Search

Yuk Kenali Cara Pengobatan Kanker Payudara!

Apa kabar temans semua? semoga masih dalam keadaan sehat yah dan mampu bertahan ditengah kondisi pandemi ini. Kali ini saya mau bagikan ini informasi terkait penyakit kanker payudara.

Penyakit kanker payudara sudah tidak asing lagi di telinga saya. Dulu saat saya masih kecil, tetangga saya terkena penyakit kanker payudara ini sayangnya tidak dapat tertolong hingga akhirnya mendiang meninggalkan ke-6 anaknya yang masih kecil-kecil.


Pilu rasanya mendengar kabar kepergiannya disebabkan penyakit kanker payudara ini. Sungguh takdir berkata lain sementara pengobatan yang dilakukan kepada mendiang memang terlambat padahal kanker sudah memasuki stadium akhir.

Penyakit kanker payudara memang kerap terjadi pada wanita, menurut data WHO saja 1 dari 8 wanita terdiagnosa penyakit ini. Di Indonesia, penyakit ini setiap tahunnya menjadi penyebab kematian terbanyak bahkan setiap tahunnya terus saja bertambah.

Ngeri banget bukan? tapi apakah kanker payudara bisa sembuh? dan bagaimana dengan cara mengobatinya?




Mengenal Stadium Pada Kanker Payudara

Kanker payudara sendiri menurut informasi yang saya baca bisa diobati dengan beberapa metode. Nah pengobatannya ini tergantung dari jenis stadium kanker payudara itu sendiri.

Konon stadium ini menunjukkan seberapa banyak sel kanker yang ada di payudara dan penyebarannya. Berikut jenis stadium pada kanker payudara, diantaranya adalah :
  • Stadium 0
Pada tahap stadium 0 ini, kanker payudara masih dinyatakan bila sel kankernya belum berkembang dan belum menyebar ke jaringan sehat.
  • Stadium 1
Tahap ini merupakan tahap awal dari kanker payudara yang berpotensi menyebar. Ukuran tumornya masih kecil dan belum menyebar ke getah bening.
  • Stadium 2
Tahap ini dikenal dengan kanker payudara invasif, ukuran tumornya sudah lebih besar dan mulai menyebar ke getah bening akan tetapi belum menyebar ke bagian tubuh lain yang jauh.
  • Stadium 3
Pada tahap ini, ukuran tumornya sudah bertambah besar dan penyebaran pada getah bening sudah semakin banyak. Namun belum sampai ke organ tubuh yang lainnya.
  • Stadium 4
Tahap ini merupakan tahapan dimana sel kankernya sudah berkembang dan merupakan tahapan paling akhir dan bisa berakibat kematian seperti yang terjadi pada tetangga saya dulu. 

Sel kankernya sudah mulai menyebar ke organ tubuh penting lainnya seperti paru-paru, tulang, hati dan otak.

Cara Mengobati Kanker Payudara

Angka kematian semakin besar jika stadium kankernya sudah memasuki pada stadium 4 ini. Presentasi angka harapan hidupnya hanya sekitar 25% saja.

Meskipun demikian tentu saja perlu pengobatan agar bisa menghambat pertumbuhan sel kankernya. Umumnya pada penderita stadium 4 ada beberapa cara terapi hormon, kemoterapi, imunoterapi, terapi target maupun kombinasi dari terapi tersebut.

Bagaimana temans bisa mengetahui terapi yang harus dilakukan? tentu saja butuh konsultasi dengan dokter yang melakukan perawatan payudara.

Dalam prosesnya, tidak semua rumah sakit bisa menerima dan memberikan pengobatan ini kepada pasien kanker payudara. 

Saya jadi ingat adanya Perawatan Kanker Payudara di Malaysia, temans yang mau mencoba pengobatan di Malaysia bisa nih melalui Malaysia Healthcare.

Adapun beberapa layanan dari Malaysi Healthcare diantaranya :
💓 Memberikan rekomendasi rumah sakit terbaik di Malaysia
💓 Didukung tenaga medis profesional
💓 Mudah membuat jadwal kunjungan dokter dengan rumkit pilihan
💓 Memberikan estimasi biaya pengobatan dan perawatan
💓 Adanya layanan Malaysia Health care and greet service

Pinky Promise With Malaysia Healthcare



Memasuki bulan oktober sendiri, bulan ini merupakan bulan Peduli Kanker Payudara sedunia yang sudah ditetapkan sejak tahun 1985. Hal ini didedikasikan untuk membangun awareness betapa bahayanya penyakit ini

Dalam memberikan dukungan untuk penyintas kanker payudara, Malaysia Healthcare sedang mengadakan kompetisi di akun media sosialnya @medtourismmy.id  sebagai bukti kepedulian kita terhadap penyintas kanker payudara. 

Periode ini berlangsung dari tanggal 9-23 Oktober 2020 jadi jangan sampai ketinggalan ya temans untuk terus berikan dukungan terhadap mereka para penyintas kanker payudara. Semakin banyak yang ikutan semakin luas informasi yang disebarkan terkait penyakit kanker payudara ini.

Temans bisa cek ketentuannya berikut ini :




Demikian yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat yah. Jaga kesehatan dan sadari sejak dini, jangan anggap sepele penyakit ini.


27 nhận xét

  1. Wah.. jauh juga ya ke Malaysia.
    Tapi demi kesehatan, nggak apa-apalah.

    Tapi semoga jangan sampe kena lah penyakit kanker payudara ini, ngeri kali soalnya.

    Trả lờiXóa
  2. Sedih kalau ada keluarga kena kanker payudara. Apalagi terlambat penangannya sehingga stadium 4 dengan harapan hidup 25 persen. Mpo

    Trả lờiXóa
  3. Malaysia HealthCare memang totalitas banget yaaa
    Memberikan service terbaik untuk para customernya

    Trả lờiXóa
  4. Banyak yang bilang pengobatan di malaysia bagus ya mbak, selain pelayanan, fasilitas juga lebih lengkap jadi banyak yang melakukan pengobatan disana.. apalagi pengobatan untuk kanker payudara yang masih menjadi pembunuh terbesar ya mba

    Trả lờiXóa
  5. Salah satu penyakit pembunuh yg berbahaya banget T,T
    Moga kita dijauhkan dr penyakit ini aamiin
    Beberapa RS di Malaysia emang kyknya konsen ke pengobatan dan terapi kanker ya mbak?
    Katanya di sana lbh enak krn pelayanannya khususnya utk administrasi lumayan cepat dan gak berbelit2.

    Trả lờiXóa
  6. ikutan ah giveawaynya biar makin banyak yang sadar tentang kanker. terutama wanita sama kanker payudara ya. jadi ngingetin aku jarang banget sadari. tapi moga jauh2 dah

    Trả lờiXóa
  7. Malaysia, sudah lama saya dengar menjadi pilihan terbaik untuk berobat kanker payudara, Mbak.
    Oya, saya baru ngeh ada stadium 0. Kirain mulai dari 1.

    Trả lờiXóa
  8. Memang harus waspada menjaga kesehatan dan sadari sejak dini ya sebelum terlambat. Ngeri sekali penyakit ini. Ada temanku yang terkena kanker payudara, sekarang sudah sehat, tapi tetap pola makan selalu dijaga sampai sekarang.

    Trả lờiXóa
  9. Duh, penyakit yang bikin was-was. Karena perempuan suka lebih rentan kena kanker payudara. Tentunya jakau sampai kena inginnya mendapatkan pengobatan terbaik. Malaysia Healthcare ini bagus juga, ya

    Trả lờiXóa
  10. tulisannya sangat bermanfaat untuk semua perempuan di Indonesia, jadi tau cara pengobatan kanker payudara

    Trả lờiXóa
  11. Kanker payudara, jd inget tetangga saya. Btw,disini masih minim edukasi ttg kanker payudara padahal penting banget nih utk perempuan.

    Trả lờiXóa
  12. Beberapa orang di sekelilingku berpulang krn ini. Makanya aku termasuk gak main-main jaga kesehatan. Semoga kita semua diberikan kesehatan yg paripurna yaaa

    Trả lờiXóa
  13. Yah udah lewat ya, saya ketinggalan nih, padahal penting kampanyenya, seru juga pinky-pinky...

    Trả lờiXóa
  14. Kalau baru awal-awal kena...biasanya gak paham kalau initu kanker yaa, teh..
    Sampai besar juga seringnya denial.
    Seduh sekali kalau sudah masuk stadium lanjut.

    Trả lờiXóa
  15. Tahun kemarin aku ngikut tour hospital bareng Malaysia HealthCare. Mereka memang bener-bener fokus pada pengobatan yang nyaman bagi pasien. Namun keluarga pasien juga bisa mendampingi tanpa memikirkan hal rumit pengobatannya. Rumah sakit yang direkomendasikan pun juga memiliki tarif yang tetap, artinya nggak dinaikkan sesukanya

    Trả lờiXóa
  16. Ngeri juga ya kalau udah stadium 4. Harapan untuk hidupnya hanya 25% :((((

    Malaysia HealtCare peduli banget ya. Semoga bisa menjadi penolong bagi mereka yang terkena kanker payudara.

    Trả lờiXóa
  17. seingatku memang banyak yg merekomendasikan untuk berobat kanker di malaysia ya mbak, ternyata benar

    Trả lờiXóa
  18. Perlu deteksi dini banget ya mba, lebih care supaya bisa mengetahui dan mengatasi dengan cepat kalau gejala kanker payudaranya datang. Aniwei program seperti pinky promise ini bagus menurut saya mba jadi bisa memperbesar awareness ya.

    Trả lờiXóa
  19. Malaysia sekarang jadi jujukan orang Indonesia berobat ya Mbak, ngga kalah hits dengan Singapura tapi biayanya lebih terjangkau..

    Trả lờiXóa
  20. Yang pernah kena kanker payudara tuh mamahnya mantanku teh sampe diangkat. Ngeri liat bekas jahitannya pun. Semoga jadi reminder buat aku jadi lebih aware sama sikon badan sendiri.

    Trả lờiXóa
  21. Ya,betul, kita tidak boleh menyepelekan penyakit yang bisa menyebabkan kematian ini. Kita harus selalu menjaga pola hidup sehat dan melakukan SADARI dengan rajin.

    Trả lờiXóa
  22. semoga dengan gencarnya kampanye SADARI ini angka kanker PD pada wanita Indonesia menjadi semakin menurun ya mbak. sosialisasi ini harus dilakukan masiv baik di perkotaan maupun di pedesaan.

    Trả lờiXóa
  23. Kerabatku ada yang menderita kanker payudara ini sedih sekali ketika harus meninggalkan anak-anaknya yang masih sangat kecil

    Trả lờiXóa
  24. thank you for the information including the hospital recommendation. later maybe I can share the information with my friends

    Trả lờiXóa
  25. Sekarang para pasien kanker bisa mendapatkan informasi dan pengobatan yang lebih intensif ya mbak. Sehingga harapan hidup lebih tinggi

    Trả lờiXóa
  26. jadi ingat bagaimana tetangga saya dulu kena penyakit ini lalu dipanggil olehNya. mungkin karena terlambat diketahui sehingga pengobatan jd kurang maksimal ya

    Trả lờiXóa

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun