POSTS SLIDER

I'm writing about...

Apa Saja yang Menjadi Perhatianku Saat Bekerja Selama Hamil?

Hai temans apakabar? semoga sehat selalu makin berbahagia mendekati tahun baru tentunya yeay 😍. Kali ini saya mau bahas hal-hal yang menjadi perhatian selama kerja dimasa kehamilan ini.

Konon katanya kalau karyawati sedang hamil kinerja menurun? benarkah? adakah yang merasa seperti itu? apakah tetap aktif bekerja saat hamil?

Bagi saya sendiri selama kehamilan kedua ini tidak ada masalah hanya ada masalah eksternal yang justru membuat saya jadi ga masuk kerja bukan karena kehamilan.

Mungkin ada temans yang pernah mengalami kehamilannya ada masalah sehingga dengan terpaksa mesti istirahat dirumah membuat rekan kerjanya yang ga AWARE ngomel-ngomel 😂. *semoga dijauhkan dari rekan kerja begicu*.

Nah temans meski kondisi sedang hamil jangan sampai membatasi Produktifitas dalam bekerja yah *aseek*.

Tentunya tidak dapat disamakan satu sama lain kondisi karyawati yang sedang hamil bukan? bisa saja ada yang seterong kek saya atau juga yang diharuskan istirahat yang cukup sama dokter. Namun hal tersbeut sebisa mungkin jangan sampe nih buat kinerja kita menurun drastis.

Misalnya yang tadinya mampu selesaikan rutinitas tugas dalam tempo sesingkat-singkatnya lalu sejak hamil dengan dalih bawaan baby akhirnya terbengkalai hingga ga mood dikerjakan.

Ingat loh temans kalau sudah komitmen bekerja otomatis diri kita juga yang mesti mengatur sedemikian rupa antara kondisi tubuh dengan load kerjaan sehari-hari. 

Hal yang perlu diperhatikan ibu bekerja saat hamil, bekerja saat hamil, teteap aktif bekerja meski hamil, ibu hamil bekerja di kantor, hamil 7 bulan masih bekerja

Kehamilan jangan selalu jadikan senjata dalam memberikan alasan untuk menunda pekerjaan ya temans junjung tinggi profesionalitas ciee beratlah. Untuk itu saya sendiri punya cara-cara yang saya lakukan agar semasa kehamilan ini saya tetap optimal, ultima, maksimal dalam bekerja. Apasajakah itu?

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Bekerja Selama Hamil


1. Menjaga Diri


Selama kehamilan kedua ini apalagi saat trimester pertama entah kenapa bawaannya ngantuk terus, kebayang dong temans lagi serius mantengin depan leptop dan ditunggu deadline eh ngantuk menyerang untuk itu buat saya pribadi jika kantuk menyerang biasanya kalau masih pagi buru-buru ke mushola solat dhuha sembari lurusin badan tapi kalau kantuk menyerang di siang hari karena ga tahan biasanya di meja sebelah leptop langsung menundukkan kepala seraya mengheningkan cipta 😂.

Habis daripada kerjaan ga bener salah kirim email atau salah input data bisa berabe karena ngantuk bukan? wong kalau lagi nyetir aja ada anjuran tak mengapa menepi saja di bahu jalan daripada cilakbar.

Keadaan bumil yang mudah lelah seperti ini pandai-pandailah untuk bisa istirahat sejenak dan please jangan memaksakan diri. Karena kita sendiri yang tahu kapasitas tubuh kita. Kondisi emosionalnya pun sedang teruji makanya kalau udah dirasakan tak sanggup dan tak tahan lagi mending jaga diri untuk istirahat sejenak, menarik napas dalam-dalam agar tidak terpancing emosi.

2. Menjaga Fikiran 


Akhir tahun kek gini biasanya kepala saya pusing melebihi pusingnya pala barbie karena akhir tahun saya punya kesibukkan untuk penilaian perfoma karyawan. Tahu sendiri dong kalau penilaiannya ga sesuai maka complain akan terus mengalir. Dari dering telepon, email hingga skype banyak banget pertinyiiinnyi yang bikin kepala senat senut.

Banyak dikomplen?hepi aja keles
Udah kek begini siy waktunya untuk membebaskan semua fikiran juwet tersebut kesian cin sama debay di perut kalau saya sampe stress. Ngaruh juga kan kalau kita stress ke janin.

Biasanya kalau udah ribet saya buka-buka HP liat-liat status zaman now *tetep Hosipers* cukup menghibur atau biasanya yang bikin saya ngakak buka IG dramaOLSHOP sakses banget bikin saya ngakak sampe rekan kerja selalu kepo saya ngetawain apa?

Mayanlah sedikit hiburan ditengah banyaknya kerjaan serta tagihan hutang yang mendera 😂😂

3. Menjaga Penampilan


Emang mesti diperhatikan yah? kalau saya pribadi iyes dari mulai mengenakan pakaian yang tidak ketat agar nyaman sampe stop mengenakan sepatu Berhak tinggi maupun model wedges gitu. Biasanya saya paling ga demen niy pake sepatu teplek alias flas shoes gitu alasannya berasa kuntet mangkulangit hehehe.

hindari caludih yes tetep ON saat hamil 😂!
Namun sejak hamil apa boleh buat saya pun mesti menghindari itu agar tidak terjatuh atau terpeleset bahkan saya menghindari nyeuri cangkeng kalau kata basa sunda mah kalau make sepatu hak tinggi. 

4. Menjaga Asupan


Ada yang berbeda nih selama kerja di masa hamil bagi saya menjaga asupan memang penting terlebih saat ini bawaannya pengen makan terus. So saya selalu sedia cemilan pokoknya nge-gares weh tiada henti sambil input sambil makan. Bahkan sekarang saya banyak banget minumnya meskipun imbasnya bolak balik toilet.

Selain asupan makanan saya pun menjaga asupan buat debay dengan membekalinya murotal Quran karena selama jam kerja saya ga banyak inetraksi dengan debay dalam perut dan juga menghindari label gelo ngomong sendiri hahaha. Makanya saya

5. Menjaga Hubungan


Sebagai karyawati yang tengah mengandung dan tentunya ada selang seling bisa ga masuk karena problema kehamilan ataupun problematika hidup yang lain maka saya sarankan berhubungan baiklah dengan atasan maupun rekan kerja.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari jangan ada nyinyir dibelakang kita, so pernah saya singgung disini ada baiknya kita bicarakan bahwa kita sedang hamil baik itu ke atasan maupun rekan kerja. Intinya terbukalah jangan ditutupi kehamilan kita karena bisa jadi kita merugi ketika kita tidak berterus terang.

Dan jangan sungkan untuk meminta bantuan ke rekan kerja atau minta cuti beberapa hari jika nyatanya kehamilan kita tidak memungkinkan untuk tetap aktif bekerja!

***

Alhamdulilah kini saya sudah memasuki trimester akhir kedua semoga memasuki trimester akhir ketiga hingga kelahiran nanti lancar, sehat dan selamat baik saya maupun debay. Temans punya pengalaman serupa?yuk sharing adakah hal lain yang mesti diperhatikan selama bekerja saat hamil?


Semoga sharing kali ini bisa bermanfaat 💋