POSTS SLIDER

I'm writing about...

4 Hal Penting Yang Harus Dihindari Dalam Membangun Usaha Sendiri

Membangun usaha merupakan impian saya dan suami sedari dulu. Saya memang selalu punya niatan suatu hari mengelola usaha sendiri meskipun saat ini saya masih aktif sebagai seorang karyawan di kantor.

Tak bisa dipungkiri, punya usaha itu memberikan kebebasan saya dalam memanajemen usaha tersebut. Siapa sih yang tidak senang punya usaha sendiri dimana yang jadi Boss adalah saya, punya aturan yang bisa dibuat sendiri, bisa kelola karyawan sendiri.

Dengan berbagai pertimbangan, Alhamdulilah akhirnya bulan Agustus tahun 2018 silam berdirilah usaha kami "Joeragan Ice Cream". Jauh sebelum Joeragan berdiri, akang suami sudah punya usaha Warnet pada tahun 2010 namun harus tutup tahun 2016.



Perlu temans ketahui untuk merintis usaha kuliner Joeragan Ice Cream ini tidaklah semudah yang saya dan akang suami bayangkan diawal perencanaan. Banyak hal ternyata diluar dugaan yang tentu saja butuh effort luar biasa agar usaha baru ini bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Dan utamanya adalah butuh keberanian yang kuat untuk memulai bisnisnya meskipun bisnis kecil yah temans. Karena memulai bisnis baru bagi pemula seperti saya tergolong sulit.

Nah kali ini saya mau kasih tips yang wajib temans ketahui untuk memulai suatu bisnis baru sesuai dengan pengalaman yang telah saya alami. 

Harapan saya sendiri dengan menceritakan pengalaman ini bisa menjadi satu manfaat buat temans yang memang punya niat membangun bisnis baru dibidang apapun.

Sebab membangun bisnis apalagi dengan modal yang lumayan seperti yang saya lakukan itu butuh sekali perencanaan yang matang. Akan sangat disayangkan apabila ternyata ada yang mau membangun usaha tetapi kurang serius dan pengetahuan bisa berujung kerugian.

Tak jarang juga ada yang memilih untuk menggunakan jasa konsultan, namun itu tidak saya lakukan berhubung modal yang saya miliki bisa dikatakan PAS.

cara membangun usaha sendiri, merintis usaha sendiri, hal yang perlu diperhatikan saat membangun usaha sendiri

4 Hal Penting Yang Harus Dihindari Dalam Membangun Usaha Sendiri


❤ Cepat Menyerah


Merupakan hal penting yang wajib temans hindari. Sangatlah berbeda menjadi karyawan dengan wiraswasta.

Di kantor saya bekerja menyesuaikan budaya kerja yang ada, namun ketika mengelola usaha saya dan akang suami putar otak agar bisa menjalankan usaha kami sesuai harapan.

Adalah mental yang kuat mesti kami miliki, saat ini sudah berjalan 6 bulan usaha ini tentu saja ada pasang surutnya terlebih lagi cuaca hujan tak terprediksi. 

Sudah 2 bulan ini kami mengalami defisit. Nah inilah yang ingin saya bagikan untuk temans yang ingin membangun usaha.

Mempunyai usaha harus siap juga dengan keadaan warung yang sepi bahkan mengalami defisit, tak selamanya menguntungkan temans. 

Jadi saran saya milikilah mental yang kuat untuk menghadapi kemungkinan terburuk ya temans. Jangan pernah menyerah meskipun usahanya masih mengalami defisit, konsumennya sepi, bahkan pengalaman terburuk saya saat harus merelakan bahan es krim terbuang begitu saja karena karyawan yang tidak efektif dalam mengadonnya.

❤ Bingung Menentukan Jenis Usaha


Kita selalu tergiur bukan dengan usaha orang lain, memang tak bisa disangkal melihat rumput tetangga itu lebih hijau membuat kita juga termotivasi ingin memiliki. 

Saran saya pilihlah usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian kita sendiri. Jangan bingung menentukan jenis usahanya apa.

Saran saya untuk menentukan usaha itu bisa coba menggali dari minat, hobi atau kesukaan temans sehingga akan jauh lebih mudah ketika membangun usaha sesuai passionnya.

Seperti usaha warnet kami dulu, jadi karena kesukaan untuk berselancar di dunia maya demi kebutuhan pekerjaan tercetuslah ide mendirikan warnet terlebih lagi zaman tahun 2010 mulai menjamur seperti game online, media sosial seperti facebook dimana orang-orang jauh lebih suka menghabiskan waktu di warnet.

Bagaimana dengan Joeragan Ice Cream, hal ini tercetus karena kesukaan kami dengan ice cream terlebih lagi cara pembuatan ice cream sendiri itu mudah sekali. 

Dengan memilih jenis usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian, harapannya adalah kami bisa dengan senang hati mengelola usaha ini.

Nah temans gimana?bagi yang punya hobi menjahit bisa loh buka usaha konveksi sendiri, yang suka memasak bisa buka usaha catering seperti yang dijalankan adik kelas saya meski hanya di rumah namun ia tetap produktif.

❤ Tidak Melakukan Survei Terlebih Dahulu


Setelah menentukan jenis usaha yang ingin saya dirikan, langkah selanjutnya adalah melakukan survei. Ini merupakan hal yang terkadang terlupakan begitu saja. Padahal point ini penting sekali loh temans.

Apa saja yang perlu temans survei sehubungan dengan rencana usahanya?

Ada beberapa yang saya survei bersama akang suami sebelum mendirikan Joeragan Ice Cream ini. Diantaranya adalah :

  • Lokasi Tempat Usaha
Butuh waktu yang lama nih untuk menentukan lokasi usaha, saya sendiri melihat dari sisi strategisnya. Kebetulan sekali ibu mertua memiliki tanah kosong depan jalan raya dan posisinya strategis sekali di belakang kampus Unjani dan utamanya sering dilalui oleh orang banyak.


cara membangun usaha sendiri, merintis usaha sendiri, hal yang perlu diperhatikan saat membangun usaha sendiri


Akhirnya setelah bernego cukup panjang sepakat kami mendirikan bangunan warung Joeragan Ice Cream di tanah milik mertua.

  • Tingkat Persaingan
Sewaktu memutuskan kuliner ice cream ini, saya melihat belum ada warung kuliner khusus menjajakan ice cream dengan berbagai rasa dan dipadu padankan dengan olahan makanan lain. 

Jadilah semakin bulat saya dan akang suami mendirikan usaha ice cream ini. 

Buat temans yang mau usaha please ini yang harus difikirkan yah. Saya melihat beberapa usaha seperti warung ayam krispy menjamur dan tak banyak yang bertahan hingga kini. Meskipun berbeda jenis variannya tetap saja ketatnya persaingan tidak bisa menutupi biaya produksi.


❤ Kurang Perencanaan Dalam Mengelola Modal


Merintis usaha sendiri dari nol ini cukup riskan apabila teman kurang perencanannya. Point ini paling penting temans ingat yah jangan sampai nanti tidak sesuai dengan rencana.

Saya sendiri cukup kewalahan berdua dengan suami rasanya kepala pusing banget untuk membagi modal. Untuk itu penting banget temans perhatikan dari awal sudah buat rancangan anggaran biayanya.

Adapun rancangan anggaran biaya yang saya kelola :



1. Modal Membangun Tempat Usaha

Ini bisa sesuai dengan kebutuhan yah temans, berhubung kami memilih mendesain bangunan sendiri jadi modalnya lebih banyak untuk membangun. Kurang lebih satu bulan lamanya bangunan warung Joeragan ini akhirnya bisa siap pakai.

Anggaran dalam membangun itu temans harus perhitungakan baik-baik dari biaya buruh tukang, biaya material yang dikeluarkan hingga biaya untuk listrik maupun air. 

Sebenarnya jauh lebih mudah menyewa saja akan tetapi dulu kami kesulitan mencari tempat yang strategis.


2. Modal Bahan Baku

Saya lupa tepatnya berapa persen modal yang saya sisihkan untuk bahan baku es krim. Karena kami memilih membuat es krim sendiri tentu saja modal untuk bahan baku harus saya persiapkan.


3. Modal Membeli Peralatan

Ternyata setelah saya hitung modal membeli peralatan itu juga membutuhkan banyak modal yang keluar. Terlebih lagi beberapa peralatan sepeerti Mesin Es Krim dan freezer itu tidak ada yang jual offline di Cimahi.



Saya dan akang suami sampe pusing mencarinya. Akhirnya kami memutuskan untuk membeli online. Tak disangka ternyata membeli online itu berat biaya ongkos kirimnya. Nah ini yang miss dari rancangan perhitungan anggaran modal kami. 

So, saya mau kasih saran juga nih apabila domisili temans bukan di kota besar dan kesulitan membeli peralatan untuk usahanya lebih baik temans membeli online namun jangan sembarangan memilih e-commerce yang ada.


Ingat loh maraknya kini kasus penipuan, alih-alih kita mau usaha eh kita malah kena tipu. 

 Ralali.com Solusi Penyediaan Peralatan!


Adalah RALALI.COM  merupakan e-commerce yang menyediakan layanan jual beli berbagai produk kebutuhan bisnis antara pemasok dan pelaku bisnis melalui portal website. 

cara membangun usaha sendiri, merintis usaha sendiri, hal yang perlu diperhatikan saat membangun usaha sendiri


Beberapa point penting yang perlu temans ketahui perihal Ralali.com, dinataranya yaitu :

  • Ralali.com merupakan penyedian B2B marketplace (business to business) yang bertugas menghubungkan satu bisnis dengan bsnnis lain dalam rangka memenuhi kebutuhan bisnis mereka demi tercapainya keuntungan bagi kedua belah pihak.
  • Produk-produk di Ralali.com ini diual dengan harga grosir agar dapat dijual kembali.
  • Setiap produknya juga memiliki jumlah minimum pembelian. 
  • Selain produk berharga grosir, Ralali.com juga menyediakan jasa pemenuhan produk kebutuhan bisnis yang sukar ditemukan bernama RFQ (Request for Quotation)
  • Menyediakan asa pembayaran elektronik 
  • Pendanaan bisnis melalui fitur kredit Kredivo atau Ralalicicilan
  • Memiliki slogan "business starsts here" sebagai harapan bagian solusi permasalahan setiap orang yang ingin memulai bisnis dan menjalankan bisnisnya

cara membangun usaha sendiri, merintis usaha sendiri, hal yang perlu diperhatikan saat membangun usaha sendiri


Saya sangat menyesal baru tahu tentang Ralali sekarang ini, jadi waktu itu jujur saya kesulitan banget mencari penjual mesin es krim dan freezer. Karena memang ini merupakan kebutuhan peralata utama untuk warung es krim.

Pas saya cek di Ralali.com, sekelas PT. Indotara saja sudah display berbagai jenis mesin es krim merk Tomori. Padahal sebelumnya saya sangat kesulitan banget waktu cari kontak menghubungi pihak Indotara secara langsung.

Meskipun telat tahunya tapi setidaknya kedepan Ralali bisa menjadi sahabat usaha saya untuk keberlangsungan Joeragan Ice Cream.

Karena tidak hanya menjual peralatan saja akan tetapi juga pemenuhan kebutuhan bisnis lainnya. Ralali menurut saya platform sahabat pengusaha pasalnya ketika saya buka isinya mantap betul lengkapnya.

Sebagai contoh ketika saya mencari mesin es krim lalu sekali klik tampil berbagai varian mesin es krim. Tidak hanya itu di bawahnya keluar rekomendasi merk yang populer serta produk yang terkait.


cara membangun usaha sendiri, merintis usaha sendiri, hal yang perlu diperhatikan saat membangun usaha sendiri



Mengapa harus di Ralali.com?




Dan yang saya suka adalah Ralali.com sudah banyak mengantongi penghargaan loh ini point tambahannya.





Gimana temans? yuk buruan login ke akun Ralali.com semoga usaha temans yang ingin diwujudkan tahun ini bisa terwujud yah!

Demikian sharing yang bisa saya tuliskan kali ini semoga bisa bermanfaat yah.