Wednesday, August 9, 2017

Menyiapkan Anak Multitalenta, Bagaimana Caranya?

Halo semuanya, apa kabar?semoga senantiasa sehat selalu dan tetap semangat untuk menggapai segala tujuannya. Temans, menjadi orangtua itu ternyata memang banyak sekali yang harus dipelajari. Nyatanya sekolah menjadi orangtua justru berawal ketika dianugerahi anak.

Dan selalu "Orangtua" yang dititik beratkan sebagai tolok ukur sang anak dilabelkan oleh orang lain, bener ga?. Anak dilabeli Cerdas pastilah orang lain menjudge bahwa orangtuanya mampu memberikan stimulasi terbaik, Anak dilabeli Nakal, dilabeli Baik, Dilabeli Sehat atau apapun orang lain akan mengarah kepada orangtua si anak. Terasa sekali bukan sorotan dan tatapan tajam akan tertuju kepada orangtua.

Melabeli itu memang hal yang sangat mudah temans, namun kita tidak pernah tahu bagaimana usaha dan upaya yang orangtuanya lakukan demi sang anak. Terlebih saat ini anak yang MUTITALENTA menjadi concern bagi setiap orangtua.

Siapa sih yang tidak menginginkan anaknya multitalenta?bisa ini, bisa itu pokoknya anak bisa diharapkan multitalent agar mampu menghadapi segala persoalan yang ia hadapi. Sebagai orangtua saya dan akang suami pun sangatlah mengharapkan putri kecil kami Neyna mampu tumbuh dan berkembang menjadi multitalenta.

Namun kenyataannya bagi saya, kemampuan anak itu tidak datang dengan sendirinya namun ada peranan lingkungan terutama saya dan akang suami sebagai orangtuanya yang mendukung untuk mengasah kemampuannya. Meski tak menutup kemungkinan jika talent itu didapat secara alamiah karena pemberian dari Sang Pencipta. 

Inilah PR terberat saya menjadi orangtua ditengah-tengah kondisi yang bimbang cara apa yang menurut saya pribadi paling tepat dalam menyiapkan anak agar multitalenta?stimulasi apa yang penting untuk saya berikan?apa saja yang harus saya perhatikan dengan pemenuhan kebutuhan anak demi menyiapkan anak bermultitalenta tersebut.

Semua pertanyaan saya yang bikin galau itu akhirnya terjawab sudah ketika saya mengikuti Konferensi Ayah Bunda Platinum yang mengusung tema "Siapkan Kecerdasan Multitalenta SiKecil Sejak Dini" di Hotel Harris Festival City Link Bandung tanggal 05 Agustus 2017 persembahan dari MORINAGA. Yang mana kota Bandung merupakan kota ke-8 yang mendapatkan kesempatan atas rangkaian acara Konferensi ini.

Acara dengan tema yang ciamik ini tentunya menyedot seluruh warga Bandung euy. Hal ini terbukti dengan banyaknya ayah dan bunda yang hadir. Saya yakin tidak hanya saya yang penasaran dengan materi yang akan dibahas dalam acara ini namun ayah dan bunda yang memiliki kesempatan hadir tentunya memiliki tujuan mendapatkan something dari acara ini.

Pukul 08.30 wib saya tiba disana dengan registrasi terlebih dahulu, keseruan para peserta konferensi terlihat dengan mengenakan dresscode Merah. Ketika saya datang memasuki  ballroom Hotel Harris, saya disambut oleh pasukan merah meriah yang bergemuruh. 



Sepanjang area luar dipenuhi dengan booth-booth yang keceable dan instagramable, bahkan jika nanti temans bisa mengikuti konferensi ini ada booth untuk melakukan tes alergi bisa dicoba loh. Beres berkeliling maupun registrasi peserta konferensi akhirnya diminta memasuki ruangan yang uniknya adalah bangku peserta selain ada nomernya dibagian belakang kursi juga dihiasi pita pada setiap sandarannya dengan warna Merah, Hijau, Biru dan Gold yang ternyata bukan hanya sekedar hiasan akan tetapi memiliki makna tersendiri yang berhubungan dengan materi yang dibahas. *keren yah

Saya pun mulai tak sabar ingin segera mendapatkan materi ini terlebih Moderatornya adalah Abang Teuku Zacky *lalu ga fokeus*. Hal yang dinanti-nanti akhirnya tiba, sesi 1 diisi oleh Dr. dr. Ahmad Suryawan SpA(K), dokter yang akrab dipanggil dengan dokter Wawan tersebut merupakan dokter spesialis tumbuh kembang anak.

Ki-ka : dr. Wawan-dr. Eddy-Bang Zacky
Sebagai dokter tumbuh kembang anak dimana menurut beliau dari 3000an dokter anak namun paling banyak hanya sekitar 60an specialis tumbuh kembang anak di Indonesia, artinya adalah saya dan semua peserta konferensi yang hadir saat itu beruntung bisa bertatap muka dengan dokter yang tentunya memiliki jadwal yang padat.

Oke langsung saja membahas materinya. Sebelumnya menurut temans kapan sih sebaiknya menyiapkan anak agar multitalent?kalau menurut saya sejak dalam kandungan hal ini senada dengan yang disampaikan oleh dr. Wawan bahwa Menyiapkan generasi multitalenta tentunya membutuhkan PROSES yang panjang dimulai sejak dalam kandungan karena masa ini sangat rawan terhadap berbagai kondisi yang berpotensi merusak. 

Dan yang perlu kita ketahui yakni tentang 4 Perisai yang merupakan Tameng pelindung tumbuh kembang anak. Apa saja tuh?Berikut 4 perisai yang dijelaskan oleh dr. Wawan :


1. Perkembangan Otak 

Perisai yang pertama dibahas adalah Perkembangan Otak. Bahan utama pembentukan otak pada usia dini adalah Nutrisi Dini dan Stimulasi Dini. Nutrisi berperan membentuk dan mematangkan sel-sel otak sementara Stimulasi Membentuk dan memperkaya jaringan koneksi.

Untuk nutrisi sendiri, jangan lupa temans ASI Eksklusif selama 6 bulan kemudian dilanjutkan hingga usia 2 tahun dengan MP-ASI. Mengapa demikian fokus pada 2 tahun pertama atau 1000 hari pertama kehidupan?karena inilan Masa Kritis dimana 80% untuk perkembangan otak anak. Hayo PR banget buat kita yah sisanya setelah anak usia 6 tahun hanya sekitar 5% lagi untuk perkembangannya.

Sedangkan Stimulasi, menurut dr. Wawan stimulasi yang mampu memperkaya koneksi sel-sel otak anak diantaranya adalah kegiatan interaktif antara orang tua atau pengasuh dengan anak contohnya mengajak berbicara anak meski anak masih bayi seringlah diajak berinteraksi tak apa dibilang orang gila demi memberikan stimulasi dini dan juga saat Menyusui moment ini merupakan salah satu cara untuk memberikan nutrisi dan stimulasi bagi anak makanya disarankan untuk menyusui tidak sambil tidur atau main Hp *catet yah*.

2. Sistem Ketahanan Tubuh

Perisai kedua yakni pembentukan sistem ketahanan tubuh pada anak didapatkan sejak masih dalam kandungan melalui plasenta yang didapatkan dari antibodi sang ibu. Setelah lahir anak sudah punya ketahanan tubuh yang lengkap namun belum dapat bekerja secara mandiri masih tergantung dengan antibodi ibu.

Salah satu cara untuk membantu anak mengoptimalkan kerja sistem ketahanan tubuhnya secara mandiri adalah lewat VAKSINASI atau IMUNISASI tujuannya agar sistem kekebalan tubuh anak terlatih untuk mengenali, mengingat dan memusnahkan agen penyakit yang menyerang tubuhnya. dr. Wawan pun mengingatkan agar tidak lupa memberikan Imunisasi, temans sudah lengkap imunisasinya?

3. Tumbuh Kembang Optimal

Yuk kita lanjutin, untuk perisai yang ketiga adalah pertumbuhan dan perkembangan anak. Menurut penjelasan dr. Wawan, Istilah tumbuh kembang itu tidak dapat dipisahkan artinya untuk tumbuh mengarah kepada FISIK sementara kembang mengarah kepada KEMAMPUAN. Jika fisiknya bertumbuh maka otak anak pun juga harus ikut berkembang. Pertumbuhan otak manusia dibentuk 95% diawal 6 tahun pertama sehingga untuk orangtua ini yang harus diperhatikan.

Selalu lakukan pemantauan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak ya!hal ini berguna untuk melihat perjalanan kualitas tumbuh kembang anak serta memastikan langkah terbaik yang bisa orangtua berikan kepada anak salah satunya memastikan kepada dokter anak atau dokter ahli tumbuh kembang anak.


4. Kesehatan Saluran Cerna

Dari ketiga perisai yang telah dijelaskan, ternyata perisai ke-4 ini merupakan pondasi dari keseluruhan perisai yang dijelaskan sebelumnya. Hal ini dijelakan bahwa kesehatan saluran cerna diperankan oleh komposisi mikrobiota pada usia dini yang akan membentuk sistem imunitas (perisai ke-2) dan sangat terkait dengan pola pertumbujan fisik anak (perisai ke-3) dan juga mempunyai pengaruh besar dalam pembentukan koneksi sirkuit otak. 

Saya sangat terkesima dengan seluruh penjelasan yang mantap dari dr. Wawan, selepas pemaparan mengenai 4 perisai kami mendapatkan kejutan dengan kehadiran DR. dr. Edddy sebagai ketua Tumbuh Kembang dari kota Bandung. Dengan kehadiran Dr. Eddy tentunya menambah semarak acara terlebih kehadirannya saat sesi tanya jawab memberikan animo untuk ayah bunda bertanya seputar 4 perisai yang sebelumnya dijelaskan.

Gimana temans sudah ada bayangan bukan mengenai tumbuh kembang anak?menarik yah materinya?memasuki sesi ke-2 acara, dimana narasumbernya adalah Dr Rose Mini A.P., M.Psi atau yang lebih kita kenal dengan bunda Romi harus diselingi terlebih dahulu dengan makan siang dan solat. 

Waktu menunjukkan pukul 13.30 wib antusias peserta konferensi masih terasa takkala sebelum pemaparan materi diberikan games serta hadiah untuk peserta yang terpilih. Jam-jam rawan ngantuk memang namun Bang Teuzu Zacky dan Bunda Romi mampu menghidupkan suasana  menjadi meriah tak kalah heboh dengan sesi yang sebelumnya.

Kekuatan Bermain Untuk Menstimulasi Kecerdasan Anak

Kehadiran bunda Romi yang telah dinanti oleh peserta, menitikberatkan pada pemberian stimulasi dini untuk mendukung kecerdasan anak. Sebagaimana yang sering kita ketahui ada 8 kecerdasan majemuk yang dikenalkan oleh Gardner diantaranya :

💗  Kecerdasan Linguistik 
💗  Kecerdasan Matematik
💗 Kecerdasan Musikal
💗 Kecerdasan Kinestesik
💗 Kecerdasan Visual Spasial
💗 Kecerdasan Interpersonal
💗 Kecerdasan Intrapersonal
💗 Kecerdasan Natural


Selain 8 kecerdasan ini, bunda Romi menambahkan juga Kecerdasan MORAL. Yakni kemampuan untuk memahami tuntutan yang ada di lingkungan, mengetahui apa yang baik dan buruk untuk dilakukan.

Menurut Bunda Romi, kebanyakan orang tua lebih menitik beratkan pada stimulasi kecerdasan matematik padahal anak yang sukses dan berhasil di masyarakat adalah anak yang memiliki kecerdasan interpersonal (berdasarkan penelitian) bukan dari nilai matematiknya. Hayo makjleb banget dengerin part ini.

Lebih lanjutnya Bunda Romi juga mengatakan jika kecerdasan Visual Spasial jarang terstimulasi oleh orangtua padahal kecerdasan ini juga berguna agar anak bisa berfikir kreatif. Nah loh pantesan saya kalau dikasih soal psikotes daya bayang ruang hasilnya pasti tiarap hahaha. Semoga next tidak terjadi sama Neyna 👅.

Bahkan untuk menstimulasi kecerdasan linguistik saja terkadang orangtua tidak memberikan kesempatan untuk anak ngomong. Hayo siapa yang begitu? *sayah nunjuk diri sendiri*. Bahkan suka memaksa anak untuk belajar dengan lengkingan yang tinggi alias marah-marah. Kalau ambil istilah bunda Romi Pitch Controlnya emak-emak bertambah tinggi jika memaksa anaknya belajar. Siapa yang suka begitu?*saya lagi 😂. PR saya banyak temans hehehe..

Intinya dari pemaparan Bunda Romi adalah setiap anak memiliki semua jenis kecerdasan, walau mungkin akan ada beberapa saja yang menonjol. Meski semua kecerdasan dimiliki, namun belum tentu sudah berkembang optimal. Tugas kita sebagai orangtua harus bisa memberikan STIMULASI. Untuk stimulasi sendiri tidak perlu barang mahal akan tetapi bisa memanfaatkan barang yang ada di rumah guna melatih serangkaian kecerdasan anak. 

Dan Stimulasi yang terbaik adalah BERMAIN. Ada manfaat yang kaya dalam bermain jika kita mampu memberikan jenis permainan sesuai dengan TAHAPAN PERKEMBANGAN DAN KEMATANGAN KOGNITIF anak. Nah lebih lanjut bunda Romi memaparkan jenis permainan yang dibagi menjadi :
  • Bermain Fungsional ( 0-2 tahun), Contohnya : Bayi menggoncangkan Rattle (kincringan)
  • Bermain Konstruktif (2-3 tahun), Contohnya : Menyusun lego
  • Bermain Peran (3-7 tahun), Contohnya :  Bermain dagang-dagangan
  • Bermain Dengan Aturan (7 tahun ke atas), Contohnya : petak umpet 
Dimana bunda Romi juga memberikan beberapa kiat menarik dalam rangka memfasilitasi Anak dalam bermain, apa sajakah itu?diantaranya adalah :
💜 Sesuaikan dengan karekteristik dan tugas perkembangan anak
💜 Ciptakan suasana menyenangkan tanpa keterpaksaan
💜 Pilih permainan yang dapat mengembangkan seluruh potensi anak
💜 Memanfaatkan bahan yang tersedia
💜 Memberikan kesempatan untuk menggunakan imajinasi dan kreatifitas anak
💜 Mengajak anak untuk berdiskusi setelah bermain 
 
Kiat tersebut mengakhiri pemaparan materinya Bunda Romi dan dilanjutkan tentunya dengan sesi tanya jawab kemudian acara diakhiri dengan pembagian hadiah menarik dari Morinaga. 

Gimana temans sekarang sudah terjawab bagaimana caranya menyiapkan anak multitalenta?sesi 1 dan sesi 2 sama-sama menarik sekali materinya bukan? Karena periode emas perkembangan anak tidak akan terulang yuk kita aware dan upgrade dengan menambah pengetahuan lewat acara seperti ini. 

Saya sangat mengapresiasi acara ini terlebih juga menurut Dr. Aris dari IDAI Program CSR Morinaga, setiap pembelian Morinaga Platinum kita sudah ikut turut serta sebesar Rp 10.000 dalam kegiatan membangun rehabilitasi sekolah-sekolah. Jadi pengen belanja susu Morinaga buat Neyna dan jujur saya baru tahu ada produk susu Soya Morinaga yang dipaparkan Dr. Bowo disela-sela materi dari kedua narasumber kece tersebut.
 
Anak adalah HARAPAN tak hanya untuk kedua orangtuanya namun juga untuk DUNIA. Siapkah kita sebagai orangtua untuk menyiapkan mereka menjadi multitalenta?tentunya harus siap. Demikian yang dapat saya bagikan buat teman-teman seputar acara konferensi ayah bunda platinum yang saya ikuti.

Buat teman-teman yang ingin ikutan, "Konferensi Ayah Bunda Platinum" dan belum sempat kebagian di Bandung next akan dilaksanakan di Tangerang 12 Agustus 2017, Medan tanggal 19 Agustus 2017. Untuk dikota lainnya ditunggu saja yah. 

Semoga Bermanfaat yah 💋





84 comments:

  1. Lengkap sekali Mbak Herva. Harus siap nih! Buat anak apa sih yg nggak mbak?

    ReplyDelete
  2. Morinaga emang the beast, bakat anak memang harus dirangsang agar anak termotivasi dan yg tak kalah penting gizi anak harus terpenuhi agar sehat bersemangat

    ReplyDelete
  3. Wah makasi sharingnya mbak
    Saya jadi banyak belajar bagaimana menstimulasi bakat dan kecerdasan anak secara optimal
    Selalu suka sama event-event begini, membuat emak makin cerdas mendidik anak

    ReplyDelete
  4. Setuju banget dengan menyiapkan anak multitalenta itu dimulai dari sejak dalam kandungan. Seru deh kalau ada acara2 parenting seperti ini untuk umum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba alhamdulilah bisa ikutan aku juga jd bisa share 😁

      Delete
  5. Paling demen kalo ada acara kek gini Mbak. Bisa jadi pengetahuan buat orangtua dan calon orangtua untuk mengasuh anak2 agar bisa multitalenta. Apalagi anak2 menjadi cikal bakal penerus bangsa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups betul mba Aya alhamdulilah dpt ilmu lagi ya

      Delete
  6. Wah mantap program CSR-nya. In syaa Allah ke depannya Indonesia akan semakin baik. Saya optimis :)

    Makasih share tips-nya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin 🙏🏻sama2 mba smg bermanfaat y

      Delete
  7. Ngegame atau membiarkan anak bermain (minimal mainan bongkar pasang) terbukti ampuh untuk meningkatkan kecerdasan otak. Dan memang ayah bunda harus ngasih mainan yg edukatif, yg meningkatkan kecerdasan otak sambil melibatkan fisik. Niscaya anak akan multitalenta 💃💃💃

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepat sekali mba 🙏🏻👍

      Delete
  8. Infonya lengkap banget, mbak Herva. Meskipun tidak bisa hadir di acara yang aku yakin pasti keren dan banyak ilmu di sana, tulisan mbak Herva kurasa cukup mewakili. Terimakasih sharingnya ^^

    ReplyDelete
  9. Berguna bnget mba event2 seperti ini. Nambah ilmu bnget... Dulu, aku pernah sekali ikut event nya morinaga.. Bnyk juga pesertanya.

    Jogja kapan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bnyk banget mba sampe penuh ballroom hotelnya. Yogya kurang tau mba hehee

      Delete
  10. Acaranya bermanfaat banget ya.duhh duhh jadi pengen ikutan acara ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Amel seru dan yg terpenting aku bisa dapetin ilmunya hehehe

      Delete
  11. 7 tahun ke atas main petak umpet.
    Sayangnya, jarang anak sekarang main gtu mbak.

    Apa main sama orangtuanya ya? Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mainnya sama kita mba biar bonding terasa hahaha

      Delete
  12. Event ini bakal ada terus sampe tahun tahun mendatang kan ya ?
    aku pengen ikutan juga lah tapikan ga punya anak wkwk.
    Mungkin suatu saat nanti bisa ikutan supaya anakku tumbuh sehat dan smart, berkat morinaga? :)

    Nanti info infoin lagi ya teh acaranya ...
    PAsti membantu banget buat yang lainya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAlloh ada sepertinya kang hahaha...semoga nanti bisa ikutan ya biar nambah knowledge parenting :)

      Delete
  13. Mengarahkan anak sesuai dengan bakat, minat dan kecerdasannya. Ini juga yang aku pakai buat anak-anakku.
    Kalo Nameera apa nih? Sudah ketahuan blm potensinya di bidang apa? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mba mengarahkan sesuai kemampuan anak, saat ini anakku masih samar2 mba hahaha

      Delete
  14. Thanks for sharing, mamah Nay. Kalau kaka Dhia mah minat dan bakatnya menggambar. Kalau Nay apa, nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama teh :) apa ya belum keliatan tapi sejauh ini dia suka nyanyi teh ^^

      Delete
  15. Kecerdasan tiap anak memang berbeda beda, tapi jika tidak dilatih sejak dini maka talent tersebut bisa saja terpendam dan tidak mau keluar.

    Usia dini menjadi pilar dasar untuk mengembangkan potensi bakat si anak agar ketika tumbuh menjadi dewasa bisa mudah mengeluarkan bakat yang cocok dengan situasi hidupnya saat itu.

    ReplyDelete
  16. Ulasan yang lengkap, Mbak Herva:) Lihat bakat, minat, potensinya..dan beri dukungan! Syukur-syukur multitalenta jadinya...Semoga Nameera sepertinya Bundanya yang multitalenta juga yaaa:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mba Dian semoga juga bermafaat untuk yang lain..
      aamiin doa yang sama untuk mba Dian dan anak :)

      Delete
  17. wah asyik banget acaranya
    ortu ikut serta buat dukung perkembangan anak
    semoga sukses buat nameera ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang jadi upgrade knowledge ikutan acara ini :)
      aamiin makasi kang doa yang sama juga buat akang dan keluarga

      Delete
  18. Alhamdulillah yaa bisa menyerap ilmu parenting ini, dan Neyna sama Marwah jadi kenalan deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah keren acaranya, segudang manfaatnya teh :)
      iya jadi kenalan dan bisa main bareng hahaha

      Delete
  19. seru acaranya mbak, dan ulasannya keren.

    ReplyDelete
  20. Aku rasanya sedang mati gaya bermain dgn si kakak...
    Acaranya bagus yaa teh.. wah di Tangerang, dekeut rumah akuuu

    ReplyDelete
  21. Senangnya ikut acara kayak gini dapat menyerap ilmu parenting. Makasih sharingnya ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba senang banget berguna buat upgrade knowledge :)

      Delete
  22. Ulasannya lengkap mba. Acara begini selalu banyak manfaatnya. Dan akhirnya banyak informasi yg kita dapet, apalagi tentang anak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi mba mudah2an teman-teman yang ga bisa ikut bisa tau juga :)

      Delete
  23. Tumbuh dan kembang anak harus selalu disupport oleh kedua orang tuanya. Event ini memang sangat bermanfaat walaupun saya sendiri belum memiliki anak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya peranan ortu sangatlah penting :) semoga next bisa ikutan y kang bawa anak n istrinya

      Delete
  24. always try to give the best for our kids ya mbaaa

    ReplyDelete
  25. seneng ya kalo punya anak multi talenta itu, tapi ya konsekwensinya org tua harus rajiiin banget dan telaten

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba ortunya mesti konsisten kasih stimulasi dan tahu juga ttg tahapan perkembangan anak :)

      Delete
  26. acaranya sangat bermanfaat ya mak buat kita para orang tua muda yang belum siap dengan perkembangan jaman :)

    http://www.dajourneys.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba manfaat sangat 😁👍

      Delete
  27. Wah seruuu... Aku jg tertampar baca bagian menyusui itu jangan disambi, secara gitu, suka sambil maen hape 😂
    Ah, kapan-kapan mesti ikutan acara begini, thanks for share mama Nameera :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kannnn tertampar 🤣 yuk ikutan mba

      Delete
  28. Seru ya Teh banyak ibu yang kita serap.

    ReplyDelete
  29. Mantap, ayah memang memang harus ikutan acara begini. Peran ayah ini peran yang sering ditinggalkan

    ReplyDelete
  30. makasih tulisannya mbak.. nambah wawasan

    ReplyDelete
  31. Saya belum bisa hadir, thankies berat ya Mbak udah share resume nya, sangat berguna bagi new mom kayak saya^^ semoga anak kita jadi anak multi talenta, aamiin

    ReplyDelete
  32. Wah seneng ya kalau semua org ngerti kalau anak cerdas bukan cuma pinter matematika, pinter gaul juga penting

    ReplyDelete
  33. Anak cerdas memang terlahir dari orang tua yang cerdas pula ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. krn peranan ortu sgt berpengaruh ya 👍

      Delete
  34. Setiap mampir ke postingan Mba ini berasa diingatkan banyak hal dalam hal menjadi ortu yang baik Demi perkembangan anak2.

    Kalo di lihat dari foto2nya tampak ramai, seru dan dan informatif banget ya Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah semoga bermanfaat mba 😁 iya mba ada 1000an peserta yg hadir makanya rame banget

      Delete
  35. Sama mba. PR aku juga banyak nih. Tapi ya itu, kadang prakteknya susah mba.
    Tp kadang ya mba, krn ingin anak serba bisa, kita (aku) jd menuntut lebh banyak sama anak2. Yg akhirnya malah jadi memaksa mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini lah PR terberat kita y mba 😁

      Delete
  36. Mantap..semoga anak2 kita selalu dalam arahan yang positif selalu...

    ReplyDelete
  37. Acaranya bagus banget, sangat bermanfaat untuk para orang tua. Sarat informasi tentang dunia parenting, bagaimana membentuk anak yang multitalent itu dimulai sejak dari usia kandungan yah.

    Anak itu tergantung dilabeli oleh orang tuanya, tapi kalo dilabeli "HALAL" gimana tuh, hehehe...

    Sayangnya acara di Tangerang sudah kelewat yah, bagaimana dengan di Depok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe bisa aja kang hendra waduh yg di depok aku ga tau tuh hahaha

      Delete
  38. suka bingung gmn caranya menstimulasi semua kecerdasan anak. sekarang jadi lebih kebayang
    btw, ternyata mba herva tinggal di bandung tohh. bisa jumpa2 nihh kl pas mudik ke bdg

    ReplyDelete
    Replies
    1. uda kebayang y mba skrg 😁 hayu mb kita meet up

      Delete
  39. anak2 multitalenta penerus generasi bangsa (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kang salam diinget2 y ini buat ntar 😁

      Delete
  40. Horeyyy Bunda Neyna nulis event juga, haha... Di Bandung ya acaranya. Jadi inget waktu ke simposium gizi yang juga dijelaskan ttg 1000 hari usia anak yang mesti kaya gizi. Menyusui ga boleh sambil main hape yak, hahah... Ulasannya lengkap ya, Mba. Ada dari dokter dan Mba Romi juga.

    ReplyDelete
  41. waah, teh herva ikut ya ke acara iniii. sayang sha ga hadir

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design