POSTS SLIDER

I'm writing about...

Berkesannya Proses Seleksi Masuk Kerja di El Corps

Beberapa waktu lalu, saya pernah menuliskan bagaimana upaya pemenrintah berkomitmen untuk mengembangkan Ekonomi Syariah Indonesia hingga terbentuknya KNKS.


Hal ini tentu saja menjadi angin segar sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang ingin mengembangkan perekonomian syariah.

Menuju halal lifestyle sesuatu yang kini menjadi tren, tak hanya berfokus pada makanan, minuman, kosmetik, fashion, hingga pariwisata halal menjadi concern dalam pengembangan halal lifestyle.

Nah, temans ngomongin halal lifestyle apa yang temans bayangkan tentang perusahaan yang mengusung Muslim Lifestyle?


Elcorps muslim lifestyle, tes masuk kerja di Elcorps, tahapan tes recruitment di ElCorps, perusahaan muslim lifestyle

Apakah perusahaan yang semua karyawan muslimah mengenakan jilbab? apakah makanan yang ada di perusahaan halal semua? atau perusahaan yang mengeluarkan produk dengan mengusung muslim lifestyle?

Baiklah, akan saya ceritakan semua itu dalam tulisan kali ini. *duduk manis yah* 💋.

Pengalaman Mengikuti Tes Seleksi Kerja di Elcorps

Temans pernah mendengar nama Elzatta? Dauky? pasti brand ini udah terngiang-ngiang apalagi muslimah siapa sih ga kenal dengan merk Elzatta. Brand ternama yang selalu ada dihati setiap muslimah aseeeek.

Singkat cerita karena saya sedang mencari pekerjaan lagi (sekalian mau umumin barangkali ada yang mau hire saya di kantornya LOL) akhirnya saya kembali membuka lowongan kerja di beberapa situs kerja.


Saya membuka Jobstreet, dan muncullah info lowongan kerja di ELCORPS. Saking pengen dapat kerjaan baru, saya klak klik aja ga baca detail posisi yang dibutuhkan seingat saya depannya HR wah cocok langsung apply.

Tak lama apply, saya menerima sms yang begitu santun bunyinya dimulakan dengan salam dan berisikan Undangan mengikuti tes serta interview pada waktu yang telah ditentukan.

Sebagai recruiter yang suka ngundang orang saya sampe tertegun dapat sms dengan kalimat pembuka "Assalamualaikum wr.wb" karena biasanya saya kalau ngundang orang baik sms maupun telepon kalimat salamnya hanya menggunakan selamat pagi, siang atau sore.

Apakah saya langsung menjawab pesan singkat tersebut? TIDAK. Yang saya lakukan pertama adalah menggali informasi seputar Elcorps.

Perusahaan apa gerangan Elcorps ini? setelah saya telusuri diweb-nya saya membaca kalimat yang menjelaskan jika Elcorps merupakan perusahaan yang mengusung Muslim Lifestyle hingga membuat kawasan Muslim Lifestyle.

Setelah membaca profil singkatnya, saya segera membalas smsnya (yang entah dibaca atau tidak oleh recruiternya 😂) "waalaikumsalam, insyaAlloh saya akan hadir tepat waktu".

Tahapan Psikotes


Pagi itu saya memutuskan tidak bawa kendaraan karena saya buta peta. Saya memilih menggunakan Go-jek menuju Kawasan Elcorps yang terletak di Cigondewah.

Orang Bandung mah pasti hafal kawasan Cigondewah teh daerah apa? saya sering dengar namanya namun hari itu baru mengetahuinya. 

Pukul 07.30 wib go-jek belum juga muntul bikin saya panas dingin, akhirnya bapak go-jek pake ngebut untuk menuju ke kawasan Elcorps.

Sampai di pos security, saya diminta untuk menaruh KTP diganti dengan kartu tamu yang harus saya gunakan selama berada di kawasan Elcorp.

Tahukah temans, ketika memasuki gedungnya. Hati saya langsung bergetar (nih kalau setan ngikut mereka udah pada lari LOL) karena baru kali ini saya hadir di kantor yang melantunkan ayat suci Al-Quran.

Saya diantar security menuju aula tempat melaksanakan tes. Alhamdulilah meskipun drama go-jek tapi saya tidak telat datang.

Saya melihat sudah banyak peserta tes hari itu, saya memilih kursi paling ujung karena memang kursi yang kosong bagian situ wkwkwk.

Tahapan pertama adalah psikotes. Ya meski saya recruiter tapi alat tesnya udah lama banget ga saya pake jadi lupa-lupa ingat.

Saya mengikuti tes dengan penuh seksama berharap bisa lanjut ke tahapan selanjutnya. Karena recruiter-nya bilang setelah psikotes akan diumumkan siapa yang lulus dan mengikuti interview atau pulang.

Tak terasa waktu tes mendekati jam istirahat, saat asyik mengerjakan tes terakhir tiba-tiba terdengar bunyi alarm lalu terdengar ADZAN. 

Ya Alloh, adem banget ga sih nih kantor. Adzan bergema di seluruh ruangan. Saya sampe pengen nangis (ini lebay) 😂.

Ga berapa lama setelah psikotes selesai, recruiter lalu mengumumkan bahwa saya LOLOS ke tahapan interview.

Alhamdulilah..



Musola & Kantin El Corps Yang Bikin Betah

Sebelum interview saya diperbolehkan untuk solat dan makan di kantin. Lagi-lagi saya norak banget karena liat musolanya gede, bersih, duh adem banget.

Kenorak-an saya lagi saat melihat kantinya dan HABIT semua karyawan di sana selepas makan piring ditaruh, sampah dibuang, meja bersih dijilatin wkwkk ga ding..pokoknya semua yang meninggalkan meja harus merapihkan kembali.

It's good habit right?

Tahapan Tes Mengaji & Interview

Waktu menunjukkan pukul 13.30 wib, sesuai janji recruiter-nya akan dilaksanakan interview namun sebelumnya setiap peserta tes mengikuti tes mengaji terlebih dahulu.

Bertahun-tahun saya punya pengalaman jadi jobseeker dan peserta tes baru kali ini saya mengikuti TES MENGAJI. Hampir saya pingsan saking senangnya ketemu kantor cem gini tapi saya ingat kalau pingsan ga ada yang bakalan gotong 😂😂.

Alhamdulilah tes mengaji saya lalui dengan mudah karena terbiasa juga mengaji setiap hari *maapkan saya RIYA* 😂😂

Nama saya akhirnya dipanggil untuk interview, sudah ada seorang lelaki duduk mengorek seputar kehidupan saya.

Interview cukup lama karena saya banyak omong, belum ditanyakan tapi saya sudah jawab duluan begitulah kalau temans interview seorang recruiter cem saya.

Resultnya gimana? GAGAL MANING.....GAGAL MANING *slogan Pampam di serial Tuyul & Mba Yul.

Apakah saya potek hati? TYDAK! saya menyadari usia saya tak belia, status saya sebagai emak-emak yang harusnya sudah berada diposisi enak malahan berebut sama teman-teman jobseeker yang fresh graduated 😂.

FYI, waktu saya kenalan sama beberapa peserta tes, mereka tercengan saya angkatan jadul usianya kepala 3, huhuhu yess gaes kalian saingan sama emak-emak 😂.




***

Alhamdulilah meski tidak menjadi bagian dari El Corps, tapi saya sangat senang bisa mengikuti tahapan tes di sana apalagi berkesempatan mencicipi lingkungan kantor dengan muslim lifestyle yang bebas asap rokok dan memfasilitasi banget buat beribadah.

Kegagalan adalah cerita terbaik buat orang lain, semoga kisah ini bisa bermanfaat buat temans yang lain yah.

Ada yang pernah ikut tes juga di Elcorps? atau mengunjungi kantor dengan kawasan muslim lifestyle juga? yuk sharing yuk..


Komentar

Posting Komentar

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun