Thursday, October 5, 2017

Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Halo temans, apakabar semuanya?semoga senantiasa diberikan kesehatan yah. Nah kaitannya dengan kesehatan kali ini saya mau berbagi pengalaman saya seputar kesehatan gigi.

Seringkali kita denger ya temans dari lirik lagu"Lebih baik sakit gigi daripada sakit hati" padahal keduanya menurut saya ga enak. Sama-sama sakitnya. Sakit hati obatnya ya hati lagi *ayee  😂 karena itu yang paling mujarab. Kalau urusannya gigi?beuh..

Jika dirunut selama hidup, saya hanya mengalami sakit gigi terhitung jari, saya masih ingat harus merelakan gigi geraham regio kiri bawah harus ter-Cabut dikarenakan lubangnya udah ga umum, selain menyebabkan senat senut juga nafas tak sedap. Hal itu saya alami ketika saya memasuki kuliah semester 2. 

Setelah insiden gigi lubang akhirnya membuat saya aware untuk menjaga kesehatan gigi dengan rutin menggosok gigi. Hal itu berlangsung hingga kini, gigi saya sehat meskipun tak seputih gigi artis apalagi jika disandingkan dengan teteh Bella gigi saya bisa masuk deretan gigi berwarna silau 👅.

Setelah sekian lama saya lupa bagaimana sakit gigi itu, maka ketika hari minggu kemarin saya merasakan cenat cenut kembali namun perlu saya tegaskan cenat cenutnya bukan cenat cenutnya ala Smash ya temans tapi ini beneran bikin meringis.

Awalnya saya mengira karena sabtu malam itu saya makan kepiting dengan semangat 45 sehingga kemungkinan ketika menggeprek cangkang kepitingnya pake gigi membuat gusi saya sobek. Itu analisa awal saya yang menyebabkan saya sakit gigi. 



Bagaimana rasanya?Tak tertahankan dengan rasa cenutnya yang menggila di malam hari akhirnya saya tak kuasa untuk masuk kerja kemarin dan meminta izin untuk tidak masuk. Berhubung dokter gigi langganan hanya ada sore menjelang malam dan itupun mesti pake janji dari seminggu sebelumnya dan ngantri banget maka saya putuskan ke Puskesmas Cibeber saja daripada saya ga bisa tidur cantik.

Kali pertama berobat ke Puskesmas, mengawali dengan mengambil no antrian. FYI nomer antriannya ada 2 jenis : Umum dan JKN (begitu tulisan yang tertera). Saya ambil antrian umum lalu menunggu di kursi antrian.


Nomer antrian saya dipanggil saya diminta KTP untuk dimasukkan data lalu membayar Rp 5.000. Itu sudah sama konsultasi dan obat loh, murah yah?saya sampe kaget karena biasanya untuk sekali ke dokter gigi bisa merogoh kocek sampe ratusan ribu. Setelah daftar akhirnya saya menunggu di depan poli gigi.

Tak berapa lama setelah saya menunggu akhirnya saya dipanggil oleh dokter jaga, setelah menceritakan kondisi yang saya alami. Dokter meminta saya berbaring di kursi panas, dokter sudah menduga gusi yang sobek tersebut disebabkan oleh gigi bungsu yang tumbuh.

Sebagai mamak-mamak dengan usia kepala 3, rahang gigi sudah tak bisa bertumbuh sehingga space untuk si bungsu ga ada yang menyebabkan gusinya robek serta giginya untel-untelan (ah bahasanya) cari space untuk dia tumbuh dan berkembang.

Dokter pun menanyakan kondisi saya apakah sedang hamil?berhubung kondisi yang hamil akhirnya pagi itu tidak ada tindakan sama sekali. Mengapa?karena gigi saya mesti di foto rontgen terlebih dahulu yang pada akhirnya harus masuk bedah mulut karena solusi atas sakit gigi yang saya rasakan itu hanya ada 2 yakni gusinya yang dipotong atau giginya yang harus dicabut. Begitulah dokter menjelaskan dengan gamblang dan membuat saya bengong seketika saking shocknya.


Meminimalisir kemungkinan yang terjadi akibat rontgen karena ada radiasinya yang tidak baik juga untuk janin makanya dokter Sangat tidak menyarankan tindakan apapun saat ini. Kebayang ga sih saya mesti nunggu 6 bulan lagi untuk proses tindakannya *elus-elus pipi.

Untuk pencegah rasa sakitnya dokter memberikan resep Paracetamol dan Amoxylin yang dirasa resep paling aman untuk ibu hamil. Dan juga dokter menyarankan membeli obat kumur lalu setelah gosok gigi, kumur-kumur selama 2 menit tanpa dibilas. Upaya ini dilakukan sebagai preventif si bakteri yang bikin senat senut hilang dulu.

Hasilnya bagaimana?alhamdulilah udah mendingan sekarang tinggal senut sedikit kalau kesenggol makanan yang sedang dikunyah. Buat teman-teman yang sedang hamil dan sakit gigi memang menurut dokter sebaiknya tidak ada tindakan terlebih dahulu sampai dengan melahirkan.

Selama proses kehamilan memang sebaiknya sebelumnya kita sudah melakukan pemeriksaan terlebih dahulu temans ya pada akhirnya jangan sampai mengalami apa yang saya alami. Jika temans mengalami sakit gigi saat hamil bisa dicoba sebagai berikut :

1. Gosok Gigi Minimal 2 kali Sehari

Kerasa banget sama saya yang mungkin belakangan karena hormon selama kehamilan juga sebabin saya agak malas gosok gigi menjelang tidur. Padahal mah tuh keknya bakteri uda pada bikin rumah di gigi kali yah. Untuk itu temans usahakan sebisa mungkin gosok gigi yah. Ditambah dengan obat kumur yah.


2. Konsultasi Dengan Dokter Gigi

Sebagai ibu hamil tak boleh sembarangan konsumsi obat, sebaiknya temans usahakan ke ahlinya. Jadi kan bisa tahu bagaimana kondisi dan upaya pencegahannya. Serta langkah-langkah perawatannya. Saya aja baru tahu kalau ibu hamil ga boleh di cabut giginya. Meskipun kalau masuk trimester ke-2 katanya boleh tapi dokter yang saya kunjungi tetap tak mau ambil resiko dan menyarankan upaya tindakannya berlanngsung setelah melahirkan.

3. Coba Resep Tradisional

Saya sih belum coba pake resep tradisional. Konon katanya jika gigi berlubang bisa dicoba dengan bawang putih yang dihaluskan bisa juga menggunakan cengkeh yang disangrai. Kedua cara ini belum saya coba mengingat juga kondisi saya bukan gigi berlubang tapi gigi bungsu yang tumbuh.

Demikian cerita saya tentang sakit gigi dalam kondisi hamil begini, yuk temans kita rawat aset berharga kita ini dengan selalu rutin ke dokter gigi min. 6 bulan sekali. Semoga bermanfaat yah.

62 comments:

  1. Sebelum hamil saya takut sakit gigi jadi ajak suami k dr gigi dulu buat cek yg bolong, scaling n tambal abrasi sekarang blm k dr gigi lagi btw klo sakit gigi saya kumur pake air anget plus garem dikit insya alloh sembuh. Sehat terus ya bumil cantiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi tipsnya mb San :) doa yang sama buat mb San sehat2 yah

      Delete
  2. Haduh, gigi bungsu saya malah sedang progress tumbuh, semoga aja gak ada masalah. Soalnya masih ada lahan kosong 3 nih :D.

    Btw semoga sehat selalu yaaa bumil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga sehat-sehat mba IPeh :) makasi yah mba

      Delete
  3. Barakallahuu...
    Bunda Nameera sedang hamil..

    Aku tuh malah langganan sakit gigi saat hamil. Dan memang hanya saat hamil kambuhnya.

    Hikkss~~

    Sakitt, cape (manja ini mah), dan ga bisa tidur.
    Heeeuu~~


    ReplyDelete
  4. duh karunya teuing si eneng.. eta nyabut gigi kebayang sakiiit... semoga ada solusi yg terbaik ya, sehat2 selalu :*

    ReplyDelete
  5. Bundaaa, kebayang sakitnya gigi. Aku dulu ampe nangis. Pas selesai dicabut ya nangis karena ditinggal suami kerja. Padahal udah ditemanin ke dokter gigi. Uh, dasar ummi manja. Hahaha. Moga nggak terulang lagi ya sakit giginya eh tapi ini sakit gigi yang bermanfaat ya. Bisa jadi satu tulisan. Hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya yah sungguh berfaedah sekali sakit giginya mpe bisa jadi 1 post :D

      Delete
  6. Gigiku langsung ngilu liat infografis gigi dipukul - pukul itu... Hiks

    Sakit gigi emang gak enak. Tahun lalu gigi geraham belakang bolong. Terpaksa dilakukan perawatan syaraf akar. Rasanya... Rahang capek soalnya kudu buka lebar. Syaraf diambil satu-satu. Kudu 5 kali datang baru kelar

    ReplyDelete
  7. coba kumur2 dengan air hangat campur garam dek... walau ini ya hanya bersifat sementara... ujung2nya memang mendingan tanya dokter. apalagi kl sedang hamil

    ReplyDelete
  8. Ah iya kalau difoto gtu bahaya ya buat janinnya. Tulisan bagus nih mbk, berguna buat bumil.
    Btw sedng hamil adeknya Neng Namee, selamat ya mbk, moga lancar sampai lahiran :D

    ReplyDelete
  9. Waktu hamil kemarin saya juga sering mengalami gigi senut2. Bukan gigi lubang tapi gigi cuil2 yang sekarang masih sisi dikit. Waktu ke dokter gigi juga tidak ada tindakan apa2, nunggu lahiran. Tapi setelah lahiran langsung sembuh tuh sakitnya. Jadi males periksa lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi mba Tarry sharingnya, iya ni biasa ga sakit gigi eh hamil malah sakit gigi :D

      Delete
  10. Saya beberapa bulan lalu mengalami sakit gigi waktu hamil. Rasanya Subhanallah... Dokter kasih kalsium dan vitamin. Alhamdulillah mendingan. Iya ga boleh ada tindakan dari dokter gigi kata dokter saya waktu itu.
    Kalau sakit gigi ga nahan biasanya saya kumur pakai air es.

    ReplyDelete
  11. GIF terbawah potensial mengilukan gigi :p

    Tapi, alhamdulillah. Setelah dengan semena-mena eksekusi empat gigi geraham atas bawah, kiri kanan (main pukul rata, biar adil *eh), ngilunya cuma di perasaan saja..Hehe

    Tapi (2nd version), sepakat banget kalo sakit gigi itu nggak banget2.
    Harus dikuadratkan karena sakitnya memang pangkat banyak.

    Oia, saking expertnya aku dengan sakit gigi, hampir semua obat tradisional sdh pernah kucoba.

    Parutan jahe combine dengan garam halus.
    Getah bunga kemuning.
    Getah jarak, yg ini nggak rekomen, karna bikin gigi yg rusak jadi hancur.
    Kumur air garam hangat.
    Kumur air rendaman daun sirih.

    Benar-benar yang sudah mendaki gunung, turuni lembah, eh, malah jadi nyanyi lagunya Ninja Hatori.

    Mampir siang2 dari Lombok ^^

    ReplyDelete
  12. gak hamil aja rasanya cenut2 mbak
    alhamdulillah udah lama gak sakit gigi
    resep tradisionalnya manjur itu mbak aku pernah coba dulu
    tapi yg penasaran yang pake penguapan di batok kelapa
    tar kekuar uletnya
    ihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyak serem amat keluar uletnya wkwkwkk

      Delete
  13. Saat ini gigiku juga lagi bolong, ntar pada waktunya kudu dicabut kayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ga kenapa2 y mba ngeri gigi bolong tuh

      Delete
  14. Teh syafakillah yaaa.. ini klo hamil kan serba salahnyaa jadinaaaa
    Aku udah numbuh blm yaa gigi bungsunyaaa...
    Setuju, mending sehat dari pada sakit gigi atau sakit hati 😆
    Klo pengobatan tradisional blm pernah

    ReplyDelete
  15. berkumur sama air garam mbak..jangan minum obat kimia, kasihan janin nya...btw bagus gambarnya..hehehe

    ReplyDelete
  16. Memang ibu hamil harus mendapatkan perhatian yang lebih dan tidak bisa diperlakukan sembarangan. Itulah keistimewaan wanita :D

    Hahaha animasi GIF nya lucu-lucu ya mbak. Izin disedot ya mbak :D

    ReplyDelete
  17. Duh, kalau sakit gigi beneran bikin pening kepala. Makan gak enak, bikin badan lemes juga..
    Tapi alhamdulillah belum pernah ngalamin sakit gigi waktu hamil

    ReplyDelete
  18. Hai hai hai Mbak, aku nich langganan sakit gigi sejak lahir geraham bungsu di usia 29 an. Hiks sakitnya warbiyasak. Beberapa kali keluar masuk dokter gigi, ada yang berlubang dirawat tapi aku belum mau dicabut. Gigi geraham bungsu? sudah lama diminta diangkat saja, sudah foto rongten, tetep aku belum berani euy. Aku juga mulai saat itu, selalu rajin gosok gigi dengan pelan, ada yang menyarankan menggunakan sikat gigi anak-anak untuk bagian geraham bungsu yang letaknya nun di belakang sono.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ngilu dengernya makasi sharingnya mba :)

      Delete
  19. bisa coba kumur pake EO clove mba. sama aja ama cengekeh sih...tapi lebih praktis aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba LIa infonya mau coba ah :)

      Delete
  20. Barakallah Bumil...semoga sehat selalu ibu dan baby sampai nanti yaa

    Pengalaman sakit gigi waktu hamil pertama, dan rasanyaaa:(
    Akhirnya sebelum rencana hamil kedua, rutin ke dokter gigi dulu buat antisipasi...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin makasi mba Dian, iya aku ga tau akan alami skait gigi karena sebelum2nya ga pernah hehehe pas hamil malah kena :p

      Delete
  21. Kalau menurut aku, sebelum hamil mendingan dituntaskan masalah giginya. Soalnya aku pernah punya pengalaman buruk perawatan gigi pas hamil yang berujung nggak enak, huhuhu. Malah jadi sakit beneran dan nggak doyan makan. Keknya ibu hamil liat dan dengar peralatan dokter gigi juga udah malas duluan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mb Ratna aku juga ga tau ini hamil hahaha makanya tak ada upaya preventif buat gigi :p

      Delete
  22. hemm..
    Makasih teh Infonya,, sangat membantu banget nih..

    ReplyDelete
  23. Duhh sakit gigi ampunnn banget deh, 2 minggu lalu gigi geraham ku patah dan tambelan pun jd keliatan dan banyak sisa makanan disana alhasil sakit gigi ga ketulungan.Akhirnya ke dokter gigi dan ganti tambelan dan lagi observasi juga kalau seminggu masih sakit yoweslah matiin akar giginya dan dicabut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh ngilu banget mb Amel hehhe sehat2 y mba

      Delete
  24. Jadi inget dulu pas hamil neng Marwah saya sakit gigi huhuhuh

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillaaaahh banget mbak dulu pas hamil aku gak sakit gigi. Gak kebayang kayak apa tersiksanya. udahlah berat bawa perut, masih harus sakit gigi :(

    ReplyDelete
  26. Karena saya tahu sakit gigi itu sakiiit banget, makanya sebelum nikah udah persiapan perbaikan gigi. Jd jangan sampe ada bolong2. Takut sakit...huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mba mesti prepare sekali yah :)

      Delete
  27. Mbak Herva lagi hamil ta? sehat ya Mbak. Dan emang susah banget kalo sakit gigi kondisi hamil. Selain harus ati2, oatnya juga khusus. Kudu sabar, hehehe, moga bablas deh sakit giginya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba wahyu :) aamiin makasih banyak y mba ^^

      Delete
  28. Repot juga ya, Mba, karena ibu hamil ga bisa sembarangan juga minum obat. Iya mesti cek2 rutin tentang gigi bolong, ada plak, dan sebagainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul miss makanya aku juga kaget kenapa mesti sakit gigi saat hamil hahha

      Delete
  29. Duh, sakit gigi kok ya pas hamil ya. Kebangetan amet isengnya si gigi, ndadak minta sakit. Hehehe... Saya pernah juga kayak gitu. Akhirnya rajin kumur2 air anget persis tipsnya Teteh geulis.

    ReplyDelete
  30. Waaah baru tau teh Bella lg hamil? Selamat yaaa...

    Itu sakit gigi oas hamil, saya banget nih pas hamil anak kedua n ketiga. 22nya sakit gigi di tempat yg sama. Rasanya maknyuuus. Awalnya saya nggak dikasih obat tapi cukup kumur2 pakai minosep. Tapi krn masih sakit akhirnya dikasih obat yg sama tuh sama yg dikasih teh bella. Soalnya kita kan rebutan kalsium sama debay ya. Jadi emaknya kudu ngalah. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mba Ade :) makasih juga sharingnya

      Delete
  31. Kemaren sempet rompal tambalan gigiku mb, cuma kata dokter gpp ditambal ulang permanen, beda crita ya ama sakit giginya mb herv yang kudu operasi gitu
    Moga sehat2 slalu mbaa

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design