Search

HYGGE : Seni Hidup Bahagia Orang Denmark

Seringkali mendengar pernyataan "Bahagia versi kamu itu kayak gimana sih?" 

Lalu akan banyak jawaban karena masing-masing punya versi bahagia yang berbeda-beda. Kalau saya pribadi bahagia versi saya itu saat bisa kumpul sama keluarga, bisa kruntelan sama anak-anak aja udah happy pake banget.

Kebahagiaan ternyata memang diciptakan sendiri bukan diciptakan orang lain.

Membicarakan tentang kebahagiaan, akhirnya saya jadi tertarik buat baca buku yang menurut saya istilahnya itu kok lucu, keren gitu.

Yasss...

Hygge...

Kata unik yang baru saya kenali, temans sudah tahu tentang makna kata ini? baik jika belum akan saya ulaskan Hygge dari buku yang saya baca.

Review buku Hygge

Review Buku HYGGE : Seni Hidup Bahagia Orang Denmark

Awalnya itu saya sering baca tentang Hygge ini lewat ulasan di medsos gitu maklum saya kan suka eksplor instagram pas banget suka baca-baca instastory selebgram gitu yang kebetulan saat itu bahas tentang Hygge.

Well, sebagai insan yang punya rasa ingin tahu besar so saya berburu buku Hygee ini.

Jadi setelah saya membacanya, saya menemukan jika kata Hygge itu dibaca dengan "hoo-ga" dimana kata Hygge berasal dari Bahasa Norwegia Kuno yang berarti merasa nyaman dan menyenangkan.

Secara garis besarnya Hygge ini mengistilahkan tentang kesadaran untuk memiliki hidup yang nyaman dan berkualitas.

Lalu mengapa dengan Denmark? jadi kebudayaan Hygee ini berkembang di Denmark dimana iklim, kebudayaan menjadikan wilayah ini sebagai negeri yang damai.

"Pemerataan ekonomi dan moralitas yang menekankan kebahagiaan subjektif individu, memberi rakyat kemungkinan, ruang, dan kebebasan untuk mengambil cuti Hygge dan bekerja sedikit lebih ringan, Kami tidak perlu berjuang susah payah dan sepanjang waktu" Hal 17

Dalam buku dengan ketebalan 231 halaman ini memaparkan tentang semua kunci kebahagiaan orang Denmark.

Dan ternyata Hygee ini bisa ditemukan pada hal-hal yang ada disekitar kita dari mulai hal yang kecil. Setiap bagiannya itu menceritakan bagaimana Hygge diciptakan pada desain interior rumah, padu padankan warna.

Mengapa?

Karena dijelaskan dalam buku, jika insting dasar Hygge itu perpaduan dari panca indera :

❤ Melihat 

❤ Menghidu

❤ Mengecap

❤ Meraba

❤ Mendengar

dan juga Perasaan untuk melahirkan rasa aman dan nyaman. Sehingga untuk menemukan Hygge, awal mulanya bisa didapatkan dengan memikirkan kualitas rumah. Karena rumah merupakan tempat pertama yang sangat penting untuk menciptakan Hygge.

Maka dari itu perubahan suasana, interior, warna bisa dimulai di sudut-sudut rumah dari ruang tamu, dapur pokoknya yang bisa menghasilkan ruang kenyamanan dalam hari maka perlu diubah tatanannya.

Dari sub-bab yang cukup banyak, saya menyoroti sub-bab tentang Mengundang Hygge ke Meja Makan. Setuju banget ga cuma penataan alat makan, hidangan mewah atau pakaian yang dikenakan saat makan akan tetapi Hygge muncul sewaktu bersosialisasi bersama anggota keluarga yang ada di meja makan.

Membicarakan dan mengevaluasi hari yang telah dilalui sambil mengobrol apa saja yang terjadi hari itu. Bukankah hal ini simpel tapi juga memberikan rasa kebersamaan keluarga.

Alur bukunya ini mudah saya ikuti, terlebih lagi dilengkapi dengan banyak ilustrasi foto berwarna sehingga saya bisa membayangkan sendiri oh ternyata penataan interior di Denmark seperti ini.

review buku Hygge seni hidup bahagia orang Denmark

Menariknya ga hanya tentang desain interior tapi Hygge di Denmark juga diterapkan dalam pola pengasuhan anak-anak. Dimana Hygge ini seeperti perekat dalam menyatukan keluarga. Jadi kualitas kebahagiaan itu juga melibatkan komunikasi didalamnya.

Tak hanya seputar pola pengasuhan dalam bukunya juga disematkan resep makanan mungkin kalau bahan-bahannya ada bisa temans coba buat. 

***

Nah temans, jadi bahagia versi temans apa saja nih? bisa dilist seperti yang penulis lakukan dalam bukunya ini. 

Tak terasa 231 halaman bisa saya lalap dalam sehari ini. Semoga sekilas review buku ini bisa membuat temans tertarik untuk membacanya.

Buku ini bisa temans dapatkan melalui ReneBook, kunjungi medsosnya sebagai berikut :

Instagram : @penerbitrenebook

Web : www.renebook.com

Facebook : Penerbit Renebook

Demikian yang bisa saya bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat yah, Ada yang sudah baca buku ini? part mana yang temans sukai? yuk bisa cerita di kolom komen.

Judul Buku : HYGGE, Seni Hidup Bahagia Orang Denmark

Penulis : Marie Tourell

Penerbit : ReneBook

ISBN : 978-623-6083-01-7

Harga : Rp 99.000

13 комментариев

  1. buku yang kayak gini yang bikin penasaran, mengenai tradisi negara lain
    dari sini bisa belajar juga dan nambah kamus ensiklopedia juga nih

    ОтветитьУдалить
    Ответы
    1. iya mba ga ribet ye bahagia itu yang ribet diri kita sendiri hahaha *kita? gua aja kali :p

      Удалить
  2. Sama mbak, aku paling bahagia kalau lagi cerita banyak hal bareng sekeluarga, dan rumah rapih, karena ibu rumah tangga lebih banyak di rumah jadi sebisa mungkin aku gak mau berantakan. Mood bisa jelek kalau berantakan tapi kalau rapih, bisa nularin rasa nyaman dan happy jadinya. Lagi seneng benahin rumah sekarang, terlebih semenjak pandemi, lebih banyak waktu di rumah terus

    ОтветитьУдалить
  3. Denmark itu salah satu negara yang tingkat kebahagiaannya sangat tinggi ya mbak, anak sekolah di sana juga bahagia semua, jam belajarnya pendek tapi cerdas2 :) luar biasa

    ОтветитьУдалить
  4. bener juga, bahagia itu kita yang ciptakan ya mba..
    kalo bahagia ku juga sederhana sih, yang penting keluarga sehat.. :D

    ОтветитьУдалить
  5. Jadi penasaran banget sama konsep pola asuh disana kayaknya bagus ya dia lebih banyak komunikasi gitu antar sesama anggota keluarga.

    ОтветитьУдалить
  6. Kudu dibaca nih buku jadi penasaran nih. Sebetulnya bahagia itu memang tergantung kita sendiri ya pemahaman ini yang belum banyak di masyarakat kita...

    ОтветитьУдалить
  7. aku juga sempat baca banyak review dar buku ini. Mencerahkan bangeeet ya dan benar - benar banyak membantu kita parents ya

    ОтветитьУдалить
  8. Aku suka genre buku seperti ini, dari buku bisa mengenal budaya negara lain. Semoga makin banyak buku-buku seperti Hygge misalnya India, Turki, Vietnam. Klo Jepang sama Korea juga perlu, tapi mereka sudah sering menunjukkan melalui drama dan film

    ОтветитьУдалить
  9. Waaah buku-buku yang berbau budaya, adat ataupun kebiasaan Negara lain emang selalu menarik buat dikonsumsi ya, bun 😍 jadi 'melek'dan banyak hal yang bisa dipelajari.

    Apalagi terkait kebahagiaan, selain Finlandia dan Swiss, Denmark emang menarik sih buat dikuliti 👍👍

    ОтветитьУдалить

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun