.......... --> Begini Cara Mudah Membuat Cilok Goang | Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger

Begini Cara Mudah Membuat Cilok Goang

Cara Mudah Membuat Cilok Goang, resep membuat cilok goang, resep cilok, cara membuat cilok Bandung, cara membuat cireng

Tak terasa sudah hari ke-5 puasa nih temans, masih semangat bukan?harus semangat yah menjalankan ibadah puasanya.

Biasanya minggu-minggu pertama masih semangat dan ide untuk masak masih banyak varian. Nanti memasuki minggu ke-2 sudah mulai kendor kreatifitasnya. Sudah mulai bingung dengan menu buka puasanya deh.

Buat yang bingung sama menu buka puasa nanti?kali ini saya punya resep enak nih buat temans. Nama resepnya adalah Cilok Goang.

Mendengar kata cilok tentu saja semua orang pasti tahu makanan yang satu ini. Jajanan murah meriah asal kota Bandung.

Aci dicolok begitu kepanjangannya. Bentuknya bulat dan tekturnya kenyal dengan berbahan dasar tepung tapioka.

Jajanan yang berbahan dasar ACI memang populer di Bandung bahkan kini banyak variannya.

Berikut varian jajanan berbahan dasar ACI yang saya ketahui :


  1. Cilok = Aci dicolok
  2. Cireng = Aci digoreng
  3. Cimol = Aci digemol
  4. Cilung = Aci digulung 
  5. Cimin = Aci mini
  6. Cilor = Aci digulung telor
Semuanya udah saya cobain dan saya suka semua jajanan aci ini, namanya juga orang Bandung coret alias Cimahi jadi suka deh jajanan istimewa ini.



Cara Mudah Membuat Cilok Goang, resep membuat cilok goang, resep cilok, cara membuat cilok Bandung, cara membuat cireng



Cara Mudah Membuat Cilok Goang


Namun kali ini saya akan membahas menu Cilok Goang secara kheseus. FYI juga nih temans untuk penyajian cilok juga bervariasi dari mulai cilok goreng, cilok rebus, cilok goreng, cilok isi daging, cilok isi telor, cilok bumbu kacang sampe cilok goang.


Bahan Untuk Cilok  :


  • Tepung terigu 100 g
  • Tepung tapioka 100 g
  • Bawang putih 1 siung (haluskan)
  • Merica bubuk 1 sdt
  • Air panas 200 ml
  • Garam 1 sdt
  • Daun bawang iris halus
  • Penyedap rasa boleh pake atau ga

Bahan Untuk Kuah :

  • Bawang putih 3 siung haluskan
  • Daun bawang iris 
  • Seledri 

Bahan Untuk Sambel Goang :

  • Cabe rawit jumlahnya bebas sesuai selera (5-10 buah)
  • Kencur 

Cara Membuat Cilok :



  1. Tepung terigu dicampurkan dengan bahan-bahan seperti bawang putih, daun bawang, merica bubuk, dan garam. 
  2. Tuangkan air panas hingga adonan menjadi basah dan mengental 
  3. Lalu masukkan tepung tapioka 
  4. Bentuk adonan menjadi bulat untuk ukuran kecil atau besar tergantung selera
  5. Rebuskan air dalam panci, masukkan cilok yang sudah berbentuk bulat ke dalam air mendidih. 
  6. Apabila cilok sudang mengapung ke permukaan itu berarti ciloknya sudah matang

Cara Membuat Sambel Goang : 

Cukup ulek saja cabe rawit dan kencur jangan terlalu halus.

Langkah Penyajian :


Cara Mudah Membuat Cilok Goang, resep membuat cilok goang, resep cilok, cara membuat cilok Bandung, cara membuat cireng
Foto : cilok ceker mak Empong

Sajikan cilok dalam mangkuk lalu siram dengan kuah. Jika temans suka dengan ceker boleh banget ditambah dengan ceker.

Tara jadi deh mudah bukan membuat Cilok Sambel Goang, menu yang satu ini enak banget ga hanya untuk buka puasa tapi buat cemilan sehari-hari temans. Mudah bukan?selain cilok biasanya saya di rumah lebih sering buat Cireng bumbu rujak.

Cara Membuat Cireng Rujak



Cara Mudah Membuat Cilok Goang, resep membuat cilok goang, resep cilok, cara membuat cilok Bandung, cara membuat cireng
Ilustrasi cireng salju. ©Cookpad/Ayu Feranika

Bahan membuat cireng :

  • Tepung tapioka
  • Tepung terigu
  • Bawang putih 1 siung dihaluskan
  • Garam
  • Air panas
  • Daun bawang iris halus

Bumbu rujak :

  • Gula merah
  • Asam jawa
  • cabe 1 buah (karena Neyna ga suka pedes)

Cara membuat :

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu sambil diberikan air panas tuangkan sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk gepeng
  2. Goreng deh adonan yang sudah dibentuk
  3. Sajikan dalam keadaan hangat dan cocol dengan bumbu rujaknya. Untuk bumbu rujaknya seperti biasa yah diulek

***

Demikian cara mudah bikin cilok goang dan cireng rujak, cocok buat cemilan di rumah sambil baca buku atau nonton loh. 

Semoga bisa praktekin di rumah yah temans. Selamat mencoba!ada yang sudah pernah bikin?yuk sharing.






COMMENTS

BLOGGER: 4
  1. Waah menarikk mbaak pengenn bikin cireng rujaak nih hehehe 😁😁

    جواب دیںحذف کریں
  2. Anakku yg bungsu sukaaa banget Ama cilok.makanya drpd dia jajan di luar, aku LBH sering minta asisten bikinin mba. Kmrn itu aku sempet bikin cilok sendiri, tp ngadoninnya Ampe Kalis itu kok susah bangetttt hahahahahha. Kmrn aku baca resep di Cookpad soalnya, hrs diadonin mpe Kalis. Itu hampir nyerah, sampe2 akh ttp buletin walopun msh lengket wkwkwkwk. Tp pas direbus jadi tuh. Walopun bumbunya msh kurang :p. Aku penasaran pgn bikin LG, sekalian cobain cireng :D

    جواب دیںحذف کریں
  3. Aku pernah nyoba yang cilok mba...kmrn ajak anak2 buat mbuletin. Klo cireng belum pernah mbikin..

    Asyik mbuat jajanan lokal gini, di samping ngirit...puas klo hasilnya enak/sesuai harapan

    جواب دیںحذف کریں
  4. mantap ini, wah singkatan pinter juag ya bikinnya. ada yang baru tahu juga

    جواب دیںحذف کریں
Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

نام

#Minion (Mommy Opinion),2,Advertorial,35,Assessment Center,3,Beauty,22,Blog Competition,70,Book Review,28,BPNChallenge,75,Breastfeeding,17,Featured,5,Food And Beverages,24,Giveaway,9,Healthy,46,Life Story,8,Lifestyle,89,Movie Review,16,My Experience,115,My Job,35,My Opini,47,Parenting,52,Pengetahuanku,10,PostTematik,41,Pribadiku,18,Product Review,91,Reportase,30,Seputar Psikologi,16,Travelling,34,Wifi Cepat & Internet Menyatukan Indonesia,1,
rtl
item
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger: Begini Cara Mudah Membuat Cilok Goang
Begini Cara Mudah Membuat Cilok Goang
Cara Mudah Membuat Cilok Goang, resep membuat cilok goang, resep cilok, cara membuat cilok Bandung, cara membuat cireng
https://1.bp.blogspot.com/-B5U4hKqKvPA/XNUzTDZbDNI/AAAAAAAAFgQ/eyR8saM2J_UwSLsphszdebYjPIfpjCOcwCLcBGAs/s1600/Cara%2BMudah%2BMembuat%2BCilok%2BGoang.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-B5U4hKqKvPA/XNUzTDZbDNI/AAAAAAAAFgQ/eyR8saM2J_UwSLsphszdebYjPIfpjCOcwCLcBGAs/s72-c/Cara%2BMudah%2BMembuat%2BCilok%2BGoang.jpg
Bunda Nameera's Blog - Lifestyle Blogger
https://www.bundanameera.com/2019/05/Cara-mudah-membuat-cilok-goang.html?hl=ur
https://www.bundanameera.com/?hl=ur
https://www.bundanameera.com/
https://www.bundanameera.com/2019/05/Cara-mudah-membuat-cilok-goang.html
true
8935268786364384205
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content