Search

Hal-Hal Yang Bikin Bertahan di Kantor

Hal-Hal Yang Bikin Bertahan di Kantor, pernah ga dapat pertanyaan itu? apa sih yang bikin kamu betah di kantor sekarang?

Sejujurnya saya ini memang tipe pekerja yang malas move on, alasannya sederhana kok karena saya malas untuk memulai kembali dari nol padahal peluang di luaran sana lumayan banget untuk menambah pundi-pundi emas berlian 😂😂😂.

Memang ga ngiri sama teman-teman seumuran yang saat ini posisinya sudah jadi Manager di perusahaan bonafit?

Ngiri? nganan kali ah..yah kalau ngiri dikit mah ada yah manusiawi bukan? punya perasaan dih kan kemampuan saya lebih dari dese kok iso sih dia udah begini begitu?

Tapi itu dulu, saat saya masih belum jadi duta sampo lain 😋

Ngomongin hal-hal yang bikin bertahan di kantor saat ini, saya punya beberapa alasan sih yang ingin saya bagikan dalam tulisan kali ini.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk tetap bertahan, alasan untuk bertahan di kantor



Hal-Hal Yang Bikin Bertahan di Kantor


Status saya yang kini beranak 2 disertai dengan usia yang sudah tidak lagi muda membuat saya punya banyak pertimbangan untuk melangkah lebih jauh dan berusaha bertahan di kantor.

Nah, berikut beberapa alasan saya tetap bertahan di kantor :

💗 Jarak Kantor - Rumah Dekat


Saya sangat mensyukuri diberikan pekerjaan di kantor yang jaraknya deket banget. Kalau saya ngebut 8 menit sudah sampai paling lama 30 menit sampe kantor karena jajan sarapan dulu, jalan santai dulu.

Pulang sampe rumah ga terlalu malam, jadi setiap magrib saya punya rutinitas solat magrib & isya bareng anak-anak.


Bisa menemani anak sulung belajar, hafalan Quran serta mendengarkan curhatan mengenai kegiatan sekolahnya, teman-temannya. Lalu makan malam bersama dan pillow talk.

Jadi, bila ada yang bilang ibu bekerja cuman ada waktu membersamai anaknya pas weekend saja! saya bilang "Hentikan Marimar" buktinya saya masih bisa menciptakan kualitas waktu sama anak-anak.



💗 Atasan Yang Ga Rewel

Selama bekerja di kantor yang sekarang, saya sudah 2x ganti atasan. Thanks Lord, atasan saya bukan atasan yang rewel, galak, kaku pokoknya hempas semua yang bikin makan hati hahaha..

Turut prihatin sama beberapa karyawan resign karena masalah GA KUAT sama atasan. Bahkan yang saya suka, atasan saya tahu selain jadi HRD dengan posisi Recruitment & Assessment, saya ini BLOGGER.

Waktu saya izin ke Kuala Lumpur dan Bangkok karena menang lomba blog, atasan happy banget! padahal saya ga ngasih oleh-oleh wkwkwk..


Lebih dari itu, yang bikin saya bertahan adalah saat saya bilang " Pak, saya izin pulang setengah hari karena anak saya sakit" atau "Pak, saya ga masuk yah karena ART saya sakit atau anak saya sakit"
Beliau jawab : "Ga papa Herva, keluarga nomer satu"!

Bahkan jika saya ada dinas luar kota, pertanyaan pertama yang beliau berikan adalah "Sudah izin suami?, anak-anak ada yang jaga?"

Barangkali ga semua atasan semudah ini dan memikirkan kondisi bawahannya terlebih adalah bawahannya Emak-emak rempong cem saya.

Maka point kedua yang bikin saya betah adalah atasan!

💗 Aturan Kantor Yang Fleksibel

Dulu saya kerja dimana aturannya jam 8 teng kudu masuk karena setelah itu ada kegiatan menyanyikan mars terlebih dahulu. Telat 5 menit diam dulu di pos security dan nama serta posisi tercatat dalam buku hitam LOL.

Kini di kantor sekarang, telat 30 menit ga masalah yang jadi masalah cuman jadi bahan ghibahan doang wkwkwk..

Dan absensi di kantor ini minimal 4 jam untuk terhitung hadir. Sebagai emak-emak yang punya 2 anank, ini ga bikin beban untuk saya apalagi setiap hari kadang ada drama kumbara dari anak-anak yang tidak terdugong.

Namun tentu saja meskipun aturan kantor yang ga saklek, saya tetap harus disiplin jangan sampai ditiru oleh karyawan lain. 

💗  Gaji Yang Lumayan

Ga munafik juga, pertimbangan faktor gaji yang lumayan membuat saya betah di kantor sekarang. Apalagi jarak tempuh yang dekat dari rumah.

Saat ini memang saya dan suami bersatu teguh untuk saling support demi membangun rumah tangga kami xixixi. Jadi bekerja bukan menjadi me time tapi karena butuh gaes! hahaha..

Mengingat posisi saya saat ini dengan gaji lumayan, saya sangat bersyukur sekali. Nikmat mana lagi yang harus saya dustakan. Alhamdulilah

💗  Malas Tes Kerja Lagi

Waktu atasan bilang kondisi perusahaan sedang goyang, betapa sedih hati ini. Terlebih atasan memberikan kebabasan untuk saya mencari yang lebih baik lagi.

Saya pun galau, sempat mencari-cari namun saya sudah LETIH untuk melakukan proses awal lagi yakni tes kerja. Jadi pelamar yang digantung belum lagi biaya yang harus saya keluarkan untuk ikutan tes kerja di tempat lain.


Terlebih juga usia saya sudah tua, diambang batas maksimal untuk melamar satu posisi. Lamar posisi yang dibawah ga masuk karena gajinya udah diluar budget, lamar posisi yang atas belum matang juga karena ga kaya pengalaman.

Akhirnya bikin saya malas untuk memulai dan membuka lembaran lagi yang baru. 

***

Sejujurnya jika dari lingkungan rekan-rekan kerjanya sih ga sesuai dengan saya. Beda dengan lingkungan teman yang dulu. Hanya saja 5 point diatas, lebih berarti dan membuat saya akhirnya bertahan hingga kini.

Pastinya tiada yang sempurna di dunia kerja, ada yang enak satu sisi adapula sisi ga enaknya. Yang penting adalah diri kita sendiri untuk tetap bekerja dengan baik.

Temans, demikian yang bisa saya share kali ini. Temans apa saja nih yang bisa bikin bertahan di kantornya? yuk sharing!

31 تبصرے

  1. semua itu juga alesanku stay di kantor ini.
    berikut kisah horor yang diupdate setiap malem jumat sama temen2 yg bolong rasa takutnya di sini --"

    جواب دیںحذف کریں
  2. Semuanya ada di aku banget saat ini Bunda hehe, setiap hari pp kosan-kantor, jalan kaki, selain deket, nyaman dan aman juga buat pejalan kaki. Bos, jauh dari rewel, tipe yang ngedevelope banget, cocok sama aku yang veteran fresh graduate. Wkwk.

    جواب دیںحذف کریں
  3. Mbak, kok kita samaan sih.

    Saya udah pindah beberapa kantor. Dari semuanya, kantor sekarang yang paling santai bohai. Ijin keperluan apapun gampang banget. Macem perusahaan punya sendiri aja. Yang penting kerjaan beres. Kalo yangs ebelumnya mah boro-boro ijin. Cuti aja ribet banget. Ngisi formulir, minta ttd sana-sini. Belum nunggu approval. Hadehhh..

    Memang sih ada beberapa kekurangan. Tapi kan kita gak bisa menutup mata dengan semua kelebihan yang belum tentu bisa kita nikmati kalo pindah kantor lain.

    Masalah rejeki mah disyukuri aja. Kalo bandingin gaji temen di kantor lain yang ada nyesek. Wkwkwkwk

    جواب دیںحذف کریں
  4. aq jarak rumah ke kantor jauh teh, tapiii bos gak rewel, aturan kantor flexible, gaji oklah dan punya temen kerja yang asiek jadi alhamdullilah betah deh

    جواب دیںحذف کریں
  5. cuma 1 hal yang bikin saya bertahan di kantor mbak, yaitu kedinasan. kalo ga ngantor, nanti ga makan, hahaha...

    ngebayangi atasan mbak gitu enak banget ya serba fleksibel dikasih banyak kemudahan

    جواب دیںحذف کریں
  6. Kembali juga pada pribadinya, pribadi yang jeli mencari kenyamanan dibanding kelelahan bekerja. Apalagi seorang wanita, yang pulang kantor harus pula jadi ibu rumah tangga. Salut!

    جواب دیںحذف کریں
    جوابات
    1. ah makanya kalau jarak kantor dan rumah dekat, rasanya gak terlalu capai di jalan dan bs bertemu anak untuk lepaskan penat.beli makanan jd ajah biar gak masak

      حذف کریں
  7. Ya ampun mba, ini tuh kayak kantorku dulu, jarak dari rumah ke kantor cuma naik angkot sekali, bayar 3000, tapi sayang aku resign dan menikah. asli enak banget kerja kantor deket, tapi emang gajinya ga gede, lumayan bisa nabung mah kalo deket yah.. tinggal bawa bekel dan kurangin jajan

    جواب دیںحذف کریں
  8. Alasan2 yang sama bikin ku bertahan di kantor, kecuali tempat, hihii tempat kerjaku jauh2 soalnya. Yang jelas buatku Nyaman, baik sama Pak Bosnya ato lingkungan kerjanya itu yang terpenting.

    جواب دیںحذف کریں
  9. Syukur ya teh dapat bos yang perhatian gitu ya dan kalau ijin gampang ya. Allhamdulillah rezeki itu ya Teh. Jujur ya Teh, aku itu salut lho teh ama ibu2 bekerja yang ketika pulang bekerja atau hari libur, merekalah yang langsung mengambil pengasuhan anaknya dari ART ke kembali ke mereka. Karena sering aku lihat dan denger cerita dari ART klo majikannya pulang kerja dan hari libur tetep ga mau megang anak. Mungkin karena udah capek kali ya. Aku mah ya klo dicurhatin ART ttg majikanya bgtu k anak mereka. Aku iyah2hin aja dengerin. Aku ga mau ngeghibah soalnya 😂. Makanya aku salut ama teteh.keren😘. Teh ngomong2 ini ganti template kah? Perasaan dulu templatenya ga begini. Atau cuma ganti header doang? Banyak nanya aku ya efek perhatiannya ini 😂

    جواب دیںحذف کریں
  10. sama teh, saya tu males move on juga, rasanya male mulai dari nol. Tapiii... ada tapinya juga, kalau ngantornya nggak nyaman dan nggak manusiawi akhirnya cari baru deh.
    Nah, setelah itu saya dapat kerjaan dan awet karena beberapa itemnya juga samaan kita : jarak dekat, atasan baik, rekan juga nyaman, soal gaji bisa jadi nomor sekian.

    جواب دیںحذف کریں
  11. Aku tuh termasuk orang yang awet bun kalau bekerja di suatu kantor. Malas aja sih harus beradaptasi lagi dengan suasana baru. Bikin capek. Ga tahu lagi kalo ntar ntar :D

    جواب دیںحذف کریں
  12. aku tuh sebenernya sukaaakk jadi working mom, bisa bergaul dgn banyak orang, dll.
    Tapii ga tau nih, belakangan ini kok jadi freelance blogger dan IRT doang :)

    جواب دیںحذف کریں
  13. + teman kantor rasa keluarga. Itu dambaan banget ya mbak. Ahaha. Tapi aku orangnya nggak betahan jd dulu jamannya kerja, sering pindah-pindah, dan sekarang malah nyaman jd emak-emak yang momong anak di rumah

    جواب دیںحذف کریں
  14. Duuh atasannya oke banget mbak..auto teringat si Dominic Toreto yang seorang family man hahaha. Salut buat Mbak Herva yang masih bisa kasih quality time buat anak2 dengan double status as ibu sekaligus ibu bekerja. Bersyukur banget banyak hal yang mendukung sampai tercipta kondisi seperti ini yaaa... Dan plusnya lagi, Mbak herva juga tetap bersyukur dengan hal-hal yang mungkin terasa kurang ideal bagi Mbak Herva. Saluut.

    جواب دیںحذف کریں
  15. aku termasuk yg ga kuat bertahan di kantor, karena keburu dipinang suami dan pindah ke luar kota :D
    disuruh kerja lagi udah kepalang mager jadi ibu rumah tangga hahaha

    جواب دیںحذف کریں
  16. Saat masih ngantor dulu, aku termasuk orang yang enggak gampang menerima keadaan. Ketika keadaan di kantor sudah tidak terasa membangun semangat dan materi, pasti aku hengkang. Hehehe... yaaa masih usia 20an kan biasa gitu, gampang capcuz cari kerjaan lain.
    Begitu sudah masuk usia 30an, udah mulai sabar dan menerima kondisi. Meski tak pernah menemukan kantor yang benar-benar bikin kerasan. At least, dengan menyukai pekerjaan yang dilakukan, bisa jadi modal banget untuk bertahan.

    جواب دیںحذف کریں
  17. Alhamdulillah Mak, dpaat kantor yang dekat rumah dan bos yang baik itu patut disyukuri, biasanya orang ngantor itu waktunya abis di perjalanan saking jauhnya, kayak aku dulu Jakarta Bogor hehe

    جواب دیںحذف کریں
  18. setuju banget sama alasan-alasannya
    aku juga males ngelamar kerja di tempat lain karena alasan-alasan itu..
    ditambah...rekan-rekan kerja sesama emak-emak yang cocok dan se-frekwensi :)

    جواب دیںحذف کریں
  19. Dulu waktu masih kerja, salah satu yang membuat saya betah dan gak mau pindah yaitu atasan yang pengertian, teman yang asyik dan gaji yang lumayan.
    Alhamdulillah pak bos ngerti banget posisi saya sebagai seorang ibu. Beliau ngerti banget kalau saya gak bisa kerja karena anak sakit atau pengasuh anak gak masuk.
    Tapi lama-lama saya juga jadi gak enak hati, waktu terakhir gak dapetin pengasuh sampai seminggu lebih, akhirnya saya putuskan untuk resign. :)

    جواب دیںحذف کریں
  20. Kalo punya atasan dan teman kerja yang kooperatif dan mau maju bersama itu surga banget ya buat par staffnya.

    جواب دیںحذف کریں
  21. Yang bikin saya betah di kantor itu kalau bisa internetan dari komputer dan bebas merdeka buka kapan saja haha. Tapi tetap saja ada rasa nggak enaknya.

    جواب دیںحذف کریں
  22. Gaji kalau aku huhuhu. Kadang nyesel pergi resign kalau inget gajinya gede
    Tapi gpp wes sekarang ngedoain mak hr mak herva saja biar betah di kantor :*

    جواب دیںحذف کریں
  23. Wah, sepertinya kantornya idaman banget mb...hihi..kalau saya bertahan di kantor karena saya suka dengan pekerjaan saya, dan suka terima gajinya..hihi...

    جواب دیںحذف کریں
  24. Aku banget nih sekarang, biarpun cuma freelance dan darang seminggu 3 kali. Tapi ku sudah merasa nyaman banget.

    جواب دیںحذف کریں
  25. Ahaha kalau ku lihat aku no 1 mungkin gaji yang lumayan, kedua lingkungan kerjanya ya termasuk bos dan teman yang enak. Trus kerjaannya enak dan mudah hihihi
    Idealnya gtu yaaaa. Udah deh males pindah2 kyknya kalau ketemu 3 itu

    جواب دیںحذف کریں
  26. Kalau lihat rumput tetangga memang nggak ada habisnya, Teh. Tapi dengan semua yang sekarang sudah digenggaman, rasanya kok ya udah nyaman aja. Mungkin suatu saat nanti, Kalau Teteh butuh "tantangan" baru akan tergerak lagi. Gak masalag menurutku. Sekalian nunggu anak-anak lebih mandiri.

    جواب دیںحذف کریں
  27. Aaakkk, sama Mbak. Saya pun tipe yg malas memulai dari nol lagi. Malas beradaptasinya siiy. Yaaa walaupun dighibah ama bbrpa orang krna sering telat datang tp sudahlah tebalin kuping aja, laah Pak Boss jg pengertian kok, Alhamdulillah. Makanya bertahan aja kemarin sampe closing project. Walau bbrpa kali sempat ingin resign aja sih, tapi bertahan demi kebutuhan juga, hihiih ini kok jadi curcol, maafkan 😂

    جواب دیںحذف کریں
  28. wah itu atasannya baik dan perhatian banget, Teh Bella. Sebelum berangkat kudu dapet ijin suami dulu. keren deh. Mana ada bos sampai segitunya. (itu ada deee di kantornya Teh Bella.. xixixi)

    جواب دیںحذف کریں
  29. Dulu aku pernah memiliki alasan bertahan di kantorku sampai 7th haha. Padahal bos gak enak, temeb kerja berkoloni gitu, alasanku karena butuh uang buat kuliah dan sekolah adek

    جواب دیںحذف کریں
  30. teganya ga kasih oleh-oleh buat atasan, haha...
    kalau di mantan kantorku ya teman-teman kantor yang membuatku bertahan nunggu kontrak selesai meski ku ingin banget resign. Sampai sekarang pun kami masih kontak. Mereka ga pernah absen vidcall tiap kali aku ultah. Ooooh I love you, auditees

    جواب دیںحذف کریں

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun