Wednesday, March 15, 2017

Menginap di Hotel Syariah Solo Bernuansa Islami

Ngomongin jalan-jalan emang ga akan ada habisnya, bumi Alloh ini sangatlah luas dan memang butuh effort buat menjelajahinya. Salah satu pengalaman yang ingin saya bagikan adalah saat berkunjung ke Solo. Tujuannya jelas karena dinas ke Cabang yang ada di Solo.

Kali pertama ke Solo tahun 2014, cukup naik pesawat 1 jam sudah sampe di Solo dari Bandung. Kala itu saya dan rekan kerja saya sampe pukul 08.30 wib. Sementara tugas ke kantor cabang dilakukan besoknya. Daripada habis waktu di hotel kami pun sepakat untuk jelajahi Solo. Yakni ke Keraton Solo dan Pasar Klewer.

Sementara itu sebelum berjalan-jalan, driver membawa kami ke Hotel terlebih dahulu. Karena baru pertama kali ke Solo tentunya kami pasrah dengan hotel yang dibooking dari cabang untuk kami. Tak lama dari Bandara Adi Soemarmo sekitar 15 menit-an kami tiba di Hotel. 

Cukup kaget awalnya karena saya kira akan menginap di Lorin Hotel ternyata mobil dibelokkan masuk hingga saya menemukan bangunan bertingkat bertuliskan "Hotel Syariah Solo". Setibanya di lobby, pemandangan yang saya terima adalah para pegawai yang berpakaian islami diiringi dengan lagu-lagu nasyid. 

Saya langsung tertegun wow hotelnya luar biasa, yang perempuan mengenakan jilbab dan laki-laki mengenakan kopeah. Menyambut kedatangan kami dengan mengucapkan salam "Assalamualaikum". Jujur saya langsung jatuh hati dengan hotel ini. Proses check in pun berlangsung tidak lama. 



Setelah mendapatkan kunci kamar, kami langsung menaruh barang-barang ke kamar. Memasuki kamar dengan twin bed serta fasilitas yang tersedia membuat kami merasa puas. Hanya menaruh barang-barang akhirnya kami langsung menuju mobil yang sudah ditunggu driver. 

Perjalanan saya pun dimulai lagi, jam sudah menunjukkan pukul 11.30 wib ketika saya sampe ke Keraton Solo. Saya lupa bayar karcisnya berapa tapi akhirnya kami masuk kesana. Melihat-lihat barang-barang maupun foto-foto peninggalan kerajaan. Oiya jika teman-teman kesini menggunakan celana pendek atau rok pendek, petugasnya akan memberikan kain supaya menutupi celana atau rok pendeknya.

Berhubung rekan kerja saya kala itu menggunakan rok pendek akhirnya dia diwajibkan menggunakan kain yang disediakan untuk menutupinya. Tak lama di Keraton, karena sepi juga. Akhirnya kami memutuskan untuk ke pasar Klewer, berkeliling-keliling tentunya prioritas kami adalah membeli batik Solo.

@doc. Pribadi Tahun 2014 Bersama pengawal 😆😆
Puas berbelanja kami memutuskan kembali ke Hotel. Sampe di hotel AC-nya adem banget dan Wifi-nya juga kenceng. Mengisi waktu di hotel kami hanya nonton Tv dan memutuskan memesan makanan. Waktu itu saya pesen gado-gado sedangkan teman saya Sandwich. Tinggal pencet langsung terhubung dengan waitersnya. 

Tak lama kemudian makanan yang kami pesan tiba depan kamar. Sayangnya bayar harus cash artinya uang dinas kami terkuras juga *LOL*. Soalnya pengalaman menginap di "Hotel 61 Medan" untuk makanan bisa masuk biaya room yang dibayarin kantor cabang jadi waktu pas ke Medan saya pesen sesuka hati. *aji mumpung*.


Selama menginap di Hotel Syariah ,  kami tidak kesulitan untuk trasnportasi. Cukup bilang ke receptionist taksi akan datang. Malam pertama saya kepengen makan bebek sambel korek, dengan sigap taksi meluncur kesana. Cukup dekat ditempuh dari Hotel Syariah

Malam kedua saya memutuskan untuk makan ditempat yang tak jauh dari hotel, pegawai hotel merekomendasikan Gudeg didepan Javenir (tempat Oleh-oleh). Meluncurlah taksi kesana ternyata cukup dekat berhubung minimum pembayaran 25ribu maka kami tetap membayar 25ribu. Sambil makan malam sambil belanja lagi oleh-oleh. *ckckck emak-emak kalap*

Pada pagi harinya, untuk menu breakfast yang ditawarkan disini cukup beragam dan buanyaaakk banget. Saya sampe keder milih apa yang mau dimakan. Dari makanan berat, buah, bubur, lontong, kue ringan tersedia. Puas banget makan paginya. 

@Doc. Pribadi 2014 saat Breakfast di Syariah Hotel Solo
2 tahun berlalu, tepatnya tahun 2016 akhir tahun silam. Saya kembali ditugaskan ke Solo. Pihak cabang merekomendasikan hotel lain akan tetapi karena saya sudah jatuh hati menginap di Hotel Syariah akhirnya kali kedua saya pun menginap disini.

Siang itu, pesawat saya bertolak dari Denpasar menuju Solo. Sekitar pukul 12.00 wib saya tiba di Bandara Adi Soemarmo. Berhubung tidak ada yang jemput, saat itu saya kebetulan waktu itu saya sama pak Boss jadi kami menggunakan taksi Bandara.


Tepat didepan Lobby Hotel, sudah ada 2 pegawai yang konon dia sedang magang disana, membukakan pintu mobil taksi membawakan barang bawaan saya. Aih berasa banget saya kek Princes *LOL*. Masih sama seperti 2 tahun yang lalu saya berkunjung. Sambutan dengan salam "Assalamualaikum" diiringi lagu Nasyid yang diputar langsung nyess ke hati. 

@Depan Lobby Hotel 

Oiya begini penampakan Kamar Hotel Syariah, saya eksis dikit ya gaes jangan mual lihat foto-fotonya 😜. Untuk saya yang tidur sendiri, ruangan kamarnya sudah cukup tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit. Jendela besar samping ranjang cukup membuat saya senang pasalnya saya bisa melihat view sekitar hotel.

Kamar Mandinya luas yah bisalah koprol sambil mandi disini, namun sayang pas saya nginep keknya lagi ada yang tersumbat atau gimana setiap mandi airnya tergenang ga langsung hilang *opo bahasanya yah*. Namun semuanya tidak membuat saya kecewa tetap jatuh hati nginep disini. 

@Kamar Hotel Eksis dulu cin
Mejanya agak sempit namun masih enaklah buat ngetik 😂
Sebelah Ranjang jendela besar buat liat view sekita hotel
Toiletnya Luas Banget bisa buat Koprol 😆
Siang itu saya baru dari Denpasar, makanya untuk makan siang saya akhirnya memilih makan di Hotel. Tersedia paket Soto ayam plus es teh harganya murce kalau ga salah Rp 30.000 sajah. Selepas solat dan makan saya cuss langsung ke Pasar Klewer cari oleh-oleh. 

Taksi yang saya order tak lama datang mengantarkan saya ke Pasar Klewer, keluar dari Hotel saya baru menyadari jika Toko Oleh-oleh Javenir sudah pindah lokasinya tepat di depan Hotel Lorin. Jadi kalau dari Syariah Hotel tinggal Jalan nyebrang jalan dikit sampe deh ke Javenir. Makin seneng saya dan berhasil mengunjungi Javenir di Malam ke-2 *abisin uang dinas 😆*


Berhubung sudah pesan taksi ke Klewer ya akhirnya saya lanjutkan perjalanan saya kesana sendiri. Ajakin pak boss dia masuk angin yo wis emak seterong pasti berani. Sampe sana tak lama sudah Adzan Ashar, akhirnya saya mampir ke Mesjid Agung Surakarta. Menunaikan solat ashar yang sudah seperti solat Tarawehan *penuh banget*. Puas berbelanja saya kembali lagi ke Hotel disambut dengan guyuran hujan lebat.  

Oiya saya pun menggunakan jasa laundry baju kantor di hotel. Yang bikin amazing, sebelum saya pergi ke Pasar Klewer siang itu saya nelepon pegawai laundrynya untuk jemput baju saya. Tahu gak gaes malamnya sekitar jam 19.00 wib pihak Laundry sudah mengetuk pintu dan menyerahkan hasil laundrynya. Wow saya kaget kok cepet banget selesainya. *service excellent*. Bikin tambah kagum sama kinerja dan service hotelnya.

Tambahan juga ni gaes, biasanya saya tuh paling takut nginep di hotel sendiri tapi disini saya bisa nyenyak tidurnya karena sepanjang malam diputerin lagu islami dan nasyid-nasyid gitu. Bikin saya merasa aman, tentrem deh.

Istimewanya hotel ini juga bisa dilihat pada menu breakfastnya yang begitu banyak, bahkan Pak Boss hingga bilang "gilak ini lengkap amat" ketutup ga yah biaya operasionalnya?pantesan Herva ngebet banget pengen nginep lagi disini. Saya cuman nyengir denger opininya Pak Boss.

Di hari terakhir kami menginap, berhubung driver kantor cabang ga bisa anter ke Bandara ternyata pihak Hotel memberikan fasilitas untuk mengantarkan juga tanpa biaya alias haratis. Wow super fantastis banget, saya sampe melongo dengernya. 

Demikian ulasan saya selama menginap di "Hotel Syariah Solo" buat teman-teman yang mau ke Solo saya rekomendasikan menginap disini. Harga semalamnya di rate kurang lebih 300-an (kalau ga salah yah) hahaha yang saya tahu ini hotel bintang 4 (empat). Tambahan juga kalau disini setiap lantai ada Musholanya. Saya kasih bintang 5 untuk hotel ini dari pelayanan, kamar, menu breakfast, kecepatan laundry, kebersihan hotel TOP BGT. 
 Gimana makin penasaran kan gaes?sok atuh kesini ↓↓↓

 Alamat Hotel :
Jl. Adi Sucipto No.47, Gonilan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57175, Indonesia
+62 271 711000

 Semoga bermanfaat yah & selamat mengunjungi SOLO 💋

37 comments:

  1. Aduh, pastinya enak dan nyaman banget deh nginep di hotel yang muterin lagu nasyid. Plus udah pasti dong ya menu makanan di hotelnya terjamin halalnya.

    Kapan2 ke Solo pengen nginep di sini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba adem bener suer ga boong dah gtu deket sama javenir tgl nyebrang bisa borong oleh2 khas Solo 😁

      Delete
  2. Kece ya hotelnyaa, suka deh sama yg temanya syariah gitu, lebih ademmm :)
    Jadi penasaran sama toiletnya, seluas apa ya sampe mba herva bisa koprol 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba baru pertama kali jg aku tau ada hotel bertema syariah kek gini 😂😁 sok atu buktikan sendiri mb 🤣

      Delete
  3. Harga Rp 300 ribuan dengan pelayanan kece banget. Nanti kalau ke Solo mau ah kapan2 nginap disni. Istri solehah mah menginap di hotel syariah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin alahmaaduliah bener2 mengagumkan loh mb Lid mesti coba nginep sini

      Delete
  4. adem bener mbak dengernya nasyid n_n
    ngomong-ngomong kraton, saya yang sudah 5 tahun di solo belum pernah masuk ke sana lho *curhat ya allah*

    dari kartosuro sampai ke pasar klewer lumayan jauh lho mbak, naik taksi habis berapa?
    *salam kenal dari warga (perantauan) solo hehe*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang sok atuh cobaan nginep disini hahaa
      Nek beca dari keraton mah bayar brp yak lupa wkwkk

      Delete
  5. Hahaha lucu ya yg pake rok pendek disuruh pake kain.. kalau yg cekin cewe & cowo di cek juga surat nikahnya ngga? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. keknya yg bkn muhrim mah lgsg ga jadi mih nginep disini wkwkwk panyasss

      Delete
  6. Fotonya kurang banyak mba, jd ga bsa ngerasain aroma nginep disini hihihi.. Tapi murce banget ya 300rebong buset dah. Hotelnhya bagus pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya sedikit y mb ntar mah banyakin makasi mba 😂

      Delete
  7. Tiap kali balik solo, kok aku g prnh liat hotel ini yaa... Jd penasaran mba :D. Tp aku memang tipe susah jg buat inget arah jalan.. Apalah lagi inget hotel :D. Kalo mudik ke solo nanti jd pgn sesekali nginep di hotel kyk gini jg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hotelnya emang ga persis depan jalan tapi masuk kedalam mba sebelah Lorin sebrangnya Javenir :)

      Delete
  8. Kalau menginap di hotel syariah gini, hati jadi adem. Tapi murah mba. Kok aku jadi pengen ke Solo ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba adem bener ini yang bikin aku nginep lagi di hotel ini mba :) cobain aja deh nanti mba

      Delete
  9. Wah teh buat harga segitu kalo breakfastnya banyak lumayan murah ya.. Haha aku suka liat hotel dari breakfastnya.. :D Penampakannya juga ok hotelnya.. Belum pernah nih ngerasain nginep di hotel syariah. Pingin juga sesekali.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya oke banget mba sok atuh mba langsung booking :D

      Delete
  10. Wowww penalaman ngehotel yg beda ya mb, cz aku blum pernah nginap di tipe yg syari, ternyata ada bagian music islaminya, klo denger hotel syari taunya baru hotel sofyan punya kakek marshanda

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh aku baru tau mba hotel sofyan itu dimana?Solo jg mba?

      Delete
  11. Hotel murah tapi breakfast-nya prasmanan ya. Mantap. Islami pula :)

    ReplyDelete
  12. Coba nginep di sana ah pas lagi ke Solo~

    ReplyDelete
  13. Mantapnya., nyaman banget deh kayaknya hotelnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba nuansa islaminya itu loh mba yg bikin adem n beda 😍

      Delete
  14. Wah rekomendasi kalau ke Solo nih, hotelnya syariah lg jd nyaman dibuat bobo ma anak2 TFS mbk reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba smg bisa nginep disitu dijamin jatuh hati 😁

      Delete
  15. Duuh..nyaman bgt klo nemuin penginapan yg syariah. sering bgt dpt kendala karna ga ada tanda kiblatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba pas aku ke Bali jg ga tau kiblatnya ahahha dihotelnya

      Delete
  16. wah .. enak ni bisa menginap di hotel ini

    ReplyDelete
  17. Walahzz enak bener teh.. Per day nya kena berapa teh? Cocoklah ya teh untuk kalau liburan k solo xixixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ga salah 300an mba Vika :)iya mangga mba Vika klo ke Solo nginep disini

      Delete
  18. Blh ni Mbk..Biasa tau nya sunan aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicobain mba menyenangkan lah hahaha

      Delete
  19. aku save buat next trip ke solo :D

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design