Search

Tips Menyiapkan Karier Masa Depan

Nanti kalau sudah besar mau jadi apa?...Mau kerja dimana?

Familiar ga sih sama pertanyaan tersebut?sering banget bukan ditanyakan ga peduli kita masih duduk di bangku TK atau pas sudah lulus kuliah?

Bingung banget bukan kalau ternyata hidup kita ini mengalir begitu aja, tidak ada sama sekali goals yang ingin dicapai padahal semakin kesini makin banyak persaingan yang mana seseorang yang "unik" bakalan dapat porsi yang lebih baik untuk kariernya.

Pertanyaan tersebut setelah saya analisa dan renungkan memang bukan sekedar pertanyaan basa basi akan tetapi justru satu pertanyaan penting yang bisa dijadikan pemicu untuk mencapai satu target dalam hidup.

Ngomongin tentang karier di masa depan, menurut saya harus direncanakan sedini mungkin. 

Adalah hal wajar jika saat ini banyak yang akhirnya lulusan anak kuliahan bingung meniti kariernya sendiri. 

Sebagai tukang rekrut yang udah belasan tahun, saya sudah hafal betul nih sama fenomena begini dimana calon karyawan yang kuliahnya apa?lamar kerjanya apa?

Biasanya jawaban yang keluar  "daripada nganggur ga apalah kerja ga sesuai jurusan kuliah juga".


Suka sedih aja kalau denger jawaban seperti itu kesannya ada keterpaksaan yang bikin dia akhirnya melamar. 


tips menyiapkan karier masa depan, kuliah di UMP, bangga kuliah di UMP, alasan kuliah di UMP



Menyiapkan Karier Masa Depan


Mengapa perlu menyiapkan karier?karena ketika memasuki dunia kerja apabila kita tidak bisa menyesuaikan diri dan mengikuti industri yang dinamis bersiaplah untuk ketinggalan. Terlebih dunia kerja adalah masa dimana kita menghadapi dunia yang sesungguhnya.

Nah temans, saya mau kasih tips nih buat temans yang ingin menyiapkan karier masa depannya.

❤ Mengenali Bakat Sendiri



tips menyiapkan karier masa depan, kuliah di UMP, bangga kuliah di UMP, alasan kuliah di UMP


Saya saja yang setua ini masih mau loh menggali potensi yang saya miliki, dari mengikuti kursus hingga akhirnya saya mengikuti coaching demi mengetahui potensi dan bakat yang saya miliki.


Menyesal rasanya saya baru menemukan bakat dan potensi saya sendiri. Karena itu buat temans, saya sarankan untuk sedini mungkin menyadari potensi diri sendiri. Hal ini akan berdampak dengan beberapa langkah yang perlu disiapkan.

Ketika seseorang tidak mampu mengenali dirinya maka besar kemungkinan orang tersebut hanya akan melakukan pencapaian yang itu-itu saja sepanjang hidupnya, Ngeri bukan ga ada progress banget kalau begitu?


❤ Merencanakan Kuliah


Nggak ada kata terlalu cepat atau bahkan terlambat untuk merencanakan karier masa depan. Tidak peduli saat ini temans masih duduk di bangku SMP atau baru masuk SMU, Merencanakan karier masa depan wajib difikirkan sedini mungkin. 

Proses merancang masa depan bukanlah sesuatu yang instan loh, kita perlu persiapan matang dalam menentukan kedepannya saya ini mau jadi apa?hal ini berguna agar kita tidak salah pilih jalan hidup *berat. 

Saya masih ingat banget pengalaman dulu saya bingung mau kuliah apa, jurusan yang diambil apa?karena jujur saya tidak merencanakan dengan matang untuk masa depan saya sendiri. Beruntung saya syukuri saat ini saya berkarier di dunia HRD meskipun masihlah jauh dari ekspektasi orang tua.


Memang agak sulit itu dalam menentukan kuliah dimana?jurusan apa?kampusnya negeri atau swasta. 

Jangan khawatir untuk memilih kampus, tidak lulus kampus negeri bukanlah akhir hidup kalian. Saya saja sebagai recruiter tidak mempermasalahkan kalian berasal dari almamater swasta atau negeri yang jelas kompetensinya harus sesuai dengan kompetensi yang sedang dibutuhkan. 

Dan paling penting adalah sesuai dengan kemampuan dan passion kita.

Kuliah Di UMP Saja!



tips menyiapkan karier masa depan, kuliah di UMP, bangga kuliah di UMP, alasan kuliah di UMP

Ngomongin pemilihan kampus nih ada beberapa faktor  yang menjadi pertimbangan buat temans yang ingin merencanakan kuliah. Diantaranya adalah :

  • Akreditasi
  • Lokasi
  • Biaya Studi & Beasiswa
  • Lingkungan 
  • UKM & Organisasi Kemahasiswaan


Kelima faktor ini penting banget buat temans jadikan acuan sebagai tolok ukur dalam memilih kampus. Jangan sampai nih milih kampus karena ikut-ikutan teman atau parahnya lagi karena dipaksa oleh orang tua. Ingat ini semua demi karier masa depan!

Lets start here go anywhere..

tips menyiapkan karier masa depan, kuliah di UMP, bangga kuliah di UMP, alasan kuliah di UMP


Adalah Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang merupakan salah satu kampus dengan memiliki 5 faktor penting dalam pertimbangan temans untuk lanjut kuliah.

✒ Memiliki Akreditasi B

Akreditasi adalah sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi mutu sebuah kampus yang diselenggarakan oleh lembaga BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Akreditasi dibagi menjadi dua, yaitu akreditasi kampus (institusi) dan akreditasi program studi (program studi).

UMP merupakan perguruan tinggi swasta yang terakreditasi B. UMP menempati peringkat ke-2 perguruan tinggi muhammadiyah (PTM) terbaik di Jawa Tengah dan peringkat ke- 6 di Indonesia. 

tips menyiapkan karier masa depan, kuliah di UMP, bangga kuliah di UMP, alasan kuliah di UMP
source : FB UMP


Tak hanya akreditasi PT yang B akan tetapi untuk 11 Fakultas dengan 33 Program studi yang ada di UMP memiliki akreditasi terbilang oke A-B.

Penasaran ga sih fakultas apa saja yang ada di UMP?berikut 11 fakultas yang hadir di UMP :

✔ Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
✔ Fakultas Ekonomi
✔ Fakultas Farmasi
✔ Fakultas Agama Islam
✔ Fakultas Ilmu Kesehatan
✔ Fakultas Pertanian
✔ Fakultas Psikologi
✔ Fakultas Sastra
✔ Fakultas Tehnik
✔ Fakultas Hukum
✔ Fakultas Kedokteran

Lengkap banget bukan?saya sebagai recruiter aja demen banget sama kampus yang banyak prodinya jadi kalau sewaktu-waktu banyak loker bisa langsung dapetin calon-calon karyawan potensial dari berbagai fakultas yang ada di UMP. 

Bisa jadi cost recruitmentnya sedikit karena ragamnya prodi yang ada di UMP jadi ga perlu deh pindah kesana kemari cari calon karyawan.

✒ Lokasinya PAS

Dalam memilih kampus, bisa dibilang lokasi itu menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam pengalaman studi. Yang terpenting nih adalah kemudahan akses, sarana dan prasarana yang dibutuhkan selama kuliah, tingkat keamanan hingga lokasi kampus berada ini mempengaruhi juga loh. 

Tahukah temans, jika UMP merupakan perguruan tinggi TERBESAR di JAWA TENGAH bagian barat. 

Kampus UMP sendiri ada 2 yakni :

  1. Kampus I  >> Jl. Raya Dukuh Waluh Po. Box 202 Purwokerto 53182 Telp . (0281) 636751
  2. Kampus II >> Jl. Letjen Soepardjo Roestam Km 7 Po. Box 229 Purwokerto 53181 Telp (0281) 6844252

Sudah dipastikan dong kuliah di UMP bikin bangga banget mengingat kampus terbesar di Jawa Tengah.

Sesuai dengan slogannya UMP Makin mendunia ^_^

✒ Biaya Studi Terjangkau Dan Tersedia Beasiswa

Penting banget nih dalam rangka menyiapkan masa depan gemilang adalah mengukur keuangan yang kita miliki jangan sampai karena keterbatasan biaya dan juga tidak adanya program beasiswa dalam kampus mengakibatkan cita-cita kita kandas ditengah jalan.

Tak hanya biaya studinya juga sih yang diperhitungkan akan tetapi biaya hidup selama studi. 

Bagaimana biaya studi di UMP?untuk biaya sendiri masih terjangkau bahkan yang buat saya salut dan merinding MasyaAlloh ada program kuliah gratis bagi mereka yang hafal Al-quran. Keren banget loh ini mendapatkan beasiswa kampus karena hafal Al-Quran. '


tips menyiapkan karier masa depan, kuliah di UMP, bangga kuliah di UMP, alasan kuliah di UMP
source : IG UMP

✒ Lingkungan Yang Mendukung


UMP ini memiliki kualitas tenaga pengajar berkualifikasi S2 dan S3, pegawai peofesional, perpustakaan universitas berakreditasi A, pusat teknologi informasi, jaringan internet 24 jam, pusat bahasa berstandar internasional dan memiliki laboratorium pusat unggulan penelitian modern.

Tak hanya itu saja linkungan UMP yang mendukung mahasiswanya untuk bisa menyiapkan masa depan gemilang didukung dengan adanya kerja sama internasional yang secara aktif dengan 45 perguruan tinggi ternama dunia.

Selain itu, UMP memperkuat kerja sama dalam negeri dengan 82 mitra strategis diantaranya Instansi Pemerintah, rumah sakit dan Industri terkemuka di Seluruh Indonesia.

✒ Terdapat Ragam UKM & Kegiatan Kemahasiswaan


Bukan mahasiswa namanya kalau belum gabung dengan salah satu dari sekian banyak UKM yang ditawarkan di kampus. Fungsinya selain sebagai penyalur minat dan bakat juga untuk mengasah soft skill serta mengembangkan karakter, 

Nah tenang aja nih temans, di UMP sendiri terdapat beragam UKM. Bahkan saya salut dengan kebijakan kampus memberikan pendidikan dan pelatihan selama menjadi mahasiswa. Diantaranya ada pelatihan sebagai berikut :

  • BEST ( Becoming Excelent Student Training )
  • SMART (Softskills Management And  Resolution Training )
  • SUCCES ( Spritual Up and Carrier Competencies Empowering by Sofskills )
Beberapa pelatihan seperti ini penting banget loh dalam menyiapkan mental saat memasuki dunia kerja.

tips menyiapkan karier masa depan, kuliah di UMP, bangga kuliah di UMP, alasan kuliah di UMP


Well, gimana temans?sudah mulai ada pencerahan bukan next kalau menyiapkan karier masa depan seperti apa?

Sudah ga galau yah urusan dalam kuliah?UMP menjadi pilihan untuk merencanakan kuliah. Nah satu hal lagi nih yang biasanya bikin galau adalah prodi (program studi) yang hendak diambil. 

Seperti yang sudah saya sampaikan diawal, penting banget mengetahui pasison atau bakat sendiri sehingga ini memudahkan banget menentukan prodi dalam rangka menyiapkan karier masa depan temans kelak.

Sebagai contoh nih : Apabila temans mengambil jurusan Psikologi UMP sebagai pilihan maka disini temans sudah bisa merancang kelak setelah lulus temans bisa bekerja sebagai HRD seperti saya, atau bisa jadi Psikolog apabila temans memilih untuk melanjutkan magister psikologi. 

Perencanaan seperti inilah yang menurut saya penting banget agar bisa memudahkan temans menentukan karier di masa depan.

Demikian yang bisa saya bagikan kali ini, tips mudah dalam menyiapkan karier masa depan. 

tips menyiapkan karier masa depan, kuliah di UMP, bangga kuliah di UMP, alasan kuliah di UMP


Source : https://ump.ac.id











Комментариев нет

Отправка комментария

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun