Tuesday, June 20, 2017

Sudah Zakat Belum?Yuk Coba Bayar Zakat Secara Online

Hai temans alhamdulilah kita sudah memasuki minggu terakhir Ramadhan, artinya semakin mendekati dengan hari lebaran. Bagaimana dengan ibadahnya?semoga sesuai dengan target y teman. Kali ini saya mau reminder sedikit tentang Zakat.

Sebagaimana kita tahu, dalam Rukun Islam yang ketiga yaitu zakat yang menjadi kewajiban setiap muslim untuk menjalankan perintah Allah SWT. Dengan berzakat, maka kita sudah membersihkan harta yang dimiliki agar berkah dunia dan akhirat.

Ditambah dengan berzakat maka akan membantu sesama yang membutuhkan bantuan untuk hidupnya. Selain kedua manfaat itu, ternyata zakat memiliki manfaat lainnya dalam kehidupan sehari-hari. 



Apa saja tuh? berikut ada beragam manfaat dari zakat yang diwajibkan dalam Agama Islam:
1. Rasa syukur terhadap nikmat yang diberikan Allah SWT 
2. Mampu mempererat persaudaraan antara kaya dan miskin
3. Bisa membuang prilaku yang buruk seseorang
4. Sebagai alat pembersih harta
5. Cara menjauh dari sifat tamak dan sombong
6. Untuk mengembangkan potensi umat
7. Mendukung orang yang baru memeluk Agama Islam
8. Membantu sesama yang membutuhkan bantuan

Setelah mengetahui beragam manfaat dari zakat, berikutnya kita harus tahu 8 golongan sebagai penerima zakat siap saja sih? Jangan sampai kita salah memberikan zakat selain 8 golongan tersebut. Berikut ini adalah 8 golongan yang wajib mendapatkan zakat :

💓 Fakir adalah orang yang tidak bisa memenuhi kebutuhannya dalam hidup ini
💓 Miskin adalah orang yang mempunyai harta namun kebutuhannya kurang bisa terpenuhi
💓 Amil adalah orang yang mengumpulkan serta menyalurkan zakat ke 8 golongan
💓 Mualaf adalah orang yang baru memeluk Agama Islam dan butuh bantuan dengan keadaan barunya
💓 Hamba sahaya adalah ​orang yang ingin merdeka
💓 Gharimin adalah orang yang memiliki hutang dan tidak sanggup membayarnya
💓 Fisabilillah adalah orang yang berjuang di jalan dan Agama Allah
💓 Ibnu Sabil adalah orang yang kehabisan uang dalam perjalanan

Itulah 8 golongan yang memiliki hak mendapatkan zakat, jangan sampai diantara 8 golongan ini ada yang tidak menerima zakat. Gimana teman udah cukup kan remindernya?Nah untuk membayar zakat sendiri, saya biasa datang langsung ke Masjid atau sekarang temans bisa bayar zakat online yang akan langsung disalurkan ke Badan Amal Zakat Infaq Sodakoh (BAZIS).

Demikian yang dapat saya sampaikan semoga kita semua ga lupa yah buat bayar Zakat, sisihkan THR-nya jangan buat beli baju doank. Semoga bermanfaat yah 💋


30 comments:

  1. Wah, Alhamdulillah ya Teh Herva semoga dengan pembayaran zakat online ini pendistribusian dana lebih meluas diseluruh wilayah Indonesia yang membutuhkannya.

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah udah bayar zakat di masjid deket rumah, blm pernah bayar zakat via online, palingan donasi2 online aja

    benar kata mbak Annisa, ini bisa jadi pilihan agar merata

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Bu Ayya pemerataan y smg pd tau ni sama zakat online 🙏🏻😁

      Delete
  3. lah, gimana cara nya zakat online ya bun. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal klik aja ikutin petunjuknya kang 😁

      Delete
  4. Sekarang apa2 memang dimudahkan ya, sampai bayar zakat juga bisa online. Jadi gak ada alasan gak sempat lagi ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes mba segalanya dibuat mudah semoga sedekahnya zakatnya jalan terus 😁

      Delete
  5. Mau zakat lewat online atau diberikan langsung pada orang yang berhak menerima zakat.., yang penting jangan lupa niat zakatnya ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba Niatnya yg penting makasi remindernya mba 🙏🏻😁

      Delete
  6. Biasanya suami langsung ke kantor BAZIS :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba barangkali kita ga sempat bisa online deh mba 😁🙏🏻

      Delete
  7. terima kasih mbak udah diingatkan...aku juga mau berzakat nih ..

    ReplyDelete
  8. Oh zakat online dari BAZIS ya. Ini solusi juga sih ya untuk bayar zakat.

    ReplyDelete
  9. Wah aku belum pernah byr zakat online nih. Biasanya di masjid aja atau di tempat lain.

    ReplyDelete
  10. Belum pernah bayar zakat secara online, biasanya langsung dikasih sih atau lewat masjid dekat rumah.

    ReplyDelete
  11. Wah enak ya sekarang apa-apa sudah online :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah makin dimudahkan ya teh 😁

      Delete
  12. Sekarang semua bisa serba online ya...hehe..

    ReplyDelete
  13. Di era digital gini mah bayar zakat juga bisa online yah asik.. Jadi harusnya nggak ada alesan kelewat bayar pajak dong yah.. ;)

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah ya mba kalau bisa membayar zakat secara online mba. Nggak ada alasan lagi nih untuk nggak bayar zakat

    ReplyDelete
  15. Saya juga bayar zakat penghasilan via online. Lebih mudah ga repot.

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillaaaah sudaaah.. tapi blm pernah coba yg online

    ReplyDelete
  17. Waaah ada ya zakat online. Jaman semakin maju ya. Segalanya dipermudah sampai ke urusan agama.

    ReplyDelete
  18. Wah bayar zakat aja bisa online, keren ih. Tapi kayaknya lebih enak offline kali ya, ada seninya gitu deh, hahaha

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design