POSTS SLIDER

I'm writing about...

Hamil Pertama Vs Hamil Kedua, Apa Bedanya Yah?

Halo temans apakabar semuanya? semoga tetap ceria yes, yang lagi pusing mikirin hutang, pusing mikirin ide tulisan, pusing invoice ga cair mending tinggalkan sekejap baca dulu yuk curahan hati saya terkait dengan kehamilan.

Bersyukur sekali saya diamanahkan kembali untuk hamil kembali setelah si sulung menginjak usia 4 tahun. Kehamilan memang suatu anugerah terindah yang akan membekas diingatan semuanya bukan? tentunya masing-masing punya cerita yang berbeda dan utamanya berkesan setiap kehamilannya. 

Mungkin ada yang merasakan kehamilan pertama begitu menegangkan lalu membuat trauma atau ada yang sangat senang sekali setelah sekian purnama akhirnya Alloh memberikan kejutan dalam rahim kita. Pasti menyikapinya berbeda-beda ya temans. Nah saya pun punya cerita yang berbeda diantara kehamilan pertama dan kehamilan kedua ini loh.

perbedaan-kehamilan-anak-pertama-dan-kedua

Perbedaan Kehamilan Anak Pertama Dan Kedua

Apa saja emangnya sih bedanya? ini dia hamil pertama vs hamil kedua Teteh Bella Bunda Nameera :

*Hamil Pertama*


Sebagai manten baru waktu itu saya mengharapkan banget bisa langsung isi kek teman-teman yang lain. Namun dibulan kedua ternyata belum juga dikasih. Oke lebih giat lagi ya begitu pesan saya ke akang suami. Giat ngapain? giat ibadahnya gaes 😂.

Masuk bulan ke-3 pernikahan, alhamdulilah baru telat 4 hari waktu itu saya dan akang suami udah seneng banget lalu kami beli testpack di minimarket. Dan kelian tahu pas mau beli ini kami debat dulu sapa yang mau beli karena malu LOL. 

Setelah debat kenceng akhirnya kami berdua yang membeli, kenapa malu? karena muka kami yang kinyis-kinyis kek mahasiswa *huek* jadi takut ada prasangka dari orang-orang. Dan minimarket yang kami pilih juga dulu jauh dari lokasi rumah mertua yang kawasan kampus.

Abis beli testpack saya sendiri ga sabar pengen banget langsung cek, tapi di petunjuk pemakaiannya harus dilaksanakan pagi hari. Mau tak mau saya pun bobo cantik dulu lalu bangun 1/3 malam dan langsung cek.

Ga sabar liat hasilnya, ternyata positif garis duanya merah. Saking senangnya pagi itu kami memutuskan untuk segera ke RSIA Hermina Pasteur biar diperiksa oleh dokter kandungan. Sampe deg-degan pertama kali masuk ruangan periksa untuk USG.

USG pertama kali itu dokternya lama banget cari-cari kantung kehamilannya karena memang masih baru banget akhirnya ketemu satu titik. Dan itu yang bikin saya lega, dokter langsung bilang "selamat yah alhamdulilah buat saya dan akang suami".

Dinyatakan positif hamil akhirnya kami berdua prepare cari tahu tentang kehamilan, apa saja yang mesti dihindari, dan utamanya akang suami langsung beliin suplemen buat ibu hamil. 

Lalu apa saja yang saya rasakan selama kehamilan pertama itu?

✅ Fisik


Saya ini tergolong kurus, ceking jadi fisik selama hamil tidak banyak berubah kecuali perut semakin maju. Dan itupun orang-orang baru tahu saya hamil sejak masuk usia ke-8 bulan, sebelumnya tidak terlihat jika saya sedang mengandung.

Total kenaikan berat badan hanya 10 kg jadi awalnya 45 kg lalu sampe melahirkan mencapai angka 55 kg saja. Nafsu makan baru meningkat masuk trimester ke-2, sebelumnya saya mengalami mual bahkan muntah-muntah. 

Bawaannya kayak masuk angin gituh? agak ripuh kalau kata orang sunda mah hehehe. Kemudian juga muka saya timbul jerawat iww sampe hamil gede juga jerawat menghampiri padahal dulu sangat memperhatikan penampilan *eciiee*.

✅ Psikis


Entah kenapa waktu mengandung Neyna, bawaannya saya menjadi melloww, cengeng bahkan sensitif banget. Dikit-dikit menangis udah seperti film India, ga dijemput akang suami pulangnya saya ngambek lalu nangis.

Liat film sedih ikutan termehek-mehek, pokoknya sensitif pake banget. Bahkan dulu kesel banget sama akang suami bawaannya pengen ngulek mukanya dia 😂. Pokoknya emosinya labil, pengen banget diperhatikan, dimanis manja group gituh. 

beda kehamilan, hamil pertama vs hamil kedua,pengalaman selama hamil. pengalaman hamil dua kali
be like kalau uda sensi 😀

✅ Habit

  • Waktu hamil pertama dulu, duh saya ini perawatan banget bahkan kalau libur kerja saya sampe luluran mulu pokoknya pengen serba bersih. Mandi juga sering, pake jilbab harus dengan kemiringan sempurna tak boleh kusut tuh jilbab jadinya saya rajin banget setrika jilbab sebelum gawe. Dan seminggu sebelum lahiran masih sempatin KERITING BULU MATA 😂.
  • Sukanya makanan asin dan suka banget makan eskrim bahkan akang suami suka beliin yang cup gede gitu. Nyetock di kulkas 😀. Dulu juga akang suami masih rajin bikinin susu tiap malam kalau saya ketiduran dibangunin dulu biar minum. Sweet dah hahaha.
  • Berangkat dan pulang kerja kudu dijemput poko'e manja pisan. Kalau hujan ngangkoters sambil termanyun-manyun karena bete ga dijemput 
  • Belum biasa masak sendiri masih suka jajan atau ga makan masakan mertua

✅ Ngefans Banget 

Saya masih inget dulu pas hamil pertama ngefans sama Orlando Bloom yang meranin Legolas, waktu hamil itu saya suka banget nonton film Lord Of The Rings sampe yang seri Hobbit demi melihat abang Legolas. 

beda kehamilan, hamil pertama vs hamil kedua,pengalaman selama hamil. pengalaman hamil dua kali
Abang Legolas bikin meleleh
Selain demen sama si Legolas, saya demen sama penampilan Agnes Mo widih kalau ada konser Agnes Mo di TV saya tonton khusyu banjet. Seneng aja liat dy perfom dengan khasnya bahkan Agnes kalau diapa-apain tetep syantik.

✅ Prepare Lahiran
  • Namanya juga punya anak pertama, meni riweh mau lahiran teh. Jauh hari belanja semua keperluan dari baju sampe kasur, dari clodi sampe pospak, dari dot sampe cooler bag pokoknya serba prepare jauh hari.
  • Untuk biaya kelahiran begitu matang dipersiapkan, saya ikutan tabungan promil di Hermina Pasteur jadi tiap bulan sambil kontrol sambil setor uang. Pas hari H lahiran meski saya melahirkan normal tapi diinduksi total biaya yang dikeluarkan Rp 11 juta (tahun 2013) untungnya ada asuransi dan juga tabungan promil ini jadi ga terlalu sakit kepala 😂

*Hamil Kedua*


Sangatlah berbeda dengan yang pertama, ketika tahu saya telat 1 bulan saya masih lempeng banget mikirnya mungkin saya lelah capek. Memasuki bulan ke-2 tidak dapat haid barulah saya beli tespack ke apotek itupun yang paling murah yang cuman Rp8.000 saja 😂.

Esok pagi menjelang subuh saya tes dan ternyata garis 2, shocking sodah banjet karena kaget kok iso hamil 😂. Pas periksa ke dokter pun kandungan sudah memasuki usia 8 minggu cakep banget kan?bahkan ga ada mual, muntah seperti sebelumnya. Makanya saya ga tahu ini kehamilan.

Apa saja yang saya rasakan selama hamil kedua?

✅ Fisik


Setelah 2 minggu lahir anak pertama, berat badan saya langsung balik kesemula 45 kg dan statis hingga tahun kemarin. Setelah tahu hamil 2 bulan barulah saya tahu BB saya naik langsung 2 kg, sungguh pencapaian warbiyasah. Dan sekarang sudah naik 8,5 kg *tepuk tangan*

Bahkan beberapa kali ni rekan kerja yang lihat bilang kehamilan saya gede banget kok belum cuti lahdalah padahal masih 7 bulan 😓. Pagi tadi saja rekan kerja saya bilang "mba Herva perutmu besar sekali, but only one kan?" 😂. *sabar bun sabar*

 ✅ Psikis


Lebih tenang, enjoy banget ga ada drama termehek-mehek seperti kehamilan pertama. Pokoknya lebih cuek dan BODO Mamat ga terlalu banyak difikirin. Rek aya naon ge kalem weh kehamilan sekarang mah. Pokoknya saya bawa santay kayak dipantay. 

beda kehamilan, hamil pertama vs hamil kedua,pengalaman selama hamil. pengalaman hamil dua kali


Cuman kadang kala nih emosi saya tersulut kalau si sulung Neyna lagi ogo pake banget deuh bawaannya pengen nampiling bujur munding 😂😂

 ✅ Habit

  • Kalau dulu hamil pertama bawaannya sering muntah apalagi kalau di kantor nah hamil kedua ini saya ga ada muntah tapi tiap pagi sama siang bawaannya ngantuk. Sampe-sampe saya selalu tidur di meja atau ga sambil solat dhuha merem di mushola LOL.
  • Apapun makanan saya suka, bahkan saya ini pantang banget makan mangga yang harummanis lembek gitu tapi kehamilan sekarang seperti mengarahkan saya "ayo bun sikaaaattttt"
  • Beda dengan hamil pertama dulu akang suami kantornya masih deket di Cimahi juga lah sekarang di Bandung so mau ga mau saya lebih seterong pake Motor dan untuk saat ini karena sudah masuk usia 7 bulan saya bawa mobil sendiri. Yes bahkan ke pasar pun saya sendiri yeah. 
  • Berhubung di rumah sendiri, saya rajin banget masak bahkan sekarang rajin juga bikin cemilan sederhana ala-ala gitu

✅ Ngefans Banget 


Hamil kedua ini saya jatuh hati sama suaranya "Muzammil Hasballah" ya ampun tiap hari dengerin murotal quran suaranya dia langsung nyess ke hati. Bahkan saya sampe follow IG-nya dia, suka nancep kedalam setiap kali liat dia jadi Imam. MasyaAlloh semoga anak kedua saya bisa kayak dia *Aamiinkan yah temans*

beda kehamilan, hamil pertama vs hamil kedua,pengalaman selama hamil. pengalaman hamil dua kali
fr IG @muzammilhb

 ✅ Prepare Lahiran


Alhamdulilah saat ini kandungan kehamilan ke-2 saya sudah menginjak usia 7 bulan. Berbeda dengan kehamilan pertama sungguh saya belum siapin apapun buat lahiran 😂. Namun yang jelas untuk peralatan seperti gendongan, kasur, tas bayi masih ada warisan kado dari Neyna. Kalau untuk baju sepertinya saya harus beli baru.

Untuk lahiran dimananya saat ini sudah ada RS mananya hanya saja saya ingin mengandalkan BPJS berhubung asuransi yang lain sudah dicabut. Untuk kelahiran via BPJS ada prosedurnya makanya saya sedang mengikuti alurnya semoga bisa lancar. 


***

Begitulah temans hamil pertama vs hamil kedua saya, banyak yah bedanya. Namun semuanya menjadi sesuatu yang terkenang dengan manis dalam ingatan saya. Mohon doanya ya temans kelancaran dalam kelahiran anak ke-2 saya nanti. Mudah-mudahan saya dan debay sehat, selamat serta semuanya diMudahkan oleh-Nya aamiin ya Alloh.

Demikian yang bisa saya share, temans punya pengalaman seperti apa untuk masa-masa kehamilannya?bagi yang belum hamil saya doakan semoga Alloh memberikan kepercayaannya segera aamiin. 💋