Wednesday, May 10, 2017

TV Sharp Sebagai Sarana Belajar Anak

Hampir semua orang memiliki TV dirumah, rasanya memang TV merupakan hiburan setelah melepas penat dari berbagai aktifitas. Bagi saya sendiri TV selain sebagai hiburan semata namun bisa dijadikan sarana untuk belajar anak saya loh. Kok bisa Va?tentu saja bisa.

Katanya kebanyakan nonton TV bisa berdampak buruk buat anak, jika kita terus memiliki pandangan, paradigma yang negatif jatuhnya akan selalu Devil's Effect. Segalanya terbatas dengan terlabeli virus Negatif. Yakin ga makan hati jika semuanya dipandang negatif?kalau saya si justru punya prinsip kenapa siy ga mencari sudut pandang yang positifnya.

Kembali ke TV, menurut saya TV bernilai positif loh buat anak dinataranya sebagai berikut :

1. Sarana Untuk Belajar 

Dengan memilihkan film maupun tontonan yanag pas anak saya bisa belajar dari tontonan tersebut. Maka tugas kita sebagai ortu mendampingi anak saat menonton apa saja adegan yang DO & DONT bisa ia tiru dan lakukan di kehidupan real.

Selain itu saya melihat banyak kosakata dari Neyna bertambah karena disuguhi tayangan-tayangan inspiratif. Saya memang membatasi untuk nonton tayangan sinetron sehingga dirumah sengaja saya pasang TV Kabel dan jika saya bekerja saya wanti ART untuk tidak menonton selain channel anak.

Biasanya saya monitoring menelepon disiang hari apa yang sedang anak tonton. Satu kali ketika saya telepon Neyna bilang bun, nenek (sebutan kepada ART) nonton India 😂 nah dengan cara memonitoring saya jadi tahu apapun tayangan yang Neyna lihat.



2. Untuk Melihat Dunia
 
Selain tontonan berbau anak-anak, saya pun memberikan tontonan yang tidak bisa Neyna rasakan secara langsung disekitarnya. Contohnya saya mengajak nonton channel Nat Geo Wild, harapannya agar Neyna bisa tahu jika di kebon binatang tentu hanya ada binatang-binatang yang umum akan ada dimanapun. 

Namun melalui Nat Geo Wild saya bisa kenalkan Neyna bahwa dunia ini Allah menciptakan binatang ga hanya yang ada di kebon binatang akan tetapi banyak sekali. Buku kan juga bisa Va ngenalin dunia luar?buku belum tentu bisa detail dan mirip dengan yang sesungguhnya.

Tayangan TV bisa melihat binatang tersebut bergerak dan real yang sesungguhnya bisa ditampakkan. Melalui siaran yang ada di TV tersebut, saya rasa Neyna mampu membayangkan oo ternyata binatang yang ada di kartun Zootopia yang gerakannya lambat memang di dunia real itu ada namanya Kungkang Jari 3 yang memang memiliki gerakan mirip dengan film Zootopia sangat lambat.

3. Menambah Pengalaman  

Proses belajar untuk menyelesaikan masalah menurut saya bisa dicopy dari tontonan yang Neyna lihat. Seperti ketika melihat film "Inside Out" disini saya kenalkan sengaja supaya Neyna tahu bahwa dalam dirinya ada bermacam emosi yang harus ia tampilkan dalam keseharian.

Dan film ini mengajarkan Neyna bahwa kabur bukan solusi tepat untuk permasalahan justru dengan berkomunikasi dengan orang tua adalah solusi paling tepat. Meskipun Neyna belum pernah mengalami apa yang Riley (tokoh dalam Inside Out) namun disini ia sudah tahu jika dihadapkan dengan yang Riley rasakan maka ia tahu step solusi paling tepat.

Ketiga hal tersebutlah yang membuat saya tetap mempertahankan TV ada dirumah. Untuk menunjang prosesnya sendiri saya pengen banget punya TV Sharp LED. Alasannya karena sejak kecil dulu saya sudah kenal Sharp sebagai merk yang paling awet. 

Dulu sekali TV Sharp yang dimiliki di rumah masih Tabung dan sampe saya kerja tahun 2010 Tv sharp bentuk tabung ini masih menemani saya. Meskipun remote tidak ada hingga akhirnya saya menggunakan gagang sapu untuk memilih channel yang saya suka *LOL*.

Meskipun bentuknya Tabung, tapi saya akui Sharp ini bandel banget. Warnanya jernih walau mengandalkan antena dalam yang cuman 20ribu akan tetapi saya sudah bisa menikmati acara Telvisi sebagai hiburan. Tak jarang ketika saya kuliah teman-teman milih nongkrong dikamar kost-an saya untuk ikut nonton. Suaranya jernih bahkan tetap bersih meski sudah berumur lebih dari 15 tahun. 

Sayangnya harus saya hibahkan TV tabungnya ke ART karena saya sudah bekerja dan keinginan untuk bisa membeli TV Sharp model lain. Saat ini TV Tabung sudah tidak musim, bahkan Sharp berinovasi dengan bentuk TV LED/LCD. 

Berbekal pengalaman saya maka saya pengen banget nambah 1 TV untuk dikamar Neyna. Sebagai sarana belajar maka saya pengen banget punya TV Sharp  Aquos 32 Inch. Dari sisi Spec hingga kualitas yang dimiliki tentu bisa banget bantu saya agar Neyna belajar. Bahkan harga yang ditawarkan dibandrol 2,2 juta pas banget sama kantong. Harga murah dengan kualitas yang tidak diragukan lagi dari Sharp.

Proses belajar yang baik tentu didukung dengan sarana yang baik pula. Memilihkan televisi dengan kualitas yang oke akan membantu saya untuk bisa mendukung proses belajar anak dirumah.

Nah demikian teman-teman sekelumit saya tentang televisi, semuanya juga pilihan masing-masing ortu bagaimana mendidik anaknya dengan atau tanpa televisi pasti semuanya memiliki harapan sama agar anak selalu menjadi yang terbaik.

Semoga bermnafaat yah 💋
 

66 comments:

  1. Tv ku dipindahin suami mba, gaboleh ada tv di kamar, aku juga belum punya tv led Sharp nih..tfs ya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe semoga nti kesampean y mba San 👍🙏🏻

      Delete
  2. TV ku juga sharp. Tapi sharp jaman dulu, masih awet loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kan terbukti Sharp emang tajam 😂🙏🏻

      Delete
  3. Aku juga pusing bayangin klo di rumah nggak ada tvnya mb. Soalnya kan bnyk juga tayangan2 tv yang bagus. Kadang butuh hiburan juga..misal nonton film tayangan tvrame2..

    Sharpku awet bnget mb..model tv tabung. Mo gnti flat..kok blm rusak. Jadi pertahanin dulu aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku jg awet mba sygv mesti dihibahkan hahaha

      Delete
  4. Gagang sapu buat ganti remote control? Boleh juga idenya, hehe.

    TV di rumahku juga masih layar tabung, belum ada keinginan buat beli yang LED. Merk sharp pula. Awet hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. asii smg bisa kesampean beli yg led y mba

      Delete
  5. YV ku juga sharp nih, alhamdulillah awet sampai sekarang meski pernah kena lemparan mainan anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah y mba Ev sharp emang awet 👍👌 terbukti kualitasnya

      Delete
  6. Galfok gara2 neyna leporan si "nenek" nya nonton film India haha, unyu2 banget sih kamu. Sono minta bunda pasangin tv nya cepet di kamar biar bisa leyeh2 sambil nonton TV. Sharp oke banget lho, bahkan awetnya pakai banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha dikamar uda ada tante tp yg tabung blm kece klonblm pke led 🤣😂

      Delete
  7. Ya penilaian dampak dari TV terhantung sudut pandang masing masing, saya juga menetap kan cenel cenel yg lebih banyak tayangan edukasi anak mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener aku juga hanya channel tertentu yang boleh dilihat :)

      Delete
  8. :) bagus emang kalau punya pandangan positifnya, asalahkan memang anak di arahkan ke tontonan yang positif pasti hasilnya juga positif. hati2 aja bun, banyak sinetron2 yang kurang jelas. sisi positifnya kayaknya dikit deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah ga tertarik sama sinetron mba hahaha makanya pilih tv kabel jadi channel2 tertentu aja yang aku bolehin selebihnya juga diblock :)

      Delete
  9. Aku juga pernah make sharp, mb. Awet sampai bertahun2. Jernih juga warnanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terbukti y mba merk Sharp :) makasi uda mampir mba ^^

      Delete
  10. TV ku juga sharp mbak herva dan kemarin habis kekunci pasword gara2 salah mencet remot. Emang sih, sharp awet banget dr jaman jebot smpe sekarang ga rusak *amit2*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha aku meluncur ah :) sama klo gtu y mba

      Delete
  11. Tos mbk,
    Kalok diitang itung, banyk manfaatnya drpd nggaknya,
    Btw boleh jg nih led sharp, kasih tau ke ibuk ah, kebetulan ibuk lg nyarik led tv, tengkiu sharenya neng bellaaaaa, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik toss juga Mak ken
      iya mba smg bisa kebeli y mba :)

      Delete
  12. Televisi sebetulnya kalau dijadikan sarana belajar buat anak juga akan bagus. Bagaimanapun, harus selalu mendampingi anak ketika menonton televisi.

    ReplyDelete
  13. aku ngga punya TV Mbaaa. belum beli lagi, hihi.. tapi kalau baca komen temen-temen kalau Sharp awet, ya udah ntar kalo beli, beli TV Sharp aja.

    ReplyDelete
  14. Nena beli aja tv sharp pnya kakak masih bagus kok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dikasih Neyna mau kak hahhaa

      Delete
    2. Minta sama bunda dan ayah nena. Jhn lupa sampe kriukk

      Delete
  15. Hihi Lucu si nenek malah nonton filem India 😂
    Tapi di batasi juga bun sehari berapa jam nonton tv soalnya anak nanti jadi malas bergabung bermain di luar sama teman2 nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang dibatasi lagian Neyna jg mudah bosan sukanya main orang2an :)

      Delete
  16. Wah baiknya Bunda Neyna ini. TV-nya dihibahkan ke ibu art. Iya sekarang yg lagi trend itu TV LCD ya, walau TV di rumah kami pun masih tabung, haha... Belum ada duit mau ganti, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha yg dikamar Neyna juga tabung kok miss :p

      Delete
  17. wah saya pakenya TOSHIBA tos hideung teh bau hahaha... ganti ah pake sharp supaya lebih sharp ya itu kegantengan si oppa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya mba Ina sook atuh dipeser :p

      Delete
  18. Aaah.. Pengen ganti tv LCD Sharp. Merk Sharp ini memang bagus kualitasnya. Dari dulu...

    Kalau nonton film india, itu ya sama kayak saya, Mbak :D pasti deh paporit kalau di rumah, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk India lover mba Ery :p
      iya sdh terbukti mba Sharp memang oke hahhaha

      Delete
  19. Hihi jadi inget TV lama dirumah mereknya sharp juga, emang awet banget ya maaak.. Hehehee

    ReplyDelete
  20. aku sharpnya malah dipake buat pengganti lcd komputer. jadi kalo lagi pengen nonton tv ya jadi tv, tapi kalo lagi kerja yaaaa dipake buat lcd hehehe. senengnya sharp ini suaranya enak dan gambarnya juga ngga kalah dengan tv luar. kalo lagi ada dedek2 gemes biasanya kita main game, tapi layar nya pake tv. mereka kesenengan sendiri wakakaka

    ReplyDelete
  21. TV andalan ibuku ini hahaaa. Setiap ganti beli sharp lagi. Udah otomatis.

    Kalau aku beli TV akhirnya ngga ketonton sama sekali karena ga pasang tv kabel juga sih jd ga ada channel yang cocok :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau uda sreg pasti ga akan pindah lain hati y mba sharp emang mantap
      hahaha iya aku jg klo ga ada tv kabel wasalam mba tv buluk keknya

      Delete
  22. Saya alhamdulillah sudah punya TV LED tapi bukan merk Sharp dan itupun dapatnya alhamdulillah suami menang dari lomba apa saya lupa. Semenjak ada TV LED, kami biasanya dowload film anak2 ataupun lagu islami. Kalau hasil download mana adegan yg gak bagus ditonton anak2 bisa dipotong dengan aplikasi yg sudah ada di laptop mbak, jadi kalau ada keponakan yang masih kecil biasanya kami stel film anak yg memang cocok ditonton utk anak2, kl saluran tv biasa takutnya anak2 menirukan adegan yg seharusnya tdk mereka lakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu sblm pasang tv kabel aku jg gtu mba donlod dlu tayangan edukasinbwt anak emang skrg tontonanntv lokal ga ada yg bagus makanya mesti hati2 hehehe

      Delete
  23. Mantap mba.. emang bener jika tv dipakai dengan baik akan menghasilkan yang baik dan menambah pengetahuan dan wawasan untuk anak-anak kitaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Vika xixixi pandai2 kita biar bisa ngaturnya 😁

      Delete
  24. Replies
    1. ayo nabung biar bisa beli sharp hehehe

      Delete
  25. Pas nih mbk..saya lagi cari2 tv yang pas di rumah. Tv yang lama mau dioper ke kamar aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mba beli merk Sharp hahaha terbukti awet kek saya awet mudanya bahahha *lalu ditoyor

      Delete
  26. TV juga bisa jadi sarana belajar ya Mbak, memang benar, tergantung orang tuanya sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba semua pilihan kita mau diajak sbg sarana hiburan sarana belajar disesuaikan sikonnya 😊

      Delete
  27. produk2 sharp memang bagus mbak...dari mulai ac, mesin cuci, aku pake sharp

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah y mba Sharp emang terbukti 😍😊

      Delete
  28. Sepertinya butuh tv juga nih di kostan.

    ReplyDelete
  29. Replies
    1. salam kenal juga makasi sdh mampir 🙏🏻

      Delete
  30. Mesin cuci mamaku dirumah merk Sharp, awet benerrr udah ampir 10taon kali ya :D
    Kalau masalah tv setuju deh memang ada sisi positif dan negatifnya buat anak, tinggal kita yg jd smart and wise parents...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha mantep y mba awet atau ga emang tgantung cara pake juga y mba
      nah itu pinter pinter kita sbg ortu bwt siasatinnya aja 👌

      Delete
  31. Sharp memang terkenal bagus ya. Kulkasku juga sharp, hehehe.

    ReplyDelete
  32. memang tv bisa menjadi sarana pendidikan yang efektif tentu kalau anak2 perlu pendampungan ortu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ga selamanya negatif hehehe

      Delete
  33. Pasti ada positif dan negatifnya ya. Tapi di rumah tv udah nggak pernah nyala lagi sekarang, cuma jadi pajangan, hehe.

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design