Biaya Pemeriksaan Kehamilan Dokter Vs Bidan di Cimahi

menghitung biaya pemeriksaan kehamilan #biaya periksa di dokter vs bidan Cimahi, periksa kandungan di cimahi, periksa kehamilan di cimahi, periksa kehamilan di bandung, biaya untuk pemeriksaan kandungan pertama, biaya periksa kandungan

Biaya Pemeriksaan Kehamilan Dokter Vs Bidan di Cimahi

Halo semuanya apa kabar?semoga senantiasa sehat yah. Kali ini saya mau berbagi info mengenai biaya pemeriksaan kehamilan di Cimahi. 

Sekedar informasi buat temans yang sedang atau ingin merencanakan kehamilan sehingga ada gambaran berapa budget yang harus dipersiapkan meskipun kita tahu Alloh sudah jamin rezeki setiap makhluknya betul yah?

Jika temans yang memiliki BPJS tentunya biaya periksa kehamilan tercover namun ada beberapa catatannya. Begini pengalaman saya selama memeriksakan kehamilan di Cimahi.

💝 Periksa Kehamilan ke Dokter Kandungan


Kali pertama memeriksakan kandungan saya memilih mendatangi Rumah Sakit Cahya Kawaluyan Kota Baru Parahyangan, setelah pencarian kesana kemari dokter kandungan perempuan alhamdulilah berjodoh kembali dengan Dr. Irnawati Muhadji, Spog yang sebelumnya menangani saat saya hamil dan melahirkan Neyna.

Saya periksakan kandungan pada hari sabtu sebelumnya saya contact customer service pihak RSCK untuk mengetahui jadwal praktek Dr. Irna. Bersyukur sekali sabtu pukul 10.00 -13.00 wib beliau praktek. Jadi bisa diantar akang suami dan Neyna.

berapa-biaya-periksa-kehamilan-didokter-vs-bidan, biaya melahirkan di cimahi, periksa kehamilan di cimahi, periksa kehamilan di doketr kandungan cimahi

Pasien yang hendak periksa cukup banyak bahkan saya harus menunggu lama ketika memeriksakan pertama kali. Untuk biaya periksa kehamilan di RSCK terhitung tahun 2018 ini sebagai berikut :

1. Pemeriksaan Klinik Obgyn - Ginekologi             Rp 177.000
2. Pemeriksaan USG Nemio/Philips                       Rp   37.500
Total                                                                      Rp 214.500

Untuk tahun 2017 sendiri biasanya saya cukup membayarkan Rp 152.000 namun sejak tahun 2018 naik untuk biaya dokternya. 
Emang ga dikasih resep lainnya kah?dikasih juga vitamin maupun obat tergantung keluhan yang kita rasakan. Biasanya Dr. Irna meresepkan Folamil Genio untuk vitamin sebanyak 30 butir untuk masa waktu 1 bulan. Sisanya obat penguat kandungan jika masih trimester 1. 

Total yang harus saya keluarkan saat pertama kali periksa di tahun 2017 itu Rp 800.000-an. 

Kalau resepnya tidak ditebus bisa?bisa..itu sering saya lakukan jadi yang saya berikan ke kasir hanya secarik kertas bukti pemeriksaan saja untuk kertas resepnya saya copot. Jika memang ada keluhan biasanya saya memilih tebus di Apotek luar harganya lebih mursida. Eaaaa *tetap mencari yang murah.

Untuk vitamin sendiri saya biasa konsumsi selain Folamil Genio, saya konsumsi Omega Squash padu padan sama Klorofil dari K-Link juga susu Prenagen.

1. Folamil Genio     Rp 144.000
2. Omega Squash    Rp 142.000 (harga member)
3. Klorofil               Rp  120.000-an (harga member)
4. Susu Prenagen    Rp   72.000
Total                       Rp 478.000

Nah biasanya kalau saya males ke agen K-Link saya konsumsi Folamil Genio saja, ga disatuin semuanya. Untuk susu juga kadang 2 minggu sekali beli karena banyak minum susu selama hamil ini.

Ada lagi kah biaya yang harus dikeluarkan jika periksa kehamilan di dokter?ada..biasanya suruh cek darah. Terakhir periksa 2 minggu lalu saya diminta untuk cek darah, soalnya saya memberikan hasil Medical Check Up yang rutin dilakukan di kantor setiap tahunnya.

Hasilnya HB saya jauh diambang normal, makanya Dr. Irna meminta saya cek kembali darahnya.

Adapun rincian untuk tes darahnya sebagai berikut :

1. Tes Gol. darah & RH Faktor (rhesus + atau rhesus -)           Rp 33.500
2. Glukosa                                                                                 Rp 35.000
3. HBSAG                                                                                 Rp 115.500
4. Anti HIV Rapid                                                                    Rp 139.500
Total                                                                                         Rp 323.500

Jadi temans untuk biaya periksa kehamilan plus lain-lainnya kalau ke dokter kandungan minimal temans siapkan budget Rp 500.000-an setiap bulannya.



 💝 Periksa Kehamilan Ke Bidan 


Sebagai peserta BPJS maka saya pun banyak disarankan oleh teman-teman lainnya untuk memanfaatkan fasilitas BPJS dalam memeriksakan kehamilan maupun melahirkan.  

Yang saya lakukan adalah mengunjungi faskes 1 yang hanya klinik umum lalu saya dirujuk ke bidan yang menjadi rekanan faskes 1. Faskes 1 saya, klinik di daerah Cibeber.

Sebagai informasi nih temans, periksa kehamilan dengan BPJS itu tidak rutin setiap bulannya akan tetapi maksimal 4 kali (ini yang tercover oleh BPJS). Rincian waktunya adalah :
  • 1 kali di trimester pertama
  • 1 kali di trimester kedua
  • 2x di trimeseter ketiga
Diluar waktu yang telah ditetapkan kita harus bayar temans. Ceritanya saya belum tahu nih periksa kehamilan di bidan pake BPJS itu ada waktunya. Karena sudah 2 minggu sx check upnya di trimester 2 saya datang 2x akhirnya saya harus merogoh kocek deh.

Namun jangan khawatir berbeda dengan dokter kandungan, biaya yang dikenakan hanya Rp 35.000 saja sudah termasuk vitamin dan biaya periksa. 

Uniknya periksa di bidan hanya di tensi, ditekan-tekan secara manual untuk menentukan posisi kepala dan menggunakan Doppler untuk mendengarkan denyut jantung.

Di bidan nanti temans bisa mendapatkan buku pink ini sebagai catatan riwayat kehamilan, kalau di dokter riwayatnya diarsip sama suster kalau waktu saya periksa di Hermina Pasteur sih dapat buku hijau riwayat kehamilan saya. Untuk RSCK tidak diberikan.

buku-ibu-hamil, periksa kandungan di cimahi, periksa kandungan di bidan, periksa kehamilan di rumah sakit, menghitung biaya pemeriksaan kehamilan  #biaya periksa di dokter vs bidan Cimahi, periksa kandungan di cimahi, periksa kehamilan di cimahi, periksa kehamilan di bandung

Jangan lupa jika periksa ke bidan membawa fotocopy KTP dan Kartu BPJS-nya konon kata bidan yang periksa saya gunanya adalah untuk klaim.

Jadi temans untuk biaya periksa kehamilan ke bidan dihitung tiap bulan diluar BPJS hanya merogoh kocek Rp 175.000 selama 9 bulan kehamilan. Jauh lebih murah yah.

***

Demikian yang bisa saya ulas kali ini, mau ke dokter atau bidan tergantung dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing yah temans. 

Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat yah 💋, temans ada yang mau sharing berapa biaya periksa kehamilannya ditempat tinggalnya?monggo ditulis di kolom komen 😂.

Doakan juga untuk saya maupun ibu-ibu yang sedang hamil semoga sehat selalu dan lancar proses kehamilannya.


50 komentar

Avatar
Sandra Hamidah Kamis, 22 Maret, 2018

Pas ke obgyn pertama kali, saya juga ga tebus obat tapi pas kesananya beli obat sekalian, iya di bidan lebih murah semoga klaim nya cepet cair buat buibu bidan... Sehat terus mbaaa😊😳😂

Reply Delete
Avatar
Armita Fibriyanti Kamis, 22 Maret, 2018

Zaman hamil Akmal 6 tahun lalu harga Folamil Genio masih 90rb. 2,5 tahun kemudian jadi 110rb. Hehehe. Wajar sih kalau naik ya Teh. Vitamin dll biasanya sama juga saya tebus di luar. Soalnya emang biasanya lebih mahal kalau ditebus di dalam 😂

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Kamis, 22 Maret, 2018

iya teh biasanya mursida kalau tebus diluar hehhe

Reply Delete
Avatar
Uwien Budi Kamis, 22 Maret, 2018

Waaaaahaha, pantesan sampe 800.000, termasuk produk K-Link berupa Omega Squa dan Klorofil ternyata. Aku udah kaget kok mahal amat. hehe.

Kalau aku, di bidan Purwanti di Utama sekali periksa 80.000, terus USGnya di dokter Reza klinik di Jalan Permana Citeureup bayar 75.000 per USG.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Kamis, 22 Maret, 2018

murah ya teh :) baru tau dokter Reze :)

Reply Delete
Avatar
nur rochma Kamis, 22 Maret, 2018

Dulu aku periksa kehamilan ke dokter obgyn kadang juga ke bidan. Melahirkan anak pertama ke RS, dengan dr obgyn, eh anaknya mau lahir aja dokter baru nongol.
Sehat-sehat ya. Semoga dimudahkan proses melahirkan si adek.

Reply Delete
Avatar
Tian lustiana Kamis, 22 Maret, 2018

Sehat - sehat ya ibu hamil dan dedek bayi

Reply Delete
Avatar
Ida Tahmidah Kamis, 22 Maret, 2018

Tth campur aja ke dokter sama bidan... Pengalaman sih melahirkan sama bidan n dokter enak bidan lebih sabar hehe... Dokter kebanyakan irit ngomong, ga mau ngejelasin panjang lebar.

Pernah ke dokter paling twrkenal di bdg, suamiku nanya2 dikit aneh aja.. Nyuruh sklh spesialis kandungan dulu..

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Kamis, 22 Maret, 2018

waduh kok dokternya gitu amat teh hahaha emang sih kalau sama dokter cepet banget dan irit ngomomng kecuali kita yang inisiatif

Reply Delete
Avatar
Siti Fauzia Kamis, 22 Maret, 2018

Kehamilan pertama ke bidan sampe lahirannya. Kayaknya nanti klo program lagi aku bakal ke bidan lagi deh. Semoga ga ada masalah apa-apa sama kehamilan. Aamiin. Hehehehe

Btw, teh Herva makasih kalkulasinya ya bisa jadi gambaran aku. 😍

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Kamis, 22 Maret, 2018

sami2 teh Zia mugi enggal dipasihan deui aamiin :)

Reply Delete
Avatar
wuri nugraeni Kamis, 22 Maret, 2018

wuih detail banget, bisa jadi bahan pertimbangan klo aku hamil lagi, aamiiiiin hahaha ngarep

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea Jumat, 23 Maret, 2018

Buku pink itu jangan sampai hilang mba, katanya itu berfungsi buat daftar TK dan SD hehehe.

Lumayan ya biayanya ke dokter kandungan.
Saya taun kemaren Alhamdulillah ketemu ama dokter kandungan yang murmer, setiap periksa hanya habis 300an ribu sudah termasuk vitamin.

Kalau ke bidan saya faskesnya di puskesmas, eh tapi kalau di puskesmas periksa kehamilan tiap bulan bisa kok pakai BPJS, test darahpun di puskesmas pakai BPJS gratis.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 23 Maret, 2018

Makasih mba Rey baru tau bukunya harus disimpen :)

Reply Delete
Avatar
Kang Nata Jumat, 23 Maret, 2018

soal biaya yg jng terlalu dipikirkan sudah kewajiban suami, :) yg penting harus tetap periksa entah itu ke Bidan Atau Dokter :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 23 Maret, 2018

yes pasti ada rezekinya ya kang :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres Jumat, 23 Maret, 2018

Ya Allah aku lupa berapa biaya kehamilan soalnya hampir sepuluh tahun lalu trus nggak niat buat hamil lagi, Bun. Hahhaa. Aamin doanya, bunda semoga dimudahkan kehamilannya dan lancar hingga melahirkan ya dan lancar juga rejekinya. Aamin

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Jumat, 23 Maret, 2018

wkwkwk uda lama banget :p

Reply Delete
Avatar
Ade anita Sabtu, 24 Maret, 2018

Berarti meski kita bawa kartu bojs bukan berarti murni gak bayar ya?

Reply Delete
Avatar
Ria Bilqis Minggu, 25 Maret, 2018

Saya periksa di Puskesmas pake BPJS dapat juga buku pink. Memang vitaminnya standar (tambah darah, kalsium ,Vit C) beruntung sebagai blogger dapat asupan vitamin Black***s 😀

Reply Delete
Avatar
Diah Kusumastuti Minggu, 25 Maret, 2018

Aku tiap hamil mesti ke bidan sama ke dokter. Ke dokter kalo USG aja, hehehe.. soalnya lebih murah ke bidan dan bidannya sabar banyak ngasih masukan pula.
Btw semoga sehat selalu ya bumil, lancar pula proses persalinannya :)

Reply Delete
Avatar
Antung apriana Minggu, 25 Maret, 2018

Saya waktu hamil kemarin periksa ke dokter sama bidan juga, mbak. Alhamdulillah kehamilannya tidak bermasalah jadi yang diminum cuma folamil genio aja. Di sini kalau periksa ke dokter biayanya sekitar 150 ribu sudah sama usg tapi tergantung dokternya juga sih pilih yang mana

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 28 Maret, 2018

alhamdulilah y mba lebih murah :)

Reply Delete
Avatar
Claude C Kenni Senin, 26 Maret, 2018

Mahal banget ya. Di negara tempat saya tinggal murah banget lho biayanya. Kemarin teman saya periksa Obgyn dan USG di sini, biayanya hanya 30 RMB alias 60 ribu rupiah, itu pun sudah termasuk biaya konsultasi dokter.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 28 Maret, 2018

termasuk mahal yak hehehe

Reply Delete
Avatar
Sandra Nova Senin, 26 Maret, 2018

Sudah terbebas dari cekup hamil, dan sekarang tiap bulan nyiapin biaya buat vaksi dedek yang lumayan pisan hahahah :D

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 28 Maret, 2018

iya euy next biaya teh vaksin nyak mih

Reply Delete
Avatar
Bunda Erysha (yenisovia.com) Selasa, 27 Maret, 2018

Iya bener Mba mahal klo k dokter, tahun 2016 aja wkt priksa hamil Erysha abis beratus ratus ribu juga. Klo nanti hamil anak k 2. Msh bingung, tpi klo lahiran kyaknya psti pk dokter soalnya lahiran Erysha aq sesar

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti Rabu, 28 Maret, 2018

semoga bisa sehat2 y mba

Reply Delete
Avatar
Amallia Sarah Selasa, 27 Maret, 2018

Untuk pemeriksaan ke bidan aku lebih suka karena lebih murah mbak. Misalnya periksa yang simple2 buat diri sendiri. Kebetulan ada samping Rumah hehhe

Reply Delete
Avatar
Intan Rastini Rabu, 28 Maret, 2018

Whaat? Periksa kehanilan sampai 800ribuan?!
Kalau saya periksa ke dokter kandungan untuk USG dan diberi vitamin itu bisa 200rban di praktek obgyn pribadi atau di klinik swasta. Tapi kalau di bidan pustu (puskesmas terdekat di desa) gratisss. Dapat buka KIA juga, setiap periksa atau jika ada keluhan harus dibawa. Saat USG ke obgyn pun ditanyain buku KIA pink itu :)

Reply Delete
Avatar
Sugi Siswiyanti Rabu, 04 April, 2018

Sangat informatif. Waktu hamil kemarin sudah niat nulis perbandingan harga klinik,rumkit, dan puskesmas berikur fasilitasnya. Eh, niat tinggal niat. Hehehe...

Reply Delete
Avatar
Lucky Caesar Minggu, 30 Desember, 2018

Tfs infonyaaa mbak bellaa, jadi tau nih perbedaan biaya periksa kehamilan. Tambah-tambah ilmu hehehe sehaat sehatt yaa mbak bella sekeluargaaa. Aamiin :)

Reply Delete
Avatar
Ariesta Senin, 07 Januari, 2019

Aku periksa ke bidan juga mbak pakai BPJS, tapi nggak dibatasin kok berapa kali. Jadi bisa sebulan sekali, malah sebulan dua kali pas saatnya suntik TT. Vitaminnya juga dapat gratis, hehe.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti Senin, 01 April, 2019

wah enak banget aku pake bpjs dibatasi mba

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Sabtu, 26 Januari, 2019

Iparku periksa kehamilan di bidan dan alhamdulillah pelayanannya juga bagus. DI Cimahi harga pemeriksaannya masih banyak yang terjangkau ya bun. Alhamdulillah bunda skarang sehat sehat ya setelah lahiran :)

Reply Delete
Avatar
Ratna Dewi Kamis, 04 April, 2019

Rasanya aku kadang-kadang pengen kalo hamil periksa di bidan deh, pengen ngerasain kayak gimana murahnya soale pas hamil dulu selalu nggak kurang dari sejuta biaya kontrolnya, huhu. Biaya dokternya aja aku udah 550ribu sendiri. Sedih akutu

Reply Delete