Search

Dari Teman Jadi Atasan?

Hai semua apakabarnya? semoga senantiasa dilimpahkan kesehatan dan kebahagiaan aamiin. Temans di tempat kerja alias kantor tentunya kita punya teman kerja bukan? kali ini saya mau bahas tentang hubungan pertemanan haruskah terhalangin tembok posisi *asik 😂.

Dalam lingkungan kerja tentunya kita akan dikelilingi dengan teman-teman kerja berbagai karakter namun tentunya yang cocok dan klop dengan karakter saya maka merekalah yang akan menjadi teman dekat dikantor.

Biasanya teman kerja selain juga berbagi pekerjaan terkadang saya juga curahkan isi hati tentang permasalahan yang sedang dihadapi. Bisa jadi permasalahan yang saya alami dilingkungan kantor maupun di rumah.

Bekerja sekantor dengan teman atau sahabat memang menyenangkan. Tapi juga bisa jadi rumit loh kalau suatu saat nanti sang sahabat ternyata adalah bawahan kita. Ataupun sebaliknya sahabat menjadi atasan kita. Kebayang ga sih yang tadinya cuman haha-hihi kalau lagi kerja tau-tau dia jadi atasan yang mesti berwibawa. Sungguh tak enak rasanya diposisi yang begini.


Terlebih nih biasanya ada saja hama wereng alias yang suka iri dan ga suka dengan hubungan pertemanan yang sudah kita jalin bersama sahabat yang sudah promosi atau kita yang sudah promosinya. Pokoknya ada aja gosip yang disebarkan ga enak terkait isu pekerjaan yang dijalani? *ada ga yah atau cuman prasangka teteh bella doank?

Bahkan jika kita tidak mempu menghalaunya bisa jadi pertemanan yang sudah kita bina hancur karena emosi dan tergerus oleh gosip miring yang disebarkan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Kalau ditanya apa yang saya rasakan ketika teman jadi atasan atau teman jadi bawahan? jika teman yang jadi atasan tentunya sebagai teman dukung dong malahan enak gampang minta izin ga masuknya *weleh udah ga enak aja 😃😃. Dan kalau teman yanh jadi bawahannya seenggaknya saya sudah tahu karakter bawahan saya maka saya menyesuaikan dengan karakternya ketika bekerja.

tips menghadapi atasan seumuran, jika teman menjadi atasan

Biar temenan mulus dan hubungan kerja aman, temans nih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan  jika teman menjadi bawahan ataupun sebalikanya teman menjadi atasan kita. Apa saja tuh?

1. Mencoba "ADIL"

 
Tempat kerja itu menurut saya tempatnya menguji keimanan dalam bentuk meredam emosi. Terkadang emosi yang tersulut dan tak terkendali bisa menjadi api buat hubungan pertemanan. Nah makanya tips yang harus temans lakukan adalah berusaha ADIL.

Maksudnya adalah begini jika nanti kita jadi atasan tolong jangan terapkan aturan itu berat sebelah mentang-mentang ada sahabat yang jadi tim kita lalu kita menganak emaskan dia sementara yang lain tak ada ampun. Beuh yang begini bisa jadi atasan yang dibenci bawahan.


Jangan pernah sungkan juga menegur atau memberikan sanksi jika teman melanggar aturan ataupun sebaliknya tetap mengapresiasi teman kita jika ia sakses dalam menghandle kerjaannya. Pokoknya harus adil dan tidak pilih kasih agar hubungan dengan rekan kerja yang lain juga bisa terbina dengan baik.

2. Mulai Membatasi Topik Pembicaraan

 
Sudah jadi atasan biasanya kita sering diberikan info-info penting oleh atasan kita saat meeting. Berbagai info penting seputar kerjaan memang paling menarik untuk dibagi sama teman namun hal ini sangatlah tidak dianjurkan jangan sampai nih kita membocorkan informasi yang nyaris tak boleh didengar oleh siapapun namun bocor oleh sahabat kita sendiri yang notabene adalah bawahan kita.

So temans, mulailah untuk berhati-hati memilih hal-hal yang bisa dan tidak bisa kita ceritakan kepada teman kita. Jangan sampe menjadi bumerang untuk kita ya gaes. Mulailah untuk tidak jadi ember bocor 😂.

Pun sebaliknya jika kita jadi bawahan dan sahabat kita yang jadi atasan memilih menceritakan informasi perusahaan yang bersifat rahasia dan hanya boleh diketahui oleh posisi tertentu please deh jangan langsung di sebarin ke Lambe Turah. Reputasi kita maupun sahabat terancam loh. Menjaga hubungan yang baik kan tidak melulu harus saling terbuka banget bukan?

3. Menjaga Sikap

 
Semua orang di kantor diam-diam itu selalu memperhatikan satu sama lain bahkan konon katanya tembok kantor hingga toilet bisa berbicara *wuih serem kan? makanya sebisa mungkin kita harus menjaga sikap.

Sini tak bisikin
Selalu berhati-hati dalam bertutur kata meski dengan teman sekalipun ketika mereka salah misalnya tegurlah layaknya atasan kepada bawahan karena bagi si dengkiers moment begini enak banget buat dijadiin gosip tak sedap dikalangan kantor.

4. Selalu Komunikasi

 
Memilih-milih topik pembicaraan kan bukan berarti kita menghindari bicara dengan sahabat bukan?so tetaplah berkomunikasi apa adanya mungkin bisa jadi komunikasikan mengenai target kerja ataupun ouput dari kerjaan yang ia kerjakan. Intinya tetap jalin komunikasi seperti atasan-bawahan maupun sebagai sahabat.

Apabila ada yang ingin dibantu sebisa mungkin kita juga bisa menawarkan bantuan agar tidak terlihat jarak hanya karena terhalangi posisi *ecieee. Gimana setuju? sip berikutnya menurut saya ada satu lagi tips terakhir niy temans agar hubungan  kita dengan sahabat atau teman bisa jalan mulus lagi tanpa terhalangi status jabatan.


5. Hindari BAPER

 
Sebagai atasan maupun bawahan dalam lingkungan kerja itu baiknya mau menerima masukan satu sama lain. Jangan BAPERAN jika kita atau teman mengkritik dan mengomentari hasil pekerjaan kita, jangan masukkan dalam hati. 

Rasanya ga enak aja kalau hubungan hancur cuman karena kita baper dengan masukan yang diberikan teman sebagai atasan. Lalu mengecap teman kita itu SOTOY yang pada akhirnya memberikan label buruk kepadanya. Berujung kandaslah hubungan pertemanan kita.

tips menghadapi atasan seumuran, jika teman menjadi atasan

*** 

Punya teman jadi atasan?ga masalah bukan gaes? karena sebagai teman yang baik justru kita harus dukung mereka maju jika mereka promosi ataupun sebaliknya kita bisa menempatkan posisi sebagai atasan yang baik jika teman menjadi bawahan kita.

Agak sulit sih diawal karena kehidupan pribadi dan pekerjaan barangkali sudah saling melekat satu sama lain bukan? Seenggaknya seperti yang telah disampaikan diatas selalu berhati-hati saja. Ketika di luar kantor usahakan untuk tidak sama sekali membahas mengenai permasalahan yang terjadi dikantor. Jadilah seperti sahabat pada umumnya ketika sudah berada diluar kantor. 

Embel-embel lu jadi atasan gw jadi bawahan hilangin dulu karena tentunya ketika orang terdekat pada akhirnya menjadi musuh itu lebih bahaya. Bayangin aja semua rahasia bisa jadi konsumsi publik kalau sampe ada perang dingin antara sahabat. 

Demikian yang dapat saya sampaikan, temans punya pengalaman serupa? share yuk gimana cara menyikapinya? teman jadi atasan ataupun sebaliknya ga ada masalah bukan?💋.

کوئی تبصرے نہیں

ایک تبصرہ شائع کریں

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun