POSTS SLIDER

I'm writing about...

Cara Ampuh Dalam Mengendalikan Mood Agar Tetap Produktif Selama Hamil

Hai temans, bagaimana dengan produktifitasnya di awal tahun 2018 ini? semoga tetap produktif yah.

Bagi saya yang saat ini tengah hamil dan juga bekerja kantoran, Produktifitas bekerja selalu dipengaruhi oleh mood saya. Apa pasal?sebagaimana pada umumnya ibu hamil cenderung memiliki mood naik turun layaknya roller coaster.

Jadi gini, seringkali dalam bekerja saya merasa semangat untuk mengerjakan kerjaan hingga selesai saat itu juga namun tak menutup kemungkinan tiba-tiba saja sebaliknya rasa malas yang datang tak dijemput berujung prokrastinasi dalam bekerja.

Konon katanya salah satu datangnya rasa malas disebabkan oleh si kecil yang biasa disebut Mood (duh saya jadi ingat kuliah kalau bahas MOOD). Seingat saya mood atau suasana hati itu merupakan perasaan yang memicu untuk seseorang seperti saya ini yang mampu memperlancar semua aktifitas dan kegiatan.

Bahkan tak hanya dalam bekerja, mood saya pun berpengaruh dalam menghidupkan blog ini. Adakalanya saya rajin mengisi blog sampe blogwalking ke blog teman-teman, adapula mood terjun bebas mau buka blog aja malesnya ga ketulungan. Dinamika banget moodnya yah?

Hal-hal seperti ini tentunya ga bisa dibiarkan terlebih dalam bekerja ada target yang harus dipenuhi, ada deadline yang harus segera tereksekusi. Meskipun Pak Boss selalu kasih keringanan karena punya anak buah yang hamil namun hal itu ga bisa saya sepelekan.


Perlakuan "istimewa" yang kerap kali saya dapatkan selama hamil tentu saja tak boleh diabaikan. Mentang-mentang hamil jadi kerjaan saya banyak yang tertunda lebih parahnya ga bisa saya selesaikan dengan baik. Duh big NO kalau begini terus, so sebisa mungkin ada komitmen dalam diri saya untuk bisa mengatasi dan mengendalikan Mood kehamilan ini selama bekerja.

Mengendalikan Mood Ibu Hamil


Kehamilan tak lantas menjadi penghalang buat saya tetap produktif bekerja dan produktif menulis bukan?jadi saya punya cara sendiri agar mood yang tidak stabil ini tetap dalam koridor yang normal. Namun sebelumnya apa saja sih yang menyebabkan mood saya menjadi BAD?
 

>> Faktor Internal <<  

😭 Kurang Tidur

Siklus tidur saya selama hamil memang mendadak  ga beraturan, karena sejak kehamilan pertama maupun kedua ini saya selalu kram kaki. Akibatnya kadang tengah malam saya terbangun, baru enak tidur tiba-tiba kram. Terlebih memasuki usia 32 week saya sudah susah tidur. Dada terasa sesak yang ujungnya saya merasa sangat Lelah sekali.


Biasanya kalau uda merasa capek dan lelah, suasana hati saya mulai berasa seperti awan gelap ga karuan banget. Akibatnya emosi jadi labil dan ga enaknya pas kerja bawaannya udah ngantuk dan capek giliran diminta bantuan sama rekan kerja jadi Badmood.


😓 Pengaruh Hormon

Seperti yang sudah saya sampaikan konon ibu hamil dipengaruhi oleh hormon sehingga mau tak mau melihat sesuatu bisa jadi berlebihan hehe. Nah makanya buat yang punya teman kerja dikantornya lagi hamil please jangan bikin kesel ya hahaha.

Saya sendiri suka mangkel kalau ada rekan kerja yang ga sesuai dengan ekspektasi saya, hal ini pengaruh deh sama suasana hati saya. Dan ujungnya saya males ngapa-ngapain. Kalau udah begini saya suka ngomel-ngomel sendiri *ga banget :D

😫 Merasa Ga Nyaman Dan Takut

Wajar kali yah sebagai ibu hamil terlebih mendekati kelahiran. Banyak sekali yang saya takuti, tak hanya seputar kehamilan maupun janin dalam kandungan yang saya fikirkan. Akan tetapi masalah kerjaan, ketakutan nanti saya ga bisa lagi kembali ke kantor, ketakutan pak boss tahu-tahu mencari pengganti dan saya harus resign.

Pokoknya fikiran negatif begitu hampir sering terbesit kalau saya lagi ngelamun. Adakah yang begitu juga?saya rasa ada yah karena lumrah mungkin fikiran tersebut menghampiri.

>> Faktor Eksternal << 

😢 Anak Rewel

Mood saya juga bisa berubah kalau pagi-pagi mendapati Neyna murang maring alias rewel. Dari mulai bangun tidur susah, disuruh solat subuh ngambek lalu sarapan lelet dan akhirnya saya mesti KULTUM dengan suara membahana dengan sedikit emosi 😂.

Nah ini yang paling bikin rusak mood, kalau udah nemuin anak rewel bawaannya saya jadi ga enak sampe kantor.

😥 Tuntutan Kerjaan

Diawali dengan kericuhan di rumah maka sudah dipastikan jika  kerjaan yang datang banyak maka mood saya tambah rusak. Bawaannya pengen ngomel padahal rekan kerja lain misalnya cuman pengen dikasih tahu gimana cara input training ke sistem atau minta pelamar yang masuk untuk posisi tertentu.

Tapi saya yang nerima tugasnya bawaannya ga bisa santai pokoknya jadi sensi berasa nih orang kok nyuruh-nyuruh mulu padahal bukan boss gw. Kutandai kau kisanak 😂.
 
😖  Macet

Menginjak kehamilan 6 bulan, saya akhirnya membawa mobil sendiri. Pasalnya banyak orang yang ngeri banget melihat saya bawa motor. Terlebih perut saya semakin besar. Dari awal hamil memang suami sudah menyuruh bawa mobil cuman memang jalanan menuju kantor itu selalu sukses menguras emosi saya maka saya lebih milih pake motor bisa selap selip.

Buat temans banyangin aja, kondisi jalanan disini itu sudah sempit alias pas banget tapi masih banyak orang yang pinter untuk parkir sembarangan apalagi abang angkot yang demen banget Ngetem. Saya suka sakit kepala liatnya ini bikin emosi gaes!waktu terbuang percuma buat nungguin mereka doang dapat hidayah dari yang Kuasa biar ga parkir sembarangan di jalan😰.

***
Hal-hal tersebut sungguh berpengaruh terhadap rutinitas saya dalam bekerja. Kalau terus menuruti mood, saya yakin kerjaan saya dikantor dan dirumah terbengkalai. Godaan banget bukan?

Jadi gimana dong cara ampuh saya dalam mengendalikan mood agar tetap produktif selama hamil ini?setelah merenungkan dan menganalisa sendiri dari penyebab yang bikin badmood. Berikut cara ala saya :

Saya punya 3M yang ampuh banget bikin mood baik dan semangat dalam bekerja maupun menulis.

💛 MENGATUR AKTIFITAS PAGI 💛

Bagi saya aktifitas pagi itu menentukan ke arah mana nanti suasana hati saya so apa saja yang saya lakukan?

🎀  Bangun tidur jangan telat

Ketika saya kesiangan maka semua rencana yang udah saya susun semalaman akan berantakan. Pasalnya dipagi hari saya juga punya tugas memasak untuk bekal akang suami dan makan siang anak belum lagi siapin sarapan pagi.

 I Do :  ✅ Alarm selalu di set sesuai dengan kebutuhan saya
            ✅ Sudah menetapkan esok hari masak apa?
            ✅ Menyiapkan sebelum tidur apa saja keperluan esok
            ✅ Punya trik khusus bangunin Neyna biar ga rewel
  
🎀  Dengerin Sesuatu

Buat saya sendiri mendengarkan sesuatu yang nemani aktifitas saya di pagi hari bikin saya merasa ada teman dan utamanya saya bisa hepi hadepin rutinitas karena seolah dibakar semangatnya *aseek.

I Do : ✅ Setel tilawah quran sambil masak bikin adem
          ✅ Setel siaran radio favorit (favorit saya URBAN FM)  sepanjang  perjalanan   ke kantor jadi                  kalau macet tetep HEPI
          ✅ Setel youtube musik favorit sambil beres-beres

💛 MENJAGA ASUPAN TUBUH 💛

Keyakinan saya sebagai ibu hamil yang ingin moodnya stabil tentu saja dengan menjaga pola makan dan asupan tubuh. Mood yang ga stabil bikin saya stress, terlebih dengan kondisi lapar membuat emosi tak terkontrol. Jadi apa yang saya lakukan untuk menjaga asupan tubuh?


🎀  Membiasakan Sarapan

Konon katanya melewatkan sarapan membuat tubuh kita kacau dalam mengatur kadar gula dalam darah. Imbasnya tubuh menjadi lesu, tidak fokus dan kurang konsentrasi. Dengan alasan itu maka sebisa mungkin saya pun menyempatkan sarapan meski di pagi hari memang penuh aktifitas. Terlebih kondisi hamil seperti ini.


 I Do : ✅ Buat sarapan yang mudah biasanya saya bikin cemilan ringan seperti roti bakar                  
            ✅ Seduh susu ibu hamil
            ✅ Biasanya kalau ga sempat makan di rumah saya bekal ke kantor

🎀  Menyediakan Camilan Sehat

Baik dalam kondisi hamil atau tidak saya terbiasa stock camilan sehat di meja kerja. Dengan adanya camilan buat saya pribadi menambah konsentrasi dan bisa balikin mood yang rusak.

I Do : ✅ Stock kue-kuean 
          ✅ Bawa buah-buahan
          ✅ Kalau udah mulai ga fokus dan ga mood langsung makan

💛 MENGELOLA FIKIRAN 💛

🎀  Membaca Buku

Sebagai penggemar buku fiksi saya sangat meyakini jika membaca adalah obat paling baik untuk merefresh fikiran saya yang sedang dilanda kemumetan. Tenggelam dalam lautan bacaan itu sukses mengobati fikiran mumet menjadi refresh apalagi kalau udah baca buku yang genre komedi saya bisa ngikik sendirian.


I Do : ✅ Selalu simpen buku di laci
          ✅ Target membeli buku minimal 1 buku/bulan



🎀  Membuka Online Shop

Satu hal yang buat saya mudah untuk bisa mengembalikan mood dan memulai kembali aktifitas itu adalah dengan berselancar didunia maya. Terlebih saya sangat menyukai window shopping di online shop, lihat-lihat barang yang beraneka ragam warnanya itu beneran bikin seger mata.

Salah satunya ketika saya membuka Matahari Mall, saya menemukan barang-barang unik yang warnanya lucu-lucu. Kebetulan juga nih saya mau kasih hadiah buat kakak saya yang suka banget dengan pernak-pernik warna hijau.

sumber : mataharimall

Apalagi kakak saya ini selain menjadi PNS di lingkungan tata kota yang suka hitung-hitungan juga menyambi punya bisnis sendiri dan sangat membutuhkan kalkulator buat hitung-hitungan budget serta laba yang didapat tiap bulannya. Akhirnya saya menemukan Colorful Calaculator CASIO. Harapan saya memberikan ini juga agar kakak saya bisa tambah semangat lagi kerjanya ibaratnya saya menularkan juga virus semangat untuk beliau.

Menularkan virus semangat kepada orang yang kita sayang juga bisa memperbaiki mood saya loh. Membuat orang senang sangat berimbas juga buat saya jadi lebih semangat dan memberikan motivas internal buat saya lebih produktif.

Ngomongin CASIO, saya dan kakak saya ini memang penggemar fanatik Casio sejak kecil tak hanya kalkulator tapi juga sampe jam tangan selalu jatuh hati dengan Casio. Ibaratnya itu CASIO MY STYLE bangets buat kami.
          

Makanya pas nemuin ada kalkulator dengan colorful merk casio, saya langsung insight buat kasih kalkulator ini ke kakak saya. Terlebih ada potongan yang bisa saya gunakan buat beli kalkulatornya. Berhubung saya baik hati dan pengen juga nih temans bisa punya kalkulator ini saya mau rekomendasiin buat temans yuk gunain kode voucher berikut ini :

CASIOBLOGXQ86

Caranya gimana gunain kode vouchernya?

1. Temans masuk ke Matahari Mall pilih dulu kalkulator mana yang diinginkan?ada banyak varian buat kalkulator colorful ini. Ada type Mini Desk dan Portable sesuaikan dengan kebutuhan.

sumber : sahabatutama.com
Untuk pilihan warnanya, bingungkan?warnanya lucu-lucu banget, biar lebih enak pas milihnya ikutan aja dulu warna apa sih yang sesuai dengan kepribadian kita?saya juga udah ikutan dan hasilnya keluar warna MERAH pas banget favorit saya juga merah. Klik gambar ini yah kalau temans mau coba.

2. Jika sudah cocok maka masukkan keranjang dan lakukan pembayaran. Jangan lupa masukkan kode vouchernya untuk bisa dapetin potongan senilai 20% ya temans, Lebih jelasnya bisa lihat ini :


⇓⇓⇓



Dari Rp 125.000 karena gunain kode voucher diatas jadi dapat potongan deh Rp 25.000 duh seneng banget nih. Jadi ga sabar saya menunggu kabar dari kakak saya menerima kalkulator warna favoritnya Green.

Begitulah saya kalau udah belanja atau minimal window shopping mood jadi makin baik. Terlebih bisa juga mentransfer kebahagiaan karena #CasioMyStyle ini.

Demikian cerita saya terkait ibu hamil yang harus selalu produktif meski moodnya naik dan turun. Semoga bisa bermanfaat yah temans. So, gimana temans punya cerita apa tentang mood dan produktifitasnya?yuk kita sharing disini 💋.