Search

Yuk Ketahui Fakta Tentang HRD

A : Bu, kerja dimana?
S : Di salah satu perusahaan XYZ yang bergerak di bidang Manukfaktur
A : Jadi apa?
S : HRD
A : Apaan tuh HRD?
S : Bhaiqlah 

Adakah temans yang TYDACK mengenal profesi HRD? duh padahal HRD pasti ada di setiap perusahaan loh. 

Memang kalau sekilas melihat penampilan saya yang lugu ini suka banyak yang mengira saya ini pengajar bahkan karena style pake blazer waktu pas mau jaga akang suami di RS disangka bu dokter *masyaAlloh*.

Untung saya ga kayak Boneng yang ngaku-ngaku dokter bisa cilakbar deh LOL.

Jadi nih apabila bertemu lalu saya bilang profesi saya HRD, masih ada loh hare gene yang tydack mengetahui profesi saya ini. Kusedih banjet :p

Seperti yang pernah saya bahas sedikit tentang ranah HRD disini, ternyata fungsi HRD itu ga cuman yang ngitungin gaji dan absensi doang akan tetapi ada yang seperti saya sebagai recruiter, assesor ada juga training dan seterusnya.

Ngomongin profesi saya selain blogger kece yakni HRD saya selalu semangat. Saking semangatnya nih saya jadi pengen kasih tahu kelian semua sebenarnya gimana sih kalau saya saat bekerja?


fakta-tentang-hrd




Yuk Ketahui Fakta Tentang HRD


Sebagai mamak yang sudah bekerja ratusan purnama diranah HRD, saya ini ingin mencoba mengutarakan fakta terkuat dibalik profesi ini.

Penasaran ga sih? penasaran ajalah biar cipit :D siap ga? jeng..jeng..jeng ini dia fakta yang harus kelian ketahui tentang HRD.

1. Jarang Atau Sering Buka Amplop Lamaran?


Jadi beberapa waktu lalu saya mendapati sebuah meme yang menohok di WA dan juga di tag di Instagram. Seperti ini penampakan memenya :


meme-hrd-kocak

Huhuhu jahara yes LOL

Sebelum saya buka fakta sesungguhnya, saya coba lempar pertanyaan dulu nih di IGS ke temans sekalian.

Hasil polling menyatakan bahwa saya adalah sebagai berikut :

hrd-tidak-buka-amplop-lamaran



Realnya bisa temans tebak lewat foto berikut :


lamaran-numpuk-fakta-tentang HRD

So, Fakta pertama sekalian mau saya ungkap adalah saya tidak pernah membuka amplop lamaran yang datang. 

Eits, jangan ngegas dulu dong. Saya punya cukup alasan, mari disimak baik-baik yah. Begini lamaran yang menggunakan amplop coklat ini datang TIBA-TIBA cem Jelangkung aja.

Padahal saya posting iklan lowongan kerja hanya di situs pencari kerja. Nah, ini lamaran yang datang langsung baik via pos, JNE, J&T atau nitip-nitip gitu ya datang tanpa mengetahui ADAKAH LOKER yang sedang dibutuhkan?

Harap diingat temans, kerjaan saya ga cuman bukain lamaran yang tidak tahu mau jadi apa?Pernah saya ((iseng)) buka secara random isi lamarannya. Hasilnya piye?

Sudah mah CV-nya ditulis tangan, posisi yang dituju TERSERAH saya, tak cantumin no telepon. Duh....

Baca dulu nih : Cara buat CV Yang Menarik Bagi Fresh Graduate

Ini udah bukan zamannya Doel yang nungguin surat balasan lamarannya dikirim ke rumah masing-masing sekarang cukup kirim CV lewat situs pencari kerja lalu saya buka CV-nya, undang tes, interview finally gabung.

Monggo Baca Dulu ini : Hati-hati Scammers mengincar Recruiter & Jobseeker

Wajar yah kenapa saya menjadi HRD yang jarang buka amplop coklat maafkan!saya pun bingung mau diapain karena biasanya saya lebih tertarik dengan CV yang muncul lewat email atau situs pencari kerja.

Masih lanjut ga nih buka-bukaan tentang HRD?masih yah?baik akan saya lanjutkan fakta mencengangkan tentang HRD.


2. Penyimpan Rahasia Atau Mulut Ember?


Sebagai seorang HRD yang tugasnya tentu saja berkaitan dengan HUMAN, dari mencari karyawan baru, mengurusi kontrak kerja, ngurusin absensinya, ngurusin gajinya, ngurusin HAK & Kewajibannya pokoknya semua deh.

Barangkali bikin saya dan tim HRD kadang sakit kepala. Nah yang tambah sakit kepala itu kalau ada orang diluar HRD suka kepo sama urusan A-Z yang biasanya orang HRD keep mati-matian macam rahasia bumbu Crabby Petty Tuan Krab.

Lahdalah disinilah kami dipertaruhkan apakah akan membocorkan apa tidak?

Tebak kalau saya gimana?tentu saja saya bukanlah mulut ember atau mulut jolang :D Saya dan tim biasanya sebisa mungkin tidak membocorkan apapun.

Kayak ada kasus karyawan kena SP atau harus di PHK secara pelan-pelan maka sebisa mungkin biarkan si karyawannya yang cerita.

Saya selalu menjaga martabat mereka wkwkwk halah gaya pisan nyak.

Bhaiqlah untuk fakta kedua ini saya adalah HRD yang pandai menjaga rahasia!buat yang mau cerita boleh banget karena saya selalu setia dengerin bahkan menyimpannya dengan bhaiq ^_^

3. Galak Apa Ramah?

Sebagai recruiter sering banget nemuin karakter karyawan yang rupa-rupa cem kembanglah. Dari yang baik sampe yang nyebelin.

Nah hadepin pelamar yang begitu biasanya gimana?

Ternyata predikat Mamak Tyrex ga cuman berlaku di rumah doang akan tetapi saat saya harus ngetes pelamar yang ngeselin berubah juga dah saya jadi Tyrex.

Pencitraan saya buat jadi Ibu HRD manis manjah group lunturrrr LOL.

Oke fakta ketiga yang saya ungkap kali ini adalah bahwasanya saya ini GALAK, pernah juga loh rekan kerja saya yang waktu saya rekrut bilang "Mak, gw takut banget waktu itu dites sama Lu!" wkwkwk sumvah kungakak dengernya.


***

Demikian fakta tersembunyi saya sebagai HRD, terjawab sudah yah semuanya. Semoga kelian tidak menaruh azab atau dendam sekalipun.

Marilah bersama-sama kita bekerja sama dengan bhaiqqq..

Ada pengalaman menyakitkan dengan HRD? sabar aja yah temans huakakaakak..

کوئی تبصرے نہیں

ایک تبصرہ شائع کریں

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun