Search

Makanan Khas Daerah Majalengka

Makanan Khas Daerah Majalengka, Majalengka merupakan kampung halaman mendiang ibu saya. Saya sendiri cukup lama tinggal di Majalengka, menghabiskan masa kecil dan remaja di kota angin tersebut. Jauh sebelum adanya Bandara Kertajati, kota Majalengka termasuk daerah yang sepi bahkan akses untuk ke sana tidak semudah sekarang.

Banyak hal di sudut kota ini menyisakan kenangan-kenangan manis bagi saya. Meski tidak ada Mall, tidak ada hingar bingar namun justru hal ini yang mengukirkan jejak kenangan dalam ingatan.

Pemandangan alamnya masih terhampar luas sawah dan gunung, kecil saya sering naik gunung sekedar jalan-jalan atau kegiatan sekolah. Sarana transportasinya minim dengan batasan waktu menjadikannya lengang pada waktu tertentu.

Terbayangkan sepinya bukan? Tapi saya selalu suka meski terkadang jalan kaki adalah best effort untuk sampai ke tujuan. 

Namun demikian Majalengka selalu menjadi destinasi bagi siapapun termasuk saya karena di sini tak sekedar menyimpan keindahan alam namun juga kenangan eaa..

Tak kalah menarik dari keindahan alamnya, ada beberapa makanan yang menjadi ciri khas Majalengka. Nah kali ini saya mau berbagi beberapa makanan khas Majalengka yang saya pernah cicipi.

 

hampas makanan khas di Majalengka

Makanan Khas Daerah Majalengka

Ada beberapa makanan khas Majalengka yang masih terasa oleh saya kenikmatannya meskipun sudah lama tak pergi ke sana, diantaranya adalah :

🌷 Kecap

Berbeda dengan kecap si Malika itu, kecap Majalengka ini khas banget dan menjadi buruan untuk oleh-oleh khas Majalengka.

Konon katanya sudah diproduksi sejak tahun 80-an namun cita rasanya masih khas hingga kini. Saya pun masih inget dengan rasa manis dan gurihnya menambah selera makan. 


🌷 Hampas 

 

yang bisa ditemui makanan khas majalengka
cr: google

Pernah denger dengan makanan ini? saya menyebutnya hampas karena memang berbahan dasar dari sisaan kedelai pada pemrosesan kecap. 

Warnanya hitam pekat biasanya dimasak dengan cara ditumis ada rasa pahit sedikit kalau menurut saya jadi dulu saya ga pernah suka makan hampas bila disajikan menu masakan yang satu ini. 

Selain hampas kecap ada juga hampas tahu yang warna putih biasan disebut DAGE sama juga nih sering dimasak biasanya enak jika dipepes.

Ada yang sudah coba ini? di Cimahi sendiri rasanya ga ada yang jualan Hampas ini.

🌷 Gedong Gincu


 

buah mangga gincu merupakan makanan khas majalengka
cr : google


Ini dia makanan khas Majalengka yang menjadi primadona. Yass..mangga gedong gincu jangan ditanya soal rasa karena mangga ini memiliki rasa yang manis dan khas berbeda dari mangga lain seperti mangga harum manis atau cengkir. 

Buah mangga gedong gincu ini menjadi ikon untuk Majalengka. Pas banget memang karena di kota lain ga akan menemukan buah yang satu ini.

Waktu saya hamil Rayi (anak kedua), saya sampai sengaja pesan demi mendapatkan mangga gedong gincu ini langsung dari Majalengka. 

 

🌷 Tutut

 

mencari makanan khas majalengka
cr : google


Beralih ke makanan lainnya, di Majalengka itu kalau dulu di Pasar Mambo berjejer tukang jualan Tutut. 

Tutut ini hewan sejenis keong yang biasa didapat di sawah. Biasanya dimasak dengan bumbu kuning dan kuah pedas. 

Cara makannya juga unik, bibir harus maju ke depan alias monyong untuk menyedot isi daging tutut ini. Saya sendiri paling males kalau nyedot jadi biasanya dibantu pake tusukan biar memudahkan mengambil dagingnya.

Lagi-lagi saat hamil Rayi, saya ngidam makan Tutut ini 😂😂 untungnya mendiang ART punya anak yang suka ngambilin tutut akhirnya kesampean bisa makan tutut sepanci besar. 

 

 🌷 Opak Ketan

Nah salah satu makanan khas yang hanya saya temukan di Majalengka itu ada namanya opak ketan. Rasanya ada yang manis dan ada yang gurih, saya pribadi lebih suka opak ketan yang rasanya manis. 

Manisnya itu pas pokoknya beda dengan opak singkong lainnya. 

***

Nah temans, itu dia beberapa makanan khas yang hanya ada di Majalengka yang masih saya ingat sebenarnya masih banyak lagi hanya saja sudah tidak pernah saya jumpai kecuali saya mudik ke Majalengka.

Ada yang sudah mencoba salah satunya? coba yang mana yang temans sukai?




7 ટિપ્પણીઓ

  1. Ya Alloh, mangganya cantik, pake gincu sih ya, hihi...

    Opak tuh kyk kerupuk kan ya, mbak?

    જવાબ આપોકાઢી નાખો
  2. Mauuu gedong gincu. Dulu pas baru muncul, mahalnya ampun. Dibelain beli sebutir, saking penasaran kayak apa rasanya...😆😆

    જવાબ આપોકાઢી નાખો
  3. Suamiku dari Majalengka, Mbak... Paling favorit sih mangga gedong gincu lah. Bener, kayaknya ngga ada di daerah lain, yaa..

    Tapi aku belum pernah nyobain kecap sama hampas ih.. Belum pernah nemuin bahkan. Di rumah mertua ngga pernah ada makanan itu. Kalau opak ketan mah ada.

    જવાબ આપોકાઢી નાખો
  4. aku penasaran sama kecap nya, karena jarang jarang ada kecap khas dari suatu daerah yang bisa dijadikan referensi oleh oleh.
    kalau dikotaku, sebagian besar hampas kedelai baik kecap atau tahu dibuang mbak, kalaupun di buat pepes tahu, biasanya dari tahu yang masih asli

    sebutan tutut ini untuk beberapa daerah di kotaku masih ada mbak, dan ada juga yang masak ini. dulu waktu aku kecil suka makan keong yang di goreng kering, tapi sekarang kayaknya udah ga doyan

    જવાબ આપોકાઢી નાખો

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun