POSTS SLIDER

I'm writing about...

Terserang White Paper Syndrome

Adakalanya saya mau nulis di blog suka kesulitan mencari ide, makanya saya coba mengikuti beberapa giveaway yang rekan-rekan blog adakan maupun lomba tulis yang kekinian. Tujuannya adalah FIX SAYA KENA WHITE PAPER SYNDROME hahahaha. Karena ngikutin GA kan berarti uda ada temanya jadi tinggal tulis aza sesuai tema. Kalau sesuai temanya dan saya pernah ngalamin pasti saya kejarin buat nulis.

Itulah salah satu alasan selain hadiah yang bikin ngiler. Walau sejujurnya pengen banget menang tapi mungkin apalah daya saya hanya pemula. Tulisannya mungkin ga cocok sama penyelenggara GA. Atau ngawur bikin sakit mata bacanya hahaha. Meskipun demikian saya masih tebal nyali buat ikutan terus wkwkwk. Tetap optimis dan berdoa kali-kali ada penyelenggara GA yang siwer pas baca tulisan saya dan akhirnya saya menang. *ngibing dijalan*

Bagi saya pribadi, terserang white paper sydrome ga hanya pas saya mau nulis di blog ini tapi selalu terjadi saat saya mau bikin laporan interpretasi hasil psikotes maupun laporan assessment center. Pas buka Ms. word yang tadinya semangat 45 terus bingung mulainya gimana lalu pusing ngeliatin cursor yang kedap kedip akhirnya nge-blank sama sekali dan blas jam pulang kerja tiba laporan belum jadi. *nangis di bawah meja*.

Keesokan paginya berjanji mampu menyelesaikan laporannya namun tetap sama susah untuk memulainya. Karena saya ga bisa sembarangan nulis laporan orang, kesian cin tuh nasipnya ada dilaporan saya. Salah bikin laporan maka saya salah memberikan masukan kalau uda salah kasi masukan bisa berabe deh. Saat urgent begini suka kesel sendiri kalau uda terserang White Paper Syndrome.

Tapi cara saya memulihkan pemikiran agar bisa menulis lagi baik nulis laporan ataupun nulis di blog ini dengan membaca. Entah kenapa bagi saya pribadi ketika membaca pasti akan ada awal ide untuk nulis. Jadi kalau mau nulis laporan maka saya baca lagi hasil tes pesertanya saya cermati sehingga saya bisa menarik satu gambaran mengenai individu tersebut. Akhirnya dari situ saya bisa lancar mengalir nulis laporan tanpa terhipnotis sama kedap kedip kursor lagi hahahaha.

Pun sama ketika saya menulis di blog, uda buka blog memandang layar putih lalu terhipnotis kedap kedipnya kursor akhirnya tutup blog wkwkwk. Cara yang sama bila terserang white paper syndrome ya saya membaca lagi, entah membaca buku atau membaca artikel orang lain tapi biasanya saya terinspirasi karena saya baca buku yang saya punya. Kayak kemarin saya posting tentang Kecurangan Dalam Mengerjakan Tes Kepribadian ide ini saya dapatkan karena sedang baca buku tentang kasus-kasus role play di assessment center. Lalu mengalirlah ide itu dan binggo cuman 15 menit beres nulis itu.



Tidak hanya membaca bagi saya pribadi ide menulis bisa didapet dari menonton film. Menurut saya film banyak memberikan pesan jika kita mampu menafsirkannya (ceilah berat). Sehingga ada beberapa tulisan di blog karena saya abiz nonton film maka saya tuangkan disini. Tapi juga ide itu mengalir lewat pengalaman yang baru saja saya temui atau saya lakukan. Misalnya abiz DLK maka ada ide untuk menulis.

Semua orang tentunya mengalami hal serupa yang seperti saya uraikan diatas namun ada cara-cara yang berbeda yang mereka lakukan agar bisa kembali menemukan ide. Kalau kata Bang raditya, "Ide itu ga dateng dengan sendirinya tapi kita harus menggalinya". Semua orang punya cara sendiri menemukan idenya masing-masing. Nah biasanya cara-cara itu yang akhirnya membuat saya bebas dari White Paper Syndrome.

Buat rekan-rekan sendiri gimana cara ampuh agar terhindar dari White Paper Syndrome?saling share yuk.