kondisi minim informasi seperti yang saya alami saat remaja ternyata masih juga dialami remaja putri sekarang. Menurut data, hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mengganti pembalut setiap 4-8 jam sisanya mengganti pembalut 2 kali sehari.

Sedih bukan ternyata masih banyak yang belum tahu seputar mekanisme kebersihan menstruasi.

webinar-hari-mentruasi

 

Ikutan Webinar : Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi 

Tanggal 27 Mei 2021 lalu saya mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi yang jatuh tanggal 28 Mei.

Sejujurnya saya baru tahu jika ada peringatan Hari Kebersihan Menstruasi yang dilaksanakan setiap tanggal 28 Mei. Mengapa harus tanggal 28 bulan 5, ternyata ada artinya yakni pada umumnya perempuan itu memiliki rata-rata siklus mentruasi 28 hari dengan periode kebanyakan adalah 5 hari.

Hayoh yang baru tahu siapa? melalui tulisan ini semoga temans yang belum tahu jadi tahu yah!

Acara webinar ini dilakukan live zoom meeting maupun di youtube Betadine Indonesia dari pukul 14.00 wib - 16.00 wib yang diikuti oleh 1000 perempuan Indonesia. Dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). 

Narasumber dalam webinar kali ini ada Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Spog (K), MPH, Anna Surti Ariani, S.psi. M.Psi dan Mada Shinta Dewi. Acara  sendiri dipandu host cantik Novita Angie.

Saya sangat antusias sekali menyimak materi yang disampaikan selama 2 jam ini. Masing-masing narasumber memberikan bekal informasi yang memberikan saya kesadaran ternyata Manajemen Kebersihan Menstruasi itu penting banget.

Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti menyampaikan bahwasanya penting sekali mengganti pembalut selama menstruasi sesering mungkin! Nah loh siapa nih yang biasanya ganti pembalut nanti-nanti aja? jangan zeyeng! 

Akibatnya sungguh mengerikan, sebagaimana yang disampaikan oleh Prof. Dwiana, apabila tidak sering ganti pembalut bisa berujung kepada masalah kesehatan loh.

Beberapa masalah akibat penjagaan kebersihan di masa mentruasi yang buruk diantaranya :

👉 Infeksi saluran reproduksi

👉 Infeksi saluran kemih

👉 Infeksi jamur

👉 Peningkatan risiko kanker serviks

Merinding yah temans dengar resiko yang ternyata ga bisa dianggap sepele seputar kebersihan di masa menstruasi itu. Lalu bagaimana dong cara menjaga kebersihan saat menstruasi?

Berikut cara yang bisa temans lakukan :

👌 Cuci bersih pembalut yang sudah dipakai lalu masukkan ke dalam kantong plastik

👌 Pembalut sebaiknya diganti setiap 4-5 jam sekali

👌 Buanglah pembalut pada tempat sampah

👌 Mandi 2 kali sehari untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh

👌 Apabila menggunakan pembalut cuci ulang, segera bersihkan setelah digunakan. Baik yang mengunakan mens pad, apalagi mens cup harus segera dibersihkan agar tidak menimbulkan infeksi!

👌Selalu cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah mengganti pembalut

Jangan lupa menggunakan air bersih yang mengalir untuk membersihkan area kewanitaan dan diingat agar membersihkannya dari arah depan ke belakang. Bila temans menggunakan cairan pembersih gunakan yang memiliki pH sesuai dengan vagina.

Tak hanya seputar cara menjaga kebersihan namun Prof. Dwiana memberikan informasi seputar fisiologi tubuh khususnya rahim serta bagaimana pencegahan kanker serviks!

Ah ini mengingatkan saya saat belajar biologi semasa SMA! menyenangkan sekali me-recall pelajaran yang pernah saya dapatkan. 

mekanisme-kebersihan-menstruasi


Dear Ibu Jangan Ragu Sharing Seputar Menstruasi Dengan Anak!

Peranan ibu dalam mengedukasi anak seputar menstruasi itu ternyata penting banget loh! Faktanya lebih dari 90% anak itu lebih mempercayakan kepada ibu dan gurunya sebagai sumber informasi.

Nah loh, berat yes?

Jangan sampai nih sebagai ibu, malah memberikan informasi yang mitos kepada anaknya.

So, gimana sih cara efektif biar bisa membicarakan seputar menstruasi kepada anak?

Narasumber kedua dalam webinar yakni seorang Psikolog yakni Mba Anna Surti menjelaskan strategi bicara tentang menstruasi. Ada 7 tips bicara seputar menstruasi kepada anak, diantaranya adalah :

💖 Bekali diri sebagai ibu yang paham tentang menstruasi, paham mitos maupun fakta seputar menstruasi.

💖 Bicara menstruasi tidak tabu karena hal ini penting untuk meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan generasi penerus bangsa.

💖 Lakukan pembicaraan menstruasi sejak ada tanda-tanda amal pubertas atau sebelumnya sehingga harus dilakukan secara berulang-ulang.

💖 Selalu bersikap positif karena isu pubertas termasuk hal sensitif.

💖 Melakukan pembicaran dengan banyak berdiskusi bukan dengan cara ceramah atau menasehati saja.

💖 Menjelaskan dengan konkrit bisa dibantu menggunakan alat peraga dan lainnya.

💖 Jangan lupa bagi yang memiliki anak lelaki, perlu juga untuk dibekali informasi seputar menstruasi hal ini agar mereka lebih menghargai perempuan. Jangan sampe terjadi bully kepada anak perempuan yang sedang mens seperti yang pernah saya alami.

Pemerintah Juga Dukung Manajemen Kebersihan Menstruasi

Melalui webinar ini, saya juga baru tahu ternyata pemerintah punya aturan serta program yang mendukung untuk kesehatan reproduksi remaja.

Rasanya kok kudet saya, kemane aje Mak? baru tahu tentang ini hahaha...

Adapun Pemaparan dari ibu Dwi selaku Kepala Bidang pencegahan dan Pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Prov. DKI Jakarta mengenai peraturan pemerintah tentang kesehatan reproduksi sudah tertuang dalam PP No. 61 tahun 2014, pasal 8 ayat 13, pasal 11, pasal 12 ayat 1 dan ayat 2.

Sementara itu beberapa program yang mendukung kesehatan reproduksi remaja diantaranya adalah 

👍 Dibentuknya UKS di lingkungan sekolah.

👍 Dibentuknya Posyandu Remaja yang memfasilitasi dalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber.

👍 Giat melakukan penyuluhan rutin terkait kesehatan reproduksi dan penyakit infeksi menular seksual.

👍 Vaksinasi HPV sebagai salah satu upaya mengurangi risiko kanker serviks.

***

betadine-hygiene-menstrual


Tak terasa waktu 2 jam berlalu, webinar sehat dan bersih saat mentruasi harus berakhir dengan pemparan dari Pak Adi Prabowo selaku perwakilan dari Betadine. 

Saat mentruasi risiko terkena infeksi akan meningkat oleh karena itu perlu perlindungan ekstra untuk mengatasi infeksi kuman dengan membersihkan area kewanitaan menggunakan antiseptik PVPI 10% sehingga mampu mengatasi gejala infeksi mulai dari keputihan, iritasi ringan, gatal hingga bau tak sedap.

Dan Betadine termasuk dengan antispetik yang bisa mengatasi gejala infeksi dan memiliki pH yang sesuai dengan area kewanitaan.

Hayo di rumahnya ada yang belum stock? kalau belum bisa nih beli di Shopee atau Tokopedia!

Well, temans demikian yang bisa saya sharing kali ini..semoga bisa bermanfaat yah! 

Terimakasih IIDN yang mengenalka saya untuk bisa ikutan webinar keren ini sungguh menjadi bekal bagi saya seorang ibu yang memiliki putra dan putri yang kelak menginjak masa remaja.





46 కామెంట్‌లు

  1. senang banget dapat ilmu banyak ya mba dari webianrnya, dan pastinya ini sangat bagus untuk mengedukasi kaum perempuan atau khususnya anak remaja yang baru mengenal menstruasi

    రిప్లయితొలగించు
  2. menjaga kebersihan pas lagi menstruasi itu emang wajib banget sih yaa, makanya aku selalu bawa pembalut beberapa di tas setiap bepergian, buat jaga jaga juga biar bisa ganti dan tetep bersih hihi

    రిప్లయితొలగించు
  3. haru benar - benar bersih memang ya mba dan anak - anak perempuan kita juga harus aware banget dengan masalah yang satu ini karena sangat penting

    రిప్లయితొలగించు
  4. sayangnya sih acaranya cuma menghadirkan pembicara dari pemerintah Jakarta aja. Padahal kan Indonesia luas, Molly yakin masih banyak sekolahan yang nggak memperhatikan ketersediaan wc dan uks yang mumpuni. hikz

    రిప్లయితొలగించు
  5. Betul banget, sejak mulai ada tanda² awal pubertas sebaiknya anak mulai diedukasi ya tentang menstruasi, supaya ketika sudah waktunya, anak nggak shock dan sudah paham.

    రిప్లయితొలగించు
  6. aku udah lama sih pakai cleansing wipesnya betadine teh, soalnya aku termasuk yang parnoan kalau pipis di tempat umum hahaa

    రిప్లయితొలగించు
  7. mba baru tau banget niih akuu.. kalau betadine punya beberapa produk khusus untuk perempuan. makasi buat tulisan dan ulasannya yaa.. besok2 kalau ke supermarket mau intipin deh produknya

    రిప్లయితొలగించు
  8. kalau punya anak perempuan tuh, memberi tahu perihal menstruasi ini jadi PR yang besar banget ya. semoga aku bisa jadi guru yang baik buat anakku nanti

    రిప్లయితొలగించు
  9. Sama, teh...
    Aku juga dapetnya pas kelas 3 SMP. Tapi pas dapet pertama kali, Ibuku sedang dinas nemenin Babe di luar kota. Jadi aku gak dapat edukasi yang bener mengenai menstruasi. Taunya dari majalah Gadis. Dulu langganan dan jadi sering baca kolom kesehatan remaja.

    రిప్లయితొలగించు
    రిప్లయిలు
    1. Bekal banget ya...teh.
      Webinar kali ini tuh beenr-bener sangat bermanfaat. Sampai acaranya gak kerasa lama dan materinya bisa buat bekal untuk membantu orangtua saat mengedukasi anak persiapan masa menstruasi.

      తొలగించు
  10. Infonya jelas banget deh. Jadi nggak bingung lagi ya kalo mau cari tau soal manajemen kebersihan menstruasi..

    రిప్లయితొలగించు
  11. Waah seru Teh jadi nambah ilmu baru yaa, dan setuju banget kalo edukasi mengenai menstruasi dan menjaga kebersihan area Miss V itu penting banget yaa

    రిప్లయితొలగించు
  12. kebersihan menstruasi ini penting banget ya buat semua perempuan karena menyangkutan kesehatan organ intim mereka yang wajib banget dijaga kesehatannya

    రిప్లయితొలగించు
    రిప్లయిలు
    1. ganti pembalut setiap 4 jam sekali ini penting banget dan perlu dibagikan informasinya ke semua wanita di seluruh Indonesia

      తొలగించు
  13. Iya tuh zaman dulu aku juga suka tembus dan malu banget sampai kudu ditutup jaket roknya. Makanya nih anak lelakinya jg aku kasi tau soal mens supaya kalau temennya ada yg mens dia bisa bantuin gk malah ngolok2 hehe
    Suka banget sama webinar edukasi2 gini yaa

    రిప్లయితొలగించు
  14. Woow, mens pertama kelas 3 SMP keren. Aku sungguh amaze loh mba. Artikel begini bermanfaat untuk bahas sama si sulung nih. Berhubung anak ku cewe dua-dua nya.

    రిప్లయితొలగించు
  15. Aku belum pernah coba rangkaian produk Betadine nih. Nanti mau coba ah buat sehari-hari, biar tetap bersih dan sehat :D

    రిప్లయితొలగించు
  16. Jadi sekarang tinggal pinter2 seorang ibu untuk menyentuh hati anak2 perempuan khususnya dan anak lelaki tentang edukasi MKM ini karena sangat sumber informasi yang pertama dan terpercaya sebaiknya dari Ibu.

    రిప్లయితొలగించు
  17. Oh ya, saya juga pernah memakai produk ini dan lumayan bagus. Menyegarkan area kewanitaan. Ternyata edukasi memang dibutuhkan ya untuk anak2 perempuan agar semakin bisa merawat diri.

    రిప్లయితొలగించు
  18. Makasih Bun informasinya. Memang ini info yang penting banget soal menstruasi, tapi masih banyak yang malu bahasnya Krn dianggap tabu.

    రిప్లయితొలగించు
  19. Pengalaman saat mengalami menstruasi untuk pertama kalinya ini memang seru ya. Untungnya ibuku sudah mengajari bagaimana kalau aku mulai menstruasi termasuk tentang bagaimana cara menggunakan pembalut dengan baik dan benar hehe..

    రిప్లయితొలగించు
  20. Aku baru tahu ada Hari Kebersihan Menstruasi dan ngertinya ya kemarin pas ikut Webinar. Rasanya gak sia-sia ikutan karena dapat ilmu banyak banget. Berguna juga buat diri sendiri dan anak-anak nanti

    రిప్లయితొలగించు
  21. Lucu juga ya, kok ya bisa ngebully orang yang sedang menstruasi. Bener-bener deh. Kalo sekarang jangam sampe deh ada menstruasi dijadi'in bahan bully. Kita yg pernah mengalami harus mampu nih menginfokan MKM kepada remaja putri, anak kita juga para perempuan lainnya.

    రిప్లయితొలగించు
  22. menjaga kebersihan dengan pembersih kewanitaan saat mens ini penting loh, apalagi edukasi untuk mengganti pembalut maks 4 jam sekali. tapi masih banyak yg kurang paham yaa

    రిప్లయితొలగించు
  23. saya awal mendapat haid waktu kelas 1 SMP, duh malu banget emang mbak, untungnya saya pernah dikasih tahu tentang haidh sama mama, jadi gak panik banget, cuma malu aja, mau bilang ke guru bingung ngomongnya, jadi saya diem aja duduk di kursi sampai selesai pelajaran heuheu alhamdulillah kampanye edukasi kebersihan menstruasi ini penting banget ya dan perlu dilakukan ke sekolah sekolah juga.

    రిప్లయితొలగించు
  24. Andai di bungkus pembalut dijelaskan juga tentang tata cara menjaga kebersihan selama menstruasi bakal lebih bagus. Info ini penting tapi bagi sebagian orang masih dianggap tabu. Mau cari info, maluuu ... Kasihan buat remaja yang baru mengalaminya.

    రిప్లయితొలగించు
  25. Manajemen Kebersihan Menstruasi harus terus digalakkan nih. Supaya para remaja putri gak waswas lagi di saat menarke dan menstruasi selanjutnya.

    రిప్లయితొలగించు
  26. Hehe iya dulu deg-degan kalau menstruasi pas di sekolah tuh takut tembus jadi bolak-balik mengecek rok ya, informasi kebanyakan dari teman jadi banyak yang kurang valid

    రిప్లయితొలగించు
  27. Sangat sangat penting menjaga kebersihan selama menstruasi. Jangan malas bersih beraih dan mengganti pembalut. Materi pembahasannya bagus nih mba

    రిప్లయితొలగించు
  28. Kebersihan saat menstruasi ini memang sangat penting banget ya mba. Apalagi buat remaja. Kadang suka inget masa pertama mens dulu.

    రిప్లయితొలగించు
  29. sepakat mbak, melakukan manajemen kebersihan menstruasi ini penting
    sebab ini juga berhubungan dengan kesehatan reproduksi perempuan ya mbak

    రిప్లయితొలగించు
  30. Manajemen kebersihan menstruasi memang sangat penting ya, tapi hal yang juga penting adalah memberikan edukasi sejak dini pada anak perempuan agar tahu cara menjaga kesehatan reproduksinya sejak sebelum mendapat menstruasi.

    రిప్లయితొలగించు
  31. Idem aku juga baru tahu kalau ada hari menstruasi sedunia mbak.
    Iya nih sebagai ibu memang nambah lagi tugasnya ya untuk mencari banyak info soal menstruasi supaya bisa diteruskan kepada anak2 supaya mereka memiliki pemahaman yang betul dan gak ada hoaxnya ttg menstruasi.

    రిప్లయితొలగించు
  32. webinar ini sangat bermanfaat untuk tidak hanya untuk ibu tapi juga wanita single kayak aku. Syukaaaa..

    రిప్లయితొలగించు
  33. seru ya kemarin tahu gimana caranya aagar bisa ngobrol masalah ini menstruasi sama anak
    apalagi anak perempuan ya? aku pikir pun anak laki ga perlu ternyat akudu tau juga apa itu menstruasi

    రిప్లయితొలగించు
  34. Edukaai kebersihan wajib banget nih...buat anak2 perempuan ..soalnya pasti cuma tahu pasang lembalut doank..abis itu sore baru ganti .

    Padahal semua menyangkut kesehatan reproduksi jangka panjang

    రిప్లయితొలగించు
  35. Ngeselin banget emang ya ketika di sekolah dulu anak cowok iseng ngeledekin gitu ketika ada temannya yang 'bocor'. Mungkin edukasi tentang menstruasi ini juga harus diberikan kepada semua anak, tak cuma anak perempuan aja gitu yaaa.

    రిప్లయితొలగించు
  36. Emang jaman dulu ngomongin hal sensitif kayak gini terasa memalukan. Beda sama jaman sekarang di mana anak lebih terbuka sama ortunya. Tinggal kita-kita aja sebagai ortu harus mengasah keterampilan berkomunikasi dengan anak.

    రిప్లయితొలగించు
  37. Iya saat haid kalau saya paling takut menghadapi teman-teman laki-laki yang bukannya menolong eh malah membully seakan-akan ibu dan saudara-saudaranya nggak pernah mengalami hal yang sama.

    రిప్లయితొలగించు
  38. penting banget menjaga kebersihan saat menstruasi mbak, apalagi kalau bisa sekarang ini ngomongin masalah haid bukan hal tabu lagi
    terutama sejak masih usia pubertas kalau bisa udah diajarin ke anak anak

    రిప్లయితొలగించు
  39. Menjaga pola kebersihan di saat menstruasi itu sangat penting banget ya, apabila tdk akan berdampak pada penyakit

    రిప్లయితొలగించు

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun