Wednesday, January 18, 2017

Sajian Seblak Istimewa Berkat Bakmi Mewah

Hai Teman-teman semua semoga senantiasa dalam keadaan sehat dan berbahagia selalu. Tulisan kali ini agak beda biasanya kan cuman ngomongin kerjaan saya, pengalaman saya sendiri di bundanameera's blog nah saat ini saya mencoba untuk menuliskan sisi lain saya sebagai ibu.

Konon katanya menjadi seorang ibu ituh harus bisa masak karena masak itu tergolong CORE Competency bagi ibu #katanya. Nah sebagai ibu yang baik saya yang dulunya adalah gadis manjah akhirnya menjelma bisa menjadi multitask *kibasjilbab* termasuk masak ini. Meski ga sehebat Farah Quinn yang penting masakan saya menjadi numero uno dan melekat di hati serta fikiran bagi suami dan anak.

Kali ini saya mau unjuk rasa dari masakan saya yakni "Sajian Seblak Istimewa Berkat Bakmi Mewah" . Seblak?apaan tuh?mungkin bagi teman-teman yang belum tahu akan saya ulas sedikit mengenai Seblak. Seblak berasal dari bahasa Sunda yang berarti 'terhenyak' dalam bahasa Indonesia. Disebut "seblak" karena teringat akan nikmatnya masa "sengsara" makan kerupuk mentah yang dimasak dengan bumbu tertentu (sumber :Wikipedia). Kebayang kan sekarang?jadi kerupuk mentah dibumbuin.

Seblak ini makanan khas dari Jawa Barat. Domisili saya di Cimahi tepatnya di Contong yang punya warna angkot Oranye mentereng dengan kebiasaan ngetem bikin orang darah tinggi, disini buanyak banget yang menjual Seblak.

Sebenarnya Seblak ini sudah saya tahu sejak tahun 2009 namun namanya mulai melambung tinggi bahkan menjadi sasaran inovasi bagi produsen makanan sejak 2014-an. Bahkan seblak tak hanya dijual secara langsung pada gerobak keliling saat ini sudah muncul dalam kemasan cup siap seduh. Sama seperti tahu bulat yang akhirnya menjadi femes berkat backsong dan dijual pake mobil bak.

Oleh sebabnya Seblak sedang ramai dibicarakan maka saya ingin mencoba kreasi seblak lewat "Bakmi Mewah". Cekidot yah.





1. Bumbu Halus          : - 3 butir Bawang Putih
                                   - 3 Buah Cabe rawit setan
                                   - 1 butir Kencur 

2. Bahan Utama         : - Bakmi Mewah
                                 - 1 butir Telur
                                 - 1 bungkus siomay kering

3. Bahan Pendukung : - 1 Sendok makan minyak goreng 
                                   - Penyedap rasa
                                   - Garam



Haluskan semua bumbu halus, karena saya seterong maka saya menggunakan ulekan manual sekalian melatih otot lengan biar kek Agung Hercules gitu. Setelah bumbu dirasa halus (optional mau halus banget pake blender) kalau saya sukanya yang masih agak kasar gitu. Maka berakhir langkah pertama.

Sambil menghaluskan bumbu sembari merebus bakmi mewah dengan siomay kering. Jika sudah setengah matang angkat lalu tiriskan dan sisihkan.

Langkah selanjutnya, siapkan wajan yang sudah diisi dengan minyak goreng, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Jika sudah harum masukkan telur orak arik hingga telur menyatu dengan bumbu.

Masukkan minyak sayur yang ada dalam bungkus bakmi mewah, masukkan garam dan penyedap lalu aduk-aduk sebentar kemudian bakmi mewah dan siomay mulai dimasukkan.

Sambil diaduk rata tambahkan sedikit air dan koreksi rasa jika sudah pas siap dihidangkan "Seblak Bakmi Mewah" ke dalam wadah kemudian tambahkan topping yang ada dalam bakmi mewah yakni potongan ayam dan jamur diatasnya. Selesai sudah gampang banget kan bikinnya ga sampe 30 menit juga. Yang lama paling pas nguleknya aja kalau yang suka sama hasilan blender mungkin bisa lebih cepat. 

Berhubung dirumah ada 2 bakmi mewah, sebelumnya kali pertama saya masak Seblak bakmi mewah untuk saya sendiri setelah sukses dan mengagumkan rasanya *menurut saya* maka saya membuat lagi kreasi Seblak Bakmi Mewah untuk Anak dan ART saya kebetulan suami pulangnya malam terus jadi ga bisa nyicip.




Kredibilitas saya memasak Seblak Bakmi Mewah tentunya tidak akan relevan jika saya sendiri yang nilai karena menurut saya udah uenak tenan LOL. Biar teman-teman bisa coba berikut testimoni dari ART dan juga anak saya (mereka bicara apa adanya tanpa paksaan).

Menurut ART Saya 
ART : Neng, ieu meni raos bakmi-na jiga nu direstoran nyak (Red : Neng, mienya enak kayak yang di restoran)
Saya : muhun ieu teh "Bakwi Mewah" (Red : Iya ini Bakmi Mewah)
ART : mie-na meni lembut deuina teu patah-patah nyak neng komo aya hayamna sareng nu barodas tah (red : mienya lembut ga patah apalagi ayam sama yang putihnya tuh > jamur)
Saya : muhun Nek ke urang damel deui nyak meser deui Bakmi Mewahna (red : iya Nek nanti kita bikin lagi dan beli lagi Bakmi Mewahnya)

Menurut Anak Saya 
Saya : Neyna gimana enak ga?
Neyna : Lezat bun enak sekalih mie-nya (3,5 tahun)

Saya sendiri sependapat sama mereka, bakmi mewah emang enak. Saya paling suka sama bakminya yang gepeng dan kenyal. Sepertinya kreasi masakan apapun pake bakmi mewah pasti enak. Anak saya juga suka. Gimana sama teman-teman?mau cobain resep Seblak Bakmi Mewah ala saya?yuk segera cus beli bakminya ke toko terdekat lalu praktekin resepnya. 

Jika suka jangan lupa comment dan share sebanyak-banyaknya. Makasih selamat makan Bakmi Mewah!! Sajian sederhana Seblaknya bisa jadi istimewa berkat Bakmi Mewah. Makanan khas daerahmu apa?coba deh kreasikan sama bakmi mewah dijamin kek Seblak yang saya bikin mmm Yummy!ga kalah kan jadi sajian mewah kek di Restoran.
***

53 comments:

  1. Horeeeeee.. Kita sama bikin seblak. Seblak enak siiiih.... :D

    ReplyDelete
  2. Domisili saya di Cimahi tepatnya di Contong yang punya warna angkot Oranye mentereng dengan kebiasaan ngetem bikin orang darah tinggi <-- Curhat, Maaah... Iya, dooong... Wkwkwk....

    Saya juga pernah nyoba bikin seblak. Resep liat di internet. Cabe rawitnya dibanyakin biar seuhah, makannya. Agak kelewatin sih, cabenya, abis makan langsung mules. Tapi emang enak bangeeet... Kapan2 mau deh, nyobain bikin seblak pake mie mewah. Biar kayak makan di restoran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk mempertegas kondisi transportasi mb :p
      ayo mba bikin enyakkkk loh ^^

      Delete
  3. Mbaaa..aku catet resep seblaknya. Hayang nyobian juga. *halah sok nyunda. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mangga mba dicobian yah semoga sukaaaa makanan khas sunda 😊

      Delete
  4. Aku tuh suka banget mie miean mbak. Mie goreng, mie sup, mie pangsit. Bakmi ini baru kan ya produknya..teringat bakmi GM yang terkenal itu..Pake pangsit goreng mantap mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sok atuh mba Dew di Denmark buka warung seblak kolaborasi sama bakmi mewah hahaha dijamin endesss

      Delete
    2. wkwwkk...pengennya ya :) sekalian aku buka burjo

      Delete
  5. banyak resep dari bakmi mewah yg diposting blogger akan aku coba, ini juga seblak, mdh2an anakku cepat lubur biar aku masak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba enak buat cemilan santey sama keluarga selamat mencoba mba ^^

      Delete
  6. Walau belum mencicipi, aku liat gambarnya saja udah langsung ngiler nih

    ReplyDelete
  7. Waaa kreatif banget dibikin seblak,mauuu
    salam kenal mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba gampang banget loh :)
      makasi udah mampir yah ^^
      salam kenal juga

      Delete
  8. haseeek seblak plus bakmi mewah, enak banget nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mba Ev sok dicoba buat yah dijamin ketagihan :p

      Delete
  9. Saya gak hobi masak mbak tapi nyobain mie ini enak juga kayaknya.hihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangga atuh dicoba mba ahahaha selamat masak gampil pisan bikina

      Delete
  10. Aiih...mupeng sama seblak saya. Di daerah saya sekarang lagi booming seblak..hihi. Dulu penasaran sebenarnya seblak itu makanan kyk apa, ternyata kerupuk ya..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba Ika buat sendiri sampe kenyang jangan lupa kolbarasi sama Bakmi mewah

      Delete
  11. Lagi heboh bakmi mewah, seblaknya tuh lho :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mba buat sendiri jangan lupa mix sama bakmi mewah endessss pisan :D

      Delete
  12. Replies
    1. enak pisan mba ayo buat mba :D liat testimoninya kan pasti tambah yakin hahaha

      Delete
  13. belum nyobain bakmi mewah, padahal pingin banget, takut ketagihan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ketagihan bakmi gpp mba daripada ketagihan narkoba wkwkwk *naudzubillah*

      Delete
  14. Jadi anda mau jadi juragan Seblak Bakmi Mewah seContong City? hahah... :D Bakmi Mewah kalau dibikin pakai seblak gini memang jadi ga perlu banyak campuran, karena udah ada ayam dan jamurnya, yesss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin miss hahaha...yess right bgt miss ^^

      Delete
  15. Kemasan bakmi ini memang menggugah selera.
    Saya pernah membelinya tapi belum pernah menikmatinya karena diserbu cucu duluan.
    Terima kasih ulasan dan resepnya.
    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mesti coba Pakde bakminya enakkk gampang lagi buatnya :)
      salam hangat dari Contong

      Delete
  16. ini lg kekinian mbak disini, seblak, aku jd pgn bikiiinnn,
    tengkiu loh resepnyaaa, : )

    ReplyDelete
  17. Ihhh seru banget bakmi mewah campur seblak.. Rasa lokal jadi semakin mewah.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba nola makasi dh mampir mba juga keren dibiki shusi

      Delete
  18. Aku sama suami penasaran sama makanan seblak, tapi takut sakit perut jadi urung beli mulu, hahaha. Bikin pakai resep ini aja kali yah, hahaha.

    ReplyDelete
  19. mba kreatif banget resepnya bikin seblak mie, skrng mie bisa jadi macem-macem ya..

    btw, salam kenal mba herva ^^

    ReplyDelete
  20. Ya ampunn dosa apa, pagi-pagi main di postingan makanan, bikin ngiler.. kebayang seblaknya ditambahin cabe lagi.. duhh.. ngecess :D

    ReplyDelete
  21. kalau aku masih meragukan kelezatannya, karena aku tidak dikasih seh :D
    Bolehlah diantar ke rumah, baru nanti aku koment yang panjang sekali.
    Oh bahannya dari somay juga to seblak itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha dikirim pake foto aja kang :p
      bahannya apa aja mau siomay, bakmi, makaroni, kikil yang penting bumbu utamanya kang

      Delete
  22. seblak itu apaan sih Mbak? kayaknya menggoda banget inih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu diatas aku jelasin sejentre-jentrenya mba hahaha hayoh ga baca yak :p

      Delete
  23. Setuju, Bakmi Mewah memang enak, diapakan pun :)

    ReplyDelete
  24. Suka banget sama seblak. Bakmi Mewah juga suka. Kalau disatukan, pasti makin enak. Seblak jadi naik tingkat. :D

    ReplyDelete
  25. Liat fotonya neyna jadi pingin ngikik, ucullll kamu nak, eh lucu..pasti lagap banget makan kreasi bakmi bundonyo hahaa
    Tatatapi kenapa disamain dg beksong tabul alias tahu bulat mb wkwk

    ReplyDelete
  26. Waaah aku pengen coba seblak pake bakmi mewah. Aku suka banget seblak mbak. Pasti enak nih. Thanks ya mbak insipirasi memasaknya. Patut buat dicoba nih deh

    ReplyDelete

Selesai baca yuk tinggalin jejak komennya ^^
Haturnuhun

 

Bunda Nameera's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design