Sunday, July 23, 2017

5 Menit Untuk Sentuhan Sehat Pada Bayi

Bila ditanya momen apa yang paling memorable bagi saya maka dengan penuh keyakinan saya akan menceritakan momen melahirkan Neyna. Bagi saya ini adalah momen dimana saya pun bertranformasi menjadi seorang “Ibu”.

Saya masih ingat jelas setiap detik momen yang terjadi selama proses melahirkan, penantian panjang selama kehamilan 9 bulan dan 30 jam yang saya butuhkan untuk melahirkan dengan rasa sakit yang luar biasa namun rasa sakit yang melanda kala itu hilang seketika tak-kala Neyna berada dalam pelukan saya di menit kesekian pasca Neyna lahir.

Proses Inisiasi Menyusui Dini begitulah pihak rumah sakit menyebutkannya yang bertujuan selain merangsang Neyna untuk mencari puting tanpa dibantu juga bertujuan agar Neyna tetap merasa hangat setelah keluar dari Rahim. 

Skin to skin contact antara saya dan Neyna kala itu memang membuat saya pribadi merasa nyaman dan bagi saya inilah moment pertama saya dalam membangun bonding bersama Neyna. Rasa sakit benar-benar tak terasa saat saya memeluk tubuhnya dan akhirnya saya pun merasakan  “Love At The First Sight”.

Hari-hari yang dilalui sebagai ibu baru memang membuat saya harus beradaptasi banyak untuk bisa merawat Neyna. Sedikit-sedikit saya belajar mengenai stimulasi yang harus saya berikan di masa-masa Neyna baru lahir. Pantas saja saat kuliah saya mendapatkan mata kuliah Psikologi Perkembangan hingga 3 semester. Karena banyak hal unik di setiap tahapan perkembangan terlebih bayi yang baru lahir. 



Materi yang pernah saya pelajari yakni tentang Fase neonatal yaitu 28 hari pertama setelah bayi dilahirkan, merupakan masa paling krusial dalam kehidupan seorang bayi karena tubuhnya sedang mengalami perkembangan dan mengalami perubahan lingkungan yang sangat drastis sehingga tubuhnya sangat rentan sekali.

Salah satu informasi yang saya dapatkan adalah pentingnya ‘SENTUHAN’ sehat untuk bayi. Apa saja aktifitas sehari-hari yang saya lakukan terkait sentuhan kepada Neyna kala itu?

💝 Menggendong

Pernah mendengar jika bayi yang sering digendong maka akan “bau tangan” sehingga tidak akan anteng jika dibiarkan sendiri. Saya sebagai salah satu yang tidak setuju dengan hal tersebut karena Neyna sewaktu bayi sangat menyukai jika digendong. Dan hal ini juga tidak membuat saya merasa terbebani.

Bahkan Neyna bisa tertidur pulas jika sudah digendong sebentar dan saya artikan bahwa ini merupakan upaya saya membuat Neyna nyaman. Emang ga repot ya gendong terus? repot sih cuman kan masa-masa seperti ini tidak akan selamanya justru saat ini juga saya merindukan momen menimang-nimangnya. Baper deh kalau saya disuruh ingat masa itu.

Karena bagi saya, tak hanya saya yang mengalami perubahan dalam tubuh saat melahirkan, bayi juga mengalami hal serupa. Bahkan mereka juga mengalami banyak tekanan untuk bisa ‘keluar’ dan lahir ke dunia yang baru. Menurut teori pula dengan bersentuhan dan berada dalam pelukan ibu saat lahir akan membantu bayi membuat gula darah mereka lebih stabil dan membuat suhu tubuh mereka menjadi normal. 

💝  Menyusui

Sebagai ibu baru tentunya memeluk adalah hal yang paling sering dilakukan seiring saya suka menggendong Neyna. Saya merasakan bahagia sekali dengan memeluknya, mengusap-ngusap rambut hitamnya membuat hormone endorphin saya meningkat so ga perlu saya dikasih emas sama akang suami saya udah bahagia banget xixixi *berlebihan :p karena memang bayi baru lahir mudah stress so dengan dekat ibu maka membuatnya tidak mudah stress.

Terlebih saya adalah salah satu dari sekian banyak ibu yang memilih untuk bisa memberikan ASI kepada anak. Kegiatan menyusui ini bagi saya merupakan salah satu stimulasi yang paling berarti untuk saya berikan kepada Neyna dalam rangka mempererat bonding yang sudah kami bangun. 

💝  Mengajaknya Bicara

Meskipun Neyna bayi belum dapat merespon dengan suara namun seringkali saya mencoba untuk mengajak Neyna bicara sambil memperhatikan matanya dan ia akan membalas dengan tatapan seolah ia sedang menghafal wajah saya sebagai ibunya. Hal ini tentunya bertujuan agar lebih meningkatkan bonding kami berdua dan meyakinkan Neyna jika saya sebagai ibunya memberi perhatian sepenuhnya demi menumbuhkan kepercayaan untuknya.

💝  Memijat

Tahukah teman masa-masa neonatal merupakan masa yang rentan, Konon katanya situasi ini yang menyebabkan angka kematian saat masa neonatal masih tinggi di Indonesia. Berdasarkan data WHO pada tahun 2015, terdapat sekitar 70.000 bayi di Indonesia yang kehilangan nyawanya sebelum menginjak umur 28 hari. 

Salah satu faktor adalah akibat kurangnya perhatian terhadap perawatan kulit selama masa neonatal yang menyebabkan terjadinya sepsis pada kulit bayi. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada lebih dari 1 juta kasus sepsis setiap tahunnya dan di Indonesia sendiri ada ribuan kematian bayi yang diakibatkan sepsis melalui kulit di tahun 2015.

Kematian bayi di masa neonatal dapat dicegah dengan memberikan perawatan kulit yang tepat dan efektif bagi bayi karena hal tersebut sangat penting bagi kelangsungan hidup seorang bayi selama masa neonatal. Seperti dijelaskan oleh Dr. Bernie Endiarini Medise, Sp.A(K), MPH, Dokter Spesialis Anak, “Selama masa neonatal, kulit bayi sangat sensitif, maka dari itu diperlukan perawatan kulit yang efektif dan tepat bagi bayi di masa neonatalnya. Kandungan emollient yang digunakan dalam perawatan kulit bayi dapat mencegah terjadinya kulit kering/TEWL (Transepidermal Water Loss). 

Disamping itu, sentuhan ibu selama masa neonatal sangatlah penting, karena selain dapat memperlancar peredaran darah bayi dan juga meningkatkan imunitasnya, sehingga bayi akan lebih sehat, dapat bertumbuh dan hidup lebih panjang.

Duh ngeri banget ya temans jangan sampai karena minimnya informasi terkait perawatan kulit selama masa neonatal menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Nah berbekal informasi tersebut akhirnya saya mencoba menggali apa saja stimulasi tepat untuk perawatan kulit bayi yang baru lahir. Salah satunya dengan Memijat.

Apa saja manfaat Memijat? mangga teman-teman bisa lihat berikut ini :


Biasanya dulu saya lakukan memijat Neyna sebelum mandi dan sebelum tidur malam. Cukup 5 menit saja dan tentunya pijatan halus karena tubuh Neyna masih rentan. Takut ga sih kalau mijat bayi gitu? awalnya memang saya takut-takut apalagi suka ditakut-takutin sama orang-orang sekitar nanti kecengklak-lah apalah padahal harusnya mensupport yah karena manfaatnya aja banyak banget.

Bagaimana cara pijat yang saya lakukan?sama seperti yang dilakukan pada umumnya namun saya diberikan contoh gerakannya. Waktu itu karena ada program monitoring dari Rumah Sakit tempat saya melahirkan datanglah suster ke rumah. Menanyakan kabar hingga mempraktekkan cara memijat bayi baru lahir. 

Kurang lebih seperti ini ya temans silahkan cek videonya berikut ini :



Gimana mudah bukan? ga perlu pake tenaga dalamlah yang penting sentuhan lembut kita tersampaikan. Ada baiknya ketika memijat teman-teman bisa menggunakan Baby Oil atau Baby Lotion. Alasannya karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa pijat menggunakan baby oil memiliki efek menenangkan yang lebih besar dibandingkan tanpa menggunakan baby oil. Serta jika teman dirumah punyanya body lotion saat memijat itu juga bisa bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit bayi

Pemilihan Baby Oil atau baby lotion juga mesti berhati-hati yah teman jangan sembarangan pakai apalagi untuk buah hati kesayangan kita. Untuk baby oil pilihlah yang tidak mengandung Oleic Acid yang dapat merusak Skin. Karena baby oil/baby lotion saat pemijatan dapat memperbaiki Skin Barrier, Sirkulasi dan Termoregulasi.

Berdasarkan hal tersebut akhirnya saya menjatuhkan pilihan untuk Baby Oil maupun Baby Lotionnya produk Johnson’s baby. Terlebih lagi saat ponakan saya lahir juga menggunakan produk Johnson’s  baby yang sudah saya lihat jelas manfaat dan khasiatnya.


Setuju ga teman kalau produk Johnson’s baby sedari dulu aman dan terpercaya untuk bayi? kalau saya si YES pastinya Mas Anang juga YES dong. Ngomongin Johnson’s sendiri saya tertarik dengan program yang dilangsungkan untuk menyebarkan awareness kepada kita selaku ibu-ibu untuk mengetahui pentingnya sentuhan Ibu melalui pijatan.

Apalagi tadi sudah saya bahas bahwa angka kematian neonatal sangat banyak karena kurang awarenya dengan perawatan kulit bayi. Produk Johnson’s sendiri bisa kita jumpai dimanapun, ini yang membuat saya jatuh hati juga. Bahkan tersedia di Alfamart deket rumah.

Setiap kita berkontribusi dalam program pembelian Sentuhan Penuh Harapan, kita bisa turut mendonasikan Rp 500,- ke Save the Children loh. Kok bisa?karena JOHNSON’S Baby menggandeng Alfamart dan Save the Children, memberikan para Ibu cara termudah untuk berpartisipasi, yaitu dengan pembelian minimum Rp 25.000,- produk JOHNSON’S Baby jenis apapun di seluruh gerai Alfamart di Indonesia.

Yuk sampaikan ini semua ke yang lain, kapan lagi kita bisa turut mengulurkan tangan dan memberikan secercah harapan bagi bayi yang kurang beruntung di Indonesia. Produknya bermanfaat untuk anak kita dan sedikit uang yang kita keluarkan bisa bantu anak-anak lain. 

Demikian teman-teman yang bisa saya share kali ini, cukup 5 menit untuk sentuhan sehat pada bayi baru lahir kita mampu menekan angka kematian neonatal. Mudah bukan? masih mau abaikan sentuhan sehat untuk bayi? kalau saya si NO.

“Untuk informasi lebih lanjut tentang campaign ini, silakan cek akun media sosial resmi dari Johnson’s Baby yaitu @johnsonsbaby_id (Instagram),
@JohnsonsBaby_ID (Twitter) dan https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia (Facebook)”

79 comments:

  1. Bun, aku juga pakai Johnson’s buat anakku, gak pernah pakai yang lain.. sampe skr pun anakku masih setia pake cologne hijaunya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah setia y mba sama johnsons 😍

      Delete
  2. Duuuuh... Jadi inget saat anak-anak masih bayi... Yang tak terlupakan adalah saat menyusui dua anak sekaligus yang berjarak 1,5tahun... Rasanya ruaaaar biasa dan ngangenin juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes mba menyusui momen paling indah y jgn lupa mba memijat juga bisa ningkatin bonding yuk berpartisipasi ikutan gerakan svae the childernnya 😁

      Delete
  3. Anak-anakku kalau udah dipijit tidurnya nyenyaaakkk bangettt 😃

    ReplyDelete
  4. Ayyas juga suka banget dipijat, mba. Bahkan sampai skarang karena panggil tukang pijat. Tapi kalau nggak dipijat ama tukang pijat, dia bilang "Ummi, tolonng pijat kayak bapak". Soalnya pijatan bapaknya enak banget. Hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ummi klo lagi galau jangan pijat yah bahaya :p

      Delete
  5. Anakku juga pakai Johnson mba. Cz dari dulu sudah percaya sama produk satu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes mba sudah terpercaya dari dulu untuk perawatan baby ya Johnsons y mba :)

      Delete
  6. Hihihi anakku kalau dipijit malah ketawa kegelian, padahal yang lain pada nangis. :'D

    ReplyDelete
  7. Saya terharu bacanya mba, saya harus belajar mijat mba, saat ini engga ada yg ngasih tau soalnya saya ngurus semuanya sendiri sama suami huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mba ikutin videonya yah semoga bermanfaat :)

      Delete
  8. Ahhh aku jadi kangen masa2 itu. Sekarang krucils udah gak mau ditimang2 lagi. Momen kemesraan saat menyusui juga gak akan bisa diulang lagi. Menatap matanya yang sedang nikmat menyusui, aaakkkkkk kangen!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mba Wian buat lagi ahhaha biar masa2 itu terkenang lagi :p

      Delete
  9. saya mo gendong bayi, pas digendong malah nangis XD
    terus ga boleh gendong lg :(

    ReplyDelete
  10. Aku suka pijitin Kenzo, tapi pasti dia teriak2 hahaha mungkin aku kurang handal mb
    Tapi boleh juga nih pakai Johnson biar makin seru saat pijit2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba cobain deh selain buat mijat sih aku juga suka pake baby oil buat bersihin area telinga kek gitu

      Delete
  11. Bounding itu penting bnget y mba,,. Walaupun cuma sebentar bounding pijet atau apapun pasti buat nyaman kidos, sebab ibu Kan inkubator anak yg alami nuhun share ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mba :) semoga bisa bermanfaat y mba jangan lupa mba ikutan program sentuhan penuh harapan ya :)

      Delete
  12. aku pun suka mijit anak-anak waktu kecil..pakai minyak telan yang wanginya juga relaxing buat kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba manfaatnya ga hanya buat baby y tapi buat kita juga :) thx u mba uda sharing

      Delete
  13. stok Johnson's Baby di rumah masih banyaaak. Dari sabun sampai baby oil, anakku pakai Johnson's Baby. Cocok di kulitnya

    ReplyDelete
  14. Klo mijat aku nggak rutin teh...
    Paling merasa dekeut saat nyusuin
    Baby oil Johnson aku jg pake, buat bersihin bekas eyeliner

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama meski ga dipake mijet baby oil aku pake buat bersihin telinga hehehe..

      Delete
  15. Anak pertama ku dulu bau tangan, ditambah ga pake stroler. Jadi kalo kemana2 ya digendong, malah bobotnya montok bgt. Jadilah pundak saya bermasalah.. 😁 tapi sy menikmati itu.
    ..di kala org2 menyewa dukun bayi selama 40 hari, saya tdk sependapat karena memang kurang percaya sama org, dan juga ingin melatih diri sendiri untuk merawat bayi pertama, dari memandikannya, belajar memijat, mp asi, dll.
    Bukannya so tau tapi belajar ingin tahu ilmu parenting yg benar. Soalnya bayk loh bun, ibu2 baru yg ga tau cara merawat bayi samai diurus neneknya, bbaru 1 bln dikasih makan, baru 2 Bulan didudukin #miris.
    Saya setuju nih apa yg disampaikan bunda lewat shareing ini..
    Semoga momy baru byk yg baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes mba yuk kita share ke yang lain y mba :) makasih sharingnya mba Bella ^^

      Delete
  16. Anak2u lahirnya besar teh, 3,8 kiloan. Kata susternya, ini mah gendong sm mijitnya ngga ngeri. Hihi.. oya akunjg pake johnson loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena besar y mba :) jadinya enak xixixi

      Delete
  17. Jadi pengen mijetin bayi lagi deh , bukan kode pengen hamil lagi tapi nih wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk y udah teh alih profesi gmn?wkwkwk

      Delete
  18. Sentuhan bs sebermanfaat itu ya mbk buat si kecil,
    Btw aku jg pake baby oil johnson bwt mijet siken,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak Ken :) sipp mak Ken karena kandungannya sangat aman buat kulit :)

      Delete
  19. Dulu saya paling takut mijit bayi...awalnya seperti ngelus2 hehehe..lama-lama baruu dech berani, apalagi Si kecil ketawa geli..TFS Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba makasi uda sharing mijatnya :)

      Delete
  20. Setuju bgt tentang sentuhan (secara fisik pertanda kasih sayang) buat anak kecil. Saya miskin sentuhan orang tua. Bukan karena mereka gak sayang, cuma sibuk aja. Kerja kantoran semua, anak banyak. Kerasa emang sayanya jd berjarak sama org tua sendiri huhuhu. Jadinya 'balas dendam' deh ke anak sendiri :D banyakin peluk2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi sharingnya mba *peluk kenceng :)

      Delete
  21. sentuhan memang jadi bonding yang kuat ya teh. makasih sharingnya, ilmu buat suatu hari kalo punya dede :)

    ReplyDelete
  22. sejak bayi sampai 10 tahun sudah anakku senang dipijat sama mamaknya ini, dan ketagihan.. sebentar lagi mak nya bikin tempat massage khusus anak nih. Hehehe!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe keren masih rajin terus mpijat y mba :)

      Delete
  23. alhamdulilah aku juga sudah melakukan hal2 diatas...dan terbukti bagus mbak...dulu yg anak pertama aku kurang pijitin..yg kedua aku pijat sendiri tiap habis mandi ...anaknya sekarang lincah dan aktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah senangnya makasih sharingnya mba :)

      Delete
  24. pijatan wajah itu yang mau saya coba untuk anak saya, makasih ya mbak tipsnya

    ReplyDelete
  25. Baru tau bayi baru lahir juga bisa stress. Perlu tau juga cara supaya bayi nggak stress dan tumbuh dan berkembang baik. Makasih infonya.:)

    ReplyDelete
  26. Menyentuh bayi memang banyak manfaatnya ya, bukan hanya untuk bayi tapi juga untuk orang tuanya. Favoritku mandiin bayi Teh. Duh yaa, bau telon sama minyak wangi bayi itu surga bangeeet.

    ReplyDelete
  27. mengajak bicara sambil memijat itu penting, kata ibuku sih gitu
    mewanti2 nanti klo udah punya anak, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes kang harus itu biar membangun bondingnya :D

      Delete
  28. dulu mbakku juga sempet mraktekin yang massage-massage ini ke anak-anaknya pas jaman bayi teh, tapi ngga tau itu cuma 5 menit atau lebih XD
    walaupun cuma 5 menit, ternyata manfaatnya banyak banget. bisa lah buat ilmu pas besok jadi bapak, sapa tau bisa mijitsan anak juga wkwk

    ReplyDelete
  29. Di masa 28 hari pertama bayi ternyata butuh perhatian ekstra ya mba. Apalagi sentuhan itu penting banget. Saya dulu mandiin dan mijat sendiri, belajar dari saudara yang juga suster.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba sentuhan memang perlu banget buat bayi baru lahir, aku juga belajar sama suster :)

      Delete
  30. jadi inget sama bayi yang jantungnya udah berhenti berdetak, tapi pas ibunya menggendong dan memberi sentuhan, jantung bayinya berdetak lagi.. Masya Allah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Alloh sentuhan ibu ya Na mengandung makna :)

      Delete
  31. Anakku udah ga ada yg batita tapi tetep sedia baby oil di rumah buat macem2 salah satunya memudahkan membersihkan daki hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga buat bersihin kuping juga mba hahaha

      Delete
  32. Jadi selama 28 hari itu masa2 krusial bagi bayi ya mbak Herva. Wahhh..aku juga ga setuju tuh sama istilah "bau tangan". Ya biarkan aja dong ya kita ibunya mau gendong kek atau mau terusan sama bayi kita. Justru kedekatan emosional itu penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya mba Nurul sayangnya kebanyakan orang lebih kemakan mitos hahaha

      Delete
  33. setiap pagi selalu pijit adek bayi, wangi pakai jhonshon

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga terus memberikan stimulasi sentuhan y mba :)

      Delete
  34. jaman anakku lahir gak berani langsung dipijat sendiri abis lahirnya hanya 1,2kg. udah agak gedean baru deh berani pijat sendiri. anakku harus sering dipijat biar bantu naikin berat badannya

    ReplyDelete
  35. Wow nice sharing. Saya juga tau massage bayi karena lihat video dr Jhonson n jhonson pas lahiran Abang Fi. Beli produk jhonson dapat vcd. Dan pijat bayi itu saya pakai terus sampai skrg Adek Fi. Suka sekali dia apalagi moment pijat naik sepeda ^_^

    ReplyDelete
  36. Saya baru tau kalau bayi yg baru lahir itu bisa mudah stres, makanya mesti dekat2 dengan ibunya. Masih adaptasi dunia mungkin ya, hehe... JnJ ini produk bayi legendaris juga ya, terus eksis sampai sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya miss adaptasi baru lahir..iyes miss legendaris banget dan ga diragukan lagi manfaatnya :)

      Delete
  37. Hervaa...tulisannya bermanfaat banget ini. *langsung bookmark* :D

    ReplyDelete
  38. Ini perkara sepele tapi ternyata penting ya. Aku save ah siapa tahu nanti pas hamil atau punya anak bisa dibaca-baca lagi.

    ReplyDelete
  39. teringat dulu, saya juga selalu memijat bayi saya setiap pagi

    ReplyDelete
  40. Duhhhh jadi pingin punya bayi lagi, paling senang memijat bayi terus dia ketawa sama kita, rasanya happy

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design